frontpage hit counter

Jelaskan perbedaan laporan keuangan sektor publik dengan laporan keuangan sektor swasta?​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Laporan keuangan sektor publik biasanya mencakup laporan keuangan pemerintah pusat, laporan keuangan pemerintah daerah, dan laporan keuangan entitas yang didukung oleh pemerintah. Laporan keuangan sektor publik menekankan konsep akuntansi biaya, yang berfokus pada biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk dan layanan tertentu. Laporan keuangan sektor publik ini juga berfokus pada pengelolaan sumber daya publik dan menggunakan prinsip akuntansi yang berbeda dari prinsip akuntansi yang digunakan dalam sektor swasta.

Sementara itu, laporan keuangan sektor swasta biasanya mencakup laporan keuangan perusahaan swasta, dan berfokus pada pendapatan dan keuntungan yang diperoleh


Pertanyaan Terkait

Kurva LM vertikal karena?​

Answers

Kurva LM verital karena arus barang yang diproduksi mengalami peningkatan dalam produksinya.

Sehingga dalam pemasaran dapat dilihat dari kurva quantitas barang produksi.

Penjelasan:

Kurva membantu melihatkan proses produksi suatu barang

Dalam pasar persaingan sempurna kapan perusahaan itu harus tutup (sementara) dan kapan perusahaan itu harus tutup (selamanya)?

Answers

3 bulan tutup sementara dan 2 tahun skan tutup selama nya

Tolong jelaskan secara lengkap analisis SWOT pada produk masker sensi, Terima Kasih​

Answers

SWOT

  • Kekuatan
  • kelemahan
  • kesempatan
  • Ancaman
Hasil Analisis

☾☽Kekuatan

Masker sensi memiliki kekuatan yaitu melindungi hidung dan mulut dari bakteri maupun virus yang ada di udara

☾☽Kelemahah

Tidak dapat digunakan dalam jangka yang lama, secara jelas hanya dapat digunakan dalam waktu tertentu

☾☽Kesempatan

Dapat dijumpai maupun dibeli dalam jumlah yang relatif banyak, dalam artian bahwa masker ini tidak terbatas

☾☽Ancaman

Karena masker ini tidak dapat digunakan dalam jangka yang panjang maka tidak menutup kemungkinan masker ini masih bisa ditembus oleh virus

Indeks harga konsumen bulan Maret 2015 150.000 Indeks harga konsumen bulan Februari 2015 145.000 Besarnya laju inflasi Bulan Maret 2015 adalah​

Answers

Jawaban:

Besarnya laju inflasi Bulan Maret 2015 adalah sebesar 3,45% [(150.000 - 145.000)/145.000] x 100%. Jadi, laju inflasi Bulan Maret 2015 adalah 3,45%.

Berikan argumentasi Saudara tentang natural inflation dan human error inflation berdasarkan perspektif ekonomi Islam perihal kondisi inflasi yang menerpa berbagai negara?

Answers

Jawaban:

Natural Inflation:

Natural inflation adalah inflasi yang disebabkan oleh faktor-faktor alami seperti kenaikan harga bahan baku, kenaikan biaya produksi, dan kenaikan harga barang dan jasa. Menurut perspektif ekonomi Islam, inflasi alami dapat diterima jika tidak menyebabkan peningkatan harga yang tidak seimbang dengan kenaikan pendapatan masyarakat. Inflasi alami dapat meningkatkan pendapatan masyarakat jika dikontrol dengan baik, karena inflasi alami dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Human Error Inflation:

Human error inflation adalah inflasi yang disebabkan oleh kesalahan manusia, seperti kesalahan dalam pengelolaan moneter, kesalahan dalam pengelolaan fiskal, dan kesalahan dalam pengelolaan politik. Menurut perspektif ekonomi Islam, inflasi yang disebabkan oleh kesalahan manusia tidak dapat diterima karena dapat menyebabkan peningkatan harga yang tidak seimbang dengan kenaikan pendapatan masyarakat. Inflasi yang disebabkan oleh kesalahan manusia juga dapat menyebabkan ketidakstabilan ekonomi dan menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus berhati-hati dalam mengelola moneter, fiskal, dan politik untuk menghindari inflasi yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Contoh pertanyaan untuk sebuah koperasi simpan pinjam​

Answers

Jawaban:

contoh pertanyaan untuk sebuah koperasi simpan pinjam

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang dapat diajukan kepada sebuah koperasi simpan pinjam:

1. Bagaimana cara menjadi anggota koperasi simpan pinjam ini? Apakah ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi?

2. Bagaimana cara mengajukan pinjaman di koperasi ini? Apakah ada batas maksimal pinjaman yang dapat diambil?

3. Apakah ada jenis-jenis pinjaman yang tersedia di koperasi ini, seperti pinjaman untuk kebutuhan pribadi atau untuk modal usaha?

4. Bagaimana cara mengambil dana yang telah disimpan di koperasi ini? Apakah ada batas minimal dana yang dapat diambil?

5. Bagaimana cara mengetahui saldo dan transaksi simpanan dan pinjaman saya di koperasi ini? Apakah ada fasilitas untuk mengecek saldo secara online?

6. Apakah ada biaya-biaya tambahan yang harus dibayar selain bunga pinjaman, seperti biaya administrasi atau biaya pengiriman laporan keuangan?

7. Apakah ada program-program keuntungan bagi anggota koperasi simpan pinjam ini, seperti potongan bunga pinjaman atau bonus simpanan?

8. Bagaimana cara melaporkan kehilangan atau kecurian kartu anggota koperasi simpan pinjam ini? Apakah ada prosedur khusus yang harus dilakukan?

9. Apakah ada layanan pelatihan atau bimbingan bagi anggota yang ingin memulai usaha atau memperluas usahanya melalui pinjaman dari koperasi ini?

10. Apakah ada sistem asuransi yang menjamin keamanan simpanan dan pinjaman anggota koperasi simpan pinjam ini? Bagaimana cara mengakses layanan asuransi tersebut?

Usul usul untuk sebuah koperasi simpan pinjam​

Answers

Jawaban:

Koperasi di Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 1895 di Leuwiliang yang didirikan oleh Raden Ngabei Aria Wiriaatmadja (Patih Purwokerto) . Koperasi tersebut merupakan koperasi simpan pinjam yang diberi nama “De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Hoofden” yang berarti “Bank Simpan Pinjam 

C. Syarat yang bagaimanakah yang harus dipenuhi agar gabungan faktor produksi yang digunakan akan memaksimumkan keuntungan

Answers

Jawaban:

1. Perusahaan harus menggunakan faktor produksi yang paling efisien.

2. Perusahaan harus memahami pasar, konsumen, dan bagaimana produk mereka akan dipasarkan.

3. Perusahaan harus menentukan biaya produksi dan harga jual yang tepat.

4. Perusahaan harus memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar kualitas yang tinggi.

5. Perusahaan harus memastikan bahwa ia memiliki sumber daya manajemen yang cukup untuk mengatur dan mengawasi produk.

6. Perusahaan harus menggunakan sumber daya yang tersedia dengan efisien.

7. Perusahaan harus memonitor secara terus-menerus biaya produksi dan keuntungan.

8. Perusahaan harus meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan faktor produksi.

9. Perusahaan harus melakukan riset pasar secara terus-menerus untuk mengetahui tren konsumen.

10. Perusahaan harus memastikan bahwa produknya sesuai dengan tren pasar.

Dalam hal permintaan dan penawaran tenaga kerja,maka harga dari faktor produksi tenaga kerja merupakan a.besarnya pengangguran
b.besarnya tingkat upah
c.besarnya tingkat pajak penghasilan
d.jumlah tenaga kerja
e.jumlah tenaga kerja yang diserap di lapangan

Answers

Jawaban:

Jawabannya adalah b. besarnya tingkat upah.

Penjelasan:

Harga dari faktor produksi tenaga kerja merupakan besarnya tingkat upah yang diterima oleh pekerja.

Permintaan dan penawaran tenaga kerja merupakan mekanisme pasar yang menentukan tingkat upah yang diterima oleh pekerja.

Pemasaran mempunyai cakupan fungsi yang luas, terutama dalam dunia bisnis. Pemasaran tidak hanya sekedar menjual, tetapi di dalamnya terkandung banyak unsur seperti konsep, forecasting, perilaku konsumen, bahkan segmentasi pasar. Terdapat banyak sekali strategi yang perusahaan dapat gunakan agar mampu bersaing bahkan memimpin persaingan pasar. Ada satu formula strategi yang di dalamnya terdapat berbagai macam variabel penting, tetapi variabel yang berada di dalam strategi ini merupakan variabel yang masih bisa dikontrol oleh perusahaan, bahkan dapat meningkatkan performa penjualan perusahaan itu sendiri jika dikombinasikan dengan bijak. Strategi pemasaran apa itu? Sebutkan variabel – variabelnya, dan jelaskan secara sistematis!​

Answers

Penjelasan:

Strategi pemasaran yang dimaksud adalah strategi 4P, yang terdiri dari:

1. Produk (Product): Merupakan variabel yang berkaitan dengan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Variabel ini meliputi kualitas produk, desain, kemasan, jenis produk, merek, dan lain-lain.

2. Harga (Price): Merupakan variabel yang berkaitan dengan harga produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Variabel ini meliputi harga jual, diskon, kondisi pembayaran, dan lain-lain.

3. Tempat (Place): Merupakan variabel yang berkaitan dengan tempat dimana produk akan dijual. Variabel ini meliputi lokasi toko, distribusi, jaringan pemasaran, dan lain-lain.

4. Promosi (Promotion): Merupakan variabel yang berkaitan dengan cara promosi yang akan digunakan untuk meningkatkan penjualan produk. Variabel ini meliputi iklan, promosi, penjualan langsung, dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan strategi 4P ini, perusahaan dapat meningkatkan performa penjualan produknya, meningkatkan daya saing, dan memenangkan persaingan pasar.

1. Mendorong diversifikasi ekspor (Australia) Keberagaman dalam hal apa? (Industri? Jenis?)
2. Menyelenggarakan pameran perdagangan internasional. (Australia)
berapa banyak pameran yang sudah ada di Australia?
3. Meningkatkan upaya pemasaran internasional (Australia)
Bagaimana meningkatkan dan bagaimana mempromosikan?

Answers

1. Diversifikasi ekspor Australia dapat merujuk keberagaman dari segi industri dan jenis produk atau jasa yang diekspor. Misalnya, jika sebelumnya Australia hanya fokus pada ekspor produk pertanian, maka diversifikasi ekspor dapat berarti memperluas ekspor ke bidang industri lain seperti teknologi informasi atau produk kesehatan.

2. Australia menyelenggarakan berbagai pameran perdagangan internasional setiap tahun. Beberapa pameran terbesar di Australia termasuk Australian International Airshow dan Aerospace & Defence Exposition, Sydney Build Expo, dan Perth International Mining and Resources Conference.

3. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan upaya pemasaran internasional Australia, di antaranya:

  • Memperluas jangkauan promosi melalui media sosial dan iklan online
  • Menjalin kerja sama dengan perusahaan atau organisasi di negara-negara tujuan ekspor untuk mempromosikan produk atau jasa Australia
  • Menyelenggarakan pameran atau workshop di negara-negara tujuan ekspor untuk menarik minat pembeli potensial
  • Menggunakan bantuan dari agen pemasaran atau perwakilan perdagangan di negara-negara tujuan ekspor untuk mempromosikan produk atau jasa Australia.

Sebuah usaha yang memproduksi makanan kemasan harus menentukan harga makanan kemasan, dengan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan pada supplier untuk pembelian material bahan pangan. Bersama-sama, dengan bantuan dari vendor, diperkirakan jumlah permintaan, biaya tetap, pendapatan, dan biaya variabel per kantong makanan kemasan tersebut. Sebagian besar proses manual memiliki biaya tetap bulanan sebesar $ 50 dan biaya variabel $ 2 per kantong. Proses mekanis dalam pengolahan makanan tersebut memiliki biaya tetap sebesar $ 80 per bulan dengan biaya variabel $ 1,5 per kantong. Mereka berharap makanan dapat dijual dengan harga $ 3 per kantong. Menggunakan analisis Break Even , tentukan: a. Jumlah BEP apabila dilakukan proses manual? b. Berapakah pendapatan ketikan BEP ketika proses manual? c. Berapakah kuantitas BEP ketika proses mekanis? d. Berapakah pendapatan ketika BEP ketika proses manual? e. Berapakah keuntungan/kerugian pada manual process jika diperkirakan penjualan sebanyak 100 kantong per bulan, ketika produk diproses menggunakan manual proses? f. Berapakah keuntungan/kerugian pada manual process jika diperkirakan penjualan sebanyak 100 kantong per bulan, ketika produk diproses menggunakan proses mekanis?

Answers

Jawaban:

a. Jumlah BEP apabila dilakukan proses manual adalah 50 kantong.

b. Pendapatan ketika BEP adalah $150 (50 kantong x $3 per kantong).

c. Kuantitas BEP ketika proses mekanis adalah 53,3 kantong.

d. Pendapatan ketika BEP ketika proses mekanis adalah $160 (53,3 kantong x $3 per kantong).

e. Keuntungan/kerugian pada manual process jika diperkirakan penjualan sebanyak 100 kantong per bulan adalah $50 (100 kantong x $3 - $50 biaya tetap - $2 biaya variabel).

f. Keuntungan/kerugian pada manual process jika diperkirakan penjualan sebanyak 100 kantong per bulan, ketika produk diproses menggunakan proses mekanis adalah $40 (100 kantong x $3 - $80 biaya tetap - $1,5 biaya variabel).

Isi laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan biasanya bersifat:
O Menyangkut masa yang akan datang
O Teliti dan berisi taksiran
O Ringkas
O Terinci

Answers

Jawaban:

teliti dan berisi taksiran..

..semoga membantu...

Penjelasan:

Laporan keuangan biasanya tidak bersifat menyangkut masa yang akan datang, karena akuntansi keuangan memfokuskan pada masa lalu.

Laporan keuangan juga biasanya tidak bersifat teliti dan berisi taksiran.

Laporan keuangan juga biasanya bersifat ringkas, yaitu menyajikan informasi yang paling penting dan relevan dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

Laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan biasanya bersifat terinci dan mencakup periode tertentu.

Bank yang akan memberikan kredit kepada nasabahnya, memerlukan informasi
keuangan yang dihasilkan oleh:
O
O
O
O
Akuntansi keuangan
Akuntansi manajemen
Akuntansi biaya
Akuntansi lanjutan

Answers

Jawaban:

Bank yang akan memberikan kredit kepada nasabahnya akan memerlukan informasi keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi pokok yang terdapat dalam organisasi perusahaan
manufaktur, kecuali:
Fungsi produksi
Fungsi logistik
Fungsi pemasaran
Fungsi administrasi dan umum

Answers

Jawaban:

Semua fungsi yang disebutkan merupakan fungsi pokok yang terdapat dalam organisasi perusahaan manufaktur.

Penjelasan:

  • Fungsi produksi merupakan fungsi utama yang bertanggung jawab atas pembuatan produk manufaktur.
  • Fungsi logistik bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian aliran bahan baku, produk jadi, dan informasi dari sumber hingga tujuan akhir.
  • Fungsi pemasaran bertanggung jawab atas identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, pembuatan strategi pemasaran, dan promosi produk.
  • Fungsi administrasi dan umum bertanggung jawab atas berbagai kegiatan administratif dan keuangan, serta pelayanan umum perusahaan.

Jawaban:

fungsi administrasi dan umum.

-------------------------------------------------------

...semoga membantu...

Manakah di antara siklus kegiatan ini yang merupakan siklus kegiatan usaha
perusahaan manufaktur?
O Pembelian barang dagangan dan,
tanpa melalui pengolahan lebih
lanjut, diakhiri dengan penjualan
kembali barang dagangan tersebut.
O Pengolahan bahan baku di bagian
produksi dan berakhir dengan
penyerahan produk jadi ke bagian
gudang.
O Persiapan penyerahan jasa dan
berakhir dengan penyerahan jasa
kepada pemakainya.
O Pencatatan biaya persiapan
penyerahan jasa dan berakhir
dengan disajikannya harga pokok
jasa yang diserahkan.

Answers

Jawaban:

Siklus kegiatan usaha perusahaan manufaktur adalah pengolahan bahan baku di bagian produksi dan berakhir dengan penyerahan produk jadi ke bagian gudang (pilihan Kedua).

Pilihan Pertama merupakan siklus kegiatan untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, Pilihan Ketiga merupakan siklus kegiatan untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dan Pilihan Keempat merupakan siklus kegiatan untuk mencatat biaya persiapan penyerahan jasa.

Jadikan jawaban terbaik agar anda selalu sehat selalu

Jawaban:

Siklus kegiatan yang merupakan siklus kegiatan usaha perusahaan manufaktur adalah siklus kegiatan yang ke-2: Pengolahan bahan baku di bagian produksi dan berakhir dengan penyerahan produk jadi ke bagian gudang.

Penjelasan:

  • Siklus kegiatan yang pertama, merupakan siklus kegiatan perusahaan perdagangan.
  • Siklus kegiatan yang ketiga, merupakan siklus kegiatan perusahaan jasa.
  • Siklus kegiatan yang keempat, merupakan siklus kegiatan akuntansi untuk mencatat biaya yang terkait dengan penyediaan jasa.

Berikut ini adalah pemakaian laporan yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen,
kecuali:
O
Direktur produksi
O Manajer pemasaran
O Kantor Inspeksi Pajak
O Manajer Hubungan Masyarakat

Answers

Jawaban:

manajer hubungan masyarakat krena menurut sya btul

Rani menabung di bank sebesar Rp 10.500.000 . Jika suki bunga pertahun 1,5% dan lama tabungan 10 tahun, tentukan besar tabungan rani jika menggunakan metpde bunga sederhana

Answers

Jawaban:

12.075.000

Penjelasan:

1,5% × 10.500.000= 157.500

157.500×10= 1.575.000

10.500.000+1.575.000= 12.075.000

Bank Syariah Baitul Muawanah menyetujui transaksi penyewaan Tower Telkomsel untuk daerah Jakarta dan sekitarnya sebanyak 10

unit dengan opsi pengalihan kepemilikan dilakukan setelah masa sewa

berakhir untuk jangka waktu sewa 5 tahun.. Harga sewa masingmasing unit sebesar Rp. 12.500.000,-- setiap bulan dan pembayaran

dilakukan secara bulanan. Untuk keperluan tesebut Bank Syariah Baitul

Muawanah melakukan kontrak pembangunan Tower kepada PT

SERBA USAHA sesuai spesifikasi yang disepakati, dengan harag

kontrak sebesar Rp.600.000.000,-- per unit, dengan pembayaran

dilakukan sekaligus pada saat akad ditanda tangani. Jangka waktu

pembangunan Tower selama sebulan setelah akad ditanda tangani.

Untuk pemeliharaan tower tersebut Bank Syariah Baitul Muawanah

mengeluarkan biaya pemeliharaan setiap bln sebesar Rp5 juta per unit.

Pertanyaan

1. Gambarkan alur transaksi tersebut diatas

2. Buatlah perhitungan dan jurnal:

a. penerimaan harga sewa

b. pembayaran kontrak pembangunan tower kepada PT

SERBA USAHA

c. penerimaan tower dari PT SERBA USAHA

d. beban pemeliharaan tower

e. beban penyusutan tower

3. Buatlah penyajian atas transaksi tersebut​

Answers

Jawaban:

1. Gambar Alur Transaksi

Penyewa (Bank Syariah Baitul Muawanah) → Membayar Kontrak Pembangunan Tower kepada PT SERBA USAHA → Penerimaan Tower dari PT SERBA USAHA → Penerimaan Harga Sewa dari Penyewa → Beban Pemeliharaan Tower → Beban Penyusutan Tower

2. Perhitungan dan Jurnal

a. Penerimaan Harga Sewa

Perhitungan:

Harga sewa masing-masing unit x jumlah tower = Total Penerimaan Harga Sewa

Rp 12.500.000 x 10 unit = Rp 125.000.000

Jurnal:

Kas                    Rp 125.000.000

Penerimaan Harga Sewa  Rp 125.000.000

b. Pembayaran Kontrak Pembangunan Tower kepada PT SERBA USAHA

Perhitungan:

Harga kontrak pembangunan tower x jumlah tower = Total Pembayaran Kontrak Pembangunan Tower

Rp 600.000.000 x 10 unit = Rp 6.000.000.000

Jurnal:

Kas                    Rp 6.000.000.000

Pembayaran Kontrak    Rp 6.000.000.000

c. Penerimaan Tower dari PT SERBA USAHA

Perhitungan:

Harga kontrak pembangunan tower x jumlah tower = Total Penerimaan Tower

Rp 600.000.000 x 10 unit = Rp 6.000.000.000

Jurnal:

Aset tetap                Rp 6.000.000.000

Penerimaan Tower          Rp 6.000.000.000

d. Beban Pemeliharaan Tower

Perhitungan:

Biaya pemeliharaan tower x jumlah tower = Total Beban Pemeliharaan Tower

Rp 5.000.000 x 10 unit = Rp 50.000.000

Jurnal:

Beaban Pemeliharaan Tower     Rp 50.000.000

Kas                           Rp 50.000.000

e. Beban Penyusutan Tower

Perhitungan:

Harga kontrak pembangunan tower x jumlah tower = Total Beban Penyusutan Tower

Rp 600.000.000 x 10 unit = Rp 6.000.000.000

Jurnal:

Beaban Penyusutan Tower     Rp 6.000.000.000

Akumulasi Penyusutan Tower  Rp 6.000.000.000

3. Penyajian Atas Transaksi Tersebut

Bank Syariah Baitul Muawanah menyetujui transaksi penyewaan Tower Telkomsel untuk daerah Jakarta dan sekitarnya sebanyak 10 unit dengan opsi pengalihan kepemilikan dilakukan setelah masa sewa berakhir untuk jangka waktu sewa 5 tahun. Harga sewa masing-masing unit sebesar Rp. 12.500.000,-- setiap bulan dan pembayaran dilakukan secara bulanan. Pemeliharaan tower tersebut Bank Syariah Baitul Muawanah mengeluarkan biaya pemeliharaan setiap bulan sebesar Rp5 juta per unit.

Untuk keperluan tesebut Bank Syariah Baitul Muawanah melakukan kontrak pembangunan Tower kepada PT SERBA USAHA sesuai spesifikasi yang disepakati, dengan harga kontrak sebesar Rp.600.000.000,-- per unit, dengan pembayaran dilakukan sekaligus pada saat akad ditanda tangani. Jangka waktu pembangunan Tower selama sebulan setelah akad ditanda tangani.

Bank Syariah Baitul Muawanah menyetujui transaksi penyewaan Tower Telkomsel untuk daerah Jakarta dan sekitarnya sebanyak 10

unit dengan opsi pengalihan kepemilikan dilakukan setelah masa sewa

berakhir untuk jangka waktu sewa 5 tahun.. Harga sewa masingmasing unit sebesar Rp. 12.500.000,-- setiap bulan dan pembayaran

dilakukan secara bulanan. Untuk keperluan tesebut Bank Syariah Baitul

Muawanah melakukan kontrak pembangunan Tower kepada PT

SERBA USAHA sesuai spesifikasi yang disepakati, dengan harag

kontrak sebesar Rp.600.000.000,-- per unit, dengan pembayaran

dilakukan sekaligus pada saat akad ditanda tangani. Jangka waktu

pembangunan Tower selama sebulan setelah akad ditanda tangani.

Untuk pemeliharaan tower tersebut Bank Syariah Baitul Muawanah

mengeluarkan biaya pemeliharaan setiap bln sebesar Rp5 juta per unit.

Pertanyaan

1. Gambarkan alur transaksi tersebut diatas

2. Buatlah perhitungan dan jurnal:

a. penerimaan harga sewa

b. pembayaran kontrak pembangunan tower kepada PT

SERBA USAHA

c. penerimaan tower dari PT SERBA USAHA

d. beban pemeliharaan tower

e. beban penyusutan tower

3. Buatlah penyajian atas transaksi tersebut​

Answers

Jawaban:

Penjelasan:

Alur transaksi tersebut adalah:

Bank Syariah Baitul Muawanah menyetujui transaksi penyewaan Tower Telkomsel untuk daerah Jakarta dan sekitarnya sebanyak 10 unit dengan opsi pengalihan kepemilikan setelah masa sewa berakhir selama 5 tahun.

Bank Syariah Baitul Muawanah melakukan kontrak pembangunan Tower kepada PT SERBA USAHA sesuai spesifikasi yang disepakati dengan harga kontrak sebesar Rp.600.000.000,-- per unit.

PT SERBA USAHA membangun Tower selama sebulan setelah akad ditanda tangani.

Bank Syariah Baitul Muawanah menerima Tower dari PT SERBA USAHA.

Bank Syariah Baitul Muawanah melakukan pemeliharaan Tower setiap bulannya dengan biaya sebesar Rp.5 juta per unit.

Bank Syariah Baitul Muawanah menerima harga sewa Tower sebesar Rp.12.500.000,-- per unit per bulan.

Perhitungan dan jurnal:

a. Penerimaan harga sewa:

Penerimaan harga sewa Tower sebesar Rp.12.500.000,-- per unit per bulan x 10 unit = Rp.125.000.000,-- per bulan

Jurnal:

Debit: Kas Rp.125.000.000,--

Pertanyaan Lainnya
THE AMAZON RIVER every second, it pours 200,000 cubic meters of water into the ocean. this is the same ...... of water that is held by a hundred of Olympic-sized swimming pools the right answer for the question above is? a. number b. amount c. sum d. total Jelaskan perbedaan laporan keuangan sektor publik dengan laporan keuangan sektor swasta?​ Kewajiban berasal dari kata wajib yg berati...​ Rewrite the sentences both in the negative and interrogative forms My brother Alfred spoke Spanish at school. NEG. INT. Jelaskan fenomenalogis situasional yang berdampak pada chance - peruBahan - social change theory Dua per tiga kali dua satu per enam tambah satu pertiga sama dengan​ 14. fungsi kuadrat yang memotong sumbu x di (3, 0) dan (7, 0) serta melalui (2, 10) adalah . V 2²- 20x + 42​ Implikasi psikologi materi kesehatan mental​ Implikasi diagnostik kesulitan belajar​ Contoh kegiatan sebagai bentuk kewajiban untuk mengatasi abrasi adalah .... a. menanam hutan bakau b. membuang sampah pada tempatnya c. membuat pulau reklamasi d. pembangunan hunian di dekat pantai ​ Akar-akar persamaan kuadrat x² - 2x - 3= 0 adalah x₁ dan x2. Jika x1 > xz, maka nilai dari x₁ - x2 = ​ Bagaimana keunggulan komoditas dapat menyebabkan interaksi antarruang?​ 24. Karya seni yang memuat komposisi antara huruf dan gambar, bahasa yang digunakan adalah percakapan sehari-hari, penggambaran watak dan menyediakan humor, merupakan ciri-ciri dari.... a. Poster b. Koran c. Komik d. Majalah​ 1, 1, 2, 3, 5, 7, 10, 13, ..., ..., 26, 31 *​ Tentukan persamaan garis singgung di titik 2,-4 pada lingkaran x²+y²=15 ​ Sebuah roda diameternya d = 50cm berotasi pada sumbunya dengan kecepatan sudut awal (t = 0s) adalah 1000putaran/menit . Pada t = 5s kecepatan sudut putaran menit 400 putaran/menit . Ditanyakan : a) Sudut dan percepatan sudut b) Sesudah 5 detik, berapa waktu yang dibutuhkan lagi hingga roda berhenti Tentukan persamaan garis yang melalui titik (8 -3) dan sejajar dengan persamaan 2x-3y-10=0 ​ Tentukan himpunan penyelesaian dari |2x-7| – 2 = 3 adalah …… 13. Jika 2p-4 = 12, maka nilai p +2 adalah... A. 6 B. 8 C. 10 D. 20​ D. harmonis dan soliter 38. Dedi dan teman-temannya sedang melakukan pentas seni di sekolah. Mereka memainkan alat musik harmonika dan drum untuk mengiringi lagu. Jenis alat musik yang dimainkan Dedi dan teman-temannya secara berurutan adalah .... A. soliter dan ritmis B. melodis dan ritmis C. harmonis dan soliter D. melodis dan harmonis​