frontpage hit counter

Jelakan perbedaan antara wilayah formal dan funional.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Perbedaan antara wilayah fungsional dan wilayah formal adalah sebagai berikut. Wilayah formal merupakan wilayah yang dibentuk oleh adanya kesamaan ketampakan (homogenitas). Wilayah fungsional yaitu suatu wilayah yang saling berhubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.

Penjelasan:

semoga bermanfaat :)


Pertanyaan Terkait

Jenis pangan apa saja yang dapat dikembangkan dengan potensi geografis Indoesia?.

Answers

Jawaban:

1.Padi yang dapat ditanam hampir diseluruh wilayah di Indonesia

2.Jagung yang menjadi makanan pokok di beberapa daerah seperti madura hingga NTT

3.Singkong yang menjadi sebuah tanaman yang sangat mudah untuk ditanam di Indonesia baik itu pada tanah basah maupun kering yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Jelaskan zona biografi yang pernah saudara presentasi dengan kelompok.

Answers

jawaban

Penjelasan:

Zona biogeografi didasari pada pola persebaran makhluk hidup yang berada di darat. Zona ini kemudian diklasifikasikan lagi menjadi bioma dan tipe-tipe habitat. Keenam zona itu adalah sebagai berikut: Zona neartik melintasi Arktika di utara ke dataran tinggi Meksiko tengah termasuk Greenland.

semoga membantu y

by : Meyssinaldo270509

Diketahui jarak dari kota B-C adalah 60km,dan jarak kota C-D adalah 130km,lalu kota B mempunyai jumlah penduduk berjumlah 40,000 jiwa,penduduk kota C berjumlah 60,000 jiwa,dan jumlah penduduk kota D berjumlah 80,000 jiwa maka: a. Tentukan kekuatan interaki wilayah B dan C
b. Tentukan kekuatan wilayah C dan D
c. Lalu bandingkan mana yg lebih bear interakinya.

Answers

Jawaban:

a. Kekuatan interaksi wilayah B dan C adalah 60 : 40 atau 3 : 2

b. Kekuatan interaksi wilayah C dan D adalah 130 : 60 atau 13 : 6

c. Kekuatan interaksi wilayah C dan D lebih besar daripada kekuatan interaksi wilayah B dan C.

Di antara benua yang ada di bumi, angka kelahiran terendah terdapat di.

Answers

Jawaban:

Antarctica. Karena iklim yang ekstrim dan kurangnya infrastruktur, tidak ada orang yang tinggal di sana dan tidak ada kelahiran di benua tersebut.

Cara pandang dan cara berpikir terhadap obyek material geografi merupakan objek kajian geografi ecara.

Answers

Jawaban:

Cara pandang dan cara berpikir terhadap obyek material geografi merupakan objek kajian geografi secara kultural. Geografi kultural adalah cabang geografi yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungannya dari perspektif budaya. Geografi kultural mempelajari cara pandang dan cara berpikir masyarakat terhadap obyek material geografi, seperti pegunungan, sungai, dan lainnya, serta bagaimana hal ini mempengaruhi perilaku dan kebiasaan masyarakat. Geografi kultural juga mempelajari bagaimana budaya masyarakat mempengaruhi pola ruang dan perkembangan wilayah.

Berdasarkan kondisi fisik dan iklim, maka jenis flora yang berkembang di benua Afrika dibagian utara adalah.

Answers

Jawaban:

Flora mediterania.

Penjelasan:

Afrika merupakan benua yang sangat luas dan memiliki banyak macam kondisi fisik dan iklim yang berbeda-beda, sehingga sulit untuk menjawab pertanyaan ini secara pasti. Namun, dapat dikatakan bahwa jenis flora yang berkembang di benua Afrika dibagian utara umumnya tergolong dalam flora mediterania, yaitu jenis flora yang ditemukan di daerah dengan iklim yang memiliki musim panas yang panjang dan kering, serta musim dingin yang lembab dan dingin. Jenis flora mediterania yang dapat ditemukan di Afrika Utara antara lain adalah pohon pinus, pohon jarak, pohon cemara, dan banyak jenis tanaman berkaki empat yang tumbuh di dataran tinggi.

Apa yang dimaksud dengan globalisasi dan berikan contoh ?.

Answers

Jawaban:

Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sehingga batas antara negara menjadi hilang. Globalisasi didukung oleh berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi, transportasi, ilmu pengetahuan, telekomunikasi, dan sebagainya yang kemudian berpengaruh pada perubahan berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat.

contoh globalisasi

1.Munculnya berbagai media sosial yang dapat menghubungkan orang dari penjuru dunia untuk 2.sarana pertukaran informasi.

3.Majunya teknologi smartphone yang memudahkan kita bertukar informasi.

4.Mudahnya menerima berita nasional dan internasional dengan cepat atau real time.

Yang bukan bagian dari perkembangan ilmu geografi adalah... A
Geografi modern

B
Geografi tradisional

C
Geografi klasik

D
Geografi abad pertengahan

E
Geografi mutakhir

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah E. Geografi mutakhir bukan merupakan bagian dari perkembangan ilmu geografi. Perkembangan ilmu geografi dapat dibagi menjadi tiga yaitu geografi tradisional, geografi klasik, dan geografi modern.

Hutan umumnya bertekstur .... A
Kasar

B
Lembut

C
Bergelombang

D
Sedang

E
Halus

Answers

Jawaban:

A. Kasar

Penjelasan:

Secara sederhana, tekstur diartikantingkat kekasaran atau kehalusan suatu objek. Dalam citra penginderaan jauh, umumnya objek hutan bertekstur kasar , semak bertekstur sedang, dan sawah bertekstur halus.

Maaf jika salah

Semoga membantu:D

Yang merupakan input data dalam sistem informasi geografis adalah... A
Data raster

B
Data primer

C
Data esensial

D
Data tersier

E
Data sekunder

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah B. Data primer. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya, seperti data yang diperoleh melalui pengukuran atau observasi langsung. Data ini merupakan input data utama dalam sistem informasi geografis, karena data ini merupakan data asli yang digunakan untuk membangun model geografis. Data primer dapat berupa data raster atau data vektor, tergantung pada metode pengukuran yang digunakan.

Semoga ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan. Saya akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Jawaban:

C. data esensial

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas y

Penyusunan penelitian hendaknya dilakukan secara sistematis, artinya …. A
Sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

B
Sesuai dengan urutan prioritas

C
Sesuai dengan logika logis

D
Sesuai dengan kehendak hati

E
Sesuai dengan data-data ilmiah

Answers

Jawaban:

a. sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas y

Jawaban:

A.sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

Penjelasan:

Arti kata sistematis yang dimaksud adalah berurutan sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah.

Selamat belajar!

Seorang mahasiswa sedang melakukan penelitian tentang budaya aceh. Mahasiswa tersebut mempelajari mengenai bahasa dan adat istiadat. Contoh tersebut termasuk bagian dari... A
Aspek regional

B
Aspek fisik

C
Aspek sosial

D
Aspek teknik

E
Aspek rasional

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah C. Aspek sosial. Penelitian tentang bahasa dan adat istiadat merupakan bagian dari aspek sosial, karena kedua hal tersebut merupakan bagian dari kebudayaan yang berhubungan dengan interaksi sosial masyarakat Aceh. Aspek sosial mencakup segala hal yang berkaitan dengan interaksi sosial, kelompok sosial, dan institusi sosial dalam masyarakat. Semoga ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan. Saya akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Adanya fenomena kampung melayu, kampung ambon, kampung batak di daerah metropolitan menandakan masih kuatnya ikatan asal-usul kedaerahan. Fenomena ini berkaitan dengan konsep... A
Pola

B
Interaksi interdependensi

C
Morfologi

D
Keterkaitan ruang

E
Aglomerasi

Answers

Jawaban:

Jawabannya adalah D. Keterkaitan Ruang. Konsep keterkaitan ruang adalah hubungan antara ruang geografis, termasuk kampung melayu, kampung ambon, dan kampung batak yang terletak di daerah metropolitan. Ini menunjukkan bahwa masih ada ikatan asal-usul yang kuat antara daerah-daerah tersebut.

Berikut ini daftar dan profil 10 negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara yang menjadi anggota ASEAN. Jika disusun berdasarkan tanggal menjadi anggota adalah Indonesia pada 8 Agustus 1967, Malaysia pada 8 Agustus 1967, Singapura pada 8 Agustus 1967, Thailand pada 8 Agustus 1967, Filipina pada 8 Agustus 1967, Brunei Darussalam pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. Pengelompokkan negara-negara asean merupakan contoh... A
Geografi fisik

B
Geografi regioal

C
Geografi sosial

D
Geografi teknik

E
Geografi formal

Answers

Jadi, jawabannya adalah B. Geografi regioal.

Penjelasan:

Berikut ini daftar dan profil 10 negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara yang menjadi anggota ASEAN. Jika disusun berdasarkan tanggal menjadi anggota adalah Indonesia pada 8 Agustus 1967, Malaysia pada 8 Agustus 1967, Singapura pada 8 Agustus 1967, Thailand pada 8 Agustus 1967, Filipina pada 8 Agustus 1967, Brunei Darussalam pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. Pengelompokkan negara-negara ASEAN merupakan contoh dari geografi regional.

Geografi regional adalah salah satu cabang geografi yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dalam suatu wilayah tertentu, serta interaksi antar wilayah tersebut. Geografi regional dapat digunakan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antar negara-negara ASEAN, serta hubungan antar negara-negara ASEAN sebagai anggota organisasi ASEAN.

Rusaknya sungai Batanghari di Jambi akibat penambangan pasir secara langsung dari sungai merupakan fenomona geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah…. A
Pendekatan korologis

B
Pendekatan keruangan

C
Pendekatan persebaran

D
Pendekatan kelingkungan

E
Pendekatan kewilayahan

Answers

Rusaknya sungai Batanghari di Jambi akibat penambangan pasir secara langsung dari sungai merupakan fenomena geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah pendekatan kelingkungan. Pendekatan kelingkungan adalah salah satu pendekatan geografi yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan secara interaktif, termasuk hubungan antara manusia dan alam dalam konteks kelingkungan.

Pendekatan kelingkungan dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana kegiatan penambangan pasir secara langsung dari sungai dapat menyebabkan kerusakan pada sungai Batanghari di Jambi, termasuk dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan tersebut bagi kualitas air dan ekosistem di sekitar sungai tersebut.

Jadi, jawabannya adalah D. Pendekatan kelingkungan.

Jawaban:

D. pendekatan kelingkungan

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer, serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kontek keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Pernyataan diatas merupakan pengertian geografi menurut... A
Eratosthenes

B
Seminar dan lokakarya internasional 1988

C
Bintarto

D
Richard hartshorne

E
Immanuel khant

Answers

Penjelasan:

Pengertian geografi yang diberikan dalam pertanyaan merupakan pengertian geografi menurut Bintarto. Bintarto adalah seorang ahli geografi Indonesia yang dikenal dengan teori-teori yang dikembangkannya tentang geografi. Teori-teori tersebut menekankan pentingnya memahami hubungan antara manusia dan lingkungan dalam konteks keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan.

Jadi, jawabannya adalah C. Bintarto.

Jawaban:

Bintarto

Penjelasan:

1. Erathostenes

Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276–104 SM). Geografi menurut Eratosthenes adalah penulisan tentang bentuk muka bumi. Istilah atau kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang memiliki arti bumi serta graphien yang memiliki arti tulisan. Sehingga membentuk kata geografi dan dikembangkan menjadi keilmuan yang membahas mengenai bentuk muka bumi.

2.Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang 1988

Berdasarkan hasil seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang tahun 1988, IGI merumuskan pengertian Geografi sebagai ilmu tentang persamaan dan perbedaan gejala geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

3.Menurut Bintarto (1981) geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik secara fisik maupun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan (spatial approach), pendekatan ekologi (ecological approach), dan pendekatan regional (region complex approach),

4.Richard Hartshorne

Geografi menurut Richard Hartshorne merupakan suatu ilmu yang mampu dan dapat menjelaskan sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.

5.Immanuel Kant. Geografi merupakan ilmu dan objek studinya adalah benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar pada wilayah di permukaan bumi.

Maaf kalo salah

Spektrum elektromagnetik yang memiliki ukuran ≤ 0,29 µm adalah ... A
Foto pankromatik

B
Foto ultraviolet

C
Foto inframerah modifikasi

D
Foto inframerah asli

E
Foto ortokromatik

Answers

Jawaban:

B Foto UltraViolet (UV)

Penjelasan:

Rentang spektrum elektromagnetik yang memiliki ukuran ≤ 0,29 µm adalah Ultra-Violet (UV). UV berada di bawah rentang spektrum elektromagnetik yang lebih panjang, yang meliputi sinar X, sinar gamma, dan sinar kosmik. UV adalah rentang spektrum elektromagnetik yang terletak di antara sinar X dan rentang visible. UV adalah bagian dari spektrum yang biasanya tidak bisa dilihat oleh mata manusia dan mengandung banyak energi. UV dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri, menyinari tanaman, dan membuat bahan kimia reaktif.

7. Penyebaran wabah virus flu burung di suatu tempat dapat diungkap mulai dari ciri-ciri unggas atau orang yang terkena virus flu burung, penyebab, penyebarannya, intensitasnya serta interelasinya dengan gejala-gejala lain di sekitarnya. Maka sebaiknya kajian yang digunakan oleh geografi berupa pendekatan.... A. ekologi E. kompleks wilayah B. korologi C. regional D. ekosistem​

Answers

Jawaban:

B.korologi

Penjelasan:

korologi adalah prinsip geografi yang menjabarkan, melihat persebaran, dan hubungan sebab akibat dari fenomena yang terjadi. Dengan kata lain, prinsip ini merupakan gabungan dari ketiga prinsip sebelumnya, yakni prinsip deskripsi, distribusi, dan interelasi.

Semoga membantu!

Ayana ingin mempelajari gejala geografis yang ada di kehidupannya sehari-hari. Gejala-gejala yang bisa ia pelajari di bawah ini, kecuali …. A
Pasang surut air laut di pantai

B
Mobile banking

C
Perubahan cuaca

D
Hujan di malam hari

E
Banjir kemudian di pagi hari nya

Answers

Jawaban:

B. Mobile Banking

Penjelasan:

Karna ketetangan soal KECUALI

Yang tidak termasuk apek sosial dalam geografi adalah.

Answers

Jawaban:

  • aspek keluarga
  • aspek motani

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT
Pertanyaan Lainnya
Jeni interaki gotong royong pembangunan tempat ibadah. Jelakan kedudukan dan peran pemerintah puat dalam penerapan otonomidaerah pada negara keatuan. Jelakan pendapatmu mengapa Pembukaan UUD Negara Republik Indoneia Tahun 1945 tidak dapat diubah oleh iapapun!. Jelakan hubungan antara vii mii preiden Republik indoneia dengan rencana pembangunan jangka menengah Naional ebagai tolak ukur penyuunan APBN. Jelakan eperti apa implikai model paar peraingan empurna dan contohny eperti apa. Penyelesaian pertidaksamaan dari p 13. Persamaan berikut yang termasuk persamaan garis lurus adalah ... A. 2y + x²-10=0 B.x² = 5y + 2 C. 4x-2x-2=0 .... D. 2y + 4x = 0​ Bangsa cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Ditemukan pada periode Bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 1945 jelaskan tiga makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang pelajar Bandeng dan udang windu termasuk jenis ikan yang dipelihara pada Cat minyak merupakan media seni rupa yang paling cocok digunakan pada Contoh pelaksanaan norma agama dalam masyarakat adalah Cinta : "why don’t you take the bus to work? the driving is rushing out and the traffic is terrible. " johan : "i would, but i’m afraid that there won’t be any seats left for the time the bus comes to my stop. " why does johan not want to go by bus? Cara melakukan awalan untuk melakukan lompat jauh adalah. A. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya b. Dilakukan dengan jalan secepat-cepatnya c. Dilakukan dengan lari selambat-lambatnya d. Dilakukan dengan melangkah lebar Berikut yang bukan merupakan prinsip menggambar model adalah Berikut yang bukan merupakan contoh hukum privat adalah hukum Karakter pemain yang selalu memiliki sifat baik lemut penyayang suka menolong di sebut. Kalau paduan suara dinyanyikan oleh berapa orang. ?. Kakek mempunyai tanah seluas 5. 000m2. 3 per 4 bagiannya dibangun sebuah rumah. Berapakah luas rumah tersebut. Karakter pemain yang selalu memiliki sifat cemburu marah benci jahat di sebut.