frontpage hit counter

Bangsa Indonesia memiliki pandangan hidup, dasar dan ideologi negara yaitu.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Pancasila

Penjelasan:

Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia juga pandangan hidup bangsa Indonesia


Pertanyaan Terkait

Bagaimanakah pengelompokan bentuk pelanggaran Ham berdasarkan sifatnya.

Answers

Jawaban:

pelanggaran HAM ringan dan HAM berat

Penjelasan:

Berdasarkan sifatnya, pelanggaran HAM dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Pelanggaran HAM Ringan

Adalah kasus pelanggaran HAM yang ringan dan tidak sampai mengancam keselamatan jiwa orang. Namun, ini tetap saja termasuk dalam kategori berbahaya apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama. Beberapa contoh pelanggaran HAM ringan adalah pencemaran lingkungan secara sengaja, penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang disengaja, dan lain-lain.

Pelanggaran HAM Berat

Adalah pelanggaran HAM yang mengancam nyawa manusia seperti pembunuhan, penganiayaan, perampokan, perbudakan, atau penyanderaan.

Menurut UU. RI Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, Pelanggaran HAM Berat dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

Kejahatan genosida, yaitu setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, atau kelompok agama.

Kejahatan kemanusiaan, yaitu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik. Serangan ini juga ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil. Bentuknya berupa pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa, perampasan kemerdekaan, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa contoh kasus pelanggaran HAM yang berat di Indonesia. Diantaranya adalah:

kerusuhan Tanjung Priok tanggal 12 September 1984. Dalam kasus ini 24 orang tewas, 36 orang luka berat, dan 19 orang luka ringan. Keputusan majelis hakim terhadap kasus ini menetapkan seluruh 14 terdakwa dinyatakan bebas.

penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Dalam kasus ini, 4 orang mahasiswa tewas. Mahkamah Militer yang menyidangkan kasus ini memvonis dua terdakwa dengan hukuman hanya 4 bulan penjara, empat terdakwa divonis 2 - 5 bulan penjara dan sembilan orang terdakwa divonis penjara 3 - 6 tahun.

pelanggaran HAM yang termasuk berat lainnya adalah penculikan aktivis pada 1997/1998. Dalam kasus ini, 23 orang dinyatakan hilang dengan rincian 9 orang di antaranya telah dibebaskan, dan 13 orang belum ditemukan sampai saat ini.

Bagaimana menurutmu jika ada orang tua yang uka makiat kemudian anaknya ingin berekolah di peantren tetapi dilarang oleh kedua orang tuanya?.

Answers

Menurut saya, sebaiknya orang tua mempertimbangkan keinginan anaknya. Jika masih memungkinkan dan ada biaya, sebaiknya diikuti saja kemauan sang anak. Lagipula sekolah di pesantren bukan merupakan hal yang buruk. Di sekolah pesantren, anak-anak bisa belajar tentang agama Islam lebih mendalam.

Orang tuanya melarang karena ada ketakutan tersendiri si anak akan lebih sering menasihati orang tuanya yang suka berbuat maksiat.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Apa yang membedakan teori trias polica dengan teori alwardi dalam kitabnya asyul thoniyah dalam bidang lembaga legislatif jelaskan.

Answers

Jawaban:

Teori Trias Politica atau Trias Politika adalah sebuah konsep yang dikemukakan oleh John Locke pada abad ke-17 yang menyatakan bahwa terdapat tiga lembaga yang saling terpisah dan tidak boleh saling campuri, yaitu:

  • Lembaga eksekutif: bertugas menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan oleh lembaga legislatif.
  • Lembaga legislatif: bertugas mengadakan peraturan hukum yang mengatur kehidupan masyarakat.
  • Lembaga yudikatif: bertugas menyelesaikan sengketa yang terjadi di masyarakat.
  • Teori Trias Politica ini menekankan pemisahan kekuasaan di dalam suatu negara, sehingga tidak terjadi konflik atau kekuasaan yang terlalu dominan dari salah satu lembaga.

Sedangkan teori Al-Mawardi dalam kitab Asy-Syarh Al-Kabir (Asyul Thoniyah) yang dikemukakan pada abad ke-10 adalah sebuah teori yang menekankan bahwa lembaga legislatif harus didominasi oleh ulama yang memahami agama dan hukum Islam. Teori ini menekankan bahwa lembaga legislatif harus terdiri dari orang-orang yang memahami dan dapat mengaplikasikan hukum-hukum Islam dalam kehidupan masyarakat. Teori ini juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap lembaga eksekutif dan yudikatif agar tidak melakukan tindakan yang merugikan kepentingan masyarakat.

Jadi, perbedaan utama antara kedua teori tersebut adalah bahwa teori Trias Politica menekankan pemisahan kekuasaan di dalam suatu negara, sedangkan teori Al-Mawardi menekankan bahwa lembaga legislatif harus didominasi oleh ulama yang memahami agama dan hukum Islam.

Apa yang bisa kalian lakukan untuk mendorong hubungan antar perundang-undangan agar sinkron atau saling mendukung?.

Answers

Penjelasan:

melaksakan perundang-undangan dan memberikan kritik yang membangun.

semoga membantu

Apa tanggapan kalian jika sebuah negara tidak memiliki hukum, dan jelaskan mengapa UUD 1945 menjadi dasar dari pembuatan Undang-undang di Indoensia?.

Answers

Tanggapan saya, jika sebuah negara tidak memiliki hukum, negara tersebut akan hancur. Yang kuat melawan yang lemah dan yang lemah tidak bisa membela dirinya sendiri. Sistem pertahanan akan lebih mengutamakan sistem pertahanan fisik. Orang-orang yang kuat atau dianggap penting akan memiliki akses mudah terhadap bahan makanan, bahkan bisa menguasainya hingga yang lemah tidak memiliki bagian.

Lagipula, negara tanpa hukum tidak mungkin ada. Memiliki hukum merupakan salah satu syarat dalam terbentuknya suatu negara.

UUD 1945 dijadikan sebagai dasar dibuatnya UU karena UUD 1945 merupakan konstitusi negara. Terdapat hierarki perundang-undangan di mana UUD 1945 berada di paling atas, tidak boleh ada yang melanggar peraturan tersebut. UUD juga telah disesuaikan dengan Pancasila, ideologi bangsa ini..

SEMOGA MEMBANTU ;)

Apa hubungan pendidikan kewarganegaraan dg filsafat Pancasila.

Answers

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filsafat dan ideologi bangsa Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan tentang nilai-nilai Pancasila, seperti kebhinekaan, keadilan, persatuan, dan kesatuan. Dengan demikian, pendidikan kewarganegaraan memiliki hubungan yang erat dengan filsafat Pancasila.

Apakah yang menjadi kepentingan naional banga indoneia.

Answers

Jawaban:

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, alinea 4, kepentingan nasional Indonesia di tingkat Vital terangkum dalam “memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”.

semoga membantu ☝️

Apa arti dari pemerintan dari rakyat. Oleh rakyat dan untuk rakyat.

Answers

Jawaban:

Pemerintahan dari rakyat berarti bahwa pemerintahan itu harus berasal dari rakyat atau biasa disebut dengan demokrasi oleh rakyat itu sendiri dan untuk rakyat juga. contohnya pemilihan presiden , dpr , dpd , kepala desa dll.

Penjelasan:

Cara yang ditempuh agar pemerintahan berasal dari rakyat adalah dengan diadakannya Pemilu untuk memilih anggota anggota wakil rakyat. Dalam hal ini di mana semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk pengambilan suatu keputusan yang dapat mengubah hidup mereka di negara tersebut.

semoga membantu ☝️

Alat negara yang bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri serta terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia adalah.

Answers

Jawaban:

hak asasi manusia. atau kewajiban

Salah satu perwujudan demokrasi Pancasila di sekolah adalah. a. Diskusi kelompok
b. Membuat gedung sekolah
c. Menjaga kebersihan sekolah
d. Kegiatan ceramah ilmiah​.

Answers

A. DISKUSI KELOMPOK

Dalam mewujudkan demokrasi Pancasila di sekolah, para siswa bisa diajarkan untuk melakukan diskusi. Dalam diskusi, usahakan ketua diskusi bersikap demokratis. Dalam diskusi, usahakan semua mendapat giliran untuk menyuarakan pendapatnya.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Anggota bpupki yang memberikan uul daar negara pada tanggal 1 juni adalah.

Answers

Jawaban:

Usulan dasar negara ketiga diungkapkan oleh Soekarno. Usulan dasar negara tersebut berisi lima dasar yang disampaikan lewat pidato pada sidang pertama BPUPKI pada 1 Juni 1945.

7. Kelompok manusia yang memiliki persamaan karakter yang tumbuh karena persamaan nasib, merupakan pengertian bangsa yang dikemukakan oleh ….

Answers

Penjelasan:

Otto Bauer

maaf kalo salah

6. Menganalisis asal mula terbentuknya negara dapat pula dilakukan secara teoretis (kajian teoretis). Beberapa teori terbentuknya negara diantaranya adalah bahwa terbentuknya negara atas dasar kehendak Tuhan. Penjelasan tersebut merupakan teori terbentuknya negara, yaitu teori.

Answers

teori ketuhanan

karena bersangkutan dengan kehendak Tuhan

4 contoh upacara adat Jawa kesiprahan utawa kematian.

Answers

jawaban:

upacara ngesur tanah (geblag)

upacara mitung Dina

upacara nyatus

upacara matang puluh

28. Lembaga Negara yang memiliki kekuasaan legislatif adalah… * 1 poin a. Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial b. Majelis permusyawaratan Rakyat, Dewan perwakilan rakyat dan dewan perwakilan daerah c. Presiden dan wakil presiden d. Badan pemeriksa keuangan.

Answers

B. MPR, DPR dan DPD

Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan untuk menjalankan demokrasi. Kekuasaan legislatif berarti memiliki wewenang untuk mewakili rakyat. Dalam hal ini menyampaikan aspirasi rakyat kepada badan ekskutif dan yudikatif.

SEMOGA MEMBANTU ;)

14. 3. 22 Mengidentifikasi suku dan budaya di Indonesia.

Answers

Jawaban:

Suku Kubu, Sumatra (Jambi). 2. Suku Sakai, Sumatra. 3. Suku Gayo, Sumatra. 4. Suku Aceh, Sumatra. 5. Suku Alas, Sumatra. 6. Suku Devayan, Sumatra. 7. Suku Haloban, Sumatra. 8. Suku Kluet, Sumatra. 9. Suku Lekon, Sumatra. 10. Suku Pakpak, Sumatra. 11. Suku Sigulai, Sumatra. 12. Suku Singkil, Sumatra. 13. Suku Tamiang, Sumatra. 14. Suku Aneuk Jamee, Sumatra (Aceh). 15. Suku Batak, Sumatra. 16. Suku Batak Angkola, Sumatra. 17. Suku Batak Karo, Sumatra. 18. Suku Batak Mandailing, Sumatra. 19. Suku Batak Pakpak, Sumatra. 20. Suku Batak Simalungun, Sumatra. 21. Suku Batak Toba, Sumatra. 22. Suku Nias, Sumatra. 23. Suku Minangkabau, Sumatra. 24. Suku Melayu, Sumatra. 25. Suku Mentawai, Sumatra. 26. Suku Laut, Sumatra. 27. Suku Belitung, Sumatra. 28. Suku Bangka, Sumatra. 29. Suku Anak Dalam, Sumatra. 30. Suku Kayu Agung, Sumatra. 31. Suku Palembang, Sumatra. 32. Suku Bengkulu, Sumatra. 33. Suku Lampung, Sumatra. 34. Suku Betawi, Jakarta. 35. Suku Sunda, Jawa. 36. Suku Jawa, Jawa. 37. Suku Tionghoa, Jawa. 38. Suku Baduy (badui), Jawa. 39. Suku Bawean, Jawa. 40. Suku Tengger, Jawa. 41. Suku Osing, Jawa. 42. Suku Madura, Jawa. 43. Suku Samin, Jawa. 44. Suku Dayak, Kalimantan. 45. Suku Banjar, Kalimantan. 46. Suku Kutai, Kalimantan. 47. Suku Berau, Kalimantan. 48. Suku Paser, Kalimantan. 49. Suku Bali, Bali. 50. Suku Loloan, Bali. Baca juga: Contoh Upacara Adat Terpopuler di Indonesia51. Suku Sasak, Nusa Tenggara Barat. 52. Suku Bima, Nusa Tenggara Barat. 53. Suku Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 54. Suku Boti, Nusa Tenggara Timur. 55. Suku Bunak, Nusa Tenggara Timur. 56. Suku Manggarai, Nusa Tenggara Timur. 57. Suku Sika, Nusa Tenggara Timur. 58. Suku Sumba, Nusa Tenggara Timur. 59. Suku Rote, Nusa Tenggara Timur. 60. Suku Ngada, Nusa Tenggara Timur. 61. Suku Flores, Nusa Tenggara Timur. 62. Suku Ende, Nusa Tenggara Timur. 63. Suku Gorontalo, Sulawesi Utara. 64. Suku Kaidipang, Sulawesi Utara. 65. Suku Minahasa, Sulawesi Utara. 66. Suku Mongondow, Sulawesi Utara. 67. Suku Sangir, Sulawesi Utara. 68. Suku Bungku, Sulawesi Tengah. 69. Suku Balesang, Sulawesi Tengah. 70. Suku Balantak, Sulawesi Tengah. 71. Suku Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 72. Suku Buton, Sulawesi. 73. Suku Tolaki, Sulawesi. 74. Suku Mandar, Sulawesi. 75. Suku Luwu, Sulawesi. 76. Suku Makassar, Sulawesi. 77. Suku Bugis, Sulawesi. 78. Suku Toraja, Sulawesi. 79. Suku Bajo, Sulawesi. 80. Suku Alune, Maluku. 81. Suku Ambon, Maluku. 82. Suku Aru, Maluku. 83. Suku Buru, Maluku. 84. Suku Fordata, Maluku. 85. Suku Mamale, Maluku. 86. Suku Nuaulu, Maluku. 87. Suku Morotai, Maluku. 88. Suku Halmahera, Maluku. 89. Suku Wemale, Maluku. 90. Suku Wai Apu, Maluku. 91. Suku Ternate, Maluku. 92. Suku Tidore, Maluku. 93. Suku Seram, Maluku. 94. Suku Sawai, Maluku. 95. Suku Aer, Papua. 96. Suku Asaro, Papua. 97. Suku Kalam, Papua. 98. Suku Huli, Papua. 99. Suku Goroka, Papua. 100. Suku Yali, Papua. 101. Suku Korowai, Papua. 102. Suku Dani, Papua. 103. Suku Bauzi, Papua. 104. Suku Amungme, Papua. 105. Suku Asmat, Papua. 106. Suku Muyu, Papua.

11. Salah atu contoh nilai praki ila keempat Pancaila dalam penerapan kebijakan pemerintahan NKRI adalah …. A. Menetapkan perayaan hari bear naional B. Menambah ubidi ga elpiji bagi mayarakat Indoneia
C. Menurunkan iuran BPJS
D. Mengambil keputuan negara didaarkan pada kelompok tertentu
E. Melakukan muyawarah dalam mengambil kebijakan negara.

Answers

E. Melakukan muyawarah dalam mengambil kebijakan negara.

Sila keempat Pancasila berkaitan dengan perwakilan yang dilakukan oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam menaati sila ini, tidak boleh berat sebelah, harus melakukan musyarawarah atas nama keadilan, bukan atas nama golongan ataupun kepentingan pribadi.

SEMOGA MEMBANTU ;)

(1)Ir. Soekarno (2) Moh. Yamin (3) Soeroso (4) Soepomo (5) Moh. Hatta. Berdasarkan data tersebut yang mengusulkan rumusan dasar negara pada sidang BPUPK pertama adalah ….

Answers

(2) Moh. Yamin,  (4) Soepomo, (1) Ir. Soekarno

3. 4, mengapa UUD 1945 perlu diama demen? ​

Answers

Jawaban:

UUD 1945 perlu diamandemen karena untuk mengubah atau memperbarui redaksi dan substansi konstitusi.

Penjelasan:

UUD 1945 adalah singkatan dari Undang-undang dasar 1945. dari keseluruhan naskah yang terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal Yang Berbeda-beda.

UUD ini perlu Di amandemen Karena Untuk mengubah Atau Memperbarui Redaksi Dan Substansi Konstitusi.

UUD di amandemen sebanyak 4 kali atau Perubahan.

Kebiasaan/ folkways adalah perbuatan yang dilakukan berulang ulang dan dianggap baik itu menurut pendapat..

Answers

Jawaban:

Penjelasan:

Pendapat masyarakat.

Contoh folkways :

Pada hajatan

Menerima sesuatu meggunakan tangan kanan

Menghormati orang yang lebih tua

Memberikan tempat duduk kepada orang yang lebih tua

Meminta izin kepada seseorang untuk masuk kerumah

Pertanyaan Lainnya
Bahan untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dinamakan. Bahan alam Bahan organik Bahan anorganik Bahan buatan. Bentuk interaki antar ruang ditunjukkan pada pernyataan. …. Bentuk bilangan berpangkatberpangkat dari b x b x b x b adalah. Bentuk ederhana dari –2(2x² - 3x 4) adalah a. -4x² 6x - 8 b. -4x² 6x 8 c. -2x² 6x - 8 d. -4x² - 6x - 8. Seorang tukang parkir mendapat uang sebesar rp17. 000,00 dari 3 buah mobil dan 5 buah motor, sedangkan dari 4 buah mobil dan 2 buah motor ia mendapat uang rp18. 000,00. Jika terdapat 20 mobil dan 30 sepeda motor, banyak uang parkir yang ia peroleh adalah Hasil dari 1/5 dikali 2/4 Saat ini yang berkuasa adalah oligarki (kelompok kecil yang berlatar belakang pengusaha), menguasai ekonomi Indonesia dan pendekatan yang diakukan dalam bernegara adalah pendekatan kekuasaan bukan pendekatan hukum, Bagaimana cara menyikapi cengkeraman oligarki di semua bidang kehidupan dan termasuk dalam tata kelola negara yang mengabaikan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, dan mengabaikan etika bernegara? Jelaskan dan uraikan berdasarkan ansalisis moral. Kotak A lebih berat 3,45 kg dari kotak B. Ketika 1,2 kg barang di kotak A dikeluarkan, kotak A menjadi empat kali lebih berat dari kotak B. Berapa massa kotak A pada mulanya? Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 2x - 5y = 1 dan 4x – 3y = 9 adalah Hasil olahan minyak bumi yang digunakan untuk pelarut di laboratorium adalah Hak yang dimiliki warga negara terbagi atas berbagai bidang. Hak politik yang dimiliki oleh peserta didik, misalnya Gerakan yang sederhana, monoton dan membawa properti tombak sebagai alat untuk menari adalah ciri gerakan pada tarian Hewan ternak yang aktif dimalam hari dan beristirahat pada siang hari adalah … Gradien garis yang memiliki persamaan y = −3x + 2 adalah Gerakan yang memerlukan kekuatan tangan dan lengan pada sebuah benda yang menghasilkan kecepatan pada benda tersebut dan memiliki daya dorong yang kuat disebut Helmets give the opportunity for rider to express the image they may want to project when riding on they way"" the aspect which can be the helmet’s function is …. Aspect Nyambut gawe kanthi mempeng tanpa nduwe melik apa-apa, iku paribasane Bagaimana sikap umum servis yang baik dalam permainan bulutangkis. Ayat jurnal penyesuaian adalah ayat jurnal yang dibuat untuk…. Senajan bangsa indonesia dumadi saka pirang pirangane suku lan adat aja nganti nuwuhake anane​.