frontpage hit counter

Carilah arus I (t) dalam suatu rangkaian RLC dengan R = 100 Ohm, L = 0.1 Henry, C = 10-3 Farad yang dihubungkan dengan suatu sumber tegangan E(t) = 155 sin 377t
(sehingga 60 Hz = 60 gelombang/detik), dengan menganggap muatan dan arus sama
dengan nol bila t = 0

Jawaban

Jawaban 1

Materi:

Find RLC Circuit Current

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Untuk mencari arus I(t) dalam suatu rangkaian RLC, pertama-tama kita perlu menentukan persamaan diferensial yang menggambarkan sistem tersebut. Dalam rangkaian RLC, arus yang mengalir pada setiap komponen (resistor, indutor, dan kapasitor) memiliki dampak pada komponen lainnya. Persamaan diferensial yang menggambarkan sistem ini dapat dituliskan sebagai berikut:

Ldi(t)/dt + RI(t) + (1/C)*Q(t) = E(t)

Dimana L adalah induktansi, R adalah resistansi, C adalah kapasitan, I(t) adalah arus pada saat t, Q(t) adalah muatan pada kapasitor pada saat t, dan E(t) adalah tegangan yang diberikan oleh sumber tegangan pada saat t.

Untuk mencari arus I(t) pada saat t, kita perlu menyelesaikan persamaan diferensial tersebut dengan menggunakan metode yang sesuai. Misalnya, jika kita menggunakan metode Euler, maka kita dapat menuliskan arus I(t) sebagai berikut:

I(t+dt) = I(t) + dt*(E(t) - R*I(t) - (1/C)*Q(t))/L

Dengan menggunakan kondisi awal bahwa I(0) = 0 dan Q(0) = 0, kita dapat menghitung arus I(t) pada setiap waktu t dengan menggunakan algoritma iteratif.

Sebagai contoh, jika kita ingin mencari arus I(t) pada waktu t = 1 detik, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan nilai t = 0 dan hitung E(0) = 155 sin 377*0 = 0
  2. Tentukan dt (misalnya dt = 0.01 detik)
  3. Hitung I(dt) = I(0) + dt*(E(0) - RI(0) - (1/C)Q(0))/L = 0 + 0.01(0 - 1000 - (1/0.001)*0)/0.1 = 0
  4. Tentukan nilai t = dt dan hitung E(dt) = 155 sin 377dt = 155 sin 3770.01 = 1.55
  5. Hitung I(2dt) = I(dt) + dt(E(dt) - RI(dt) - (1/C)Q(dt))/L = 0 + 0.01(1.55 - 1000 - (1/0.001)*0)/0.1 = 0.155

Pertanyaan Terkait

Assalamu'alaikum kak, mohon bantuannya dong kak yang baik dan bisa saya mohon... a. Jajaran genjang dengan luas 10 satuan luas dapat dibentuk oleh dua buah vektor yaitu vektor

= (2, −3
, 0) dan = (0, , −2). Jika adalah bilangan negatif, tentukan nilai yang
memenuhi!
b. Diketahui = (−1, 5, 2), = (4, 2, 0), = (2, −4, 2), = (1, −1, 3).
Periksalah sudut antara dua vektor dari setiap vektor-vektor tersebut untuk menemukan semua
pasangan vektor yang saling tegak lurus!
20
Terimakasih

Answers

Jawab:

a. Luas jajaran genjang yang dibentuk oleh dua buah vektor a dan b dapat dicari dengan menggunakan rumus L = |a x b|, dimana a x b adalah produk vektorial dari a dan b.

L = |(2, -3, 0) x (0, , -2)| = |(-6, 0, 2)| = √(-6)^2 + (0)^2 + (2)^2 = √40 = 6,32455532

Sehingga luas jajaran genjang yang dibentuk oleh dua buah vektor a dan b adalah 6 satuan luas. Karena luas jajaran genjang yang dibentuk oleh a dan b adalah 10 satuan luas, maka luas yang tidak tercakup oleh jajaran genjang tersebut adalah 10 - 6 = 4 satuan luas.

Dari rumus luas jajaran genjang yang dibentuk oleh dua buah vektor a dan b, yaitu L = |a x b|, dapat dituliskan sebagai berikut:

L = |(2, -3, 0) x (0, , -2)| = |(-6, 0, 2)| = √(-6)^2 + (0)^2 + (2)^2 = √40 = 6

Sehingga, √40 - 6 = 4.

Dari persamaan tersebut, dapat dicari nilai yang memenuhi dengan mengalikan kedua sisi dengan akar dari 40, sehingga diperoleh:

√40 - 6 = 4

40 - 6 = 40

34 = 40

Sehingga, yang memenuhi adalah = -6.

b. Untuk menemukan pasangan vektor yang saling tegak lurus, dapat digunakan rumus sudut antara dua vektor yang diberikan oleh cos θ = (a . b) / (|a| . |b|), dimana a . b adalah dot product dari a dan b, dan |a| . |b| adalah panjang vektor a dan panjang vektor b. Jika hasil dari rumus tersebut adalah 1, maka kedua vektor tersebut saling tegak lurus.

Pasangan vektor yang saling tegak lurus adalah:

  • Vektor (-1, 5, 2) dan vektor (4, 2, 0)
  • Vektor (2, -4, 2) dan vektor (1, -1, 3)

- Sumber: Rumus Sudut Antara Dua Vektor

F(x) =x²+3x-4
Tentukan titik potong sumbu-y

Answers

titik potong sumbu-y adalah (0, -4)

pembahasan :

f(x) =x²+3x-4

Tentukan titik potong sumbu-y

x = 0

y = x² + 3x - 4

y = 0² + 3(0) - 4

y = -4

titik potong sumbu-y adalah (0, -4)

Persamaan berikut ini yang merupakan persamaan linear dengan dua variabel adalah…. A. y2– x2 = 3
B. x2+ 2x – 3 = 0
C. x + 2y = 10
D. y2– 4 = 6

Answers

Pembahasan Soal

Persamaan berikut ini yang merupakan persamaan linear dengan dua variabel adalah….

A. y²– x² = 3

B. x²+ 2x – 3 = 0

C. x + 2y = 10

D. y²– 4 = 6

Disini kita mencari PLDV. Ayo kita kupas satu-persatu jawabannya!

A. y² - x² = 3

Persamaan ini terdapat 2 variabel, namun keduanya merupakan variabel yang berpangkat 2. Maka persamaan ini bukan merupakan PLDV.

B. x² + 2x - 3 = 0

Disini hanya ada satu variabel, yaitu x. Dan salah satunya terdapat pangkat 2. Maka persamaan ini tentu saja bukan merupakan PLDV.

C. x + 2y = 10

Persamaan ini memiliki 2 variabel, yaitu x dan y, serta variabelnya tidak berpangkat. Maka persamaan ini merupakan PLDV.

D. y² - 4 = 6

Persamaan ini hanya memiliki satu variabel, yaitu y, serta berpangkat dua. Maka persamaan ini bukan merupakan PLDV.

#SemogaBermanfaat

#BelajarBersamaBrainly

6. Sebuah ayunan matematik yang yang panjang talinya 100 cm mulai berayun dari posisi terjauh dari kedudukan seimbang STC radial. Posisi terjauh yang dicapainya setiap kali sebesar 12 2 5 51 12 ... berkurang sebesar posisi sebelumnya. Panjang busur yang dijalani ujung ayunan itu sampai berhenti penuh adalah :​

Answers

Panjang busur yang dijalani ujung ayunan sampai berhenti penuh dapat dicari dengan menggunakan rumus jumlah tak hingga deret aritmatika. Deret tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

12 2 5 51 12 ...

Kita tahu bahwa rasio deret tersebut adalah 12, dan jumlah tak hingga deret tersebut adalah 100. Kita juga tahu bahwa suku pertama deret tersebut adalah 12. Dengan demikian, kita bisa menggunakan rumus jumlah tak hingga deret aritmatika untuk mencari jumlah semua suku deret tersebut:

Jumlah = a * (r^n - 1) / (r - 1)

= 12 * (12^n - 1) / 11

= 12 * (144 - 1) / 11

= 12 * 143 / 11

= 100

Setelah menyelesaikan persamaan tersebut, kita dapat menemukan bahwa n = 3. Ini berarti banyaknya suku deret tersebut adalah 3.

Untuk mencari panjang busur yang dijalani ujung ayunan sampai berhenti penuh, kita harus menjumlahkan panjang tiap suku deret tersebut. Panjang tiap suku deret tersebut adalah 12, 2, dan 5. Jumlah semua suku deret tersebut adalah 12 + 2 + 5 = 19.

Jadi, panjang busur yang dijalani ujung ayunan sampai berhenti penuh adalah 19 cm.

5. Jumlah tak hingga deret geometri adalah 81 dan suku pertamanya adalah 27. Jumlah semua suku bernomor ganjil deret tersebut adalah ​

Answers

Untuk mencari jumlah semua suku bernomor ganjil deret geometri, kita bisa menggunakan rumus jumlah tak hingga deret geometri:

Jumlah = a * (r^n - 1) / (r - 1)

di mana a adalah suku pertama, r adalah rasio deret, dan n adalah banyaknya suku yang diinginkan. Dalam kasus ini, jumlah tak hingga deret adalah 81, jadi kita bisa menuliskan persamaan sebagai berikut:

81 = a * (r^n - 1) / (r - 1)

Karena suku pertama adalah 27, maka a = 27. Kita juga tahu bahwa jumlah tak hingga deret adalah 81, jadi kita bisa menuliskan persamaan sebagai berikut:

81 = 27 * (r^n - 1) / (r - 1)

Setelah membagi seluruh persamaan dengan 27, kita dapat menuliskan persamaan sebagai berikut:

3 = (r^n - 1) / (r - 1)

Karena jumlah tak hingga deret adalah 81, maka rasio deret adalah r = 3. Dengan demikian, persamaan di atas dapat dituliskan sebagai berikut:

3 = (3^n - 1) / 2

Setelah menyelesaikan persamaan tersebut, kita dapat menemukan bahwa n = 3. Ini berarti banyaknya suku yang diinginkan adalah 3.

Untuk mencari jumlah semua suku bernomor ganjil deret tersebut, kita harus mencari jumlah suku-suku bernomor ganjil dari 1 sampai 3. Suku-suku bernomor ganjil adalah 27, 9, dan 3. Jumlah semua suku bernomor ganjil deret tersebut adalah 27 + 9 + 3 = 39.

Jawaban:

fguuyguiibgrg5i8iurr

2. Seorang pemilik kebun, memetik jeruknya setiap hari dan mencatatnya. Ternyata banyaknya jeruk yang dipetik pada hari ke n memenuhi rumus Un = 80 + 20n. Banyaknya jeruk yang dipetik selama 1 bulan Oktober adalah ​

Answers

Banyaknya jeruk yang dipetik pada hari ke-n dapat dicari dengan menggunakan rumus Un = 80 + 20n. Oktober memiliki 31 hari, jadi banyaknya jeruk yang dipetik selama 1 bulan Oktober adalah:

U1 + U2 + ... + U31 = (80 + 20 * 1) + (80 + 20 * 2) + ... + (80 + 20 * 31)

= 80 + 80 + 80 + ... + 80 + 20 + 40 + 60 + ... + 620

= 31 * 80 + 20 + 40 + 60 + ... + 620

= 31 * 80 + (20 + 40 + 60 + ... + 620)

Kita dapat menggunakan rumus aritmatika untuk mencari jumlah 20 + 40 + 60 + ... + 620. Jumlah tersebut adalah:

(20 + 620) * 31 / 2 = 320 * 31 = 9920

Jadi, banyaknya jeruk yang dipetik selama 1 bulan Oktober adalah 31 * 80 + 9920 = 3580.

Jawab:

12.400 buah

Penjelasan dengan langkah-langkah:

1 bulan oktober = 31 hari

* Mencari U1

Un = 80 + 20n

U1 = 80 + 20(1)

U1 = 80 + 20

U1 = 100

* Mencari U31

Un = 80 + 20n

U31 = 80 + 20(31)

U31 = 80 + 620

U31 = 700

* Mencari S31

Sn = n/2 (a + Un)

S31 = 31/2 (100 + 700)

S31 = 31/2 × 800

S31 = 31 × 400

S31 = 12400

Jadi, banyaknya jeruk yang dipetik selama 1 bulan Oktober adalah 12.400 buah

Diketahui fungsi F (X) 2x² -5x + 3 tentukanlah nilai dari F(5) - F(3)!​

Answers

--

  • Nilai f(5)

f(x) = 2x² - 5x + 3

f(5) = 2(5)² - 5(5) + 3

f(5) = ( 2.50 ) - ( 5.5 ) + 3

f(5) = 50 - 25 + 3

f(5) = 25 + 3

f(5) = 28

  • Nilai f(3)

f(x) = 2x² - 5x + 3

f(3) = 2(3)² - 5(3) + 3

f(3) = ( 2.9 ) - ( 5.3 ) + 3

f(3) = 18 - 15 + 3

f(3) = 3 + 3

f(3) = 6

  • Menentukan nilai f(5) - f(3)

f(5) - f(3)

= 28 - 6

= 22

--

Jawab:

22

Penjelasan dengan langkah-langkah:

f(x) = 2x² -5x + 3

* Mencari f(5)

f(5) = 2(5)² - 5(5) + 3

f(5) = 2(25) - 25 + 3

f(5) = 50 - 25 + 3

f(5) = 25 + 3

f(5) = 28

* Mencari nilai f(3)

f(3) = 2(3)² - 5(3) + 3

f(3) = 2(9) - 15 + 3

f(3) = 18 - 15 + 3

f(3) = 3 + 3

f(3) = 6

* Mencari f(5) - f(3)

f(5) - f(3)

= 28 - 6

= 22

Jarak kota Surabaya dan kota Sidoarjo pada peta berskala 1 : 1.300.000 adalah 2 cm jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah..... km? ​

Answers

--

--

Jawab:

26 km

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jarak sebenarnya = Skala x Jarak pada peta

                              = 1.300.000 x 2

                              = 2.600.000 cm

                              = 26 km

Jika x1 = 6 dan x2 = -3 maka tentukanlah bentuk persamaan kuadrat untuk akar akar tersebut​

Answers

Jawab:

x² - 3x - 18 = 0

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui :

x1 = 6

x2 = -3

Ditanya :

bentuk persamaan kuadrat untuk akar akar tersebut​ ?

Jawab :

Cara menyusun persamaan kuadrat :

x² - x(x1 + x2) + (x1 . x2) = 0

⇒ x² - x(6 + (-3)) + (6 . (-3)) = 0

⇒ x² - x(3) + (-18) = 0

⇒ x² - 3x - 18 = 0

Jika f ( × ) = ( 2×-1 )² ( ×-3 ) nilai f{} ( -1 ) =

Answers

Jawab:

f(-1) = -36

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui :

f ( x) = ( 2x-1 )² ( x-3 )

Ditanya :

f( -1 ) =

Jawab :

f(x) = ( 2x - 1 )² ( x - 3 )

f(-1) = ( 2(-1) - 1 )² ((-1) - 3 )

f(-1) = ((-2) - 1 )² (-4)

f(-1) = (-3)² (-4)

f(-1) = 9 × (-4)

f(-1) = -36

Tentukanlah akar dari x² - x - 12 : 0​

Answers

Jawaban:

Rumus yang digunakan untuk mencari akar dari persamaan kuadrat adalah rumus akar kuadrat, yaitu:

x = ( -b ± √b² - 4ac ) / 2a

Keterangan:

x = akar

b = koefisien x

a = koefisien x²

c = konstanta

Jadi, dari persamaan x² - x - 12 = 0,

maka

x = ( -(-1) ± √(-1)² - 4(1)(-12) ) / 2(1)

x = ( 1 ± √13 ) / 2

Akar dari persamaan x² - x - 12 = 0 adalah x = (1 + √13) / 2 dan x = (1 - √13) / 2

Persamaan Kuadrat

ax² + bx + c = 0

x² - x - 12 = 0

(x + 3)(x - 4) = 0

x = -3 atau x = 4

akar-akar persamaan :

-3 dan 4

tim HRD sebuah perusahaan sedang menentukan nilai akhir ujian seleksi calon karyawan A. dari empat tes, A mendapatkan nilai masing2 tes berturut turut. adalah 70,70,90,dan 50. tes pertama dan kedua mempunyai bobot penilaian yg sama. bobot tes yg kedua adalah1/2 tes ketiga. tes ketiga memiliki bobot 30%. tes ke empat memiliki bobot 40%. jika nilai akhir adalah jumlah dari nilai tes yg dikalikan dengan bobot tes, berapa nilai akhir A?​

Answers

Untuk menentukan nilai akhir A, pertama-tama kita perlu mengetahui bobot dari masing-masing tes. Tes pertama dan kedua memiliki bobot yang sama, yaitu x. Tes ketiga memiliki bobot 1/2x, sedangkan tes keempat memiliki bobot 30%.

Kemudian, kita dapat menghitung nilai akhir A dengan mengalikan nilai dari setiap tes dengan bobot yang sesuai dan menjumlahkan hasilnya:

Nilai akhir A = (70 x x) + (70 x x) + (90 x 1/2x) + (50 x 30%)

= 140x + 45x + 15x + 15

= 200x + 15

Jadi, nilai akhir A adalah 200x + 15.

7. Bila pedapatan nasional 200, terjadi tabungan negative sebesar 30 Tentukanlah: a. Fungsi tabungan, S = f(y) b. Fungsi konsumsi, C = f(y) c. Besar tabungan dan konsumsi masing-masing bila pendapatan nasional 400.​ tolongin dong jawaban nya aku gak mengerti terima kasih soal matematika besok jam 23.59 tolongin

Answers

a. Fungsi tabungan, S = f(y)

Fungsi tabungan menunjukkan bagaimana jumlah tabungan bervariasi dengan pendapatan nasional (y). Jika pendapatan nasional meningkat, tabungan biasanya juga akan meningkat. Namun, jika terjadi tabungan negatif, maka jumlah tabungan akan bernilai negatif pada saat pendapatan nasional tertentu. Jadi, pada pendapatan nasional 200, fungsi tabungan adalah S = -30.

b. Fungsi konsumsi, C = f(y)

Fungsi konsumsi menunjukkan bagaimana jumlah konsumsi bervariasi dengan pendapatan nasional (y). Jika pendapatan nasional meningkat, konsumsi biasanya juga akan meningkat. Namun, jika terjadi tabungan negatif, maka jumlah konsumsi akan lebih besar daripada pendapatan nasional pada saat pendapatan nasional tertentu. Jadi, pada pendapatan nasional 200, fungsi konsumsi adalah C = 200 + (-30) = 170.

c. Besar tabungan dan konsumsi masing-masing bila pendapatan nasional 400.

Jika pendapatan nasional meningkat menjadi 400, maka tabungan dan konsumsi juga akan meningkat. Namun, karena tidak ada informasi tambahan tentang bagaimana tabungan dan konsumsi bervariasi dengan pendapatan nasional, tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang besar tabungan dan konsumsi masing-masing pada pendapatan nasional 400.

Permintaan suatu komoditi yang dihadapi oleh seorang produsen ditunjukkan oleh tabel berikut: P Q

750 100

300 400

a. Susunlah persaman fungsi permintaan tersebut!

b. Susunlah persamaan penerimaan totalnya (TR)!

c. Berapa besarnya penerimaan total (TR) jika terjual barang sebanyak 200 unit, dan berapa

harga jual (P) per unit?

15

Answers

Jawab:

a. Persamaan fungsi permintaan untuk data yang diberikan adalah:

Q = -0.4P + 500

b. Persamaan penerimaan total (TR) adalah:

TR = P * Q

c. Jika terjual barang sebanyak 200 unit, maka Q = 200. Dengan menggunakan persamaan fungsi permintaan yang telah ditentukan di atas, maka P = 625. Oleh karena itu, penerimaan total (TR) adalah 625 * 200 = 125000. Harga jual (P) per unit adalah 625.

(4x - 3)/2 ≥ 1/3 Nilar x yang memenuhi adalah

Answers

Pertidaksamaan

(4x - 3)/2 ≥ 1/3

kedua ruas kalikan 6

3(4x - 3) ≥ 2

12x - 9 ≥ 2

x ≥ (2 + 9)/12

x ≥ 11/12

Nilai x yang memenuhi :

x ≥ 11/12

Penjelasan dengan langkah-langkah:

(4x - 3)/2 ≥ 1/3

2((4x - 3)/2) ≥ 2(1/3)

4x - 3 ≥ 2/3

4x ≥ 2/3 + 3

4x(3) ≥ 11

12x ≥ 11

x ≥ 11/12

Nilai x yang memenuhi adalah x ≥ 11/12

Sebuah kardus berisi banyak bola berwarna merah, biru, dan ungu. Akan diambil 10 buah bola saja. (a) Berapa banyak cara mengambil bola jika bola merah paling sedikit 5. (b) Berapa banyak cara mengambil bola jika bola merah paling banyak 5. (tolong jawab dg langkah nya kakak) ​

Answers

Jawab:

Untuk menjawab pertanyaan (a), kita dapat menggunakan rumus permutasi, yaitu:

P(n,r) = n! / (n-r)!

di mana P(n,r) adalah jumlah kemungkinan pengambilan r bola dari n bola yang tersedia, n! adalah faktorial dari n, dan (n-r)! adalah faktorial dari (n-r).

Jumlah kemungkinan pengambilan 10 bola dari bola merah, biru, dan ungu yang tersedia, jika bola merah paling sedikit 5, adalah:

P(10,10) = 10! / (10-10)! = 10! / 0! = 10! = 3.628.800

Untuk menjawab pertanyaan (b), kita dapat menggunakan rumus kombinasi, yaitu:

C(n,r) = n! / (r! * (n-r)!)

di mana C(n,r) adalah jumlah kemungkinan pengambilan r bola dari n bola yang tersedia, n! adalah faktorial dari n, r! adalah faktorial dari r, dan (n-r)! adalah faktorial dari (n-r).

Jumlah kemungkinan pengambilan 10 bola dari bola merah, biru, dan ungu yang tersedia, jika bola merah paling banyak 5, adalah:

C(10,5) = 10! / (5! * (10-5)!) = 10! / (5! * 5!) = 252

Jadi, jawabannya adalah 3.628.800 pilihan untuk pertanyaan (a) dan 252 pilihan untuk pertanyaan (b).

maaf kalo salah

Permintaan suatu komoditi yang dihadapi oleh seorang produsen ditunjukkan oleh tabel berikut: P Q
750 100
300 400
a. Susunlah persaman fungsi permintaan tersebut!
b. Susunlah persamaan penerimaan totalnya (TR)!

Answers

Jawaban:

a. P = 900 - 1,5Q.

b. TR = 900Q - 1,5Q^2.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

a. Untuk menyusun persamaan fungsi permintaan, kita dapat menggunakan model matematis yang sering digunakan dalam ekonomi, yaitu model persamaan linier. Model ini dapat dituliskan sebagai P = a - bQ, di mana P adalah harga komoditi, Q adalah equantitas komoditi yang diminta, dan a dan b adalah konstanta yang dapat dihitung dengan menggunakan data yang tersedia.

Untuk mencari konstanta a dan b, kita dapat menggunakan dua pasang data harga dan equantitas yang tersedia. Misalnya, dengan menggunakan pasangan data P = 750 dan Q = 100, kita dapat menyusun persamaan sebagai berikut:

750 = a - b x 100

750 = a - 100b

Sedangkan dengan menggunakan pasangan data P = 300 dan Q = 400, kita dapat menyusun persamaan sebagai berikut:

300 = a - b x 400

300 = a - 400b

Dengan demikian, kita memiliki dua persamaan dengan dua variabel yang tidak diketahui, yaitu a dan b. Untuk menyelesaikannya, kita dapat menyamakan kedua persamaan tersebut dan menyelesaikan sistem persamaan linier tersebut.

750 = a - 100b

300 = a - 400b

450 = 300b

b = 1,5

Sekarang kita tahu nilai b, yaitu 1,5. Kita dapat menggunakan salah satu persamaan yang telah kita susun untuk mencari nilai a. Misalnya, kita dapat menggunakan persamaan 750 = a - 100b:

750 = a - 100 x 1,5

750 = a - 150

a = 900

Dengan demikian, persamaan fungsi permintaan yang sesuai dengan data yang tersedia adalah P = 900 - 1,5Q.

b. Persamaan penerimaan total (TR) adalah total pendapatan yang diperoleh oleh produsen dari penjualan equantitas komoditi tertentu pada harga tertentu. Persamaan TR dapat dituliskan sebagai TR = P x Q, di mana P adalah harga komoditi, dan Q adalah equantitas komoditi yang dijual

Untuk menyelesaikan persamaan TR, kita dapat mengelompokkan terlebih dahulu komponen-komponen yang terdapat dalam persamaan tersebut. Persamaan TR dapat dituliskan sebagai berikut:

TR = 900Q - 1,5Q^2

Jadi, persamaan penerimaan total yang sesuai dengan data yang tersedia adalah TR = 900Q - 1,5Q^2. Persamaan ini menggambarkan bagaimana penerimaan total produsen tergantung pada harga dan equantitas komoditi yang dijual.

Tentukan daerah asal Df dan daerah hasil Rf dari fungsi berikut : 1. f(x)=5+√3x-2
2. f(x)=x²+1​

Answers

Jawab:

  1. Fungsi f(x) = 5 + √3x - 2 memiliki daerah asal Df = {x | x ∈ R}, yaitu semua bilangan real. Sedangkan daerah hasil Rf dari fungsi tersebut adalah semua bilangan real, yaitu Rf = {y | y ∈ R}.
  2. Fungsi f(x) = x² + 1 memiliki daerah asal Df = {x | x ∈ R}, yaitu semua bilangan real. Sedangkan daerah hasil Rf dari fungsi tersebut adalah semua bilangan real, yaitu Rf = {y | y ∈ R}.

Semoga membantu!

Tiga orang siswa pergi ke sekolah, si A berangkat pukul 07.00 dengan berjalan kaki dengan kelajuan 0,5 m/s; si B berangkat pukul 07.10 dengan kenderaan bermotor dengan laju rata-rata 36 km/jam; dan si C berangkat pukul 07.15 dengan mobil dengan laju rata-rata 45 km/jam. Jika jarak rumah A, B dan ke sekolah berturut-turut 450 m, 3,6 km dan 5,4 km. Perkirakanlah:
1. Siapa yang lebih dahulu sampai di sekolah.
2. Jika bel sekolah berdering pukul 07.30, siapa yang terlambat.​

Answers

Jawab:

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengonversi jarak dan kecepatan si A, B, dan C ke satuan yang sama. Kelajuan si A dalam satuan km/jam adalah 0,5 m/s x (1 km/1000 m) x (3600 s/1 jam) = 18 km/jam. Kelajuan si B dan C sudah dalam satuan km/jam, sehingga tidak perlu dikonversi lagi.

Setelah mengetahui kecepatan tiap-tiap siswa, kita dapat menghitung waktu yang dibutuhkan tiap-tiap siswa untuk sampai di sekolah dengan menggunakan rumus:

waktu = jarak / kecepatan

Untuk siswa A, waktu yang dibutuhkan adalah 450 m / (18 km/jam) = 25 menit.

Untuk siswa B, waktu yang dibutuhkan adalah 3,6 km / 36 km/jam = 1 jam.

Untuk siswa C, waktu yang dibutuhkan adalah 5,4 km / 45 km/jam = 1 jam 12 menit.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan pertama adalah siswa A yang lebih dahulu sampai di sekolah.

Untuk pertanyaan kedua, siswa B dan C sampai di sekolah pada pukul 08.10 dan 08.27, masing-masing. Karena bel sekolah berdering pukul 07.30, maka siswa B dan C terlambat. Siswa A tidak terlambat karena sampai di sekolah sebelum bel berdering.

maaf kalo salah

A recent study of 26 Conway, SC, residents revealed they had lived at their current address an average of 9. 3 years. The standard deviation of the sample was 2 years. A. What is the population mean? b. What is the best estimate of the population mean? c. What is the standard error of estimate? d. Develop a 90 percent confidence interval for the population mean.

Answers

Jawab:

a. The population mean adalah rata-rata dari seluruh anggota populasi yang ingin diteliti. Dalam kasus ini, kita tidak memiliki informasi tentang seluruh anggota populasi yang terdiri dari seluruh penduduk Conway, SC, sehingga tidak dapat menghitung population mean dengan pasti.

b. The best estimate of the population mean adalah perkiraan terbaik dari population mean yang didasarkan pada data sampel yang tersedia. Dalam kasus ini, the best estimate of the population mean adalah 9.3 tahun, yang merupakan rata-rata dari 26 orang penduduk Conway, SC, yang disurvei.

The standard error of estimate adalah ukuran tingkat ketidakpastian dari perkiraan terbaik population mean yang didasarkan pada data sampel. Standard error dapat dihitung dengan rumus:

standard error = standard deviation / √n

Dalam kasus ini, standard error adalah:

standard error = 2 / √26

= 0.46

A 90 percent confidence interval for the population mean adalah rentang nilai yang terdiri dari perkiraan terbaik population mean ditambah dan dikurangi dengan nilai confidence interval. Confidence interval dapat dihitung dengan rumus:

confidence interval = standard error x z-score

Z-score adalah nilai yang menunjukkan seberapa jauh nilai dari mean dari sebuah distribusi normal. Nilai z-score dapat dicari di tabel z-score atau dengan menggunakan fungsi z-score pada calculator atau spreadsheet. Untuk menghitung 90 percent confidence interval, kita menggunakan z-score dengan tingkat kepercayaan 90%, yaitu 1.645.

Jadi, 90 percent confidence interval dari population mean adalah:

confidence interval = 0.46 x 1.645

= 0.75

Sehingga, 90 percent confidence interval untuk population mean adalah 8.55 - 9.05. Artinya, ada kemungkinan sebesar 90% bahwa population mean berada di rentang 8.55 - 9.05 tahun.

Pertanyaan Lainnya
Tuliskan 3 perilaku yang dapat merusak pergaulan dengan teman Mentaati lalu lintas termasuk norma hukum seorang pelajar? ​ 3. Active: When did someone write the letter? Passive: ______ a. When was someone wrote the letter? b. When is the letter written? c. When was the letter written? d. When were the letter written by someone? 15. Active: Aurel will eat the food. Passive: ____ a. The food would be eating by Aurel. b. The food will be eaten by Aurel. c. The food has to be eaten by Aurel. d. The food will be being eaten by Aurel. 1. Joe asked Mary ____________________ him when she woke up. a. to call c. calling b. calls d. called 2. We enjoyed ________________ them again after so many years. a. Seeing c. to see b. See d. saw 3. Ali is anxious ______________ his family. a. Meeting c. met b. Meets d. to meet Sebuah benda bercahaya memiliki luas permukaan efektif 20 cm². Jika lampu tersebut dianggap sebagai benda hitam, laju energi yang dipancarkan benda bercahaya saat suhunya 600 K adalah? (σ = 5,6 x 10-8 W/m2K4) A. 7,3 W B. 14,5 W C. 21,9 W D. 29 W E. 34,6 W​ Koefisien x pada bentuk aljabar 3x² + 2× +5 adalah​ Diketahui P=120.000.000 i=11% t=10 tahun Hitunglah angsuran secara anuitas ​ Sebutkan dan jelaskan pernikahan -pernikahan yang dilarang oleh syariat islam​ Materi Kimia kelas 10 kurikulum 2013 Semester 2 apa aja?​ Assalamu'alaikum kak, mohon bantuannya dong kak yang baik dan bisa saya mohon... a. Jajaran genjang dengan luas 10 satuan luas dapat dibentuk oleh dua buah vektor yaitu vektor = (2, −3 , 0) dan = (0, , −2). Jika adalah bilangan negatif, tentukan nilai yang memenuhi! b. Diketahui = (−1, 5, 2), = (4, 2, 0), = (2, −4, 2), = (1, −1, 3). Periksalah sudut antara dua vektor dari setiap vektor-vektor tersebut untuk menemukan semua pasangan vektor yang saling tegak lurus! 20 Terimakasih Would you mind _____ the stereo down? ​A.​Turn ​D.​To turns ​B.​Turning ​E.​Turned ​C.​To turn ​ Pengunaan apar karbondioksida pada ruangan tertutup F(x) =x²+3x-4 Tentukan titik potong sumbu-y 33. Benda yang bergerak harmonik arah vertikal memiliki percepatan maksimum sebesar 8 m/s². Pada saat benda memiliki fase 7/12, percepatannya adalah A. 4 m/s², arah ke atas B. 4 m/s², arah ke bawah C. 4√2 m/s², arah ke atas D. 4√3 m/s², arah ke bawah E. 4√3 m/s², arah ke atas​ Tuliskan masing-masing tiga perilaku positif dalam mengisi kemerdekaan di lingkungan rumah​ Persamaan berikut ini yang merupakan persamaan linear dengan dua variabel adalah…. A. y2– x2 = 3 B. x2+ 2x – 3 = 0 C. x + 2y = 10 D. y2– 4 = 6 3. Sebuah partikel bergerak dengan persamaan r =(3t³-3t²-5)i+2t⁴j+2t-4k Tentukan a. Posisi saat t=5 s b. Kecepatan rata-rata saat t = 2 s dan t = 4 s c. Kecepatan saat t = 5 s d. Percepatan rata-rata saat t=2 s dan t = 4 s e. Percepatan saat t= 5 s ​ F(X) = x³ + 3x²_2X-8 Buatlah algoritma, flowchart dan sintaks program dalam bahasa C dan C++ dari kasus berikut: Menampilkan bilangan yang habis dibagi 5 untuk bilangan dari 40 sampai 1​ Aldi dan keluar ga menikmati waktu liburan sekolah dengan mengunjungi rumah neneknya di kawasan puncak Bogor pada saat malam tiba Aldi merasa kedinginan akhirnya Aldi pun menggunakan jaket dan kaos kaki ,Aldi penasaran berapa suhu udara yang bisa membuatnya kedinginan, ternyata setelah di cek dengan alat pengukur suhu,suhu nya menyampai 10⁰c . berdasarkan cerita di atas apakah alat pengukur suhu yang Dimaksud? konversikan suhu dalam skala reamur dan Kelvin!​