Penjelasan:
Pancasila sebagai dasar pengembang IPTEK menghadapi beberapa tantangan, diantaranya:
Buatlah Puisi tentang 'Majulah Negeri ku'
pliss bantu jawab dong
Bumi yang penuh harapan,
Pusaka warisan nenek moyang,
Kaya akan budaya dan tradisi,
Majulah wahai negeriku,
Tanah air tercinta,
Menggendong harum kesatuan,
Bangsa yang berdiri teguh,
Majulah wahai negeriku,
Bersatu padu untuk kemajuan,
Gerbang emas menuju kemakmuran,
Dalam watak adil dan jujur,
Majulah wahai negeriku,
Setiap tangan meraih amanah,
Mewujudkan mimpi yang elok,
Negeri yang nyaman sentosa,
Majulah wahai negeriku,
Semangat juang dan kebersamaan,
Menjadi harta tunggal,
Demi meraih mimpi,
Majulah Negeriku.
Sebutkan dan jelaskan tiga unsur negara hukum menurut avriche.
Jawaban:
- Supremacy of Law
- Equality Before The Law
- Human Rights
Penjelasan:
- Supremacy of Law ⇒ Dalam negara hukum, posisi tertinggi adalah kedudukan hukum, berarti kekuasaan harus tunduk pada hukum juga. Hukum ini juga berfungsi untuk melindungi kesejahteraan rakyat
- Equality Before The Law ⇒ kedudukan penguasa dengan rakyat dimata hukum adalah sama
- Human Rights ⇒ meliputi 4 hal pokok yaitu The rights to personal freedom ( kemerdekaan pribadi) The rights to freedom of discussion ( kemerdekaan berdiskusi) The rights to public meeting ( kemerdekaan mengadakan rapat)
Sebutkan beberapa kriteria dari soko(pilar) guru demokrasi menurut Alamudi ?.
Penjelasan:
Soko guru demokrasi adalah kriteria yang digunakan untuk menilai seberapa baik seorang guru mempromosikan nilai-nilai demokrasi dalam kelas. Menurut Alamudi, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang guru demokrasi, yaitu:
Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi sebuah struktur organisasi!.
Jawaban:
Ada beberapa faktor yang memengaruhi struktur organisasi, yaitu
1. strategi organisasi,
2. skala organisasi,
3. teknologi, serta
4. lingkungan
Sebutka 8 kau pelanggran HAM yang terjadi di indoneia.
Jawaban:
Contoh 8 kasus pelanggran HAM yang terjadi di Indonesia.
1. Peristiwa Pembunuhan Massal 1965
2. Peristiwa Talangsari-Lampung 1989
3. Tragedi Penembakan Mahasiswa Trisakti 1998
4. Tragedi Semanggi I 1998
5. Tragedi Semanggi II 1999
6. Kasus Wasior dan Wamena (2001 dan 2003)
7. Kerusuhan Mei 1998
8. Penembakan Misterius "Petrus" 1982-1985
Penjelasan:
Berikut penjelasan 8 kasusnya:
1. Peristiwa Pembunuhan Massal 1965
Pada 2012, Komnas HAM menyatakan menemukan ada pelanggaran HAM berat pasca-peristiwa Gerakan 30 September 1965. Sejumlah kasus yang ditemukan antara lain penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, penghilangan paksa hingga perbudakan. Kasusnya macet di Kejaksaan Agung. Korban mencapai 1,5 juta orang yang sebagian besar anggota PKI atau ormas yang berafiliasi dengannya.
2. Peristiwa Talangsari-Lampung 1989
Pada Maret 2005, Komnas HAM membentuk Komisi Penyelidik Pelanggaran HAM untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Pada 19 Mei 2005 tim menyimpulkan adanya unsur pelanggaran HAM berat. Berkas hasil penyelidikan diserahkan Komnas HAM ke Jaksa Agung (2006) untuk ditindaklanjuti, namun macet di Kejaksaan. Korban mencapai 803 orang.
3. Tragedi Penembakan Mahasiswa Trisakti 1998
Komnas HAM telah melakukan penyelidikan kasus Trisakti dan selesai pada Maret 2002. Masuk ke Kejaksaan Agung berkali-kali, namun berkali-kali juga dikembalikan. Bahkan pada 13 Maret 2008 dinyatakan hilang oleh Jampidsus Kejaksaan Agung, Kemas Yahya Rahman. Korban mencapai 685 orang.
4. Tragedi Semanggi I 1998
Komnas HAM telah melakukan penyelidikan Tragedi Semanggi I dan selesai pada Maret 2002. Namun berkas hanya bolak-balik dari Komnas HAM dan Kejaksaan Agung. Pada 13 Maret 2008 berkas tersebut dinyatakan hilang oleh Jampidsus Kejaksaan Agung, Kemas Yahya Rahman. Korban mencapai 127 orang.
5. Tragedi Semanggi II 1999
Sama seperti penyelidikan Tragedi Semanggi I. Korban mencapai 228 orang.
6. Kasus Wasior dan Wamena (2001 dan 2003)
Tim ad hoc Papua Komnas HAM telah melakukan penyelidikan Pro Justisia yang mencakup Wasior dan Wamena sejak 17 Desember 2003 hingga 31 Juli 2004. Berkas diserahkan ke Kejaksaan Agung dan ditolak dengan alasan laporan Komnas HAM masih tidak lengkap.
7. Kerusuhan Mei 1998
Komnas HAM membentuk Komisi Penyelidik Pelanggaran HAM dan hasilnya telah diserahkan ke Jaksa Agung. Namun berkas dikembalikan dengan alasan tidak lengkap. Korban mencapai 1.308 orang.
8. Penembakan Misterius "Petrus" 1982-1985
Pada 2012 komnas HAM menyatakan penyelidikan kasus Petrus adalah pelanggaran HAM berat, kemudian diserahkan ke Kejaksaan Agung. Korban mencapai 1.678 orang.
Sebut kan macam macam norma yangk berbeda di maakarat beerta angkinya.
Jawaban:Berdasarkan jenisnya norma dibagi menjadi norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum
Penjelasan: Norma agama adalah aturan atau ketentuan yang bersumber dari kitab suci yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama mengatur manusia agar bahagia dunia dan akhirat
contoh norma agama
Menjalankan ibadah sesuau ajaran agamanya
Tidak mengganggu prosesi ibadah umat beragama lain
menghargai perbedaan kepercayaan
sanki dari norma agama adalah mendapat teguran dari sang pencipta
Norma kesusilaan adalah aturan atau kaidah yang berkaitan dengan suara kalbu atau hati nurani, norma kesusilaan menuntun manusia agar melakukan hal baik dan menghindari perilaku tercela. Contoh norma kesusilaan adalah
berlaku jujur
tidak mendengki
menghindari perilaku tercela
sanksi dari norma kesusilaan adalah penyesalan di dalam hati
norma kesopanan adalah aturan atau kaidah yang bersumber dari tata krama kebiasaan dalam masyarakat, norma kesopanan bersifat kedaerahan karena kebiasaan masyarakat tertentu terkadang berbeda dengan kebiasaan masyarakat lainnya, contoh norma kesopanan adalah
makan menggunakan tangan kanan
tidak berbicara sambil makan
membungkuk ketika lewat di depan orang yang lebih tua
sanksi dari norma kesopanan adalah mendapatkan teguran atau cemoohan dari masyarakat
norma hukum adalah aturan atau ketentuan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat, norma hukum bersifat memaksa, contoh norma hukum adalah
menaati peraturan lalu lintas
melakukan kewajiban membayar pajak
tidak menganggu ketertiban umum
sanksi dari norma hukum adalah mendapat hukuman berbentuk hukuman penjara, hukuman mati, hukuman denda, serta pencabutan hak hak tertentu
Jelaskan apa yang dimaksud dengan formula Maurice Duverger tentang "majority system with second ballot and proportional representation favour multy-partism"? Berikan penjelasan dan contoh kesesuaian formula tersebut di Indonesia.
Penjelasan:
Formula Maurice Duverger merupakan teori yang menjelaskan bagaimana sistem pemilihan umum dapat mempengaruhi jumlah partai politik yang ada di suatu negara. Formula tersebut menyatakan bahwa sistem pemilihan umum dengan sistem mayoritas (majority system) diikuti dengan pemilihan ulang (second ballot) dan representasi proporsional (proportional representation) cenderung memfavoritkan terbentuknya banyak partai politik (multipartisme).
Sistem mayoritas adalah sistem pemilihan dimana calon yang memperoleh suara terbanyak akan menjadi pemenang. Sistem ini biasanya digunakan di negara-negara yang memiliki sistem pemilihan langsung, di mana pemilih secara langsung memilih calon yang diusung oleh partai politik atau independen. Sistem mayoritas ini cenderung memfavoritkan partai politik yang memiliki dukungan besar di masyarakat, sehingga hanya beberapa partai politik yang dapat bersaing untuk memenangkan pemilihan.
Pemilihan ulang (second ballot) adalah sistem pemilihan dimana calon yang tidak memperoleh suara terbanyak pada pemilihan pertama harus mengikuti pemilihan ulang dengan calon yang memperoleh suara terbanyak. Sistem ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pemungutan suara yang tidak tepat (misalnya karena terbagi antara beberapa calon), sehingga diperlukan pemilihan ulang untuk memastikan terpilihnya calon yang memperoleh dukungan terbanyak dari masyarakat.
Representasi proporsional (proportional representation) adalah sistem pemilihan dimana kursi parlemen atau legislatif di daerah atau negara dibagi sesuai dengan proporsi suara yang diperoleh oleh partai politik atau calon.
Contoh kesesuaian formula Maurice Duverger tersebut di Indonesia adalah melalui sistem pemilihan umum yang diadopsi oleh negara ini. Indonesia menggunakan sistem pemilihan umum dengan sistem mayoritas diikuti dengan pemilihan ulang dan representasi proporsional. Hal ini terlihat dari sistem pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat (DPR), dimana calon yang memperoleh suara terbanyak akan terpilih sebagai anggota DPR. Jika tidak ada calon yang memperoleh suara terbanyak, maka akan dilakukan pemilihan ulang antara calon yang memperoleh suara terbanyak pada pemilihan pertama. Selain itu, jumlah kursi di DPR juga dibagi sesuai dengan proporsi suara yang diperoleh oleh partai politik yang ikut serta dalam pemilihan.
Dengan sistem pemilihan umum yang mengikuti formula Maurice Duverger tersebut, di Indonesia terbentuk banyak partai politik yang bersaing untuk memenangkan pemilihan. Hal ini terlihat dari jumlah partai politik yang terdaftar di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Indonesia, yang saat ini terdiri dari lebih dari 20 partai politik. Jumlah tersebut cenderung meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan semakin terbukanya akses bagi masyarakat untuk ikut serta dalam pemilihan umum di Indonesia.
Sanki-anki dalam KUHP terbagi menjadi dua yaitu. Dan.
@Nyss
Berdasarkan Pasal 10 KUHP
Sanksi - Sanksi dalam KUHP terbagi menjadi dua
yaitu Pidana Pokok dan Pidana Tambahan.
#BelajarBersamaBrainly
Sebagai seorang siswa bagaimanakah cara mewujudkan sikap aktif dan responsif terkait kepentingan bangsa.
Penjelasan:
Untuk mewujudkan sikap aktif dan responsif terkait kepentingan bangsa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang siswa, di antaranya:
Pertama amati keadaan sosial budaya di sekelilingmu.
Jawaban:
keadaan sosial budaya di sekelilingku sangat terjaga . budayanya masih sangat kuat dan rasa sosial tidak memudar
Salah atu dampak yang terjadi jika pla wawaan nuantara tertanam dalam etiap individu warga negara adalah. A. Pemerintahan yang tidak dipercaya rakyat b. Keletarian umber daya alam tidak terjaga c. Kehidupan mayarakat yang penuh konflik d. Partiipai bela negara dari warga tidak ada e. Terciptanya mayarakat yang berjiwa naionalime.
Jawaban:
e. Terciptanya mayarakat yang berjiwa naionalime.
Penjelasan:
dampak yang terjadi jika pahlawan Nusantara tertanam dalam setiap individu warga negara Indonesia adalah maka akan terciptanya rakyat maupun masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme serta cinta tanah air maupun rela berkorban sebagaimana yang telah dipaparkan oleh para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan Negara Indonesia.
hal ini menjadi landasan pokok juga berdirinya negara Indonesia karena adanya rasa persatuan maupun persatuan serta cinta tanah air
Satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi.
Jawaban:
Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk Domestik Bruto (PDB). PDB dapat dihitung melalui tiga pendekatan yaitu Pendekatan Produksi, Pendekatan Pendapatan, dan Pendekatan Pengeluaran
Jawaban:
Salah satu perbedaan demokrasi liberal dengan demokrasi komunis adalah terletak pada kebebasan terhadap warga negaranya, pada demokrasi komunis konsep kebebasannya adalah.
Pada demokrasi liberal, kebebasan merupakan salah satu prinsip dasar yang diakui oleh negara. Warga negara diakui hak-hak fundamentalnya, seperti hak atas kebebasan pribadi, hak atas kebebasan bersuara, hak atas kebebasan beragama, dan hak atas kebebasan berekspresi. Negara bertugas melindungi hak-hak tersebut dan tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan atau merugikan hak-hak warga negaranya.
Sedangkan pada demokrasi komunis, konsep kebebasan yang diakui oleh negara adalah kebebasan bersama atau kebebasan kolektif. Negara menganggap bahwa kebebasan individu harus dikorbankan demi kepentingan kebebasan bersama atau kepentingan kolektif. Negara bertugas mengatur dan mengendalikan seluruh aspek kehidupan warga negaranya, termasuk hak-hak individu, dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama.
Berikan contoh pendidikan non formal yang berfungsi sebagai pendidikan kesetaraan Udah Telanjur kk.
• Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan yang ada diluar/tidak masuk pedidikan formal yang dapat dilaksanakan secara struktur dan berjenjang.
CONTOH PENDIDIKAN NONFORMAL SEBAGAI PEDIDIKAN KESETARAAN :• Lembaga Kursus
• Pedidikan Keterampilan
• Pedidikan Keaksaraan
• Pedidikan Kesetaraan yang terdiri atas paket A, B dan C
• Organisasi pecinta Alam
• Organisasi Keagamaan
• Kelompok bermain dan taman penitipan anak, dsb
@Nyss
Salah satu faktor yang mendorong kuatnya globaliasasi adalah.
Jawaban:
Pendorong terjadinya globalisasi yaitu adanya pengembangan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan transformasi, serta faktor-faktor lainnya dengan sangat pesat. Kemajuan teknologi mendukung batas-batas negara menjadi kurang berarti, baik dari segi ekonomi maupun budaya.
Salah satu informasi pokok yang hidup terdapat dalam daftar riwayat hidup adalah.
Jawaban:
Tanggal dan tempat lahir.
Penjelasan:
Tanggal dan tempat lahir merupakan informasi pokok tentang sejarah hidup seseorang. Ini berguna untuk memberi informasi detail tentang usia, kualifikasi, pendidikan, dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar.
Salah satu contoh peran siswa dalam pembangunan nasiaonal adalah.
Penjelasan:
Salah satu contoh peran siswa dalam pembangunan nasional adalah dengan menjadi agent of change atau agen perubahan di masyarakat. Siswa dapat memainkan peran penting dalam menyebarkan informasi dan mempromosikan tindakan-tindakan yang positif untuk pembangunan nasional, seperti mempromosikan kebersihan lingkungan, mengurangi sampah, dan memperjuangkan hak-hak sosial dan keadilan.
Siswa juga dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dan proyek yang berkaitan dengan pembangunan nasional, seperti membantu dalam program-program pemberdayaan masyarakat, mengajar kepada anak-anak di daerah terpencil, atau berkontribusi dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur.
Selain itu, siswa juga dapat memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi dan keterampilan mereka sendiri untuk menjadi pemimpin masa depan yang dapat memimpin pembangunan nasional. Dengan belajar dengan giat dan memperoleh pengetahuan yang luas, siswa dapat mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang berkompeten dan terampil dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bangsa.
Rumus energi yang ke-4 dalam perang dunia yang disusun panitia sembilan berbeda dalam dengan rumusan yang kemudian disahkan oleh PPKI tuliskan nilai-nilai apa yang dapat kamu teladani dari para tokoh yang menyetujui perubahan rumusan tersebut.
Beberapa nilai yang dapat diambil dari para tokoh yang terlibat dalam proses pembuatan rumusan perubahan tersebut, yaitu:
Konsistensi: Para tokoh tersebut mungkin memiliki prinsip yang konsisten dan tidak mudah terpengaruh oleh tekanan dari luar, sehingga mampu mempertahankan keputusan yang telah diambil.
Kompromi: Mereka mungkin mampu menemukan solusi terbaik melalui proses negosiasi dan kompromi, sehingga dapat mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh semua pihak.
Integritas: Para tokoh tersebut mungkin memiliki integritas yang tinggi dan tidak mudah terpengaruh oleh kepentingan pribadi atau kepentingan golongan, sehingga mampu membuat keputusan yang jujur dan adil.
Kemampuan bernegosiasi: Mereka mungkin memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara yang diplomatis dan efektif.
Kemampuan mengambil keputusan: Mereka mungkin memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana, sehingga mampu membuat keputusan yang bermanfaat bagi kepentingan umum.
4. Contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah. a. Menolong teman
b. Taat beribadah
c. Gotong royong.
Jawaban:
Contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah
a. Menolong teman
Penjelasan:
Sila kedua Pancasila, Kemanusiaan yang adil dan beradab, dilambangkan dengan rantau berlatar belakang warna merah. Jumlah rantai pada lambang sila kedua Pancasila ini ada 17 dan saling berkaitan satu sama lain. Simbol ini menunjukkan generasi penerus bangsa yang turun temurun.
Contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah a. Menolong teman
Pembahasan :Sila ke dua memiliki sifat yang melengkapi satu sama lain sebagai manusia contohnya menolong teman yang kesulitan.Sila ke dua berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab memiliki makna dimana warga negara harus bersikap Saling menolong sesama manusia,Tidak mengejek suku maupun agama lain,danSaling menghormati orang lain.
Opsi a (benar) : menolong teman yang kesulitan merupakan sikap yang sesuai dengan Sila kedua dimana opsi ini menjabarkan sikap prikemanusiaan yaitu menolong teman yang sedang kesulitan.
Opsi b (salah) : Taat beribadah bukan sikap yang sesuai dalam Sila kedua melainkan ada pada Sila pertama dimana setiap warga negara dapat taat beribadah kepada agama dan kepercayaannya masing masing. Sila ini berbunyi Ketuhanan yang maha Esa.
Opsi c (salah) : Gotong royong juga bukan merupakan sikap atau pengamalan Sila kedua pancasila melainkan ada pada Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Sila ini menjabarkan akan sikap saling membantu dan bersatu satu sama lain untuk meringankan beban bangsa,negara, serta masyarakat.
Pelajari Lebih Lanjut :Mapel : Ppkn
Kelas : 8
Bab : 1-Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia
Kode :
1. Mengapa pembangunan sekolah mendorong munculnya kebangkitan Nasional? 2. Sebutkan apa saja faktor dari luar yang mendorong terjadinya kebangkitan nasional?
3. Jelaskan hubungan antara generasi muda terutama pelajar dan kebangkitan nasional?.
Jawaban:
1. Karena dengan adanya pembangunan sekolah, maka tingkat pendidikan di sebuah daerah meningkat. Hal ini juga menyebabkan pendidikan tentang nasionalisme dapat memicu dan mendorong kebangkitan nasional sehingga Indonesia dapat lebih baik lagi ke depannya
2. Sedangkan faktor eksternalnya yakni (1) timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme; (2) munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme; dan (3) kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang ...
3. generasi pemuda wajib memberikan kontribusi terhadap kebangkitan nasional, dengan cara ikut berperan dalam kehidupan bernegara. Memiliki sifat semangat dan nasionalisme dalam dirinya.