frontpage hit counter

(1) Pembukaan UUD 1945 merupakan pernyataan kemerdekaan yang terperinci dengan memuat pokok-pokok pikiran tentang adanya cita-cita luhur
(2) Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah fundamental Negara, dalam hokum memiliki kedudukan yang tetap, kuat dan
tidak berubah
(3) Pembukaan UUD 1945 bukan merupakan pernyataan kemerdekaan yang terperinci dan tidak ada hubungannya
dengan proklamasi
(4) Pembukaan menurut hierarki tertib hukum, adalah peraturan yang tertinggi merupakan dasar hukum diadakannya UUD Negara.
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan hakekat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ditunjukkan diatas pada nomor

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

UNDANG-UNDANG DASAR

BAB I

BENTUK DAN KEDAULATAN

Pasal 1

(1) Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.

(2) Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.***)

(3) Negara Indonesia adalah negara hukum. ***)

BAB II

MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT

Pasal 2

(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Daerah yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undangundang.****)

(2) Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukota negara.

(3) Segala putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.

Pasal 3

(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat berwenang mengubah dan menetapkan UndangUndang Dasar. ***)

(2) Majelis Permus yawaratan Rakyat melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden. ***/****)

(3) Majelis Permus yawaratan Rakyat hanya dap at memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut UndangUndang Dasar. ***/****)


Pertanyaan Terkait

Keberhasilan Orde Lama dalam integrasi wilayah NKRI​

Answers

Jawaban:

Orde Lama adalah periode dalam sejarah Indonesia yang berlangsung dari tahun 1950 hingga tahun 1966. Pada masa ini, pemerintahan Indonesia dipimpin oleh Presiden Soekarno yang memimpin negara dengan ideologi Nasakom, yaitu kombinasi antara nasionalisme, agama, dan komunisme.

Salah satu keberhasilan Orde Lama dalam integrasi wilayah adalah dicapainya kesatuan dan keselarasan antar wilayah di Indonesia. Pada masa ini, pemerintah berusaha untuk menciptakan rasa persatuan dan solidaritas antar warga Indonesia agar mereka dapat hidup bersama secara damai dan harmonis.

Pemerintah juga melakukan berbagai upaya untuk memperkuat pemerintahan di wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa, seperti di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur di wilayah-wilayah tersebut sehingga masyarakat di daerah-daerah tersebut dapat lebih mudah mengakses pelayanan publik.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pendekatan kultural dan sosial dalam menjaga integrasi wilayah. Misalnya, pemerintah memperkenalkan berbagai budaya daerah kepada warga Indonesia agar mereka dapat saling mengenal dan memahami budaya masing-masing.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, terciptalah kesatuan dan keselarasan antar wilayah di Indonesia selama masa Orde Lama, yang berkontribusi pada terwujudnya integrasi wilayah di negara ini.

Pada UU No. 23 Tahun 2004 disebutkan bahwa perlindungan hukum adalah segala upaya yang ditujukan untuk memberikan rasa aman kepada korban yang dilakukan oleh?​

Answers

Penjelasan:

Perlindungan adalah segala upaya yang ditujukan untuk memberikan rasa aman kepada korban yang dilakukan oleh pihak keluarga, advokat, lembaga sosial, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, atau pihak lainnya baik sementara maupun berdasarkan penetapan pengadilan.

Tuliskan memuat tentang apakah UU yang ada di bawah ini : UU No.30 Tahun 2002  :  UU No.2 Tahun 2002    :  UU No.18 Tahun 2003  :  UU No.16 Tahun 2004  :  UU No.48 Tahun 2009  :

Answers

Jawaban:

UU No 30 tahun 2002 memuat tentang komisi pemberantasan korupsi (KPK)

UU No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

UU No.18 Tahun 2003 tentang advokat

UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia

UU No.48 Tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman

jelaskan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yang terbentuk dalam sikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam dalam kehidupan di masyarakat ​

Answers

Jawaban:

- Saling menghargai

- Saling bekerja sama

- Tidak mengejek budaya lain

maaf klo salah

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban implementasi Pancasila, yaitu sila ke .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 ​

Answers

Jawaban:

e. 5

Penjelasan:

Mengembangkan sikap adil terhadap sesama. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

apa yang dimaksud pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia ? (Tolong di bantu dong kak) ​

Answers

Jawaban:

Pancasila hakekatnya adalah sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila menjadi jiwa bangsa yang menghidupkan dan menggelorakan setiap kalbu orang Indonesia untuk menyusun barisan yang kuat dan kokoh mempertahankan dan membangun bangsa dan negaranya.

jawabanku

Nilai Pancasila sebagi kepribadian bangsa Indonesia berarti Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dari bangsa lain.

Nama: caylani edyana putri

kelas: Vll A

Sekolah: Smp Srijaya Negara Palembang

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Ini ulangann lontong dijawab :xd jangan asal :( Negara mempunyai kekuasaan penuh dalam membuat hukum. Namun hukum yang dibuat dalam masyarakat tidak boleh bertentangan dengan hukum negara. Pernyataan di atas merupakan sifat negara....
A. Memaksa
B. Monopoli
C. Mencakup semua
D. Mengatur
E. Mendominasi

Answers

Jawaban:

D. mengatur

Penjelasan:

semoga membantu yaaa

Bila dilihat dari cara mengubah Undang- Undang Dasar, suatu UUD dikatakan rigid (kaku) apabila

Answers

Jawaban:

Dapat dikatakan fleksibel jika cara mengubah UUD tidak sulit.

Penjelasan:

Dilihat dari cara mengubah Undang-Undang Dasar Suatu UUD. Dapat dikatakan fleksibel jika cara mengubah UUD tidak sulit. Namun, jika cara mengubah UUD itu memerlukan cara yang tidak mudah, maka dikatakan rigid atau kaku.

6. Tujuan pemberontakan PKI adalah menjadikan negara Indonesia sebagai negara komunis yang berkiblat ke negara Uni Soviet serta mengganti Pancasila dengan paham komunis. Pemberontakan ini dapat digagalkan. Semua pelakunya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman sesuai dengan perbuatannya. Salah satu pemimpin pemberontakan PKI tanggal 30 September 1965 adalah …. *

Answers

Jawaban:

D.N. Aidit

Penjelasan:

Salah satu pemimpin dari gerakan pemberontakan PKI (G30S/PKI) adalah D.N. Aidit selaku pemimpin partai PKI. Ia adalah dalang dari pemberontakan PKI.

Apa saja sikap positif dalam keluarga yang harus diterapkan sesuai pembukaan UUD 45​

Answers

Jawaban:

1. Bersatu dan jangan sampai terpecah belah

2. Saling membantu sesama keluarga

3. Melakukan musyawarah jika terjadi sebuah masalah/konflik

Jawaban:

kamu nanyea kamu bertanya tanyea

21. Dibentuknya lembaga negara baru seperti DPD, MK dan KY maupun dihilangkannya lembaga negara seperti DPA serta dibentuknya KPK dan Undang-undang tentang korupsi adalah bentuk perwujudan nilai-nilai Pancasila di bidang.... a. Ekonomi
b. Politik dan Hukum
c. Sosial Budaya
d. Pertahanan dan Keamanan​

Answers

Jawaban:

B. politik dan Hukum

semoga benar

jadikan jawaban terbaik ya

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam menjalankan kewenangannya memiliki fungsi pengawasan. Sebutkan 2 (dua) lingkup bidang pengawasan yang dimiliki DPD berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang?​

Answers

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memiliki fungsi pengawasan dalam menjalankan kewenangannya, di antaranya adalah:

  • Pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah. DPD memiliki kewenangan untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, seperti undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, undang-undang nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan undang-undang nomor 25 tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan daerah otonom.

  • Pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran. DPD juga memiliki kewenangan untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan anggaran daerah, baik anggaran belanja maupun anggaran pendapatan. Hal ini bertujuan untuk menjamin bahwa anggaran yang disusun dan disetujui oleh pemerintah daerah dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Selain dua lingkup pengawasan di atas, DPD juga memiliki fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan kewenangan pemerintah daerah, pelaksanaan pembangunan daerah, pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat yang berpengaruh terhadap daerah, serta pelaksanaan tugas dan kewenangan lain yang dipercayakan oleh undang-undang kepada DPD

Buatlah artikel 4 paragraf tentang komitmen terhadap pembukaan uud nri 1945​

Answers

Jawaban:

Pembukaan UUD 1945 merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Pembukaan UUD 1945 merupakan bentuk komitmen dari para pendiri negara untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, serta untuk memajukan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Komitmen terhadap pembukaan UUD 1945 tidak hanya terlihat dari kata-kata dan tindakan para pendiri negara saja, tetapi juga dari seluruh warga negara Indonesia yang turut serta dalam menjalankan dan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu bentuk komitmen terhadap pembukaan UUD 1945 adalah dengan melakukan pembangunan yang berkesinambungan. Pembangunan yang dilakukan tidak hanya sebatas membangun infrastruktur fisik saja, tetapi juga harus memperhatikan aspek sosial, budaya, dan lingkungan. Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan tidak hanya akan membawa kemajuan bagi sebagian orang saja, tetapi juga bagi seluruh warga negara Indonesia.

Selain itu, komitmen terhadap pembukaan UUD 1945 juga dapat dilihat dari upaya untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjaga integritas wilayah negara, serta melakukan diplomasi yang baik dengan negara lain. Dengan demikian, Indonesia dapat terus mempertahankan kemerdekaan dan kemandiriannya sebagai negara.

Komitmen terhadap pembukaan UUD 1945 juga dapat dilihat dari upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghormati perbedaan-perbedaan yang ada di dalam masyarakat, serta tidak mengabaikan kepentingan dan hak-hak warga negara Indonesia yang berasal dari berbagai latar belakang.

Dengan demikian, komitmen terhadap pembukaan UUD 1945 tidak hanya sebatas pada tindakan para pendiri negara saja, tetapi juga harus terlihat dari tindakan dan sikap setiap warga negara Indonesia dalam menjalankan dan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

Hak dan kewajiban warga negara juga tidak dapat dipisahkan karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak dan begitupun sebaliknya. Yang dimaksud dengan kewajiban adalah…..

Answers

Penjelasan:

kewajiban adalah yang wajib seseorang lakukan

Jawaban:

kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan agar mendapatkan hak

Penjelasan:

maaf yah kalo sya salah

Peraturan-peraturang yang berlaku di indonesia harus bersumber pada pancasila karena pancasila sebagai…​

Answers

Jawaban:

pancasila itu sebagai lambang negara Indonesia

Penjelasan:

maaf ya kalo salah

Apa yang dimaksud dengan hak yang berdasarkan hukum​

Answers

Jawaban:

hak adalah sesuatu yang harus kita dapatkan

Jawaban:

hak adalah sesuatu yang harus kita dapatkan setelah mengerjakan kewajiban

Penjelasan:

maaf kalo salah

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan dipandang hidup bangsa telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia akan tetapi dalam perwujudan masih banyak mengalami tantangan dan hambatan bahkan dalam upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan ideologi lainnya upaya-upaya tersebut diantaranya adalah

Answers

Jawaban:

adanya: PKI, RMS, TII, APRA, PRRI.

Sebutkan dan Jelaskan 2(dua) sifat pokok kedaulatan! ​

Answers

Jawaban:

2 sifat pokok kedaulatan

Penjelasan:

1. Permanen.

Permanen berarti kedaulatan tetap ada selama negara itu tetap berdiri.

2. Asli.

Artinya, kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.

Ikut serta dalam pemilihan ketua OSIS merupakan perwujudan sikap yang sesuai dengan pokok pikiran pembukaan UUD 1945, yaitu​

Answers

Jawaban:

akannya penting memilih yang benar.berdiskusi dengan baik dengan teman,dan memilih pemimpin yang adil

1. deologi Pancasila memiliki keluwesan yang memungkinkan pengembangan pemikiran baru yang relevan tanpa menghilangkan hakikat yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya. Hal tersebut merupakan ideologi Pancasila berdasarkan dimensi.... A. Dinamis
B. Fleksibilitas
C. Universal
D. Statis

2. Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden memegang kekuasaan sebagai ....

A. kepala negara
B. kepala pemerintahan
C.kepala negara dan kepala pemerintahan
D. negara dan kepala daerah

3. Dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat di Indonesia, yang termasuk lembaga legislatif adalah ....
A. presiden dan wakil presiden
B. MPR, DPR dan DPD
C. MA, MK, dan MY
D. Presiden dan DPR

4. Dita, seorang peserta didik yang rajin belajar. Dita berangkat ke sekolah pagi-pagi dengan penuh semangat. Seluruh tugas sekolah selalu dikerjakan oleh Dita sehingga Dita tidak pernah ditegur oleh guru. Pada akhir semester, nilai rapor pengetahuan Dita sangat baik dan nlai rapor sikap serta keterampilan Dita pun sangat baik. Orang tua Dita merasa bangga terhadap nilai yang diperolehnya,Berdasarkan cerita di atas termasuk ke dalam peraturan di lingkungan....

A. rumah
B. Sekolah
C. masyarakat
D. Bangsa dan negara

5. Jika seseorang mematuhi peraturan, maka orang tersebut termasuk warga negara yang.....
A. disiplin
B. tanggung jawab
C. taat
D. semua jawaban benar

6. Pak Mujiarso seorang guru PPKn bersedia di tempatkan di mana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia. Perilaku Pak Mujiarso ini mencerminkan perwujudan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila ....

A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

7. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan ....

A. pernyataan kebulatan tekad untuk merdeka dan berdaulat
B. tonggak awal pembangunan nasional
C. keberhasilan para pejuang dalam mengusir penjajah
D. hadiah dari bangsa Jepang

8. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan hukum dasar fundamental. Pengertian hukum dasar fundamental dapat ditemukan dalam pernyataan...

A. muatan materi dalam konstitusi di setisp negara selalu sama
B. konstitusi merupakan seperangkst aturan yang mengatur kehidupan warga negara
C. muatan dalam konstitusi harus memenuhi berbagai aspek kehidupan supaya bisa berjalan denga baik dimanapun konstitusi tersebut dilaksanakan
D. konstitusi merupakan hukum dasar yabng paling pokok karena mengatur semua aspek kehidupan masyarakat dan pelaksanaan ketatanegaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

9. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak bisa diamandemen karens di dalamnya terdapat....

A. keinginan merdeka
B. rumusan dasar negara
C. mengandung cita-cita bangsa
D. hasil perumusn negara

10. Yang termasuk ke dalam tujuan negara diantaranya....

A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
B. memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa
C. ikut serta dalam usaha pembelaan negara
D. Benar semua

11. Proses pembuatan Undang-undang apabila rancangan diusulkan oleh DPR adalah sebagai berikut....

A. DPR mengajukan rancangan undang-undang secara tertulis kepada presiden
B. Presiden menugasi menteri terkait untuk membahas rancangan undang-undang bersama DPR
C. apabila disetujui bersama oleh DPR dan presiden, selanjutnya rancangan undang-undang disahkan oleh presiden menjadi undang-undang
D. semua jawaban benar

12. Amandemen batang tubuh UUD Negara Republik Indonesisa Tahun 1945 di negara Indonesia

Sudah dilaksanakan sebanyak.....

A. satu kali
B. dua kali
C. tig kali
D. empat kali

13. Yang termasuk contoh nilai-nilai sila Ketuhann Yang Maha Esa diantaranya adalah....
A. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
B membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
C. mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
D. mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeuargaan dan kegotongroyongan

14. Bangsa Indonesia sepakat dapat menerima Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, karena Pancasila.....

A. dasar perjuangan para pahlawan
B. nilai-nilai bangsa Indonesia semasa di jajah
C. Perjanjian luhur bangsa Indonesia
D. Merupakan keputusan BPUPI

15. Berikut ini sikap yang menceeminkan kecintaan terhadap semangat proklamasi yaitu.....
A. mengisi kemerdekaan dengan pembangunan
B. menolak segala bentuk bantuan luar negeri
C. anti terhadap semua budaya yang berasal dari luar negeri
D.menolak bantuan kemanusiaan dari lembaga internasional

Answers

Jawaban:

(C)

Penjelasan:

maaf kllo saallahhh

Pertanyaan Lainnya
suatu halaman rumah berbentuk persegi panjang dengan panjang 5 m dari lebarnya luas halaman tersebut adalah 3300 M2 Tentukan Keliling halaman tersebut​ Rumah Makan nyampleng terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang rumah makan ini titik-titik dengan masakan tradisionalnya nama rumah makanan ini titik-titik dari bahasa Jawa yaitu nyemplung yang berarti enak sekali sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini titik-titik dengan nuansa Jawa kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah A.dikenal, merujuk, dibentuk B.terkenal, diambil, di desain C.terkenal,berdasarkan, di desain D. dikenal,berdasarkan, dibentuk​ Fakior yang memengaruhi penegakan hukum yang terdapat dalam system adalah Gerakana kedua lutut yang benar saat melakukan passing bawah bola voli adalah Dua buah koin dilempar bersama. Tentukan peluang muncul keduanya gambar! * Sebutkan 4 perbedaan perkembangbiakan generatif dan vegetatif Untuk mengangkat beban 3000 n ke atas sebuah truk setinggi 1 m diperlukan papan sepanjang 3 m. Tentukan gaya yang diperlukan dengan bidang miring dan keuntungan mekanisnya! Pasangan yang tepat untuk barang impor dengan negara asalnya adalah Jika ada sebuah kolam renang berbentuk lingkaran yang mempunyai diameter 20 m Dimas membeli 3 buku dan 2 pensil seharga rp 11. 500,00. Sarah membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga rp 16. 000,00. Jika adel membeli 2 buku dan 1 pensil, maka jumlah uang yang harus dibayar adalah …. * Warna yang mempunyai intensitas yang tinggi akan berkesan… Untuk menggiring bola secara cepat ke daerah pertahanan lawan sebaiknya menggunakan Untuk sikap kedua lutut yang benar saat menggiring bola dengan kaki bagian luar sebaiknya Sari makanan yang diangkut pembuluh getah bening pada jonjot usus penyerapan adalah Jaringan yang disebut sebagai jaringan pengangkut floem dan xilem ditunjukkan oleh gambar nomor Perilaku yang dapat menghalangi tegaknya hukum negatif​ (-3/4)+(-5/12) tolong Yaa kakkk​ Mengapa petani garam membuat ladang di pinggir pantai​ Jelaskan pengertian comunity non aktif dan non formal Nilai dari Operasi 2/3-1/4+5/6​