frontpage hit counter

Seluruh hukum di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan sila-sila dalam Pancasila karena sebagai paradigma pengembangan bidang... mohon bantuannya:)​

Jawaban

Jawaban 1

Penjelasan:

Pancasila sebagai paradigma pengembangan bidang hukum di Indonesia menetapkan bahwa seluruh hukum yang berlaku di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi yang menjadi landasan bagi pembangunan nasional. Oleh karena itu, seluruh hukum yang berlaku di Indonesia harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.


Pertanyaan Terkait

Tinggi. berikut dengan pertanyaan kalian : Tabel 3.1 Daftar Pertanyaan No 1 2 3 4 5 Pertanyaan Bagaimana kedudukan Pembukaan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ? Bagaiman hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan? Apa isi Pembukaan UUD Negara Republik Indon esia Tahun 1945​

Answers

Jawaban:

1. Kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum Indonesia adalah sebagai UUD yang tertinggi. UUD 1945 merupakan dasar hukum bagi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. UUD 1945 juga mengatur hak dan kewajiban warga negara, serta mengatur hubungan antara pemerintah dengan rakyat.

2. Hubungan antara Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan adalah bahwa Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah dokumen yang mengatur tentang pembentukan Negara Republik Indonesia dan menetapkan dasar-dasar hukum yang berlaku di Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan adalah deklarasi yang dibuat oleh Soekarno dan Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 yang menyatakan bahwa Indonesia merdeka dari Belanda. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan landasan hukum bagi Proklamasi Kemerdekaan, karena dokumen ini menetapkan dasar-dasar hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

"Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka kami, bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan dengan sebenarnya Kemerdekaan Kami yang kekal dan untuk selama-lamanya.

Untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan ini dengan berpegang teguh kepada asas-asas Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

Jelaskan dan tuliskan proses penyusunan peraturan perundang-undangan Peraturan Pemerintah​

Answers

  1. perencanaan.
  2. persiapan.
  3. teknik penyusunan.
  4. perumusan.
  5. pembahasan.
  6. pengesahan.
  7. pengundangan.
  8. penyebarluasan.

Penjelasan:

Good luck:)

Buatlah artikel dengan tema "upaya mempertahankan NKRI di era generasi milenial. 3 paragraf ( 1 paragraf minimal 3 kalimat ).​

Answers

Jawaban:

1.

Generasi milenial merupakan generasi yang memiliki peran penting dalam mempertahankan NKRI di era saat ini. Sebagai generasi yang cepat menyerap informasi dan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi, milenial harus bisa menjadi pelindung NKRI dengan melakukan beberapa upaya berikut ini.

Pertama, milenial harus memahami hakikat NKRI dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Dengan memahami hakikat NKRI, milenial akan lebih mudah untuk mempertahankannya dan tidak mudah terpengaruh oleh ideologi atau propaganda yang merusak NKRI.

Kedua, milenial harus aktif dalam memberikan sumbangsih bagi NKRI. Tidak hanya melalui kegiatan organisasi atau kegiatan sosial, milenial juga bisa memberikan sumbangsih dengan cara memperjuangkan hak-hak kewarganegaraan dan memperjuangkan prinsip-prinsip dasar NKRI.

Ketiga, milenial harus memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan. NKRI merupakan bangsa yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya. Oleh karena itu, milenial harus mampu menghargai perbedaan tersebut dan tidak mudah terprovokasi oleh ideologi atau propaganda yang merusak NKRI.

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, diharapkan milenial dapat mempertahankan NKRI di era sekarang ini. Selain itu, milenial juga bisa menjadi contoh bagi generasi lain dalam mempertahankan NKRI.

...............................................................................................

Era generasi milenial merupakan era dimana teknologi dan informasi berkembang dengan pesat, sehingga membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di era tersebut adalah dengan memperkuat pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar NKRI.

Pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar NKRI merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempertahankan NKRI. Generasi milenial harus memahami bahwa NKRI merupakan negara yang berdasarkan Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan, keadilan, dan kemanusiaan. Selain itu, generasi milenial juga harus memahami bahwa NKRI merupakan negara yang berbentuk Republik, yang menghargai hak asasi manusia, demokrasi, dan kebebasan berpendapat.

Untuk memperkuat pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar NKRI, generasi milenial dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti mempelajari sejarah dan dokumen-dokumen penting NKRI, serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan dan pelestarian NKRI. Dengan demikian, generasi milenial dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam mempertahankan NKRI di era tersebut.

Jelaskan arti dari pokok pikiran kesatuan pliss bantu Jawab ​

Answers

Jawaban:

Pokok Pikiran Persatuan

Pokok pikiran tersebut jelas menyatakan bahwa negara siap melindungi bangsanya serta seluruh wilayah Indonesia dari paham-paham individualistik ataupun golongan

Jawaban:

Pokok Pikiran Persatuan.

Pokok pikiran tersebut jelas menyatakan bahwa negara siap melindungi bangsanya serta seluruh wilayah Indonesia dari paham-paham individualistik ataupun golongan.

Penjelasan:

#semoga membantu & bermanfaat*

Tanda dalam partitur yang melambangkan bernyanyi dari keras menjadi pelan adalah ? A. cressendo
B. decresendo
C. alergo
D. piano
E. forte​

Answers

Jawaban:

Tanda dalam partitur yang melambangkan bernyanyi dari keras menjadi pelan adalah decresendo. Decresendo adalah tanda yang digunakan dalam partitur untuk menunjukkan bahwa volume suara harus dikurangi atau dimainkan dengan lebih pelan. Ini sering ditulis di atas atau di bawah garis nada dan ditandai dengan tanda ">" atau "

Jawaban:

B. Decresendo.

Penjelasan:

Decresendo adalah tanda yang digunakan dalam partitur untuk menunjukkan bahwa volume suara harus dipadukan dengan perlahan dari keras ke pelan.

1. Sidang BPUPKI yang pertama dilaksanakan pada tanggal 19 Mei -1 Juni 1945 membahas mengenai usulan dasar negara. Dalam proses perumusan tersebut Ir. Soekarno, Muhammad Yamin dan Soepomo menyampaikan pendapatnya mengenai usulan dasar negara dan disepakatilah rumusan dari Ir Soekarno. Uraikanlah maksud dari rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Ir Soekarno! 2. Proses perumusan Pancasila diawali dengan pembentukan BPUPKI sebagai strategi politik bangsa Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan saat terdesak oleh sekutu dalam Perang Asia Timur Raya. Uraikanlah mengapa bangsa Jepang melakukan strategi politik yang berbeda dari penjajah sebelumnya yang menggunakan strategi angkat senjata!

3. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Artinya Pancasila memiliki kedudukan yang penting bagi bangsa dan negara Indonesia. Selain memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, perlunya juga memahami sejarah lahirnya Pancasila. Sebagai generasi muda, uraikanlah mengapa perlu mempelajari dan memahami lahirnya Pancasila !

4. Komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dasar negara dapat diartikan sebagai suatu bentuk ikrar untuk merumuskan dasar negara dengan sebaik-baiknya dengan tujuan agar dapat dijadikan landasan berdirinya pemerintahan negara Indonesia merdeka. Komitmen para pendiri negara untuk mendirikan Indonesia hanya mungkin karena adanya prinsip kesepahaman dan perasaan bersama sebagai suatu bangsa. Prinsip yang mendasari komitmen tersebut adalah solidaritas, menghargai dan menerima perbedaan, dan musyawarah. Kemukakan contoh dalam kehidupan sehari-hari tindakan yang mencerminkan prinsip solidaritas, menghargai dan menerima perbedaan, dan musyawarah!

5. Salah satu semangat kebangsaan yang dimiliki para pendiri negara ialah semangat Patriotisme yaitu sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. Uraikanlah pemahamanmu mengenai makna berperilaku rela berkorban demi bangsa dan negara!1. Sidang BPUPKI yang pertama dilaksanakan pada tanggal 19 Mei -1 Juni 1945 membahas mengenai usulan dasar negara. Dalam proses perumusan tersebut Ir. Soekarno, Muhammad Yamin dan Soepomo menyampaikan pendapatnya mengenai usulan dasar negara dan disepakatilah rumusan dari Ir Soekarno. Uraikanlah maksud dari rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Ir Soekarno!

2. Proses perumusan Pancasila diawali dengan pembentukan BPUPKI sebagai strategi politik bangsa Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan saat terdesak oleh sekutu dalam Perang Asia Timur Raya. Uraikanlah mengapa bangsa Jepang melakukan strategi politik yang berbeda dari penjajah sebelumnya yang menggunakan strategi angkat senjata!

3. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Artinya Pancasila memiliki kedudukan yang penting bagi bangsa dan negara Indonesia. Selain memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, perlunya juga memahami sejarah lahirnya Pancasila. Sebagai generasi muda, uraikanlah mengapa perlu mempelajari dan memahami lahirnya Pancasila !

4. Komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dasar negara dapat diartikan sebagai suatu bentuk ikrar untuk merumuskan dasar negara dengan sebaik-baiknya dengan tujuan agar dapat dijadikan landasan berdirinya pemerintahan negara Indonesia merdeka. Komitmen para pendiri negara untuk mendirikan Indonesia hanya mungkin karena adanya prinsip kesepahaman dan perasaan bersama sebagai suatu bangsa. Prinsip yang mendasari komitmen tersebut adalah solidaritas, menghargai dan menerima perbedaan, dan musyawarah. Kemukakan contoh dalam kehidupan sehari-hari tindakan yang mencerminkan prinsip solidaritas, menghargai dan menerima perbedaan, dan musyawarah!

5. Salah satu semangat kebangsaan yang dimiliki para pendiri negara ialah semangat Patriotisme yaitu sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. Uraikanlah pemahamanmu mengenai makna berperilaku rela berkorban demi bangsa dan negara!​

Answers

Jawaban:

1. Kategori:Ppkn

Kata kunci:Dasar negara

Materi:Rumusan dasar negara

Kelas:Vl Sd

Pembahasan:

Orang yang menyampaikan gagasan dasar negara adalah

1.Muh.YaminMuh.Yamin pada tanggal 29 mei 1945

Isi dari ide yang disampaikannya adalah:

1.Peri kebangsaan

2.Peri Kemanusiaan

3.Peri ketuhanan

4.Peri kerakyatan

5.Kesejahteraan Rakyat

2.Mr.SoepomoMr.Soepomo pada tanggal 31 mei 1945 menyampaikan ide gagasan yaitu:

1.Persatuan

2.Kekeluargaan

3.Keseimbangan lahir dan batin

4.Musyawarah

5.Keadilan Rakyat

3.Ir.SoekarnoIr.Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 yang ditetapkan sebagai hari lahirnya pancasila

1.Nasionalisme atau Kebangsaan indonesia

2.Internasionalisme atau peri kemanusiaan

3.Mufakat atau demokrasi

4.Kesejahteraan sosial

5.Ketuhanan yang maha esa

Materi Terkait:

Dasar negara indonesia adalah:brainly.co.id/tugas/2453348

Sebutkan isi pancasila:

brainly.co.id/tugas/5132531

NICE TO HELP YOU

2. Jepang menguasai Indonesia setelah pada Februari 1942 mengalahkan armada gabungan Belanda, Inggris, Australia, dan Amerika Serikat dalam pertempuran di Laut Jawa.

Akhirnya pada 8 Maret 1942 pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Panglima tentara Belanda di Indonesia, Jenderal Ter Poorter menandatangani naskah penyerahan Belanda atas wilayah Indonesia kepada Jepang yang diwakili Jenderal Imamura.

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan (2011) karya M. Junaedi Al Anshori, pada awal pendudukan Jepanga diterima dengan baik oleh bangsa Indonesia.

Karena kepandaian Jepang berpropaganda dengan melakukan tindakan-tindakan yang menarik simpati rakyat dan para pe mimpin Indonesia.

----------------------------------

Penjelasan:

SEMOGA BERUNTUNG DAN BERMANFAAT

1.Ketika ada dua Rancangan Undang-Undang yang di ajukan (RUU dari DPr dan Presiden) dalam satu rapat yang sama. Maka RUU yang dibahas terlebih dahulu adalah RUU dari…………………….dan RUU dari……………………..menjadi pembanding. 2.Peraturan Pemerintah (PP) adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan….....................sebagai mana mestinya.
3.Undang-Undang (UU) adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan dari….
Persamaan kedudukan setiap warga negara diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 Pasal…….
5.“ Setiap peraturan. perundang-undangan harus mempunyai tujuan yang hendak dicapai secara jelas”. Pernyataan tersebut merupakan arti dari asas………..

bantu jawab

-makasi:D​

Answers

Jawaban:

Ketika ada dua Rancangan Undang-Undang yang di ajukan (RUU dari DPr dan Presiden) dalam satu rapat yang sama. Maka RUU yang dibahas terlebih dahulu adalah RUU dari Dewan Perwakilan Rakyat dan RUU dari Presiden menjadi pembanding.

Peraturan Pemerintah (PP) adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan UU sebagai mana mestinya.

Undang-Undang (UU) adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan dari Presiden.

Persamaan kedudukan setiap warga negara diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 Pasal 27.

"Setiap peraturan perundang-undangan harus mempunyai tujuan yang hendak dicapai secara jelas". Pernyataan tersebut merupakan arti dari asas tujuan.

Penjelasan:

semoga membantu

Pemberlakuan pasal 3 ayat ( 3 ) Undang - Undang nomor 39 tentang Hak Asasi Manusia menunjukkan bahwa .... A. Tata Pemerintahan Indonesia berjalan sesuai peraturan perundang undangan
B. Peraturan perundang - undangan yang dibuat pemerintah mencerminkan keinginan setiap golongan
C. Pemerintah konsekuen dalam memberikan perlindungan dari berbagai bentuk diskriminasi
D. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan atas berbagai bentuk hal yang dapat menghambat pemenuhan hak pendidikan
E. Pemerintah berkewajiban melindungi warga negara dari berbagai ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar negeri ​

Answers

Jawaban:

Pemerintah konsekuen dalam memberikan perlindungan dari berbagai bentuk diskriminasi.

Pasal 3 ayat (3) terletak di Bab II (Asas-Asas Dasar) di halaman 3, yang berbunyi, "Setiap orang berhak atas perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia, tanpa diskriminasi."

Pembahasan

Undang-Undang Nomor 39 tentang Hak Asasi Manusia adalah Undang-Udang yang disahkan pada 23 September 1999 oleh Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Jakarta, dan diundangkan oleh Menteri Negara Sekretaris Negara RI Muladi pada hari dan tempat yang sama.

UU No. 39 tentang Hak Asasi Manusia berisi 45 halaman dengan 29 halaman utama dan 16 halaman sebagai penjelasan, terdiri atas 11 Bab dengan akumulasi total 106 Pasal yang sudah dijelaskan secara rinci pada halaman penjelasan.

Pasal 3 ayat (3) terletak di Bab II (Asas-Asas Dasar) di halaman 3, yang berbunyi, "Setiap orang berhak atas perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia, tanpa diskriminasi."

Ayat di atas memberikan beberapa kata kunci diantaranya :

  • Setiap orang (dalam konteks ini, WNI)
  • Perlindungan HAM,
  • Kebebasan dasar manusia,
  • Tanpa diskriminasi.

Penjelasan oleh saya pribadi tentang ayat tersebut adalah :

Setiap orang memiliki hak yang sama adil atas perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) dengan berbagai macam bentuknya, dan kebebasan dasar manusia yang disesuaikan dengan norma dan etika yang memiliki landasan kuat (juga selaras dengan Pancasila & UUD).

Masing-masing hak tersebut wajib dilindungi oleh Pemerintah RI dari keputusan atas dasar kesukuan, kepentingan pribadi/kelompok, hingga keagamaan. Hal tersebut menjadi suatu kewajiban dalam menolak segala bentuk diskriminasi.

Sehingga, jawaban yang paling relevan dari pasal tersebut adalah :

C. Pemerintah konsekuen dalam memberikan perlindungan dari berbagai bentuk diskriminasi.

━━━━━━━━━━━━━━━━━

Pelajari Lebih Lanjut
  • Materi tentang UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM?
  • brainly.co.id/tugas/1305821
  • Materi tentang Keberadaan Komnas HAM diatur dalam UU tentang HAM yaitu
  • brainly.co.id/tugas/5791691

━━━━━━━━━━━━━━━━━

Detail Jawaban

Kelas : 10

Mapel : PPKn

Bab : 3 - Perkembangan Hak Asasi Manusia

Kode : 10.9.3

Hubungan proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pembukaan uud nri tahun 1945 adalah

Answers

Jawaban:

Jadi, hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan tindakan yang menyatakan kemerdekaan Indonesia dari Belanda, sedangkan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan proses penyusunan dan pengesahan dasar hukum negara Indonesia yang berlangsung setelah proklamasi kemerdekaan.

Implementasi pasal 43 ayat ( 2 ) Undang - Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia yaitu .... A. Rakyat mempunyai hak untuk memilih secara langsung dalam pemilu
B. Rakyat diberikan kesempatan memimpin negara secara langsung
C. Pemerintah meminta rakyat mematuhi kebijakan yang sudah dibuat
D. Anggota dewan perwakilan rakyat dipilih langsung oleh presiden dan wakil presiden
E. DPR membuat peraturan perundang - Undangan yang akan dilaksanakan pemerintah ​

Answers

Jawaban:

C.Pemerintah meminta rakyat mematuhi kebijakan yang sudah dibuat

kamu nanyak? kamu bertanya-tanya yaudah biar aku kasih tau ya jadi jawabannya cekmek ya cepat mekar

Quisss (ppkn) Sebutkan faktor² yg diperlukan untuk diketahui sebelum perancangan

..

Answers

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perancangan, di antaranya adalah:

Tujuan perancangan: Tujuan perancangan harus jelas dan sesuai dengan kebutuhan yang akan diatasi.

Sasaran perancangan: Sasaran perancangan harus jelas dan spesifik, sehingga mudah untuk menentukan strategi yang tepat.

Analisis kebutuhan: Analisis kebutuhan merupakan proses mengidentifikasi dan mengukur kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perancangan.

Analisis situasi: Analisis situasi merupakan proses mengidentifikasi dan mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi perancangan, seperti sumber daya yang tersedia, keterbatasan yang ada, dan tantangan yang dihadapi.

Analisis alternatif: Analisis alternatif merupakan proses mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai pilihan yang ada untuk mencapai tujuan perancangan.

Pemilihan alternatif: Pemilihan alternatif merupakan proses memilih pilihan terbaik yang sesuai dengan tujuan perancangan dan memenuhi kebutuhan yang diidentifikasi.

Perencanaan implementasi: Perencanaan implementasi merupakan proses menentukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pilihan yang telah dipilih, serta mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan.

Evaluasi: Evaluasi merupakan proses mengukur keberhasilan perancangan dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai.

Helaskan perbedaan norma hukumdengan norma norma lainnya​

Answers

Jawaban:

norma hukum adalah kaidah atau aturan yang mengatur tingkah laku manusia yang bersumber dari peraturan oleh pemerintah atau penguasa negara.

Penjelasan:

tujuan dibuatnya norma hukum adalah untuk mempertegas norma norma lainnya dengan kata lain,norma hukum ditujukan untuk membuat perlindungan terhadap kepentingan kepentingan yang dilindungi oleh norma lainnya seperti norma agama, keusilaan, kesopanan. selain itu norma hukum memberikan perlindungan terhadap kepentingan-kepentingan masyarakat yang belum mendapat perlindungan dari norma-norma lainnya. jika melanggar bisa dikenakan sangsi penjara atau sanksi denda

kalau norma agama merujuk supaya dekat dengan tuhan YME

kalau norma kesusilaan merujauk dari hati nurani kita masing masing

kalau norma kesopanan merujuk pada peraturan yang dibuat oleh masyarat

pelajari lebih lanjut

sidang BPUPKI brainly.co.id/tugas/2954477

Jawaban:

Norma hukum adalah aturan atau prinsip yang berlaku di suatu masyarakat atau negara yang bertujuan untuk mengatur tingkah laku manusia dan menjaga keadilan sosial. Norma hukum dibuat oleh badan yang berwenang di suatu negara, seperti pemerintah atau lembaga legislatif, dan ditegakkan oleh aparat hukum seperti polisi dan pengadilan.

Norma hukum terdiri dari norma-norma dasar yang menjadi landasan bagi pembentukan hukum, seperti konstitusi, undang-undang, dan peraturan pemerintah. Norma hukum juga terdiri dari norma-norma turunan yang dibuat berdasarkan norma-norma dasar tersebut, seperti peraturan daerah, keputusan kepala daerah, dan keputusan pengadilan.

Norma-norma lainnya adalah aturan atau prinsip yang berlaku di suatu masyarakat atau kelompok yang tidak bersifat hukum, melainkan merupakan standar atau tata tertib yang berlaku secara lisan atau tertulis. Contohnya adalah norma-norma sosial, norma-norma agama, norma-norma kebiasaan, dan norma-norma profesi. Norma-norma ini tidak ditegakkan oleh aparat hukum, melainkan dihormati dan diikuti oleh anggota masyarakat atau kelompok tersebut secara sukarela.

Penjelasan:

lain kali kak, buat pertanyaan yg jelas dan dimengerti.

Terdapat tiga ifat hakikat uatu negara berdaarkan miriam budiarjo ebutkan dan jelakan ketiga ifat terebut.

Answers

Jawaban:

Menurut Miriam Budiarjo, ada tiga sifat hakikat suatu negara, yaitu:

  1. Kedaulatan: Negara memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya. Kedaulatan ini merupakan prinsip dasar yang menjadi landasan bagi keberlangsungan suatu negara.
  2. Kepentingan bersama: Negara berdiri atas dasar kepentingan bersama masyarakatnya. Kepentingan bersama ini merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh negara, yang meliputi kemakmuran, keadilan, dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Teritorial: Negara memiliki wilayah yang terbatas dan terdefinisi dengan jelas, yang merupakan batas-batas wilayah yang diakui oleh negara lain. Wilayah ini merupakan dasar bagi negara dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya.

Jadi, ketiga sifat hakikat suatu negara yang disebutkan oleh Miriam Budiarjo adalah kedaulatan, kepentingan bersama, dan teritorial. Kedaulatan menunjuk pada kekuasaan yang tidak terbatas yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya, kepentingan bersama merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh negara untuk menjamin kemakmuran, keadilan, dan kesejahteraan masyarakat, sementara teritorial menunjuk pada wilayah yang terbatas dan terdefinisi yang merupakan batas-batas wilayah yang diakui oleh negara lain.

Deklarasi Djuanda 1957 memandang bahwa negara Republik Indonesia merupakan...​

Answers

✏Jawaban :

negara kepulauan

Penjelasan:

Konsep negara Republik tersebut diakui dalam Konvensi Hukum Laut PBB pada tahun 1982, yaitu UNCLOS di Montego Bay, Jamaika di tahun 1982. Kemudian Indonesia meratifikasi UNCLOS 1982 itu dengan UU No. 17 tahun 1985.

Semoga Membantu☔

================•⊰✿⊱•=================

Soal TAP pak anto adalah guru alah atu d wata di depok pagi itu beliau akan mengajarkan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kela 4. Tepat pukul 07. 30 bel berbunyi emua iwa bergega mauk ke ruang kela maing-maing.

Answers

Jawaban:

G ngerti tp cb jwb kek gini kh?

Pak Anto adalah guru salah satu di warga di depok, pagi itu beliau akan mengajarkan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas 4. Tepat pukul 07.30 bel berbunyi, semua siswa bergegas masuk ke ruang kelas masing-masing.

Penjelasan:

Guru g sih jwbnya?

Setiap warga negara mempunyai keamaan kedudukan dalam hukum dalam pemerintahan,tertuang dalam undang undang paal.

Answers

Pasal 27 ayat 1

Bunyi pasal 27 ayat 1:

"Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya."

Sebutkan Rumuan Pancaila yg tercantum dalam kontitui RIS yg berlaku pada tanggal 29 Deember ampai 17 Agutu 1950.

Answers

Jawaban:

KONSTITUSI RIS

Dalam konstitusi RIS yang berlaku tanggal 29 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950, rumusan Pancasila adalah :

a. Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Peri Kemanusiaan

c. Kebangsaan

d. Kerakyatan

e. Keadilan Sosial

Penjelasan:

semoga membantu

Sebutkan tiga kondii yang akan diwujudkan apabila perlindungan dan penegakan hukum dilakanakan dengan baik.

Answers

Jawaban:

Terdapat tiga wujud perlindungan dan penegakan hukum, yaitu tegaknya supremasi hukum, tegaknya keadilan, dan mewujudkan perdamaian.

Penjelasan:

semoga membantu

Sebutkan dan jelakan teori aal mula terbentuknya uatu negara.

Answers

Jawaban:

Teori asal mula terbentuknya suatu negara adalah sebagai berikut:

  1. Teori yang bersifat ketuhanan.
  2. Teori yang didasari kekuatan atau kekuasaan.
  3. Teori perjanjian masyarakat.
  4. Teori hukum alam.

Pendidikan termauk alah atu hak daar yang dimiliki etiap warga negara. Contoh hak daar dalam bidang pendidikan kalian dapatkan ebagai pelajar adalah.

Answers

Jawaban:

Beberapa contoh hak dasar dalam bidang pendidikan yang dapat di miliki sebagai pelajar adalah:

  1. Hak untuk mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas tanpa terkecuali, tidak peduli apapun latar belakang sosial, ekonomi, ras, atau jenis kelamin Anda.
  2. Hak untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat tentang segala hal yang berkaitan dengan pendidikan, termasuk informasi mengenai program studi yang tersedia, persyaratan pendaftaran, dan biaya pendidikan.
  3. Hak untuk bebas dari diskriminasi atau diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, atau latar belakang sosial Anda.
  4. Hak untuk memperoleh dukungan dan bimbingan yang tepat dari guru dan tenaga pendidik lainnya untuk mengembangkan potensi dan kemampuan Anda secara maksimal.
  5. Hak untuk mengajukan keberatan atau mengajukan keluhan jika merasa tidak puas dengan pelayanan pendidikan yang Anda terima.
Pertanyaan Lainnya
Tulisen nganggo aksara jawa!* 1. Tuku tahu walik 2. Omah pager biru 3. Mepe gabah pari 4. Nang pasar besar 5. Lungo menyang Solo ​ 5 contoh kalimat jamak + - ?​ Kuadrat x² + (p-4) x + 16 = 0 . memiliki akar-akar yang real. Maka nilai p yang penuhi adalah....​ Apa yang dimaksud dengan pendekatan sosiologi dalam studi Islam Jelaskan disertai contohnya ​ Dari 40 Siswa. Terdapad 30% Siswa yang suka Bermain Bola Berapa Banyak siswa yang suka bermain Bola?​ Bantu jawab besok dikumpulin, soal SBdP di pencarian mapel gaada​ F(x) =√3x+x² f(x) =√3/2√x+3x Cara penyelesaiannya bagaimana Mohon bantuannya yah​ صافية bikin kalimat dari ​ Biaya bahan per unit 20.000 upah tukang jahit per satuan 6.000 biaya seea tempat 105.000 harga jual per satuan 30.000 upah jaga stand 5.000. berapa pcs terjual agar untung? diketahui matriks A=(3 -10 -1 4) B=(3 2 7 5) C=(-3 10 1 -4) dan D=(5 -2 -7 3) pasangan matriks yang saling invers adalah​ Jika sebuahh gedung tingginyaa 20km,maka besarnya cintaku padamu adalah?​ Apa ciri - ciri monarki konstitusional, absolut, parlementer, dan federal ?​ Bahasa Jepang umur 21​ KPK dari 210,75,dan 90 adalah ..... a.15 b.30 c.9450 d.1890​ Pada tgl 16 november 2020 perusahaan menerbitkan wesel sebagai konversi hutang yg telah jatuh tempo nilai nominal wesel rp 200000000 bunga 6% pertahun dengan jangka waktu 120 Buatlah ayat jurnal yg diperlukan dengan wesel bayar tersebut diatas pada tgl a.16 november 2020 untuk mencatat penerbitan wesel B. 31 desember 2020 untuk mencatat bunga yg masih harus dibayar penyesuaian c. Tgl jatuh tempo untuk mencatat pembayaran bunga dan pelunasan wesel bayar. Sederhanakanlah dengan menggunakan sifat perpangkatan: a. (34)³ x 27:35 = b. 64: (22) ³ x 210 =​ Pak Tarno membeli 4 Meja Kantor sebesar Rp.2.000.000, 00 dari hal tersebut termasuk fungsi uang sebagai....​ Diketahui f(x)=-8+2X nilai f(-4)+f(2) adalah 4. Hasil dari 2 jam + 47 menit = .... menit​ Hubungan antar tulang yang bersambungan sehingga tulang dapat digerakkan disebut ... a. kulit b. sendi c. tulang d. otot