frontpage hit counter

Masalah apa yang muncul dalam menanamkan nilai moral dan agama pada anak dalam keluarga beda agama

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

ya mungkin hanya masalah keyakinan aja yang berbeda karena pada dasarnya semua agama pastinya mengajarkan nilai nilai kebaikan.

Penjelasan:

semoga membantu.


Pertanyaan Terkait

Contoh soal dan jawaban bahasa arab tentang istifham

Answers

Jawaban:

ماذا لون الطباشير ؟ ج: لونها بيضاء

Penjelasan:

istifham :kalimat tanya

Bahasa arabnya aljawu

Answers

Jawaban:

Abjad Jawi (Arab: جاوي Jawi) (atau Yawi di daerah Patani dan Jawoë di daerah Aceh Darussalam) adalah abjad Arab yang diubah untuk menuliskan Bahasa Melayu; dengan kata lain, aksara Jawi adalah aksara Arab yang dimelayukan.

الزين ص ٤٦ وأما النجاسة المتوسطة فهي ما عدا ذلك فإن كانت حكمية وهي التي ليس لها جرم ولا طعم ولا لون ولا ريح كقطرة بول جفت كفى جرى الماء على محلها مرة واحدة ولو بغير فعل أحد كأن جرى عليها المطر ويسن تثليثها artinya​

Answers

Jawaban:

Zain hal.46 Adapun najis antara adalah selain itu, jika halal dan tidak ada zat, rasa, warna, atau anginnya, seperti setetes air seni yang mengering, maka cukuplah air itu mengalir. mengalir di atasnya sekali, bahkan tanpa tindakan siapa pun, seolah-olah hujan mengguyurnya dan itu adalah Sunnah untuk melakukan triangulasi.

Perbedaan ashabah bil ghair dan ashabah ma'al ghair dan contohnya tolong jawab yang serius jangan dibuat main²

Answers

Jawaban:

Ashabah bil ghair yakni ahli waris yang sisa harta warisan karena ditarik oleh ahli waris lain. Seperti; anak perempuan ditarik menjadi ashabah anak laki-laki, cucu perempuan ditarik menjadi ashabah cucu laki-laki, saudara perempuan ditarik ashabah saudara laki-laki.

sedangkan ashabah ma'al ghair itu orang yg mendapat sisa apabila ia bersama dgn orang yang mendapat ashobah binnafsi. contoh: anak perempuan mendapatkan ashobah ma'al ghair apabila ada anak laki2.

Indonesia negara yang menghargai perbedaan beragam perbedaan sudah hadir sejak zaman nenek moyang kita dahulu tuliskan 3 contoh keragaman suku bangsa di indonesia​

Answers

1.suku Nias

2 suku Tengger

3.suku dani

Penjelasan:

semoga membantu

Sejak zaman nabi Adam a.s. sampai zaman Rasulullah saw. dan para pengikutnya hingga akhir masa nanti, tujuan dakwah islamiah tidak pernah berubah, yaitu

Answers

Jawaban:

Mengajarkan Kepada Tauhid

Penjelasan:

Tujuan dakwah para nabi dari Masa Nabi Adam AS sampai dengan Rasulullah Muhammad SAW tidak pernah berubah, yaitu mengajak manusia kepada ajaran tauhid. Hanya menyembah kepada Allah SWT.

Sebutkan salah satu capaian khalifah ali bin abi thalib setelah menjadi

Answers

Jawaban:

– Melengkapi tanda baca pada huruf hijaiyah sehingga tidak terjadi kesalahan pada pembacaan al quran dan hadist

– Memperbaiki keuangan Negara yang mana pada waktu pemerintahan usman bin affan terjadi pemberian fasilitas Negara pada beberapa kerabatnya

– Mengganti orang-orang yang kurang

bagus di pemerintahan

Penjelasan:

semoga membantu

Kemuliaan Islam dapat dikaji dari ketentuan siapa saja yang boleh memandikan jenazah. Keluarga boleh memandikan saudaranya yang meninggal dengan syarat

Answers

Jawaban:

Yaitu muslim, berakal, sholeh, amanah, dan mengetahui adab serta tata cara memandikan jenazah.

Karya dan janji allah untuk menyelamatkan dunia ini diceritakan dalam

Answers

Jawaban:

disalibnya Tuhan yesus untuk menebus dosa manusia.

penjelasan:

Islam sangat luas. Meski demikian, saat melakukan transaksi ekonomi harus menjaga rambu-rambunya, termasuk menghindari jual beli gharar yang berarti.

Answers

Jual beli gharar harus dihindari karena ketidakpastiannya. Dalam islam jual beli gharar yaitu ketika benda yang dijual belum tersedia. Contohnya menjual burung di angkasa, sedangkan tidak jelas apakah penjual dapat menangkapnya atau tidak.

Pembahasan

Jual beli artinya yaitu kegiatan tukar-menukar uang dengan barang yang diinginkan sesuai dengan rukun dan syarat tertentu.

Dalam surat An Nisa ayat 29 Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu.”

Suka sama suka yang dimaksud adalah dengan keridhoan dan persetujuan kedua belah pihak dalam transaksi jual beli yang dilaksanakan. Lalu, dalam surat Al Baqarah ayat 198 Allah SWT berfirman,

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ

“Tidaklah dosa bagi kalian untuk mencari keutaman (rizki) dari Rabbmu..” (ayat ini berkaitan dengan jual beli di musim haji)

Tak hanya dalil di dalam Al Qur’an, Rasulullah SAW pun bersabda,

“Dua orang yang saling berjual beli punya hak untuk saling memilih selama mereka tidak saling berpisah, maka jika keduianya saling jujur dalam jual beli dan menerangkan keadaan barang-barangnya (dari aib dan cacat), maka akan diberikan barokah jual beli bagi keduanya, dan apabila keduanya saling berdusta dan saling menyembunyikan aibnya maka akan dicabut barokah jual beli dari keduanya”. (HR. Abu Dawud dan Nasa’i, dan shahihkan oleh Syaikh Al Bany dalam shahih Jami no. 2886).

Pelajari Lebih Lanjut
  • Materi tentang rukun jual beli dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/6373363
  • Materi tentang jual beli dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/9371083
  • Materi tentang dalil tentang jual beli dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/10944703

Detail Jawaban

Kelas: 12

Mapel: PAI

Kategori: Fiqih mu'amalah

Kode: 12.14.07

#AyoBelajar

#SPJ2

يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم .
lanjutan potongan ayat di atas adalah ....
وفودها الناس 4
وأقلكم نارا b
والحجارة .c
عليها ملائكة d
غلا e
yans meninakan لايغصون الله ما أمرهم​

Answers

Jawaban:

و اهلكم نارا

Penjelasan:

semoga membantu

Sebutkan ahklak buruk dan baik
Note:
Penjelasan nya yah :)

Answers

Contoh akhlak buruk misalnya ingkar janji, berdusta, sombong, bakhil, pesimis, dan lain-lain.

Contoh akhlak baik misalnya menepati janji, jujur, rendah hati, dermawan, optimis, dan lain-lain.

Pembahasan

Akhlak berasal dari bahasa Arab secara bahasa berarti budi pekerti, sifat, dan perangai. Secara istilah, kata akhlak bisa diartikan sebagai tingkah laku atau sifat seseorang yang muncul karena adanya dorongan dari keinginan orang itu sendiri. Akhlak dibagi menjadi dua yaitu akhlak baik (akhlak terpuji atau akhlakul mahmudah / akhlakul karimah) dan akhlak buruk (akhlak tercela atau akhlakul mazmumah).

Contoh akhlak buruk dan akhlak baik

  • Ingkar janji dan menepati janji

Ingkar janji adalah akhlak buruk. Ingkar janji bisa diartikan sebagai suatu perbuatan tidak menepati janji yang telah dibuat dengan orang lain. Lawan dari ingkar janji adalah menepati janji yang termasuk akhlak baik. Orang Islam yang suka ingkar terhadap janji, maka termasuk ke dalam golongan orang munafik. Seperti yang disebutkan dalam HR. Bukhari Muslim :

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya :

Ciri orang munafik ada tiga yaitu apabila berkata berdusta, apabila berjanji mengingkari, dan apabila dipercaya berkhianat (HR. Bukhari Muslim).

  • Berdusta dan jujur

Berdusta adalah akhlak buruk. Berdusta adalah perbuatan menyatakan sesuatu hal tidak sesuai dengan kebenaran yang ada. Lawan dari dusta adalah jujur yang termasuk akhlak baik. Orang-orang yang selalu bersikap jujur, maka mereka akan didekatkan pada kebaikan dan surga Allah. Seperti yang disebutkan dalam HR. Muslim :

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابً

Artinya :

Hendaknya kalian selalu bersikap jujur. Karena sungguh kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan ke surga. Orang yang selalu jujur dan berusaha memelihara kejujuran, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Dan jauhilah dusta, sungguh dusta akan mengantarkan pada kejahatan dan kejahatan mengantarkan ke neraka, Orang yang selalu berdusta dan memelihara dusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang pendusta (HR. Muslim).

  • Sombong dan rendah hati

Sombong adalah akhlak buruk. Sombong adalah sifat memandang diri sendiri lebih tinggi daripada orang lain. Lawan dari sombong adalah rendah hati yang termasuk akhlak baik. Orang yang meninggal dalam keadaan masih punya sifat sombong, maka orang itu tidak bisa menikmati keindahan dan kenikmatan surga seperti yang disebutkan dalam HR. Ahmad :

مَا مِنْ رَجُلٍ يَمُوْتُ حِيْنَ يَمُوْتُ وَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرٍ تَحِلُّ لَهُ اْلجَنَّةُ اَنْ يَرِيْحَ رِيْحَهَا وَ لاَ يَرَاهَا

Artinya :

Orang yang meninggal dunia dan saat meninggal dalam hatinya masih ada sifat sombong sebesar biji sawi, maka surga baginya tidak halal, ia tidak bisa mencium baunya dan tidak juga melihatnya (HR. Ahmad).

  • Bakhil dan dermawan

Bakhil atau pelit adalah akhlak buruk. Bakhil diartikan sebagai sikap tidak mau memberikan segala sesuatu yang dimiliki untuk orang lain terutama orang yang membutuhkan. Lawan kata bakhil adalah suka memberi atau dermawan. Bakhil bisa menjauhkan manusia dari surga dan manusia lain (sedikit teman) serta mendekatkan manusia kepada neraka seperti dalam HR. Tirmidzi :

السَّخِيُّ قَرِيبٌ مِنْ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنْ الْجَنَّةِ قَرِيبٌ مِنْ النَّاسِ بَعِيدٌ مِنْ النَّارِ وَالْبَخِيلُ بَعِيدٌ مِنْ اللَّهِ بَعِيدٌ مِنْ الْجَنَّةِ بَعِيدٌ مِنْ النَّاسِ قَرِيبٌ مِنْ النَّارِ

Artinya :

Orang yang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan surga, dekat dengan manusia, jauh dari neraka. Dan orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari surga, jauh dari manusia, dekat dengan neraka (HR. Tirmidzi).

  • Pesimis dan optimis

Pesimis adalah akhlak buruk. Pesimis diartikan sebagai sikap berpikiran negatif terhadap sesuatu hal yang jelas belum terjadi. Lawan dari pesimis adalah optimis. Rasulullah SAW sangat menyukai sikap optimis dan orang-orang yang selalu optimis karena sikap pesimis sesungguhnya adalah perwujudan suudzon (prasangka buruk) kepada Allah tanpa alasan yang jelas. Sementara optimis adalah perwujudan sikap husnudzon (prasangka baik) kepada Allah.

Pelajari lebih lanjut
  1. Perilaku terpuji dapat menghindari manusia dari I brainly.co.id/tugas/23577827
  2. Mengapa Allah swt melarang manusia memiliki akhlak tercela I brainly.co.id/tugas/23959184

Detail jawaban

Kelas : 7

Mapel : Agama Islam

Materi : Bab 4 - Akhlak terpuji dan akhlak tercela

Kode kategorisasi : 7.14.4

Kata kunci : Contoh akhlak buruk dan baik.

Bagaimana cara memutuskan pacar secara islami?​

Answers

Jawaban:

jelaskan bahwa dalam agama kita dilarang pacaran cari dalil yg mnjelasakn hal tsb sekian

1. perhatikan qs. an-nahl/16:714 berikut ini! !
كلوا مما رزقكم الله حلالا طيبا واشكروا نعمت الله ان كنتم إياه تعبدون
jelaskan maksud dari lafadz yang bergaris bawah pada ayat di atas!
sobutkan
| |​

Answers

Jawaban:

Makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu dengan halal dan baik, dan bersyukurlah atas nikmat Allah jika kamu beribadah kepada-Nya.

Penjelasan:

maaf ya kalau salah

semoga bermanfaat

Bismillahirrahmanirrohim.

Jelaskan tata cara pengeluaran zakat: a) zakat fitrah
b) zakat mal:
-zakat emas
-zakat hewan​

Answers

Jawaban:

A)

1.Zakat fitrah bisa dibayarkan di dalam bentuk makanan pokok (di Indonesia, umumnya beras) atau uang seharga makanan pokok itu. Besaran zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar 2,5 kg beras.

2.Pembayaran zakat fitrah dapat ditunaikan sejak awal bulan Ramadan, namun biasanya dilakukan 3 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

3.Saat menyerahkannya, harus disertai dengan pembacaan niat zakat fitrah sebagai berikut:

  • Niat zakat dari diri sendiri:

“Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri'an nafsii fardu lillahi ta'aala.”

Arti: "Saya niat mengeluarkan zakat fitrah dari diriku sendiri, fardu karena Allah Ta'ala."

Niat yang dilafalkan orang tua untuk anak perempuan:

  • Niat zakat dari orang tua untuk anak lelaki

“Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri'an waladii (...) fardu lillahi ta'aala.”

Arti: "Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta'ala."

  • Niat zakat dari orang tua untuk anak perempuan

“Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri'an bintii (...) fardu lillahi ta'aala.”

Arti: "Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta'ala."

(SEBENERNYA BANYAK NIATNYA TAPI YANG SERING DIGUNAKAN AJA).

B)

Versi Zakat Mall (Emas)

Nisab zakat mal yang disepakati adalah sebesar 85 gram emas, kadar zakatnya senilai 2,5%. Cara menghitung Zakat Mal adalah: 2,5% x jumlah harta kepemilikan yang telah mencapai haul (1 tahun).

Untuk nisab atau syarat jumlah minimum zakat maal adalah 85 gram jika harta dalam bentuk emas.

Versi Zakat Mall (Hewan)

Harta (hewan ternak) yang akan dizakati adalah 100% milik sendiri, bukan hasil utang atau ada hak orang lain dialamnya.

2.Mencapai haul. Hewan ternak baru boleh dibayar zakatnya jika masa kepemilikan sudah mencapai haul (satu tahun).

3. Dirawat dan digembalakan. Maksudnya sengaja diurus sepanjanh tahun untuk memperoleh susu, daging, dan hasil pengembangbiakannya.

4. Hewan tidak dipakai untuk membajak sawah, mengangkut barang, atau menarik gerobak. Ketentuan ini tertuang dalam sabda Rasul yang artinya: “Tidaklah ada zakat untuk sapi yang digunakan bekerja.” (HR Abu Daud dan Daruqutni).

Nishab dan Kadar

#Kambing, Biri-Biri dan Domba

a. Nisab 40 - 120 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat 1 ekor umur 1 tahun;

b. Nisab 121- 200 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat 2 ekor;

selanjutnya tiap tambahan 100 ekor, kadar zakatnya tambah 1 ekor umur 1 tahun.

#Sapi dan Kerbau

a. Nisab 30 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat, 1 ekor umur 1 tahun;

b. Nisab 40 ekor, haul 1 tahun, kadar zakat, 1 ekor umur 2 tahun.

Selanjutnya setiap bertambah 30 ekor zakatnya bertambah 1 ekor umur 1 tahun dan setiap bertambah 40 ekor, zakatnya tambah 1 ekor umur 2 tahun. Sedangkan ternak lainnya seperti ayam, bebek, burung, ikan, dan lainnya tidak ditetapkan berdasarkan jumlah (ekor) namun skala usaha.

Note:

Jadikan Jawaban Tercerdas!!

SEMOGA BERMANFAAT ✨

ما هه الذ ين
jawaban nya ?​

Answers

Jawaban:

ما هه الذ ين : apa itu ؟

Penjelasan:

maaf kalau salah

Melaka
tulisan arab melayu

Answers

Jawaban:

ملك

Maaf kalo salah

Bang

Pantun dapat disampaikan dalam setiap acara besar ataupun dalam pembukaan.....​

Answers

dalam setiap acara besar ataupun dalam pembukaan puisi

أجيبوا الداعي ولا تتردوا ولا تشربوا المثليين (رواه مسلم) .41 terjemahkan hadits di atas kedalam bahasa indonesia dengan baik!​

Answers

Jawaban:

Artinya: “Penuhilah ajakan orang yang mengundangmu, janganlah kamu menolak hadiah, dan jangan pula memukul (memerangi) orang Islam” (HR. Muslim)

Penjelasan:

Lafadz Hadits:

أِجِيْبُوْا الدَّاعِيَ وَلاَ تَرُدُّوْا الْهَدِيَّةَ وَلاَ تَضْرِبُوْا اْلمُسْلِمِيْنَ (رواه مسلم)

Semoga membantu ^_^

Sebutkan lam takllil atau lam jukhud dalam kalimat ini 1 خرج المجا هدليجا هد في سبيل الله
2لم اكن لأرافقا لأشرار

Answers

Jawaban:

lam ta'lil : ليجاهد

lam juhud : لارافق

Pertanyaan Lainnya
Bagaimana penampilan lukisan 2 dimensi? kls 7 seni budaya​ The contract calls for a $1,000 ___________ for every day we go over the deadline. Perlukah suatu organisasi bisnis mempunyai visi dan misi? jelaskan dengan argumentasi yang raaional​ Adanya kebutuhan yang tak terbatas disertai dengan sumber daya yang terbatas, hal ini akan menyebabkan terjadinya Berilah contoh judul film yang berkaitan dengan politik, sosial, dan budaya​ Eko membelanjakan 25% gajinya setiap bulan.Beliau mendaptkan kenaikan gaji 40% bulan Mei . Jika total pengeluarannya sejak ia mendapatkan kenaikan gaji sampai akhir tahun adalah Rp. 1.120.000, berapakah gaji eko bulan April? A. 3.600.000 B. 4.600.000 C. 1.120.000 D. 3.200.000 Jelaskan kenapa hutan-tanah menjadi tempat tumbuh dan berkembanng ekonomi tapak lapan!.... bidang studi bmr (budaya melayu riau)​ The house usually has a study a bedroom is aroom to... a. play in b. sleep in c. read in c. study in​ 2. selanjutnya bersama seluruh temanmu di kelas hitunglah jumlah jenis usaha yang sudah diidentifikasi tulislah hasilnya di dalam tabel berikut​ Setiap orang akan melakukan usaha untuk memenuhi kebutuhannya. berikuit ini yang bukan merupakan usaha ekonomi perorangan adalah... . a. jasa b. pertanian c. perdagangan d. industri besar tolong di jawan cepat​ Contoh soal dan jawaban bahasa arab tentang istifham Jika diketahui a= (10,4) dan b= (3,1) maka nilai dari 2a-4b adalah....​ Bentuk iringan yang bersumber pada alat alat musik modern disebut iringan​ Mengapa pemberian pinjaman internasional lebih berisiko pada negara berkembang Diketahui m dan n adalah bilangan asli jika 75 m adalah bilangan kuadrat dan 75 n adalah bilangan pangkat 3 maka nilai terkecil dari m + n adalah​ 20. perhatikan bagian neraca pembayaran berikut! 1) pembelian saham orang luar negeri di indonesia 2) ekspor dan impor barang dagang. 3) transaksi jasa-jasa. 4) penanaman modal orang indonesia di luar negeri 5) investasi langsung penduduk luar negeri di indonesia. 6) hasil jasa pariwisata. bagian neraca pembayaran yang merupakan transaksi berjalan ditunjukkan pada nomor a. 1), 2), dan 3) b. 2), 3), dan 4) c. 4), 5), dan 6) d. 1), 3), dan 5) e. 2), 3), dan 6)​ Perhatikan gambar di samping ini! jepang baru saja meluncurkan kereta maglev. kereta ini telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan. selain itu, kereta ini juga memiliki kecepatan maksimal 603 kilometer per jam sehingga menjadi salah satu kereta tercepat di dunia. pada saat melaju, kereta maglev mengambang 10 mm di atas rel. alat transportasi tersebut menggunakan prinsip gaya.... ilmu pengetahuan alam (ipa) - kls. iv​ Sonar dari sebuah kapal di tembakan ke dasar laut bunyi pantul terdengar 6s setelah bunyi asli bila cepat rambat bunyi di air 300m/s tentukan kedalaman laut bantu plis jawabannya 900 bukan?​ Diketahui tiga bilangan yaitu 3x, 2x + 10, dan 25. nilai x agar bilangan-bilangan tersebut menjadi tripel pythagoras adalah .​ Istilah syair berasal dari bahasa arab syi"ir atau syu"ur yang berarti perasaan yang​