frontpage hit counter

Jelakan apa makud dari pancaila ebagai falafah dan ideologi banga dan contohnya.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Pancasila adalah sebagai dasar falsafah negara indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa dan negara.


Pertanyaan Terkait

Kaidah yang timbul dari masyarakat sesuai dengan kebutuhannya disebut.

Answers

Jawaban:

Di dalam kehidupan masyarakat, akan tercipta suatu aturan yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut sehingga bisa tercipta keteraturan dan ketertiban. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kaidah yang timbul disebut dengan norma.

Penjelasan:

norma adalah suatu aturan yang tertulis atau tidak tertulis yang tercipta di dalam kehidupan masyarakat dengan tujuan menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan. Ada berbagai jenis norma yang ada di dalam masyarakat di mana norma yang paling objektif adalah norma hukum karena dibuat oleh lembaga pemerintah resmi yang juga memiliki sanksi yang jelas.

Pengertian nasionalisme dapat dibedakan menjadi dua yaitu nasionalisme dalam arti sempit dan nasionalisme dalam arti luas Jelaskan pengertian kedua nasionalisme tersebut. Jelaskan!? .

Answers

Jawaban:

Nasionalisme dalam arti sempit adalah sikap bersosial atau saling menghargai seperti di lingkungan masyarakat.

Nasionalisme dalam arti luar berarti sikap yang menunjukkan bagaimana diri kita sendiri untung bersosial dengan yang lain baik dengan orang lain maupung dari kota lain

NASIONALISME DALAM ARTI SEMPIT

• yaitu adalah Perasaan/Rasa kebangsaan atau istilahnya cinta terhadap bangsa yang sangat tinggi dan cukup berlebihan sehingga memandang rendah terhadap bangsa lain.

NASIONALISME DALAM ARTI LUAS

• yaitu adalah Perasaan/Rasa cinta yang tinggi atau bisa disebut juga bangga, terhadap tanah air dan tidak juga memandang rendah bangsa lain.

@Nyss

Jika kepemimpinan dipandang sebagai suatu seni untuk membuat kesesuaian paham, maka peranan pemimpin adalah.

Answers

Jika kepemimpinan dipandang sebagai suatu seni untuk membuat kesesuaian paham, maka peranan pemimpin adalah sebagai penghubung atau pemandu bagi anggota kelompok atau organisasi yang dipimpinnya. Pemimpin harus mampu mengidentifikasi paham dan kepentingan yang dimiliki oleh anggota kelompok atau organisasi, dan membuat kesesuaian antara paham dan kepentingan tersebut.

Untuk membuat kesesuaian paham, pemimpin harus mampu menciptakan suasana kerja yang harmonis dan membangun komunikasi yang efektif dengan anggota kelompok atau organisasi. Pemimpin juga harus mampu memberikan motivasi dan memberikan pengarahan yang tepat kepada anggota kelompok atau organisasi, sehingga mereka merasa terlibat dan terdorong untuk bekerja secara efektif.

Selain itu, pemimpin juga harus mampu mengelola perbedaan paham yang ada dengan cara yang positif, sehingga perbedaan tersebut tidak menjadi sumber konflik dan kegagalan. Pemimpin harus mampu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi perbedaan paham, sehingga anggota kelompok atau organisasi merasa terlibat dan merasa memiliki pengaruh dalam proses pengambilan keputusan

Hubungan proklamai kemerdekaan Indoneia dan pembukaan uud nri tahun 1945 adalah.

Answers

Jawaban:

hubungan proklamasi dengan pembukaan uud adalah proklamasi menyatakan indonesia merdeka sedangkan pembukaan uud mengandung tujuan negara

Jika anda bisa kembali ke masa dimana anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin anda belajar dengannya.

Answers

Jawaban:

ya gak tau kok tanya saya

Apabila terjadi ancaman,gangguan hambatan dan tantangan terhadap ideologi pancasila sebagai sorang mahasiswa apa yang anda lakukan​.

Answers

Apabila terjadi ancaman,gangguan hambatan dan tantangan terhadap ideologi pancasila sebagai sorang mahasiswa apa yang anda lakukan​ adalah sebagai berikut:

  • Menjaga marwah Ideologi Pancasila.
  • Menjalankan dan mengamalkan ideologi Pancasila.
  • Menerapkan Pancasila dalam proses akademis.

Pembahasan

Tugas mahasiswa memantapkan penanaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, generasi muda saat ini harus mau bersatu dan rukun meski berbeda agama, suku dan budaya. Untuk menerima dan mengamalkan pancasila, siswa harus bisa mendapatkan pembinaan pancasila, pancasila sebagai ideologi juga dapat memberikan pedoman, asas dan pedoman normatif dalam bidang kehidupan bernegara, kita para pelajar memiliki sejarah yang sangat berpengaruh.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang kiprah mahasiswa menjaga Pancasila: brainly.co.id/tugas/578490

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Jelaskan yang dimaksud kebebasan pers yang bertanggung jawab.

Answers

Jawaban:

Kebebasan pers yang bertanggung jawab, artinya kebebasan pers masih dipertahankan, hanya saja terdapat penambahan tugas dan beban bahwa kebebasan yang dimiliki pers haruslah disertai dengan kewajiban-kewajiban sebagai tanggung jawab kepada masyarakat. Hal ini untuk mencegah kemerosotan moral dari kebebasan mutlak.

Jelaskan urutan pengerjaan operasi hitung yang mengamdung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Answers

Jawaban:

pengurangan , penjumlahan , perkalian , dan pembagian

Sebut dan jelaskan sistem atau kebijakan yang dijalankan pemerintahan belanda saat melakukan penjajahan di wilayah indonesia .

Answers

Jawaban:

Sistem Pemerintahan dan Sistem Hukum pada masa Kolonial

A.    Sistem Pemerintahan

Sebelum tahun 1900 (sebelum sistem politik Etis) sistem pemerintahan untuk daerah jajahan (Hindia Belanda) masih bersifat sentralistis. Dimana:

Tidak ada partisipasi dari perangkat lokal segala sesuatu diatur oleh pemerintah pusat.Tidak ada sama sekali otonomi untuk mengatur sendiri rumah tangga daerah sesuai dengan kepentingan daerah.

Sistem Hukum pada Masa Kolonial

Di Hindia Belanda diterapkan 2 jenis hukum, yaitu:

1.Hukum Pidana dan acara pidana

2.Hukum Perdata dan acara perdata

Penjelasan:

tanam paksa.. voc.. kerja paksa tanpa imbalan...

memeras kekayaan bumi indonesia

maaf jika jawabannya salah dan kurang jelas, jangan lupa jadikan yang terbaik jika kamu puas dengan jawabannya 0w0

Jelaskan pengertian perkawinan menurut tiga para ahli.

Answers

Perkawinan adalah suatu ikatan perjanjian janji suci yang dilakukan oleh dua orang. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa pengertian perkawinan menurut tiga para ahli antara lain sebagai berikut:

  1. Prof. Subekti, perkawinan adalah ikatan janji yang sah antara perempuan dan laki-laki.
  2. Asser dan Scolten, perkawinan adalah persekutuan antara laki-laki dan perempuan yang diakui oleh negara.
  3. Nilam W, perkawinan adalah komitmen sakral dalam jangka waktu yang panjang.

Pembahasan:

Setiap orang pasti menginginkan keturunan. Keturunan dapat diperoleh setelah melalui perkawinan. Perkawinan adalah suatu ikatan perjanjian janji suci yang dilakukan oleh dua orang. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa pengertian perkawinan menurut tiga para ahli antara lain sebagai berikut:

  1. Prof. Subekti, perkawinan adalah ikatan janji yang sah antara perempuan dan laki-laki.
  2. Asser dan Scolten, perkawinan adalah persekutuan antara laki-laki dan perempuan yang diakui oleh negara.
  3. Nilam W, perkawinan adalah komitmen sakral dalam jangka waktu yang panjang.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang fungsi lembaga perkawinan brainly.co.id/tugas/10760257

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Apa akibatnya jika nilai-nilai yang dibawa iptek seperti keterbukaan, kebebasan, dan demokratisasi dalam bidang politik disalahartikan oleh masyarakat indonesia?.

Answers

Jika nilai-nilai yang dibawa oleh iptek seperti keterbukaan, kebebasan, dan demokratisasi dalam bidang politik disalahartikan oleh masyarakat Indonesia, maka bisa saja terjadi beberapa akibat berikut:

Timbulnya polarisasi: Masyarakat mungkin terbagi menjadi kelompok yang saling bertentangan karena salah memahami makna dan tujuan dari nilai-nilai tersebut. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kekerasan atau bentrokan antar kelompok yang bertentangan.

Munculnya kebiasaan menyimpang: Masyarakat mungkin menyalahgunakan kebebasan atau keterbukaan untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain, seperti menyebarkan hoax atau berita bohong, menyebarkan fitnah, atau menyebarkan propaganda yang tidak benar.

Penurunan tingkat kepercayaan: Masyarakat mungkin kehilangan kepercayaan pada sistem politik atau pemimpin yang ada, karena merasa tidak diakui hak-hak atau kebebasannya sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pergolakan sosial dan menurunnya tingkat kepercayaan terhadap pemerintah atau lembaga politik lainnya.

Menurunnya tingkat partisipasi masyarakat: Masyarakat mungkin tidak lagi tertarik untuk terlibat dalam proses politik, karena merasa tidak diakui atau tidak dihargai oleh sistem politik yang ada. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan atau pengambilan keputusan politik.

Hubungan Antara hukum pajak dan hukum perdata merupakan hubungan yang bersifat.

Answers

Jawaban:

Hubungan yang jelas tampak adalah bahwa dalam hukum pajak selalu mencari dasar kemungkinan pemungutan pajak berdasarkan perbuatan hukum perdata misalnya berupa perjanjian-perjanjian, hal pendapatan (penghasilan), kekayaan, warisan.

Hak asasi manusoa yaaitu merupakan pengakuan akan martabat dan harkat manusia yang menyaru dalam diri setiap yang meliputi kebebasan keadialan dan perdamaian dunia meruapakn pandangan dari.

Answers

Jawaban:

pandangan hidup bangsa

Hak-hak yang tekandung dalam perjanjian tentang hak sipil dan politik adalah.

Answers

Jawaban:

Hak-hak yang terkandung dalam perjanjian tentang hak sipil dan politik adalah hak-hak yang menjamin kebebasan, hak asasi, dan keadilan bagi setiap individu yang tinggal di negara tersebut. Ini termasuk hak-hak seperti kebebasan berekspresi, hak untuk memilih, hak untuk mendapatkan keadilan di depan pengadilan, hak untuk mendapatkan perlindungan terhadap diskriminasi, dan hak untuk memperoleh kebebasan dari penyiksaan atau penyiksaan. Penjelasan mengenai hak-hak ini dijelaskan secara lebih rinci dalam perjanjian tersebut, yang memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang hak-hak tersebut dan cara menjamin bahwa hak-hak tersebut terpenuhi bagi setiap individu yang tinggal di negara tersebut.

Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi di luar lingkungan kerja.

Answers

Jawaban:

prestasi keija misal; metode kerja, pengaturan dan kondisi perlengkapan kerja, penataan ruang kerja, kebijaksanaan

Budaya atau kebudayaan memiliki beberapa wujud,berbagai macam wujud dari kebudayaan adalah,kecuali?.

Answers

A.sesuatu yang kompleks dari norma dan peraturan

B.benda-benda hasil karya manusia

C.berbagai macam tumbuhan dan hewan

D.suatu yang kompleks dari ide, gagasan, nilai

E.suatu yang kompleks aktivitas serta tindakan berpola manusia dalam masyarakat​

Jawaban:

C.berbagai macam tumbuhan dan hewan

maaf jika jawabannya salah dan kurang jelas, jangan lupa jadikan yang terbaik jika kamu puas dengan jawabannya 0w0

note : saat bertanya tolong kasih pilihan gandanya ya, biar orang lain saat menjawab jadi gak bingung heheh >u

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanggung jawab sebagai warga masyarakat​

Answers

Jawaban:

yang di maksud dengan tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah saling bekerja sama dan saling toleransi

Demokrasi yang diterapkan pada masa demokrasi periode tahun 1959-1965 adalah.

Answers

Demokrasi yang diterapkan pada masa demokrasi periode tahun 1959-1965 adalah Demokrasi terpimpin.

Pembahasan

Demokrasi terpimpin merupakan sebuah sistem demokrasi yang seluruh keputusan dan pemikiran dalam pemerintahan negara, berpusat pada pemimpin negara. Pengertian demokrasi terpimpin pada sila keempat Pancasila, yaitu dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, jadi pemusatan kekuasaan di tangan presiden.

Demokrasi terpimpin dicetuskan oleh Presiden Soekarno karena banyaknya gerakan separatis yang menyebabkan ketidakstabilan negara, tersendatnya pembangunan ekonomi karena sering terjadinya pergantian kabinet sehingga program pembangunan yang dirancang oleh kabinet tidak berjalan secara utuh.

Terjadinya pemusatan kekuasaan di tangan presiden, dapat menimbulkan penyimpangan dan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945

Detail Jawaban
  • Mata Pelajaran : PPKN
  • Kelas : 9
  • Bab : 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  • Kode Soal : 9
  • Kode kategorisasi : 9.1.9
  • Kata Kunci : Demokrasi

Demokrasi Pancasila, berhasil menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri, Repelita, adalah merupakan kelebihan dari penerapan Pancasila pada masa.

Answers

Jawaban:

Rencana Pembangunan Lima Tahun atau REPELITA

merupakan perencanaan yang dilakukan pemerintah Orde Baru

Repelita sendiri terdapat enam periode yaitu:

REPELITA I 1969-1974

REPELITA II 1974-1979

REPELITA III 1979-1984

REPELITA IV 1984-1989

REPELITA V 1989-1994

REPELITA VI 1994-1998 (tidak selesai karena terjadi krisis moneter)

Penjelasan:

semoga membantu

Demokrasi bisa diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat. Jadi Inti dari demokrasi adalahDemokrasi bisa diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat. Jadi Inti dari demokrasi adalah.

Answers

Demokrasi Pancasila ini mengutamakan keputusan yang diambil secara musywarah karena dengan musyawarah, maka setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya. Dengan adanya musyawarah ini, maka setiap keputusan yang diambil akan mengutamakan untuk kepentingan bersama.
(Inti Dari Demokrasi Indonesia Adalah Musyawarah Mufakat).

#Semogamembantu
Pertanyaan Lainnya
Jelakan alah atu bentuk globaliai dan ebutkan upaya menghadapinya. Jelakan 3 pengaruh dari kegiatan dalam bagi peredaran darah. Carilah derivatif Pertama dengan menggunakan aturan diferensiasi fungsi pangkat. F(X)=1/X Berikut ini yang bukan termasuk perangkat masukan input device adalah Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pemupukan tanah dasar kolam adalah Pak rudi adalah seorang guru fisika pada modul ajar yang didapatkannya Minyak goreng dalam kemasan botol berisi 12 liter dituangkan ke dalam 8 gelas masing-masing berisi sama banyak jika sisa minyak dalam botol 2 liter maka berapa liter isi minyak pada setiap gelas Kaidah yang timbul dari masyarakat sesuai dengan kebutuhannya disebut. Jumlah murid SD Nusantara adalah 600 anak. Seper lima jumlah murid menyukai olahraga voli, 0,25 bagian suka bulu tangkis. Diketahui Limas beraturan T. ABCD dengan panjang rusuk alas 10cm dan tinggi 12cm, Titik O merupakan pertengahan diagonal BD. Jarak titik O terhadap bidang TBC adalah. Istilah Pengendalian OPT dengan cara mengelola lingkungan atau ekosistem sedemikian rupa sehingga ekosistem tersebut menjadi kurang socok bagi kehidupan dan perkembangbiakan OPT adalah. ​. Indoneia cocok untuk aktivita pertanian dan perkebunan diebabkan oleh. Jumlah n suku pertama suatu deret aritmatika dinyatakan dengan Sn = 3n² - n. Maka suku ke-10 deret tersebut adalah. Carilah lagu daerah dengan tangga nada diatonis atau pentatonis buat catatan tentang makna atau arti lagu tersebut​. It ______________ thi winter. The weather i hotter than lat year. Apabila karyawan memiliki hutang yang timbul karena asset, ganti rugi, atau excess claim, perusahaan boleh melakukan pemotongan melebihi 30% dari nilai upah bulanan Tentukan turuna dari fungsi y = 3e³-x²-15x¹ Mengupayakan untuk mengakhiri praktik politik yang menghalalkan segala cara dengan memfitnah memprovokasi menghasut rakyat merupakan paradigma pengembangan dalam bidang Manakah pernyataan yang benar tentang deskripsi antiparalel dari dua untai Saya bisa menjadi merah biru ungu dan hijau tidak ada yang bisa menghubungiku bahkan ratu sekalipun