frontpage hit counter

19. Inti dari ajaran islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw, adalah...

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah Tawhid (Kesatuan/Keaslian Allah SWT), Shalat, Zakat, Puasa, Haji, Iman kepada Kitab Suci dan para Rasul, serta Akhlak Mulia.


Pertanyaan Terkait

Alasan dan kemampuan yang di miliki dalam sekdib yang dipilih​.

Answers

Jawaban:

SEKDIB adalah singkatan dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). SDIT merupakan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan dasar berbasis pendidikan agama Islam. Dalam memilih SDIT, beberapa alasan yang mungkin dipertimbangkan oleh orang tua atau siswa adalah:

  1. Pendidikan agama Islam: SDIT menyelenggarakan pendidikan agama Islam sebagai bagian dari kurikulumnya. Ini dapat menjadi alasan bagi orang tua atau siswa yang ingin menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kualitas pendidikan: SDIT biasanya menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
  3. Fasilitas yang memadai: SDIT biasanya memiliki fasilitas yang memadai, seperti perpustakaan, laboratorium, dan lapangan olahraga, yang dapat mendukung proses pembelajaran.
  4. Lingkungan yang kondusif: SDIT biasanya memiliki lingkungan yang kondusif untuk belajar, seperti suasana yang tenang dan damai, serta kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.
  5. Guru yang berkualitas: SDIT biasanya memiliki guru yang berkualitas, yaitu guru yang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengajar.
  6. Kurikulum yang terintegrasi: SDIT biasanya menyelenggarakan kurikulum yang terintegrasi, yaitu kurikulum yang mengkombinasikan pendidikan dasar dengan pendidikan agama Islam.
  7. Kemampuan siswa: Siswa yang memilih SDIT biasanya memiliki kemampuan yang cukup untuk mengikuti kurikulum yang ditawarkan oleh SDIT. Kemampuan ini bisa tercermin dari hasil ujian masuk atau tes kompetensi yang dilakukan oleh SDIT.

Kondisi pandemi COVID-19 menjadi musibah tapi juga tantangan bagi para guru Indonesia. Mereka mau tidak mau harus memutar otak untuk menciptakan metode pembelajaran yang efektif di tengah masa sulit tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Li'lli Nur Indah Sari, guru SDI Nurul Hikmah, Legok, Kabupaten Tangerang, Banten. Wanita yang akrab disapa Lilik ini berinisiatif menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) kepada siswa kelas 1 dan 2. Instruktur Pendidikan Guru Penggerak ini akhirnya merefleksikan isi kompetensi yang ada, yaitu anak-anak memiliki pengalaman menerapkan aturan yang ada di rumah. Asesmen yang digunakan asesmen berbasis proyek. Bu Lilik mengajak anak-anak untuk menceritakan aturan di rumah masing-masing. Anak didiknya pun antusias kala menceritakan kondisi rumahnya. Anak-anak melihat kondisi rumahnya yang perlu dibantu atau dirapikan. Proyek ini dinamakan “Menjadi Polisi di Rumah". Analisislah 4 faktor pendukung kemajuan inovasi pendidikan berdasarkan kegiatan Ibu Lilik tersebut.​

Answers

Berdasarkan kegiatan Ibu Lilik yang menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek kepada siswa kelas 1 dan 2, terdapat beberapa faktor pendukung kemajuan inovasi pendidikan, yaitu:

1. Kepedulian terhadap siswa: Ibu Lilik menunjukkan kepedulian terhadap siswa dengan berinisiatif menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini akan mendorong siswa untuk lebih antusias dan terlibat dalam proses pembelajaran.

2. Kreativitas dan inovasi: Ibu Lilik menunjukkan kreativitas dan inovasi dengan mengajukan metode pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk membantu siswa mengaplikasikan kompetensi yang telah dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pemberdayaan siswa: Melalui metode pembelajaran berbasis proyek, siswa diberikan keleluasaan untuk mengembangkan ide dan kreativitasnya sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing. Hal ini akan mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

4. Kolaborasi dan kerja sama: Ibu Lilik bekerja sama dengan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa merasa terlibat dan terikat dengan proyek yang sedang dilakukan. Kolaborasi dan kerja sama ini akan meningkatkan motivasi dan rasa tanggung jawab siswa terhadap proyek yang sedang dilakukan.

apa saja kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian auntik dan bagaimana upaya anda dalam mengatasi kesulitan guru tersebut?​

Answers

Jawaban:

Beberapa kesulitan yang biasa dihadapi oleh para guru ketika mengimplementasikan penilaian otomatis adalah:

1. Kurangnya pengetahuan tentang teknologi,

2. Bukan merupakan keahlian mereka untuk membangun aplikasi web, dan

3. Kurangnya alat atau sumber daya yang tersedia.

Untuk mengatasi masalah ini, saya menyarankan para guru untuk:

1. Mempelajari teknologi dengan benar dan memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi yang digunakan.

2. Mencari sumber daya yang tersedia dan manfaatkan alat online yang tersedia untuk membantu membangun aplikasi web.

3. Berdiskusi dengan ahli teknologi dan orang lain tentang cara terbaik untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

4. Membangun jaringan dengan ahli teknologi dan mendapatkan dukungan untuk penggunaan teknologi dalam proses penilaian kerja.

Pengertian Rumah Sakit menurut Sudra 2010​

Answers

Jawaban:

Menurut Sudra 2010, Rumah Sakit merupakan suatu tempat yang bertujuan untuk menyediakan perawatan kesehatan dengan cara menggabungkan keahlian dan daya kerja medis dan tenaga para petugas medis dalam upaya menyelamatkan jiwa,mencegah penyakit,mengobati orang yang sakit,dan meningkatkan kesehatan umum masyarakat.

kenapa kecepatan sedimentasi tipe hindered setling berlangsung dengan kecepatan rendah atau berlangsung dengan waktu yang lama?

Answers

Jawaban:

kamu nanyak

Penjelasan:

kamu bertanya tanya

Buatlah format pedoman observasi proses diskusi​

Answers

Jawaban:

buatlah format pedoman observasi proses diskusi

Berikut adalah contoh format pedoman observasi proses diskusi:

I. Identifikasi

° Nama kelompok/individu yang menjalankan diskusi

° Topik diskusi

° Waktu dan tempat diskusi

° Jumlah anggota kelompok yang terlibat dalam diskusi

II. Tujuan observasi

° Mencatat dan menganalisis proses diskusi

° Menilai keterlibatan anggota kelompok dalam diskusi

° Menilai keefektifan proses diskusi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan

III. Metode observasi

° Observasi partisipatif: ikut serta dalam diskusi secara aktif

° Observasi non-partisipatif: menonton dan mencatat tanpa terlibat secara aktif dalam diskusi

IV. Instrumen observasi

° Checklist: daftar pertanyaan yang digunakan untuk menilai kinerja kelompok dalam diskusi

° Catatan field: catatan yang dibuat secara detil tentang proses diskusi yang terjadi

V. Analisis data

° Menganalisis catatan field dan checklist yang telah dibuat

° Menyimpulkan kesimpulan tentang proses diskusi yang telah dilakukan

° Menyarankan tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas diskusi di masa yang akan datang

VI. Laporan

° Menyajikan hasil observasi secara terstruktur dalam bentuk laporan

° Menyertakan kesimpulan dan saran yang diperoleh dari analisis data

Jawaban:

1. Pedoman Observasi Proses Diskusi

a. Sebelum diskusi, pastikan semua peserta mendapatkan profil dan informasi lingkungan diskusi.

b. Beri batas waktu untuk persiapan sebelum diskusi dimulai.

c. Pastikan semua peserta diminta berpartisipasi dalam diskusi.

d. Observe dengan hati-hati cara para peserta mengeluarkan suara dan membangun gagasan.

e. Catatlah setiap gagasan yang diusulkan dan mempromosikan dialog antar peserta.

f. Identifikasi kesalahan yang mungkin terjadi selama diskusi dan berikan saran untuk memperbaikinya.

g. Saat diskusi selesai, rekam perkembangan yang telah dicapai.

Diketahui sistem persamaan 2x+4y=0 dan 3x+9y=-3 nilai xy adalah​

Answers

Untuk mencari nilai xy dari sistem persamaan di atas, pertama-tama kita perlu mencari nilai x dan y yang memenuhi kedua persamaan tersebut. Cara yang paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menggunakan metode eliminasi.

Pertama, kita ubah persamaan kedua menjadi 3x + 9y + 3 = 0 + 3, sehingga menjadi 3x + 9y = 3. Kemudian, kita kalikan persamaan pertama dengan tiga, sehingga menjadi 6x + 12y = 0. Setelah itu, kita kurangkan persamaan kedua dengan persamaan yang telah dikalikan tadi, sehingga menjadi (3x + 9y) - (6x + 12y) = 3 - 0.

Setelah melakukan operasi tersebut, kita akan mendapatkan -3x - 3y = 3. Selanjutnya, kita ubah persamaan tersebut menjadi 3y = 3x + 3. Dari sini, kita bisa mencari nilai y dengan cara mengalikan kedua sisi dengan tiga, sehingga y = x + 1.

Kemudian, kita masukkan nilai y yang telah kita dapatkan ke dalam salah satu persamaan, misalnya persamaan pertama. Maka, kita akan mendapatkan sistem persamaan baru yang terdiri dari 2x + 4(x + 1) = 0. Setelah melakukan operasi yang diperlukan, kita akan mendapatkan sistem persamaan baru yang terdiri dari 2x + 4x + 4 = 0.

Selanjutnya, kita tinggal menyelesaikan persamaan tersebut dengan cara mengurangi kedua sisi dengan 4x, sehingga menjadi -2x = -4. Setelah itu, kita ubah persamaan tersebut menjadi x = 2.

Dengan demikian, nilai x adalah 2 dan nilai y adalah 3. Jadi, nilai xy adalah 2 x 3, atau 6.

Jawaban:

-2

Penjelasan:

Menggunakan cara substitusi:

2x + 4y = 0

2x = -4y

x = -2y

dimasukkan ke dalam 3x + 9y = -3

3 (-2y) + 9y = -3

-6y + 9y = -3

3y = -3

y = -1

sehingga, x = -2y ---> x = -2 (-1) = 2

Nilai dari xy = 2 x (-1) = -2

B. Pada suatu formasi baris-berbaris menggunakan pola sebagai berikut: Pola pertama: ů Pola kedua: 3 3 3 Pola ketiga: 25 ✿ ✿ ✿ ✿ Pola tersebut akan dilanjutkan sampai pola ke-20 Jika x adalah banyak peserta pada pola ke 20 dan y adalah banyak peserta pada baris terakhir pola ke-20, berapa nilai xy?​

Answers

Jawaban:

Untuk menentukan nilai x dan y pada pola ke-20, kita perlu menganalisis pola yang diberikan.

Pola pertama adalah ů, yang artinya terdapat 1 baris dengan satu peserta. Pola kedua adalah 3 3 3, yang artinya terdapat 3 baris dengan masing-masing terdapat 3 peserta. Pola ketiga adalah 25 ✿ ✿ ✿ ✿, yang artinya terdapat 2 baris dengan masing-masing terdapat 5 peserta.

Untuk pola ke-4, kita dapat menggabungkan pola pertama dan pola kedua menjadi 3 3 3 ů, yang artinya terdapat 4 baris dengan masing-masing terdapat 3 peserta, kecuali baris terakhir yang terdapat 1 peserta.

Untuk pola ke-5, kita dapat menggabungkan pola ke-4 dengan pola ketiga menjadi 3 3 3 ů 25 ✿ ✿ ✿ ✿, yang artinya terdapat 6 baris dengan masing-masing terdapat 5 peserta, kecuali baris terakhir yang terdapat 1 peserta.

Kita dapat mengikuti langkah yang sama untuk menentukan pola-pola selanjutnya sampai pola ke-20. Setelah menganalisis pola-pola tersebut, kita dapat menentukan bahwa nilai x pada pola ke-20 adalah 20, sedangkan nilai y pada baris terakhir pola ke-20 adalah 1. Jadi, nilai xy pada pola ke-20 adalah 20 x 1 = 20.

Penjelasan:

Perhatikan contoh kasus berikut ini: Sebuah apotik ingin membangun aplikasi sederhana yang berfungsi membantu proses pendataan pemesanan obat karena pada saat ini pemesanan obat di apotik tersebut masih bersifat manual. Proses yang terjadi adalah sebagai berikut: 1. Pelanggan melakukan pendaftaran menjadi member. 2. Data member yang dicatat adalah: no_member, nama, alamat. 3. Member tersebut dapat memesan obat sebanyak-banyaknya dengan cara memilih nama obat dan memasukan jumlahnya. 4. Pesanan yang sudah dipesan akan ditindaklanjuti oleh kasir. 5. Setelah selesai memilih, pelanggan dapat melihat total harga yang harus dibayar dan kasir yang menindaklajutinya dengan menampilkan id_kasir dan nama_kasir. Berdasarkan jawaban soal nomor 2 yaitu hasil identifikasi entitas, tentukan himpunan relasi antar entitas, derajat kardinalitas dan atribut-atributnya dalam bentuk ERD! ​

Answers

Berdasarkan informasi yang telah diberikan, terdapat beberapa entitas yang dapat diidentifikasi, yaitu:

Member: merupakan entitas yang menjadi pelanggan di apotik tersebut. Atribut yang dimiliki entitas ini adalah no_member, nama, alamat.

Obat: merupakan entitas yang merupakan produk yang dijual di apotik tersebut. Atribut yang dimiliki entitas ini adalah nama obat dan harga.

Pesanan: merupakan entitas yang mencatat detail pesanan obat yang dilakukan oleh member. Atribut yang dimiliki entitas ini adalah id_pesanan, id_member, id_obat, jumlah, total_harga.

Kasir: merupakan entitas yang bertugas menindaklanjuti pesanan obat yang dilakukan oleh member. Atribut yang dimiliki entitas ini adalah id_kasir dan nama_kasir.

Berikut adalah himpunan relasi antar entitas, derajat kardinalitas, dan atribut-atributnya dalam bentuk ERD:

Member ---(1:N)---> Pesanan ---(1:1)---> Obat

Member ---(1:N)---> Pesanan ---(1:1)---> Kasir

Di mana:

Member memiliki hubungan 1:N dengan Pesanan, yang artinya setiap member dapat membuat banyak pesanan obat.

Pesanan memiliki hubungan 1:1 dengan Obat, yang artinya setiap pesanan obat hanya terkait dengan satu obat.

Pesanan memiliki hubungan 1:1 dengan Kasir, yang artinya setiap pesanan obat hanya ditindaklanjuti oleh satu kasir.

Atribut-atribut yang dimiliki oleh masing-masing entitas adalah sebagai berikut:

Member: no_member, nama, alamat

Obat: id_obat, nama obat, harga

Pesanan: id_pesanan, id_member, id_obat, jumlah, total_harga

Kasir: id_kasir, nama_kasir

. Dalam Total Quality Management (TQM) dikenal dengan adanya Benchmarking. a. Berikan ulasan inti dari benchmarking yang dilakukan oleh suatu perusahaan. b. Berikan contoh perusahaan yang telah menerapkan benchmarking dan berikan penjelasannya. 25​

Answers

a. Benchmarking adalah suatu proses yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi proses, produk, dan layanan terbaik di industri yang sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut. Benchmarking memfokuskan pada mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan proses, produk, dan layanan yang telah diterapkan oleh perusahaan tersebut, serta mencari cara untuk meningkatkan dan memperbaiki kelemahan tersebut.

Dalam benchmarking, perusahaan dapat melakukan observasi langsung, mengumpulkan data dan informasi melalui survei, atau berkonsultasi dengan ahli di bidang yang relevan. Perusahaan juga dapat melakukan benchmarking dengan membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain yang telah dikenal sebagai yang terbaik di industrinya.

b. Contoh perusahaan yang telah menerapkan benchmarking adalah Toyota Motor Corporation. Toyota telah menerapkan benchmarking sejak tahun 1970-an, dengan fokus pada meningkatkan efisiensi produksi dan memperbaiki kualitas produk. Toyota menggunakan benchmarking untuk membandingkan proses produksi dan layanan purna jualnya dengan perusahaan lain di industri otomotif, serta mengadopsi teknik terbaik yang ditemukan dari perusahaan tersebut.

Salah satu contoh yang dikenal dari benchmarking yang dilakukan oleh Toyota adalah saat Toyota mengunjungi perusahaan produsen mesin di Jepang yang telah menerapkan sistem produksi "Just-in-Time" (JIT). Setelah melakukan observasi dan mengumpulkan informasi tentang sistem tersebut, Toyota kemudian mengadopsi sistem JIT di pabriknya sendiri, yang kemudian menjadi dasar dari sistem produksi Toyota yang terkenal dengan nama "Toyota Production System" (TPS). Dengan menerapkan benchmarking, Toyota berhasil meningkatkan efisiensi produksi dan memperbaiki kualitas produknya, yang kemudian membantunya menjadi salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia.

1. Salah satu cara mendasar untuk meninjau proses pengenalan produk baru, yaitu Menarik Pasar (Need Pull/Market Pull). a. Bagaimana stategi untuk menarik pasar tersebut? b. Bagaimana penerapannya dalam industri yang menjual barang atau jasa? Berikan penjelasan. c. Berikan contohnya.​

Answers

A. Strategi untuk menarik pasar dalam proses pengenalan produk baru meliputi:

  1. Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen terkait produk yang akan dijual.
  2. Menciptakan keunggulan bersaing bagi produk tersebut melalui inovasi atau peningkatan kualitas.
  3. Mempromosikan produk secara efektif kepada konsumen potensial melalui berbagai saluran, seperti iklan, media sosial, atau event.
  4. Menciptakan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen, seperti dengan menyediakan layanan purna jual yang baik atau memberikan diskon atau bonus kepada konsumen yang membeli produk tersebut.

B. Penerapan strategi menarik pasar dalam industri yang menjual barang atau jasa dapat dilakukan dengan cara:

  1. Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen terkait barang atau jasa yang dijual. Misalnya, dengan melakukan survei terhadap konsumen potensial atau dengan mengikuti trend pasar.
  2. Menciptakan keunggulan bersaing bagi barang atau jasa tersebut melalui inovasi atau peningkatan kualitas. Misalnya, dengan menciptakan barang atau jasa yang lebih efisien, inovatif, atau berkualitas tinggi dibandingkan dengan pesaing.
  3. Mempromosikan barang atau jasa secara efektif kepada konsumen potensial melalui berbagai saluran. Misalnya, dengan menggunakan iklan di media cetak atau online, mengikuti event yang sesuai dengan target pasar, atau dengan memanfaatkan media sosial.
  4. Menciptakan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen. Misalnya, dengan menyediakan layanan purna jual yang baik, memberikan diskon atau bonus kepada konsumen yang membeli barang atau jasa tersebut, atau dengan menyediakan fasilitas pembayaran yang mudah.

C. Contoh: Sebuah perusahaan yang menjual pakaian wanita ingin memperkenalkan produk terbarunya, yaitu koleksi pakaian musim panas. Untuk menarik pasar, perusahaan tersebut dapat melakukan beberapa strategi sebagai berikut:

  1. Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen terkait pakaian musim panas, misalnya dengan melakukan survei terhadap konsumen potensial atau dengan mengikuti trend pasar.

Jawaban:

A. Bagaimana strategi untuk menarik pasar tersebut?

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk menarik pasar dalam proses pengenalan produk baru, yaitu:

  1. Menawarkan promosi atau diskon pada produk baru untuk menarik minat konsumen.
  2. Melakukan pemasaran yang intensif melalui berbagai media, seperti iklan televisi, radio, surat kabar, atau internet.
  3. Mengadakan demonstrasi produk di toko atau event publik untuk menunjukkan keunggulan dan manfaat produk baru kepada konsumen.
  4. Bekerja sama dengan influencer atau selebriti untuk mempromosikan produk baru.
  5. Menggunakan paket bundling, yaitu menjual produk baru bersama dengan produk lain yang sudah terkenal di pasaran.

B. Bagaimana penerapannya dalam industri yang menjual barang atau jasa? Berikan penjelasan!

Penerapan strategi menarik pasar dalam industri yang menjual barang atau jasa bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti yang disebutkan di atas.

Contohnya:

  • Perusahaan jasa perjalanan bisa menawarkan diskon atau paket wisata yang menarik bagi konsumen untuk menjajal produk baru yang mereka tawarkan.
  • Perusahaan yang menjual produk elektronik bisa melakukan demonstrasi produk di toko atau mengadakan event publik untuk menunjukkan keunggulan produk baru kepada konsumen.

C. Berikan contohnya!

Contoh penerapan strategi menarik pasar dalam industri yang menjual barang atau jasa adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah perusahaan makanan segera baru saja memperkenalkan produk minuman kemasan baru dengan rasa yang unik. Mereka menawarkan promosi diskon 50% pada produk baru tersebut untuk menarik minat konsumen untuk mencoba produk tersebut.
  2. Sebuah perusahaan perjalanan baru saja memperkenalkan paket wisata ke destinasi baru yang belum pernah ditawarkan sebelumnya. Mereka melakukan pemasaran yang intensif melalui iklan televisi dan radio serta mempromosikan paket wisata tersebut melalui media sosial.
  3. Sebuah perusahaan produk elektronik baru saja memperkenalkan smartphone terbaru dengan fitur-fitur unggulan. Mereka mengadakan demonstrasi produk di toko-toko elektronik dan event publik untuk menunjukkan keunggulan produk terbaru tersebut kepada konsumen.

Perhatikan beberapa pernyataan berikut : 1. Jika hujan lebat maka rumah di dataran rendah akan kebanjiran. 2. Jika Ridwan Kami gubernur Jawa Barat maka ibukota Jepang adalah Tokyo. 3. Jika Andre rajin belajar maka Ia akan naik kelas. Berdasarkan beberapa pernyataan tersebut manakah yang merupakan contoh logika bukan implikasi? Jelaskan alasan mengapa contoh tersebut merupakan logika bukan implikasi!

Answers

Pernyataan yang merupakan contoh logika bukan implikasi adalah pada kalimat 2, yaitu "Jika Ridwan Kami gubernur Jawa Barat maka ibukota Jepang adalah Tokyo". Hal tersebut karena kedua anak kalimat pada kalimat tersebut tidak saling berhubungan timbal balik.

Pembahasan

Implikasi adalah kalimat majemuk dengan kata hubung “jika… maka…” Implikasi digambarkan dengan notasi dari “p ⇒ q” dibaca dengan “Jika p, maka q”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implikasi adalah kalimat yang menyatakan sebab akibat.

Contoh:

p: Andi belajar dengan rajin. (pernyataan bernilai benar)

q: Andi akan naik kelas. (pernyataan bernilai benar)

p ⇒ q: Jika Andi belajar dengan rajin, maka ia akan naik kelas (pernyataan bernilai benar)

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang implikasi brainly.co.id/tugas/1826255

#BelajarBersamaBrainly #SPJ9

Diketahui Bola dengan persamaan x² +y² +z² = 4 dan titik P(2,-1,2). Misalkan Q titik pada Bola yang terdekat dengan titik P, dan R titik pada Bola yang terjauh dari P. Dengan menggunakan Multiplikator Lagrange tentukan jarak P ke Q dan jarak P ke R.

Answers

Untuk menggunakan multiplikator Lagrange untuk mencari titik Q dan R pada bola tersebut, pertama-tama Anda perlu menentukan fungsi yang akan digunakan. Dalam kasus ini, kita dapat menggunakan fungsi jarak yang didefinisikan sebagai:

f(x,y,z) = (x - 2)² + (y + 1)² + (z - 2)²

Fungsi ini akan menghasilkan nilai jarak kuadrat dari titik (x,y,z) ke titik P(2,-1,2). Kita sekarang dapat menggunakan multiplikator Lagrange untuk mencari titik Q dan R dengan menyelesaikan persamaan:

∇f(x,y,z) = λ ∇g(x,y,z)

di mana g(x,y,z) adalah persamaan bola yang diberikan, yaitu x² + y² + z² = 4.

Setelah menghitung turunan parcial f(x,y,z) dan g(x,y,z), kita dapat menuliskan persamaan di atas sebagai:

(2x - 4) + (2y + 2) + (2z - 4) = 2λx

(2x) + (2y) + (2z) = 2λy

(2x) + (2y) + (2z) = 2λz

Setelah menyelesaikan sistem persamaan di atas, kita akan mendapatkan titik Q dengan koordinat (1,0,1) dan titik R dengan koordinat (-1,0,-1). Kita sekarang dapat menghitung jarak P ke Q dan jarak P ke R dengan menggunakan rumus jarak euklidian:

Jarak P ke Q = √((1 - 2)² + (0 + 1)² + (1 - 2)²) = √2

Jarak P ke R = √((-1 - 2)² + (0 + 1)² + (-1 - 2)²) = √6

Jadi, jarak P ke Q adalah √2 dan jarak P ke R adalah √6.

Fungsi permintaan produk komoditas:pd=35-4q dan fungsi penawarannya adalah ps=5+q.oleh pemerintah barang komoditas tsb dikenakan pajak sebesar rp 5 tiap unit produk yang terjual. a. gambarlah grafik keseimbangan tersebut sebelum dan sesudah kena pajak dalam satu grafik
b. berapa besar pajak yang ditanggung konsumen setiap pembelian 1 unit barang
c. berapa besar beban pajak yang ditanggung produsen
d berapa besar pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yang terjadi​

Answers

Berdasarkan soal tersebut maka hasil dari pertanyaan pertanyaan tersebut ialah :

a. Harga dan keseimbangan pasar sebelum pajak terjadi pada saat P = 11 dan Q = 6. Harga dan keseimbangan pasar setelah pajak terjadi pada saat P = 7 dan Q = 7.

b. Pajak yang ditanggung konsumen adalah Tk = 28

c. Pajak yang ditanggung produsen adalah Tp = 7

d. Pajak yang ditanggung pemerintah adalah To = 35

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Pemberlakuan pajak dan pemberian subsidi sangat berpengaruh bagi keseimbangan pasar. Pajak akan menaikkan harga penjualan sedangkan subsidi akan menurunkan harga penjualan. Pengaruh pajak akan mengakibatkan harga barang yg ditawarkan semakin tinggi,hal ini akan menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri, sehingga jika kurva permintaan tidak bergeser, maka hal ini akan membuat keseimbangan pasar bergeser ke kiri atas, dimana harga keseimbangan semakin tinggi sedangkan kuantitas berkurang.

Diketahui : fungsi permintaan produk komoditas Pd = 35-4Q dan fungsi penawarannya adalah Ps=5+Q. Dengan pajak sebesar Rp5/unit produk yang terjual.

Ditanya :

a. gambarlah grafik keseimbangan tersebut sebelum dan sesudah kena pajak dalam satu grafik

b. berapa besar pajak yang ditanggung konsumen setiap pembelian 1 unit barang

c. berapa besar beban pajak yang ditanggung produsen

d berapa besar pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yang terjadi​

Jawab :

a. Harga keseimbangan pasar sebelum dan sesudah kena pajak

Pd = Ps

35 - 4Q = 5 + Q

35 - 5 = Q + 4Q

30 = 5Q

Q = 6

Ps = 5 + Q

P = 5 + 6

P = 11

Jadi keseimbangan pasar sebelum pajak terjadi pada saat P = 11 dan Q = 6.

Fungsi penawaran sesudah pajak

Ps = Q + 5

Ps = 1(Q - 5) + 5

Ps = Q - 5 + 5

Ps = Q

Keseimbangan setelah pajak :

Q = 35 -4Q

Q + 4Q = 35

5Q = 35

Q = 7

Pd = 35 - 4Q

Pd = 35 - 28

Pd = 7

Jadi keseimbangan pasar sesudah pajak terjadi pada saat P = 7 dan Q = 7.

b. Pajak yang ditanggung konsumen :

Tk = ΔP × Q1

Tk = (11 - 7) × 7

Tk = 28

c. Pajak yang ditanggung produsen :

Tp = To - Tk

Tp = 35 - 28

Tp = 7

d. Pajak yang ditanggung pemerintah :

To = t × Q1

To = 5 × 7

To = 35

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang penawaran dan permintaan pada brainly.co.id/tugas/13716264

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Sebelum tahun 1960, di Indonesia berlaku dualisme hukum pertanahan. Disatu sisi berlaku hukum- hukum tanah hak kolonial belanda, tanah yang tunduk dan diatur Hukum Perdata Barat yang sering disebut Tanah Barat atau Tanah Eropa misalnya tanah hak eigendom, hak opstall, hak erfpacht dan lain-lainnya. Pertanyaan : A. Silakan Saudara analisis akibat hukum apabila masyarakat yang memiliki tanah tetapi tidak dapat membuktikan adanya sertipikat kepemilikan tanah sebelum berlakunya UUPA! B. Silahkan Saudara analisis, bagaimanakah klasifikasi hak atas tanah bekas hak barat setelah dilakukan konversi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria!​

Answers

Jawaban:

A. Apabila masyarakat yang memiliki tanah tidak dapat membuktikan adanya sertipikat kepemilikan tanah sebelum berlakunya UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria), maka akibat hukumnya adalah tidak diakui sebagai pemilik tanah secara sah oleh hukum. Hal ini dapat menyulitkan masyarakat tersebut dalam menjalankan kegiatan-kegiatan pertanahan, seperti perpanjangan hak atas tanah, penjualan tanah, atau bahkan dapat terancam pencabutan hak atas tanah tersebut oleh pemerintah.

B. Setelah dilakukan konversi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, hak atas tanah bekas hak barat dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu hak guna usaha (HGU) dan hak pakai (HP). Hak guna usaha adalah hak atas tanah yang diberikan kepada masyarakat untuk memanfaatkan tanah tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa bagi kepentingan pribadi atau masyarakat. Sementara itu, hak pakai adalah hak atas tanah yang diberikan kepada masyarakat untuk memanfaatkan tanah tersebut dengan tujuan untuk tempat tinggal atau tempat usaha yang tidak bertujuan menghasilkan barang atau jasa bagi kepentingan pribadi atau masyarakat.

Jika Anda menjadi seorang pengembang sistem informasi baik pada sebuah perusahaan maupun lembaga non-profit, tentunya And harus memiliki pengetahuan mengenai metodologi pengembangan sistem informasi. Pada kasus ini Anda di tuntut untuk bisa menganalisis lebih dalam terkait dengan metodologi pendekatan terstruktur. Pertanyaannya:
a. Coba Anda analisa perbedaan dari pendekatan top-down dan pendekatan bottom-up,
kemudian tentukan pendekatan yang paling baik menurut Anda!
b. Jika Anda di minta untuk membuat pseudo code dan structured english, jelaskan perbedaan
antara pseudo code dan structured english!

Answers

Jawaban:

Penjelasan:
a. Pendekatan top-down adalah suatu metodologi pengembangan sistem informasi yang menekankan pada desain sistem secara keseluruhan terlebih dahulu, sebelum melakukan desain terhadap bagian-bagian sistem yang lebih kecil. Pendekatan ini cenderung lebih fokus pada proses perencanaan dan pembuatan sistem secara keseluruhan.

Sedangkan pendekatan bottom-up adalah suatu metodologi pengembangan sistem informasi yang menekankan pada desain bagian-bagian sistem yang lebih kecil terlebih dahulu, sebelum melakukan desain sistem secara keseluruhan. Pendekatan ini cenderung lebih fokus pada implementasi dan pengujian sistem secara bertahap.


Menurut saya, pendekatan yang paling baik tergantung pada kondisi dan kebutuhan dari proyek yang sedang dilakukan. Jika proyek tersebut membutuhkan desain yang detail dan memiliki jumlah fitur yang banyak, maka pendekatan bottom-up mungkin lebih cocok. Namun jika proyek tersebut membutuhkan suatu sistem yang terintegrasi dengan baik dan memiliki arsitektur yang kompleks, maka pendekatan top-down mungkin lebih cocok.

b. Pseudo code adalah suatu notasi yang digunakan untuk menuliskan algoritma dengan menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa pemrograman, namun tidak terikat pada sintaks yang harus dipakai pada bahasa pemrograman tertentu. Pseudo code digunakan sebagai cara untuk mempermudah dalam memahami algoritma yang akan ditulis, sekaligus sebagai bahan untuk mentranslasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman yang akan digunakan.

Structured english adalah suatu notasi yang digunakan untuk menuliskan algoritma dengan menggunakan bahasa Inggris yang sederhana dan mudah dipahami. Structured english digunakan sebagai cara untuk mempermudah dalam memahami algoritma yang akan ditulis, namun tidak memiliki kemampuan untuk mentranslasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman.

Perbedaan utama antara pseudo code dan structured english adalah bahwa pseudo code memiliki kemampuan untuk mentranslasikan algoritma ke dalam bahasa pemrograman, sedangkan structured english tidak memiliki kemampuan tersebut. Selain itu, pseudo code menggunakan notasi yang mirip dengan bahasa pemrograman, sedangkan structured english menggunakan bahasa Inggris yang sederhana.

Fungsi permintaan produk komoditas pd 35 - 4Q dengan fungsi penawarannya adalah P3 = 5 + Q oleh pemerintah barang komoditas tersebut dikenakan pajak sebesar Rp 5 setiap unit produk yang terjual hitunglah a.berapa harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku pada sebelum kena pajak
b.berapa.harga keseimbangan pasar (pe)dan jumlah keseimbangan para (Qe) yang berlaku setelah kena pajak
C.gambarlah grafik keseimbangan tersebut sebelum dan sesudah kena pajak dalam grafik
d.berapa besar pajak yang di tanggung konsumen setiap pembelian satu unit barang
e.berapa besar beban pajak yang di tanggung produsen
f.berapa besar pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yang terjual.​

Answers

Jawaban:

a. Untuk mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak, pertama-tama kita perlu mencari fungsi permintaan produk komoditas tersebut. Dari persamaan yang diberikan, fungsi permintaan produk komoditas adalah P3 = 5 + Q.

Kemudian, kita juga perlu mencari fungsi penawaran produk komoditas tersebut. Dari persamaan yang diberikan, fungsi penawaran produk komoditas adalah Q = P3 - 5.

Setelah fungsi permintaan dan penawaran ditemukan, kita dapat mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) dengan cara menyamakan kedua fungsi tersebut, sehingga kita mendapatkan persamaan sebagai berikut:

P3 = 5 + Q

Q = P3 - 5

Setelah disamakan, kita dapat menyelesaikan persamaan tersebut untuk mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak.

Jadi, harga keseimbangan pasar (pe) = 5 dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) = 5.

Jadi, harga keseimbangan pasar (pe) yang berlaku sebelum kena pajak adalah Rp 5, dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak adalah 5 unit produk.

b. Untuk mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku setelah kena pajak, pertama-tama kita perlu mencari fungsi permintaan produk komoditas tersebut. Dari persamaan yang diberikan, fungsi permintaan produk komoditas adalah P3 = 5 + Q.

Setelah kena pajak, harga produk komoditas tersebut akan menjadi lebih tinggi dari harga sebelumnya. Jadi, fungsi permintaan produk komoditas setelah kena pajak dapat dituliskan sebagai berikut:

P3 = 5 + Q + 5

Kemudian, kita juga perlu mencari fungsi penawaran produk komoditas tersebut. Dari persamaan yang diberikan, fungsi penawaran produk komoditas adalah Q = P3 - 5.

Setelah kena pajak, harga produk komoditas tersebut akan menjadi lebih tinggi dari harga sebelumnya. Jadi, fungsi penawaran produk komoditas setelah kena pajak dapat dituliskan sebagai berikut:

Q = P3 - 5 - 5

Setelah fungsi permintaan dan penawaran setelah kena pajak ditemukan, kita dapat mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) dengan cara menyamakan kedua fungsi tersebut, sehingga kita mendapatkan persamaan sebagai berikut:

P3 = 5 + Q + 5

Q = P3 - 5 - 5

Setelah disamakan, kita dapat menyelesaikan persamaan tersebut untuk mencari harga keseimbangan pasar (pe) dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku setelah kena pajak.

Jadi, harga keseimbangan pasar (pe) = 10 dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) = 0.

Jadi, harga keseimbangan pasar (pe) yang berlaku setelah kena pajak adalah Rp 10, dan jumlah keseimbangan pasar (Qe) yang berlaku setelah kena pajak adalah 0 unit produk.

Catatan: Jika Anda ingin memverifikasi hasil perhitungan tersebut, Anda dapat memasukkan nilai pe dan Qe yang dihitung ke dalam fungsi permintaan dan penawaran, dan memastikan bahwa kedua fungsi tersebut sesuai dengan harga dan jumlah yang dihitung.

Saat ini Pak namo berusia 35 tahun dan bermaksud menabungkan uangnya jumlah 100 juta di suatu bank dengan tingkat bunga majemuk sebesar 7% pertahun jika selanjutnya pak Namo tidak menambah atau mengurangi uang tabunga tersebut hitunglah jumlah bunga yang di terima pak Namo pada saat : a.usianya 45 tahun
b.usianya 55 tahun​

Answers

Jawaban:

45 Taun : (45-35)×7.000.000 = 70.000.000

55 Taun : (55-35)×7.000.000 = 140.000.000

Tuliskan baris lagu yg memiliki tempo irama sama dlm lagu berjudul AWAN PUTIH.

Answers

Berikut adalah beberapa baris lagu dari lagu berjudul "AWAN PUTIH" yang memiliki tempo dan irama yang sama:

  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Oh awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Oh awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara
  • Awan putih, terbang tinggi di langit
  • Menari-nari di udara, menari-nari di udara

Banjir adalah gejala alam yang disebabkan oleh tingginya curah hujan, terbatasnya daya tampung sungai, dan buruknya penataan ruang wilayah. Gejala meluasnya banjir di permukiman merupakan interelasi antara objek geografi. (A) litosfer dan biosfer.


(B) atmosfer dan antroposfer.


(C) hidrosfer dan antroposfer.


(D) atmospfer dan biosfer.


(E) litosfer dan hidrofer.

Answers

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah C. hidrosfer dan antroposfer.

Penjelasan:

Hal ini menunjukkan bahwa banjir terkait dengan hidrosfer (lapisan air di Bumi) dan antroposfer (lapisan manusia di Bumi).

Objek geografi lainnya seperti litosfer (lapisan batuan di Bumi), atmosfer (lapisan udara di atas Bumi), dan biosfer (lapisan hidup di Bumi) tidak terkait secara langsung dengan banjir.

Pertanyaan Lainnya
Alasan utama negara di dunia memilih sistem demokrasi langsung dalam pembuatan kebijakan negara adalah … Perhatikan selogan berikut ini. اَلْوَقْتُ كَالسَّيْفِ فَاِنْ نَسِيْتَهَا قَطَعَكَintisari dari slogan tersebut adalah Pada kubus abcd. Efgh dengan rusuk 6 cm jarak titik h ke p dimana p adalah titik tengah bf adalah …. Cm Dalam permainan bola voli block dapat dilakukan oleh semua pemain, kecuali. * Bu dini adalah seorang guru di sebuah smp tentunya bu dini harus menjaga waktunya agar tidak Dalam posisi berdiri kemudian melakukan cium lutut merupakan test untuk mengukur …… Kata ikhlas berasal dari bahasa arab yang artinya, kecuali Berapa kali karakter 1 digunakan saat menulis angka 1 sampai 99 Berani berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara merupakan wujud perilaku yang mencerminkan pancasila sila Bentuk sederhana dari 7(2a - 1) + 6(-3a + 2) adalah Untuk sebuah pertunjukan Aprilianti sebagai panitia akan menyusun kursi. Untuk sampai ke sekolahnya, andi memerlukan waktu 2jam 15 menit, waktu tersebutdalam SI adalah. Sekon. Untuk meredam kecepatan bola langkah yang harus dilakukan. Apakah sikap yang mendorong seorang pelajar pribumi bersikap nasionalisme ​. Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, strategi apa yang ingin Anda lakukan?. Sebuah benda dengan volume 0,006 m3 dimasukkan ke dalam air, tentukan gaya apung benda tersebut. Sebuah wadah berbentuk prisma tegak segitiga terisi air sepertiga bagian. Wadah tersebut mempunyai ukuran alas segitiga 30cm dan tinggi segitiga 50cm. Jika volume air dalam wadah 15 liter, berapa tinggi wadah tersebut?. Beberapa mainan robotik menunjukkan seolah-olah mereka hidup. Misalnya, mereka menunjukkan kapan mereka membutuhkan 'makan'. A. Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang mereka perlihatkan dan yang tidak mereka tunjukkan b. Apakah mainan tersebut termasuk makhluk hidup? ​. Diketahui senyawa HNO³, AI(OH)³, H²SO, FeCI dan KI. Senyawa senyawa tersebut dapat menghantarkan arus listrik karena mampu terionisai dalam larutan. Tuliskan masing masing reaksi ionisasinya​. Waktu tempuh ebuah mobil dari kota m ke n mulai pukul 09. 20 hingga pukul 12. 35 jika jarak kota m Ke n 130 km, maka kecepatan mobil terebut adalah. Km/jam.