frontpage hit counter

Jelaskan struktur dan isi teks eksplanasi di atas!

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang kejadian atau fenomena alam contoh proses terjadinya banjir atau gempa dan sebagainya.

Jawaban 2

Jawaban:

teks eksplanasi disusun dalam suatu struktur yang meliputi bagian-bagian yang menyatakan pernyataan umum (pengantar), rangkaian penjelasan (isi), dan bagian penjelasan atau penutup.


Pertanyaan Terkait

Rumah Makan nyampleng terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang rumah makan ini titik-titik dengan masakan tradisionalnya nama rumah makanan ini titik-titik dari bahasa Jawa yaitu nyemplung yang berarti enak sekali sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini titik-titik dengan nuansa Jawa kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah A.dikenal, merujuk, dibentuk
B.terkenal, diambil, di desain
C.terkenal,berdasarkan, di desain
D. dikenal,berdasarkan, dibentuk​

Answers

Jawaban:

C.terkenal,berdasarkan, di desain

Kesempurnaan Pulau Rupat semakin terlihat jelas dengan melihatnya dari mercusuar yang ada di pulau itu jika melihat Pulau Rupat dari puncak mencuri beranak tanggal 12 ini akan terbentang keindahan sekeliling Pulau Rupat pulau-pulau kecil berupa pasir putih dengan jajaran pohon kelapa dan bakau tertampang di depan mata kapal-kapal yang lalu lalang di Selat Malaka pun terlihat jelas dari puncak mercusuar kesan dalam teks tersebut menggambarkan?.... A. suasana Pulau Rupat menarik para pengunjung
B.keadaan Pulau Rupat yang Asri
C. keindahan pulau rupat
D. pulau rupat yang memiliki banyak potensi wisata​

Answers

Jawaban:

D.Pulau Rupat Yang Memiliki Banyak potensi wisata

Penjelasan:

Perhatikan pantun di bawah ini ! Turun ke paya memetik kangkung
Hati senang dibantu si dia
Bergotong royong penduduk sekampung
Hasil mufakat hidup bahagia

makna yang terkandung pada pantun di atas adalah
a.rukun
b.adanya perpecahan
c.ikatan kerja sama
d.hidup sejahtera​

Answers

Jawaban:

d

Penjelasan:

d hidup sejahtera

maaf kalo salah mohon

Jawaban:

c. ikatan kerja sama

mungkin, atau ada jawaban lain?

1. Carilah satu cerpen di media cetak atau elektronik
2.Jelaskan isi cerpen tersebut. ​

Answers

Jawaban:

cerpen:

Gunakan Waktumu untuk Belajar

Malam begitu cerah, bagi anak muda tentunya akan menghabiskan waktu untuk pergi keluar. Namun tidak dengan Ani, ia menghabiskan malam minggu yang cerah untuk belajar, karena keesokan harinya ada UAS.

Tak selang berapa lama terdengar suara telepon, ternyata dari Lia, ia ingin mengajak Ani untuk bermain di luar. Namun Ani menolak untuk diajak, sebab ia lebih memilih untuk belajar di rumah.

Keesokan harinya Ani bertemu Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Ani pasti akan menyesal karena ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.

UAS pun dimulai, ketika Ani dengan penuh semangat mengerjakan, Lia di pojokan kebingungan menoleh sana-sini untuk mencari jawaban. Sebab ia tidak belajar sama sekali.

ISI CERPEN :

cerpen tersebut adalah tentang murid murid dan Ani. Ani menghabiskan waktunya untuk belajar karena, Keesokan harinya ada UAS. Lia mengajak Ani untuk pergi ke konser. tapi Ani menolaknya.

Sesampainya Ani di sekolah. Lia mengatakan Ani pasti akan menyesal karena ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser. Mulailah UAS, Lia melihat kesana - kesini untuk melihat jawaban. karena ia tidak belajar kemarin

Sebutkan tujuan iklan plisssssss ini buat bsk ulangan​

Answers

Jawaban:

Selain memperkenalkan produk, tujuan iklan adalah agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat pesan yang mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk mereka.

Bagi sebagian orang, pegagan merupakan tanaman liar. Namun, bagi sebagian orang lain daun ini bisa jadi santapan lezat yang memberi banyak manfaat. Daun berbentuk bulat ini memiliki nama Latin Centella Asiatica. Biasanya daun pegagan banyak ditemuidi perkebunan, ladang, peatang sawah, hingga ditepijalan. Tumbuhan liar ini juga dikenal dengan sebutan daun kaki kuda dan antanan. Beberapa khasiat daun pegagan yaitu mengurangi stres, melancarkan pencernaan, menyembuhkan luka, hingga mencegah kanker. Penggalan laporan tersebut dalam struktur teks laporan hasil observasi terdapat pada bagian ...

Answers

Jawaban:

beberapa khasiar daun pedng yaitu mengurangi stress, melancarkan pencernaan, menyembuhkan luka hingga mencegah kanker.

(terdapat pada bagian paragraf akhir)

Penjelasan:

semoga membantuu

Pasar Legi merupakan pasar tradisional di Blitar pasar Legi menjadi pusat ekonomi Selama ratusan tahun pasar Legi sudah mengalami pembangunan beberapa kali bagian depan hampir tidak kelihatan bangunan aslinya karena dipenuhi pedagang kaki lima bagian selatan merupakan tempat orang berjualan sembako. Tujuan penulisan teks tersebut adalah?
a. mendeskripsikan tempat berada
b. mendeskripsikan orang-orang yang sedang berbelanja
c. mendeskripsikan besarnya dana pembangunan
d. mendeskripsikan bagian-bagian di dalam pasar legi blitar​

Answers

Jawaban:

d.mendeskripsikan bagian didalam pasar

Buatlah contoh jenis paragraf deduktif dan paragraf induktif ! satu paragraf terdiri atas 5-7 kalimat.​

Answers

Jawaban:

Penjelasan:

Contoh paragraf deduktif:

Dalam paragraf deduktif, kita mulai dengan menyajikan premis atau kesimpulan yang sudah diketahui, kemudian mengemukakan bukti atau alasan yang mendukung premis tersebut. Misalnya:

Premis: Semua manusia adalah makhluk berbakat.

Bukti: Setiap manusia memiliki kemampuan untuk berpikir, merasakan, dan belajar.

Kesimpulan: Oleh karena itu, semua manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan bakat mereka.

Contoh paragraf induktif:

Dalam paragraf induktif, kita mulai dengan menyajikan beberapa bukti atau contoh yang mendukung suatu premis atau kesimpulan, kemudian menarik kesimpulan berdasarkan bukti tersebut. Misalnya:

Bukti: Beberapa orang yang saya kenal sangat berbakat dalam menyanyi, menari, dan bermain musik.

Bukti: Saya juga pernah mengalami sendiri betapa menyenangkannya belajar dan mengembangkan bakat yang saya miliki.

Kesimpulan: Oleh karena itu, saya yakin bahwa setiap orang memiliki bakat yang dapat dikembangkan jika mereka mau belajar dan berusaha.

(Sumber: OpenAI ChatGPT)

Piring doni jatuh. Piring itu berbunyi...
a. Buk
b. Bruuk
c. Pyarr

Answers

Jawaban:

c.pyarr

semoga membantu

maaf kalo salah

Jawaban:

c.pyarr

maaf kalok slah

"Pilih Seratus atau Sepuluh Juta?" Apakah yang dimaksud nominal tersebut adalah 100Juta dan 10Juta?

Answers

Jawaban:

pilih 2 2 nya karena dapatnya lebih bnyk

Bacalah ilustrasi berikut! Seorang calon pelamar pekerjaan mengaju sebuah surat lamaran pekerjaan yang di ajukan ke suatu PT yang bergerak di bidang telekomunikasi karna lowongan tersebut sudah terisi maka lamaran tersebut terpaksa di tolak kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah

Answers

Jawaban:

"Kami menyesal menyatakan bahwa lamaran Anda tidak dapat kami terima karena lowongan yang Anda lamar sudah terisi."

Kalimat di atas menggambarkan situasi yang diberikan dalam ilustrasi, yaitu bahwa lamaran yang diajukan oleh calon pelamar pekerjaan tersebut tidak dapat diterima karena lowongan sudah terisi. Kalimat tersebut juga menyatakan penyesalan dari pihak perusahaan karena tidak dapat menerima lamaran tersebut.

Sebagai alternatif, kalimat penolakan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan ilustrasi di atas juga dapat berupa:

  • "Mohon maaf, namun lowongan yang Anda lamar sudah terisi sehingga lamaran Anda tidak dapat kami pertimbangkan."
  • "Kami mengucapkan terima kasih atas minat Anda untuk bergabung dengan perusahaan kami, namun sayangnya lowongan yang Anda lamar sudah terisi sehingga kami tidak dapat menerima lamaran Anda."
  • "Setelah mempertimbangkan lamaran Anda, kami menyatakan bahwa lowongan yang Anda lamar sudah terisi sehingga kami tidak dapat menerima lamaran Anda. Kami menyesal atas ketidaknyamanan ini."

Jelaskan pengertian dari poster​

Answers

Jawaban:

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

MAAF KALAU SALAH ^•^

Berikut yang tidak termasuk unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan adalah....

Answers

Jawaban:

Salam penghormatan, nomor surat, ucapan syukur, dan permohonan maaf bukan merupakan unsur yang terdapat dalam surat lamaran pekerjaan.

Jawaban:

betul atas gw.............

(1) Hasil ujian menentukan kualitas seseorang. (2) Dengan sendirinya menentukan pendidikan dalam suatu negara. (3) Kualitas pendidikan dalam suatu negara menentukan kualitas sumber daya manusia dalam negara itu. (4) Jadi, ujian akhir ayang diadakan di sekolah-sekolah merupakan keharusan karena menentukan standar pendidikan di negara itu. (5) Di samping itu, perguruan swasta telah menentukan standar nilai calon mahasiswa yang dapat diterima di perguruan tersebut. Fakta dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat...​

Answers

Fakta dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat...

(1) Hasil ujian menentukan kualitas seseorang

(3) Kualitas pendidikan dalam suatu negara menentukan kualitas sumber daya manusia dalam negara itu.

Sifat kata kunci iklan





tong jawab untuk ulangan​

Answers

Jawaban:Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata.

Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata.Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan.

Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata.Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan.Mewakili sebagian besar/keseluruhan topik/konsep/informasi dari sebuah iklan.

Penjelasan:

maaf klo slhhhhhhhhh

Program wajib belajar 12 tahun merupakan upaya pemerintah untuk mencerdaskan bangsa di bidang​

Answers

Jawaban:

pendidikan

Penjelasan:

maaf kalau salah!!

- bagaimana cara menentukan gagasan pokok
- beda kalimat umum dan kalimat penjelas

Answers

✦ こんにちは!

Sebelum kita membahas cara menentukan gagasan pokok, mari sebelumnya kita ketahui dulu apa itu gagasan pokok.

Gagasan pokok merupakan kunci pokok atau hasil dari pemikiran utama dalam sebuah paragraf.

Gagasan pokok juga nemiliki nama lain, yakni :

  • Ide utama
  • Gagasan utama
  • Inti paragraf
  • Inti pokok

Cara menentukan gagasan pokok yang terdapat dalam sebuah kalimat :

  1. Cermati dengan baik kalimat dalam sebuah paragraf
  2. Perhatikan setiap subjek (kata benda) yang banyak disebutkan / mendominasi sebuah paragraf tersebut
  3. Tentukanlah mana kalimat yang cocok untuk menjadi sebuah kalimat utama
  4. Terakhir, Tentukanlah gagasan pokok di paragraf itu.

Perbedaan antara kalimat utama dengan kalimat penjelas ialah, pada kandungannya. kalimat utama mengandung gagasan pokok sedang kalimat penjelas mengandung gagasan pendukung.

» Semoga bermanfaat.

kalimat umum adalah kalimat yang berisi gagasan utama sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan pendukung

Dalam teks laporan pencobaan, teks tersebut termasuk ke dalam bagian prosedur karena

Answers

Jawaban:

Dalam teks laporan percobaan, teks tersebut termasuk ke dalam bagian prosedur karena menguraikan langkah-langkah percobaan secara berurutan. Teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, praktikum dan karya ilmiah.

Yang termasuk ke dalam kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot kecuali....

Answers

Jawaban:Kaidah yang tidak termasuk ke dalam kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah penggunaan kalimat yang panjang dan berbelit-belit

Penjelasan:Kaidah kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks anekdot adalah:

Penggunaan tata bahasa yang tepat dan sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Penggunaan kata-kata yang bersifat humor atau lucu untuk menghibur pembaca.

Penggunaan gaya bahasa yang lugas dan jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Penggunaan struktur kalimat yang logis dan teratur untuk menjelaskan cerita.

Penggunaan gaya narasi yang sesuai dengan jenis cerita yang diceritakan.

Kaidah yang tidak termasuk ke dalam kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah penggunaan kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Pada umumnya, teks anekdot menggunakan kalimat yang singkat dan padat untuk menyampaikan cerita dengan efektif. Hal ini dilakukan agar pembaca tidak bosan dan tetap terhibur dengan cerita yang diceritakan.

(Sumber: OpenAI ChatGPT)

Nama rangkain tertutup adalah..
a.pararel
b.stopkontak
c.seri​

Answers

Jawaban:

c.seri

Penjelasan:

bankkabbwkkkakkkwlowjb. sbajaoa

Pertanyaan Lainnya
Satu mol gas ideal dikompresi secara adiabatik dalam satu tahap dengan tekanan lawan konstan sebesar 1,00 MPa. Awalnya gas berada pada suhu 27 °C dan tekanan 0,1 00 MPa; tekanan akhir adalah 1,00 MPa. Hitung suhu akhir gas, Q, W, AU, dan delta H. Untuk kasus gas monoatomik Cv molar 3/2R. Bahan alam yang cocok untuk membuat gambar kolase bertema hewan adalah.. ​ GS 4. Perhatikan gambar di bawah! Berapa luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut? A. 1.084 cm² 1.232 cm² B. C. 2.768 cm² D. 3.022 cm² 5. Perhatikan gambar di bawah! 14 cm Luas daerah bangun tersebut adalah ... A. 748 cm² B. 504 cm² C. 308 cm² D. 244 cm²​ Nilai diskriminan dari fungsi kuadrat f(x) = -2x² - 12x-17 adalah​ Materi tentang bola basket​ (1) Pembukaan UUD 1945 merupakan pernyataan kemerdekaan yang terperinci dengan memuat pokok-pokok pikiran tentang adanya cita-cita luhur (2) Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah fundamental Negara, dalam hokum memiliki kedudukan yang tetap, kuat dan tidak berubah (3) Pembukaan UUD 1945 bukan merupakan pernyataan kemerdekaan yang terperinci dan tidak ada hubungannya dengan proklamasi (4) Pembukaan menurut hierarki tertib hukum, adalah peraturan yang tertinggi merupakan dasar hukum diadakannya UUD Negara. Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan hakekat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ditunjukkan diatas pada nomor suatu halaman rumah berbentuk persegi panjang dengan panjang 5 m dari lebarnya luas halaman tersebut adalah 3300 M2 Tentukan Keliling halaman tersebut​ Rumah Makan nyampleng terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang rumah makan ini titik-titik dengan masakan tradisionalnya nama rumah makanan ini titik-titik dari bahasa Jawa yaitu nyemplung yang berarti enak sekali sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini titik-titik dengan nuansa Jawa kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah A.dikenal, merujuk, dibentuk B.terkenal, diambil, di desain C.terkenal,berdasarkan, di desain D. dikenal,berdasarkan, dibentuk​ Fakior yang memengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam system adalah Gerakana kedua lutut yang benar saat melakukan passing bawah bola voli adalah Dua buah koin dilempar bersama. Tentukan peluang muncul keduanya gambar! * Sebutkan 4 perbedaan perkembangbiakan generatif dan vegetatif Untuk mengangkat beban 3000 n ke atas sebuah truk setinggi 1 m diperlukan papan sepanjang 3 m. Tentukan gaya yang diperlukan dengan bidang miring dan keuntungan mekanisnya! Pasangan yang tepat untuk barang impor dengan negara asalnya adalah Jika ada sebuah kolam renang berbentuk lingkaran yang mempunyai diameter 20 m Dimas membeli 3 buku dan 2 pensil seharga rp 11. 500,00. Sarah membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga rp 16. 000,00. Jika adel membeli 2 buku dan 1 pensil, maka jumlah uang yang harus dibayar adalah …. * Warna yang mempunyai intensitas yang tinggi akan berkesan… Untuk menggiring bola secara cepat ke daerah pertahanan lawan sebaiknya menggunakan Untuk sikap kedua lutut yang benar saat menggiring bola dengan kaki bagian luar sebaiknya Sari makanan yang diangkut pembuluh getah bening pada jonjot usus penyerapan adalah