Penjelasan:
Setiap sekolah di Indonesia diwajibkan untuk mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum ini merupakan acuan dasar dalam pembelajaran di sekolah, dan sekolah tidak boleh mengabaikannya atau tidak menerapkannya.
Namun, sekolah masih memiliki kebebasan dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah tersebut.
Jadi, sekolah tidak boleh tidak menerapkan kurikulum yang telah ditetapkan, tetapi sekolah masih bisa mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah tersebut.
Jelaskan mengenai pernyataan fakta dan opini dalam teks eksposisi?
Jawaban:
Teks eksposisi mengandung dua unsur, yaitu gagasan dan fakta pendukung gagasan. Gagasan disebut juga pendapat (opini), yaitu pernyataan yang berisi pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang. Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan, yang sudah benar-benar ada dan terjadi.
#siapa tokoh yang tidak kamu suka, mengapa?
pada cerita sang pemimpin
Jawaban:
Apa ini cerita? Kalau begitu kamu bisa kirim ulang beserta foto ceritanya
Penjelasan:
Pertanyaan diatas bertanya "Siapa tokoh yang tidak kamu suka dan jelaskan". Maksudnya adalah menurut kamu siapa sih yang berwatak buruk dan kamu membencinya? Misalnya Bawang Merah yang selalu semena-mena terhadap Bawang Putih
#Apa yang terjadi akhir?
pada cerita sang pemimpin.
Jawaban:
Kamu bisa mengirim ulang pertanyaan beserta lampiran foto ceritanya agar dapat di bantu
Penjelasan:
Pertanyaan itu menanyakan tentang "Bagaimana akhir cerita dari Sang Pemimpin?". Kamu diminta membaca akhir cerita dan menjelaskan bagaimana akhir dari cerita tersebut, apakah ke arah yang baik atau ke arah yang buruk
#Apa yang terjadi akhir?
pada cerita sang pemimpin.
berbahagia selalujsjsnsjjww
Contoh pidato tentang keberagaman disekolah
Jawaban:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Bapak-bapak, ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang terhormat,
Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin membicarakan tentang pentingnya keberagaman di sekolah.
Sekolah adalah tempat dimana kita semua belajar dan tumbuh bersama. Di sini, kita belajar tidak hanya tentang materi pelajaran saja, tapi juga tentang bagaimana hidup bersama dengan orang lain yang berbeda dengan kita. Kita belajar bagaimana menghargai perbedaan-perbedaan yang ada, dan menghormati hak-hak orang lain.
Keberagaman di sekolah sangat penting karena memberikan kita kesempatan untuk belajar tentang keberagaman yang ada di dunia ini. Kita dapat belajar tentang budaya-budaya yang berbeda, bahasa-bahasa yang berbeda, dan cara-cara berpikir yang berbeda. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena membantu kita menjadi orang yang lebih terbuka dan toleran terhadap perbedaan-perbedaan yang ada.
Keberagaman juga sangat penting karena membantu kita menjadi orang yang lebih
Semoga membantu!
18. Pada suhu 25°C, Panjang kawat besi adalah 50 m. Panjang kawat besi tersebut pada suhu 100°C jika koefisien muai Panjang besi itu 1,1 x 10-5/° C adalah.....
a. 50,04410
b. 50,04125
c. 50,04030
d. 50,04235
tolong dibantu
usahakan pake jalan y
Diketahui :
Lo = 50 m
∆t = 100°C - 25°C = 75°C
Ditanya : Lt ?
Dijawab :
Sebutkan tantangan dunia yang kalian hadapi kedepan?
Jawaban:
1.Perubahan Global.
2.Kependudukan dan Ketenagakerjaan.
3.Kependudukan dan Ketenagakerjaan.
4.Permasalahan Lingkungan Hidup.
5.Perubahan Tatanan Kehidupan Sosial dan Moral.
Penjelasan:
1.Pada tahun tahun 1989 The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menerbitkan hasil simposium yang diadakan di Paris dalam bentuk buku yang diberi judul One World or Several. Dalam buku tersebut menyebutkan tujuh masalah besar yang dihadapi manusia masa depan. Ketujuh masalah itu ialah (1) Reaktivasi dunia secara menyeluruh, (2) Globalisasi versus regionalisasi, (3) Pengembangan sumber daya menusia dan pengelolaan pemerintah, (4) Kontrak pembangunan (5) Pendirian regiun energi internasional menghadapi perubahan lingkungan yang semakin destruktif, (6) Migrasi internasional, (7) Memikirkan kembali nasib buruh-buruh negara agraris (Amin Rais dalam Tuhuleley,1993). Hal ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi semakin kompleks dan menyeluruh.
2.Sistem pendidikan global menuntut para siswanya untuk memiliki wawasan global untuk mempersiapkan diri era globalisasi. Melelui pendidikan global, para siswa diharapkan mampu bertindak lokal namun memiliki pemikiran global. Metode pembelajaran seperti ini telah diterapkan di negara-negara maju dengan kualitas HDI (Human Development Intelectual) yang tinggi. Untuk Indonesia, konsep pendidikan seperti ini masih belum diterapkan secara optimal.
3.Di negara-negara industri maju, pertambahan penduduk 1% bahkan beberpa negara mendekati 0%, sehingga tahun 2025 jumlah penduduk di negara ini sekitar 1,4 milyar. Sedang di negara-negara berkembang pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 6,8 milyar. (Brundland,1987 dalam Sumantri, 1988). Sementara itu di Indonesia pada tahun 2020 jumlah penduduk mencapai 250 juta jiwa dan tahun 2050 menjapai 350 juta jiwa. Rata-rata pertumbuhan penduduk di Indonesia saat ini sekitar 1,8% pertahun. Tingginya pertumbuhan penduduk ini menimbulkan sejumlah permasalaha dalam kehidupan di Indonesia Masalah kekurangan lahan tempat tinggal dan kurangnya lapangan pekerjaan akan menjadi tantangan yang berat di masa depan
4.Sehubungan dengan bertambahnya jumlah penduduk, ditambah dengan kegiatan industri berpotensi memberi dampak negatif bagi lingkungan. Fenomena pemanasan global telah menjadi bukti nyata rusaknya lingkungan hidup. Ditambah lagi dengan punahnya sejumlah flora dan fauna langka dari bumi yang mengurangi kekayaan ragam kehidupan
5.Kehidupan bermasyarakat di masa yang akan datang menunjukkan struktur masyarakat yang cenderung individualis. Kualitas moral masyarakat pun terancam menurun karena cepatnya penyerapan budaya asing.
terimakasih,,maaf kalo salah,tapi saya rasa gitu..Langkah membuat pupuk kompos
Jawaban:
1.Siapkan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
2.Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. ...
3.Siapkan wadah berukuran besar untuk membuat pupuk kompos. ...
4.Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah diisi dengan sampah organik.
Penjelasan:
semoga membantu
Jalanan sepanjang Jembatan Kembar macet, deru klakson keluar dari begitu banyak kendaraan yang mengekor bak ular panjang. Umpatan, sumpah serapah keluar dari bibir-bibir yang putus asa. Mereka adalah orang-orang sibuk yang bergegas pulang. Aku mengamati dari tepi Jembatan Kembar sembari menunggu senja. Menunggu langit menghadirkan panorama terbaik untuk merenungi semua perjalanan hidup. Dan tentu, sudah jarang pula kutemui beberapa orang yang menunggu senja di sini sepertiku. Mungkin sudah tak ada waktu. Padahal merenung adalah bagian terpenting dalam hidup yang serba sebentar. Apalagi ketika senja datang. Percayalah, senja memang dibikin untuk merenung. Dan, di tengah kegaduhan yang akhir-akhir ini melanda, satu-satunya yang kurang hanyalah: kemauan untuk merenung. Intropeksi diri. “Kakek, kenapa setiap sore selalu ke sini?” tanya cucuku, Alenia. Aku memang sengaja mengajaknya ke mari. Agar nantinya, kenangan dalam kepalanya tak hanya dipenuhi oleh gemerlap kesibukan kota dan cahaya yang keluar dari telepon genggam.
“Supaya Alenia bisa gambar langit yang indah, sayang.”
Alenia duduk di sampingku, menjuntai kaki dan mata kita hanya fokus pada satu titik di langit. Titik terjauh, titik paling sendu, dan titik paling merah keemasan yang ditunggu-tunggu. Titik itu adalah titik yang sama, ketika aku dan almarhumah istriku memandangi langit setiap sore di tepi Jembatan Kembar ini.
“Wahh, langitnya bagus. Alenia suka warna langitnya…”
Aku hanya tersenyum, sedikit membatin, iya sayang, kelak tumbuhlah dengan kenangan terbaik sepanjang hidup yang serba sebentar ini…
“Kamu mengajak Alenia?”
Suara itu…
“Kamu ingin Alenia tumbuh sepertimu?”
Bayangan samar yang begitu kukenali duduk di antara aku dan Alenia di tepi Jembatan Kembar. Ikut menjuntai kaki dan menatap langit kemerah-merahan.
“Seperti yang kukatakan dulu kepadamu. Setidaknya aku ingin Alenia tumbuh dan membentuk kenangan dengan baik.”
Samar-samar kulihat wajah bayangan itu tersenyum, membelai kepala Alenia diam-diam.
“Aku setuju kalau begitu.”
“Kakek, kakek bicara dengan siapa?” tanya Alenia penasaran.
Aku membelai kepalanya, dan hanya bisa tersenyum. Tepat ketika senja, di tepi Jembatan Kembar di kota Jember hadirlah potret antara aku, almarhumah istriku, dan Alenia yang saling berpelukan menatap senja di langit…. (*)
Dimuat di Banjarmasin Pos, 18 November 2018
1). tuliskan pula sinopsis dari cerita tersebut
2). analisislah tema dan amanat cerpen tersebut
3). Tunjukkanlah nilai kehidupan dari tema dan amanat yang telah anda temukan
tolong bantu menjawab karena besok sudah dikumpulkan
Jawaban:
Sinopsis cerita
Seorang kakek dan cucunya, Alenia, duduk di tepi Jembatan Kembar di kota Jember untuk mengamati senja. Kakek ingin Alenia memiliki kenangan indah di tempat ini agar ia tidak hanya terisi oleh kegaduhan kota dan cahaya telepon genggam. Saat mereka menatap senja, bayangan almarhumah istri kakek muncul di antara mereka dan juga ikut menatap langit kemerah-merahan. Bayangan itu tersenyum dan membelai kepala Alenia diam-diam. Alenia bertanya kepada kakek siapa yang ia bicarakan, tetapi kakek hanya tersenyum dan membelai kepalanya.
Tema dari cerita ini
Pentingnya introspeksi diri dan merenung serta membentuk kenangan indah dalam hidup. Kakek ingin Alenia memiliki kenangan indah di tepi Jembatan Kembar di mana ia dan almarhumah istri kakek juga sering merenung di sore hari.
Pesan yang dapat diambil dari cerita ini
Merenung dan introspeksi diri merupakan bagian penting dari hidup yang sering terabaikan oleh orang-orang sibuk. Kita harus menemukan waktu untuk merenung dan membentuk kenangan indah agar kita dapat tumbuh dengan baik dan menjadi orang yang lebih baik.
Kak buatin tema acara seminar kak tentang publik speaking kak
Jawaban:
Berikut beberapa ide tema acara seminar tentang public speaking:
Semoga ide-ide di atas dapat membantu
Jawaban:
Tentang public speaking, seminar ini dapat mencakup beberapa topik sebagai berikut:
Berikut adalah beberapa tema yang dapat dibahas dalam seminar tentang public speaking:
Tema 1 : Tentang kunci sukses public speaking: bahas cara menyusun dan menyampaikan presentasi yang efektif
Tema 2 : Overcoming the fear of public speaking: bahas cara mengatasi ketakutan berbicara di depan umum
Tema 3 : Tentang cara Memengaruhi audiens melalui public speaking: bagaimana menggunakan eye contact, intonasi, dan gerakan tubuh
Tema 4 : Tentang cara meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum
Tema 5 : Bahas tentang cara berbicara di depan umum untuk pemula: dasar-dasar public speaking
Berikut adalah contoh rangkaian acara untuk seminar tentang public speaking:
Hari pertama:
1. Pembukaan oleh pemandu acara
2. Presentasi tentang pentingnya public speaking
3. Diskusi kelompok tentang bagaimana public speaking dapat membantu mencapai tujuan pribadi dan profesional
4. Latihan praktik berbicara di depan kelompok kecil dengan menggunakan teknik-teknik public speaking yang telah diberikan
5. Q&A dengan narasumber
Hari kedua:
1. Review materi hari pertama
2. Presentasi tentang persiapan public speaking, termasuk cara menyusun dan merancang presentasi yang efektif serta mengidentifikasi audiens
3. Latihan praktik menyusun dan merancang presentasi yang efektif
4. Q&A dengan narasumber
Hari ketiga:
1. Review materi hari kedua
2. Presentasi tentang menyampaikan presentasi, termasuk cara mengontrol ketakutan saat berbicara di depan umum, mengatur volume, intonasi, dan kecepatan bicara, serta menggunakan eye contact dan gerakan tubuh untuk memengaruhi audiens
3. Latihan praktik menyampaikan presentasi dengan menggunakan teknik-teknik yang telah diberikan
4. Q&A dengan narasumber
Hari keempat:
Review materi hari ketiga
1. Presentasi tentang menangani pertanyaan dan interaksi dengan audiens
2. Latihan praktik menangani pertanyaan dan interaksi dengan audiens
3. Q&A dengan narasumber
Hari kelima:
Review materi hari keempat
1. Presentasi tentang cara-cara yang efektif untuk terus meningkatkan keterampilan public speaking, termasuk latihan berbicara di depan umum, mendapatkan umpan balik, dan mengikuti pelatihan dan workshop
2. Latihan praktik menyampaikan presentasi di depan kelompok besar
3. Penutup oleh pemandu acara dan sesi tanya jawab dengan narasumber
Jadikan jawaban terbaik agar anda mendapatkan PAHALA •_•
Quiz Quiz! Level 4 (almost hard) Pelanet Merkurius adalah planet terkecil di alam semesta ini.
Sebutkan 2 kesalahan dari paragraf tersebut!
Jawaban:
Kalimat tersebut mengandung kesalahan dalam penyebutan nama planet Merkurius. Nama yang benar untuk planet terkecil di tata surya kita adalah Merkurius, bukan Pelanet Merkurius.
Selain itu, kalimat tersebut juga menyatakan bahwa Merkurius adalah planet terkecil di seluruh alam semesta, itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya, masih ada banyak planet lain di luar tata surya kita yang jauh lebih kecil dari Merkurius.
Jawaban:
pelanet dan merkurius
jadi paragraf ny=planet mercurius adalah planet terkecil di alam semesta ini
Penjelasan:
JDKAN JAWABAN TERBAIK
Buat lah diary tentang "LDKS"
Hari ini, kami melakukan kegiatan LDKS di sekolah. LDKS merupakan kegiatan yang dilakukan setiap bulan di sekolah kami, yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan leadership, teamwork, dan kemampuan sosial lainnya.
Kegiatan LDKS kali ini dimulai pukul 08.00 pagi di lapangan sekolah. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa. Setiap kelompok diberikan tantangan yang berbeda-beda, seperti membuat jembatan dari kardus atau membuat karya seni dari barang-barang bekas.
Setelah kegiatan selesai, kami diberikan waktu untuk sharing dan refleksi bersama. Sharing ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami dapat saling berbagi pengalaman dan mengenal lebih dekat dengan teman-teman sekelompok kami.
Overall, kegiatan LDKS kali ini sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi kami. Kami berharap LDKS selanjutnya akan lebih seru lagi.
11. Ubahlah kata di bawah ini menjadi Kata tidak baku: a. Durian b. Cenderamata c. Provinsi d. Sutra e. fondasi
Penjelasan:
a.duren
b.cendera mata
c.propinsi
d.sutera
e.pondasi
kumpulan soal kelas 7 mapel b. indo bab 1,50 soal serta jawabanya plis besok di kumpul tolong jawab secepatnya
Jawaban:
ada fotonya ga? siapa tahu bisa bantu kalau ada ftnya
Buatlah program kerja osis sekbid 7 migguan bulanan dan tahunan
tolong secepatnya!!!
Penjelasan:
Karena saya pernah menjadi ketua OSIS di sekolah saya dulu, saya membuat jadwal seperti ini yang saya ingat dan saya lakukan bersama anggota OSIS lainnya untuk mingguan, bulanan, dan tahunan.
Saya menjawab berdasarkan informasi yang saya tahu ya, Program Kerja OSIS SekBid 7 yaitu: Bidang kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi. Saya susun untuk mingguan, bulanan, dan tahunan:
Mingguan:
Bulanan:
Tahunan:
Semua kegiatan yang diselenggarakan harus memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan dan keamanan, serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau penyakit lainnya.
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Syukur kita panjatkan pada Sang Pencipta. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengungkapkan dua patah kata mengenai pembukaan di masa pandemi.
Seperti yang kita tahu, Covid-19 masih menjangkiti dunia. Angka kematian terus bertambah. Saya tidak akan pernah bosan mengajak saudara sekalian untuk selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan.
Jangan terpancing dengan kelompok-kelompok yang berkerumun dan mengutarakan kebencian. Biarlah mereka mendapat balasannya. Balas itu bisa datang saat masih di dunia atau di akhirat nanti.
Sebagai hamba yang taat mari kita hargai kerja keras tenaga medis, satuan tugas, dan orang-orang yang selama ini berjuang melawan Covid-19. Mari doakan mereka agar diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT. Kita sebagai warga negara, bila masih bisa di rumah, sebaiknya di rumah saja. Kelompok-kelompok yang membiarkan saja. Jangan sampai kita terpicu dan malah menimbulkan masalah antarwarga.
Mari saling jaga kerukunan. Jangan membenci kebencian dalam diri kita. Baiklah kita bijak dalam berprilaku dan berkata-kata. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 83 menyebutkan “Dan menyediakanlah kata-kata yang baik untuk manusia”.
Sekian yang ingin saya sampaikan. Biarlah ini menjadi perhatian saudara sekalian. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa pakai masker. Wassalamualaikum Wr. Wb.
1. Apa pokok umum ceramah tersebut?
2. apakah pokok-pokok khususnya itu semuanya menjelaskan pokok umum atau ada yang menyimpang?
3. apakah pokok pokoknya itu mudah dipahami? Jelaskan.
4. bagaimana cara penceramah dalam menguraikan pokok-pokok pembicaraannya?
apakah dengan contoh, alasan, atau uraian biasa?
5. rangkumlah uraian ceramah itu berdasarkan pokok pokoknya.
plis bantu besok sudah dikumpulkan
Jawaban:
Penjelasan:
1.Pokok umum ceramah tersebut adalah mengajak kepada orang-orang untuk selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan serta menghargai kerja keras tenaga medis dalam menghadapi pandemi Covid-19.
2.Pokok-pokok khususnya semuanya menjelaskan pokok umum, yaitu mengajak kepada orang-orang untuk mematuhi protokol kesehatan dan menghargai tenaga medis dalam menghadapi pandemi Covid-19.
3.Pokok-pokoknya mudah dipahami karena penceramah menggunakan bahasa yang sederhana dan menyampaikan pesan dengan jelas.
4.Penceramah menguraikan pokok-pokok pembicaraannya dengan menggunakan contoh dan alasan.
5.Rangkuman uraian ceramah tersebut adalah: kita semua harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan serta menghargai tenaga medis yang bekerja keras dalam menghadapi pandemi Covid-19, dan kita juga harus menghindari kelompok-kelompok yang membenci dan bertindak kekerasan.
2. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi bagian pernyataan umum! Berikan contoh kalimat pernyataan umum dalam teks laporan hasil observasi!
Penjelasan:
Struktur teks laporan hasil observasi bagian pernyataan umum biasanya terdiri dari beberapa elemen penting, yaitu:
Juga, berikut adalah beberapa contoh kalimat pernyataan umum dalam teks laporan hasil observasi:
Jawaban:
jamur, jamur merupakan salah satu tumbuhan pengurai yg mampu hidup dalam berbagai kondisi alam. salah satu uji coba yg kami lakukan pada fungi amanita adalah memberikannya tetesan merkuri
Indonesia adalah merupakan negara yang memiliki sangat banyak sekali gunung berapi misalnya seperti gunung berapi di Yogyakarta Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan gunung Semeru di Jawa Timur perbaikilah kalimat tersebut agar menjadi kalimat yang baik dengan memperhatikan keefektifan kalimat dan penggunaan huruf kapital
Penjelasan:
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung berapi misalnya gunung berapi di Yogyakarta, gunung sinabung di Sumatera Utara, dan gunung semeru di Jawa Timur.
JADIIN JAWABAN TERBAIK YA!
Jawab: Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-8! Didit dan Adit duduk berdampingan dan berkonsentrasi mengerjakan soal ujian. Seperti biasa Didit tidak mempunyai penghapus. Didit: "Dit, pinjam penghapus." Adit: "Hmm baru beli ini. Penghapus yang kemarin kamu pinjam di mana?" Didit : "Hmm kemarin kan dipinjam Ayu penghapusnya." Adit: "Ya itu tanggung jawabmu. Kamu yang pinjem kan awalnya." Didit hanya terdiam, memang dia yang lupa meminta penghapus Adit yang dia pinjamkan ke ay Ujian akhirnya selesai, Didit, Adit, dan Dodot makan di kantin sekolah. Dodot: "Adit, kamu kermarin bilang mau belajar sulap yang kemarin?" Adit "Gak ah, aku mau belajar ke Didit aja." Didit: "Dari kapan aku bisa? Orang aku gak bisa." Adit "Bisa. Kan tiap hari kamu udah sihir ponghapus aku jadi menghilang kan?" Dodot dan Didit diam, Didit menundukkan kepala karena malu. Didit : "lya, pulang sekolah aku, ganti Ditttt." Masalah pun selesai, mereka kembali membahas sulap Dodot. Tuliskan struktur bagian abstraksi! Tuliskan struktur bagian koda! Jawab:
Jawaban:
1. Struktur bagian abstraksi untuk dialog tersebut adalah sebagai berikut:
2. Struktur bagian koda untuk dialog tersebut adalah sebagai berikut:
Penjelasan:
Jawab: acalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-8! Didit dan Adit duduk berdampingan dan berkonsentrasi mengerjakan soa Didit tidak mempunyai penghapus. Didit: "Dit, pinjam penghapus." Adit "Hmm baru beli ini. Penghapus yang kemarin kamu pinjam di ma Didit: "Hmm kemarin kan dipinjam Ayu penghapusnya." Adit "Ya itu tanggung jawabmu. Kamu yang pinjem kan awalnya." Didit hanya terdiam, memang dia yang lupa meminta penghapus Adit ya Ujian akhirnya selesai, Didit, Adit, dan Dodot makan di kantin sekolah. Dodot: "Adit, kamu kermarin bilang mau belajar sulap yang kemarin?" Adit: "Gak ah, aku mau belajar ke Didit aja." Didit: "Dari kapan aku bisa? Orang aku gak bisa." Adit: "Bisa. Kan tiap hari kamu udah sihir penghapus aku jadi menghila Dodot dan Didit diam, Didit menundukkan kepala karena malu. Didit "lya, pulang sekolah aku ganti Ditttt." Masalah pun selesai, mereka kembali membahas sulap Dodot. Tuliskan struktur bagian abstraksil
Jawaban:
Struktur Bagian Abstraksi:
1. Didit dan Adit duduk berdampingan dan berkonsentrasi mengerjakan soal.
2. Didit meminta pinjaman penghapus kepada Adit.
3. Adit mengingatkan Didit tentang tanggung jawabnya untuk meminta penghapus kepada Ayu.
4. Dodot bertanya kepada Adit tentang belajar sulap.
5. Adit menawarkan Didit untuk belajar sulap.
6. Didit menolak karena merasa tidak bisa.
7. Adit menghibur Didit dengan mengatakan bahwa dia sudah melakukan sihir dengan penghapusnya.
8. Didit mengakui kesalahannya dan berjanji untuk mengganti penghapusnya.
9. Masalah pun selesai dan mereka kembali membahas sulap Dodot.