frontpage hit counter

Perundang-undangan berikut yang fungsinya melaksanakan perintah undang-undang adalah. A. Undang -undang
b. Tap MPR
C. Peraturan presiden
d. Peraturan daerah ​.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Jawabannya adalah C. Peraturan presiden


Pertanyaan Terkait

Saat ini yang berkuasa adalah oligarki (kelompok kecil yang berlatar belakang pengusaha), menguasai ekonomi Indonesia dan pendekatan yang diakukan dalam bernegara adalah pendekatan kekuasaan bukan pendekatan hukum, Bagaimana cara menyikapi cengkeraman oligarki di semua bidang kehidupan dan termasuk dalam tata kelola negara yang mengabaikan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, dan mengabaikan etika bernegara? Jelaskan dan uraikan berdasarkan ansalisis moral.

Answers

Jawaban:

Menurut pendapat saya, salah satu cara untuk menyikapi cengkeraman oligarki di semua bidang kehidupan termasuk dalam tata kelola negara adalah dengan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sosial dari semua pihak, terutama para pengusaha dan pemimpin negara. Ini bisa dilakukan dengan cara memperkuat peran dan fungsi lembaga-lembaga negara yang bertugas mengawasi dan mengontrol tindakan-tindakan yang merugikan kepentingan masyarakat, seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan lain-lain. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi dan pendidikan, sehingga mereka dapat memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara, serta dapat mengambil keputusan yang tepat dalam pemilihan pemimpin negara dan dalam menentukan arah kebijakan negara.

Dari segi moral, pendekatan kekuasaan yang diadopsi oleh oligarki bertentangan dengan prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, dan keberlanjutan. Oligarki yang mengontrol ekonomi negara akan cenderung memperkaya diri sendiri dan kelompok mereka sendiri, serta mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Hal ini akan menimbulkan ketimpangan dan ketidakseimbangan dalam pembagian kekayaan dan kesempatan, serta menyebabkan munculnya ketidakadilan dan ketidakadilan sosial. Oleh karena itu, perlu adanya usaha-usaha untuk menghapus cengkeraman oligarki dan mengembalikan negara kepada sistem hukum yang diatur oleh aturan-aturan yang adil dan bersifat transparan.

Secara khusus, negara yang mengabaikan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa akan mengalami kegagalan dalam menegakkan nilai-nilai luhur dan menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera. Pancasila merupakan dasar filsafat dan ideologi negara Indonesia yang mengandung lima prinsip dasar, yaitu: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dengan mengabaikan Pancasila, negara tidak lagi mampu menjalankan tug

Buatlah pengalaman pribadi kalian ketika menaati peraturan di kehidupan sehari-hari ​

Answers

Saya pernah mengalami pengalaman ketika saya menaati peraturan di kehidupan sehari-hari. Waktu itu, saya sedang liburan di taman bermain. Di sana ada peraturan yang menyatakan bahwa pengunjung harus memakai sandal atau sepatu untuk bermain di wahana permainan. Saya memutuskan untuk menaati peraturan tersebut. Saya merasa peraturan tersebut penting untuk keselamatan dan kenyamanan pengunjung. Setelah bermain di wahana permainan, saya merasa senang karena bisa menikmati permainan dengan aman dan nyaman. Saya juga merasa bangga karena telah mematuhi peraturan yang ada. Pengalaman tersebut menunjukkan bahwa menaati peraturan dapat memberikan manfaat dan kebahagiaan.

Usaha yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah agar rakyat lebih menaati Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah…. * a. Memberi ampunan kepada pihak yang melanggar b. Memberi sanksi yang berat kepada para pelanggar c. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat d. Memasukkan materi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 kedalam kurikulum sekolah dasar ​

Answers

C. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat

Pemerintah sebaiknya melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat Indonesia. Pilihan B, memberi sanksi kepada para pelanggar tidaklah tepat karena bukan kewenangan pemerintah (eksekutif) melainkan wewenang kepolisian dan juga lembaga yudikatif. Memasukkan materi UUD ke sekolah dasar juga tidak efektif karena pada usia SD sebaiknya diajarkan hal-hal yang lebih ringan dulu seperti tentang norma.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Apakah isi materi pembahasan sidang kedua BUPPKI sesuai dengan tanggal sidang

Answers

bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan undang-undang dasar, ekonomi dan keuangan, serta pendidikan

11. Mereka yang berdasarkan hukum tertentu atau menurut undang-undang merupakan anggota dari suatu negara di a. Penduduk b. Orang asing c. Warga negara d. Bukan penduduk e. Bukan warga negara​

Answers

Jawaban:

C. warga negara

Penjelasan:

Warga negara adalah orang yang merupakan anggota dari suatu negara berdasarkan hukum atau undang-undang. Mereka biasanya memiliki hak-hak politik seperti memilih dan dipilih untuk menjadi wakil rakyat serta memperoleh perlindungan dari negara tersebut. Penduduk dan orang asing adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang tinggal atau berada di suatu wilayah, sementara istilah "bukan penduduk" dan "bukan warga negara" biasanya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang tidak memiliki hak atau kewajiban sebagai warga negara suatu negara.

Menjelaskan fungsi dan makna Pembukaan dari UUD NRI Tahun 1945 secara singkat! bantu kak buat belajar pas besok ​

Answers

Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan bagian awal dari konstitusi Indonesia yang menjelaskan tujuan, cita-cita, dan prinsip-prinsip dasar negara Indonesia.

Fungsi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah sebagai landasan dasar bagi seluruh ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Pembukaan ini juga menjadi panduan bagi pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Makna Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah sebagai identitas nasional dan landasan dari semua aktivitas di Indonesia. Pembukaan ini juga menggambarkan cita-cita dan tujuan dari negara Indonesia, yaitu mencapai kemerdekaan, kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menyebutkan alasan suatu negara memiliki UUD Tahun 1945. Faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum bantu jawab kak untuk belajar besok pas !!​

Answers

UUD Tahun 1945 adalah undang-undang dasar suatu negara yang mengatur sistem pemerintahan, hak asasi manusia, dan sistem hukum di negara tersebut. Salah satu alasan mengapa suatu negara memiliki UUD Tahun 1945 adalah untuk menjadi pedoman dalam mengatur hubungan antara pemerintah, rakyat, dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum dalam suatu negara dapat bervariasi, tetapi beberapa faktor yang sering terjadi antara lain: kurangnya pemahaman tentang hukum yang berlaku, sikap tidak patuh terhadap hukum, adanya korupsi, dan faktor-faktor sosial dan ekonomi lainnya. Pelanggaran hukum dapat mengganggu keseimbangan dan stabilitas suatu negara, sehingga perlu adanya upaya untuk mencegah dan menanggulangi pelanggaran hukum agar tidak terjadi.

Apakah yg menjadi dasar hukum bahwa rakyat harus terut serta dalam kegiatan pemerintahan​

Answers

Jawaban:

segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. - Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Dasar hukum bahwa rakyat harus terlibat dalam kegiatan pemerintahan bisa berbeda-beda menurut negara dan sistem pemerintahan yang berlaku di negara tersebut.

Di beberapa negara, prinsip-prinsip demokrasi menjadi dasar hukum bahwa rakyat harus terlibat dalam kegiatan pemerintahan. Di negara-negara demokrasi, rakyat memiliki hak untuk memilih wakil mereka yang akan menjadi pemimpin pemerintahan, serta hak untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Selain itu, beberapa negara juga mengatur tentang kewajiban rakyat untuk terlibat dalam kegiatan pemerintahan dalam undang-undang yang berlaku. Misalnya, ada negara yang mengatur tentang kewajiban rakyat untuk memilih wakil mereka dalam pemilihan umum, atau mengikuti proses pengambilan keputusan melalui musyawarah.

Jadi, dasar hukum bahwa rakyat harus terlibat dalam kegiatan pemerintahan bisa berasal dari prinsip-prinsip demokrasi atau dari undang-undang yang berlaku di negara tersebut.

Apa yg dimaksud fungsi pengawasan DPR​

Answers

Jawaban:

Fungsi pengawasan DPR RI diarahkan agar kebijakan dan program Pemerintah dilaksanakan untuk dapat melindungi rakyat dan memajukan kesejahteraan rakyat

Apa yg dimaksud pakok kaida negara yg fundamental​

Answers

Jawaban:

Pokok kaidah fundamental negara dalam hal isinya: memuat dasar-dasar negara yang dibentuk, atas dasar cita-cita kerohanian (asas kerohanian negara), serta untuk cita-cita negara (tujuan negara).

Jawaban:Pokok kaidah fundamental merupakan posisi norma dasar negara. Pokok kaidah ini menjadi pedoman dalam bernegara. Pembahasan: Prinsip dasar norma negara dasar adalah posisinya sebagai norma negara dasar.

Pokok kaidah fundamental negara dalam hal isinya:

  • memuat dasar-dasar negara yang dibentuk, atas dasar cita-cita kerohanian (asas kerohanian negara), serta untuk cita-cita negara (tujuan negara).
  • memuat ketentuan diadakannya Undang-Undang Dasar Negara, merupakan sebab berada, sumber hukum bagi Undang-Undang Dasar Negara.

Penjelasan:

#semoga membantu

#jadikan yg terbaik ya :)

Jelaskan makna hak kodrat dalam alinea pertama pembukaan UUD NRI tahun 1945​

Answers

Hak kodrat merupakan suatu istilah yang mengacu pada hak yang melekat pada setiap orang yang harus diakui dan dilindungi oleh hukum. Dalam Alinea Pembukaan UUD NRI tahun 1945, hak kodrat didefinisikan sebagai hak yang melekat pada setiap orang secara lahiriah dan batiniah, tanpa pandang bulu, yang harus diakui dan dilindungi oleh hukum. Hak kodrat diakui oleh UUD NRI sebagai hak yang tidak dapat dikurangi dan dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Hak kodrat memastikan bahwa setiap orang di Indonesia memiliki hak untuk menikmati kebebasan dan hak asasi lainnya.

Alinea Pertama. Pada alinea ini terdapat pernyataan tentang hak kodrat segala bangsa, yaitu hak atas kemerdekaan. Hak kodrat berarti hak yang melekat pada setiap diri manusia di mana pun berada sebagai anugerah dari Tuhan yang Maha Esa

semoga membantu :)

jangan lupa jadikan jawaban terbaik :))

Apa sajakah fungsi pancasila sebagai dasar negara​

Answers

Jawaban:

- Sebagai landasan hukum dan norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

- Ideologi bangsa yang menjadi acuan yang mengatur dan menjadi pandangan hidup

- Sebagai pedoman dan kunci dalam segala bidang, masyarakat maupun politik

1. Menjamin kemerdekaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Mengamankan dan menjamin hak asasi manusia.

3. Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa.

4. Memajukan kesejahteraan umum.

5. Memelihara dan meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Mengamankan dan menjamin kedaulatan negara.

7. Menghormati dan menghargai perbedaan pendapat dan kepercayaan.

Sebutkan tiga demensi pancasila sebagai ideologi terbuka​

Answers

Jawaban:

Dimensi Idealistis

Dimensi Normatif

Dimensi Realistis

Penjelasan:

• Dimenis Idealis => bersifat sistematis,rasional, dan menyeluruh.

• Dimensi Normatif => niali yang terkandung perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma

• Dimensi Rialistis => Ideologi harus mampu mencerminkan realitas

yang hidup dan berkembang

semuah negara dapat berhubungan dengan negara lain dan bertahan dari ancaman negara lain hal tersebut merupakan bentuk kedaulatan ​

Answers

Jawaban:

gi mana cara nya bisa gitu yah

Kenapa pada saat 17 Agustus masyarakat kurang berantusias memasang bendera Indonesia tetapi pada saat piala dunia masyarakat Indonesia sangat berantusias memasang bendera" negara lain​

Answers

Jawaban:

Karena Kesadaran Masyarakat Kurang Disiplin dalam menjujung nama Indonesia.

Penjelasan:

Semoga Membantu

Maaf Ya, Kalo Jawaban Nya Salah

Apa pengertian kreatif, mandiri, displin dan kerja keras

hayo... siapa cepat dia dapat

Answers

Jawaban:

kreatif : nilai dari budaya

disiplin :adalah rasa ketaatan dan kepatuhan terhadap nilai- nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya

kerja keras : tidak mudah pantang menyerah

Penjelasan:

kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan.

mandiri merupakan suatu kemampuan individu untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

kerja keras adalah mengerjakan sesuatu dengan kesadaran dan kemampuan yang tinggi disertai yang memadai sehingga mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Jelaskan mengapa dikatakan bahwa warga negara memiliki kedaulatan tinggi negara ​

Answers

Pengertian Kedaulatan

Kedaulatan dalam Bahasa Inggris disebut sovereignty, dan dalam Bahasa Jerman disebut souveränität. Namun, jika ditelusuri lebih dalam, kedaulatan berasal dari bahasa latin “superanus” yang artinya teratas. Negara dikatakan berdaulat karena kedaulatan merupakan ciri hakiki dari sebuah negara. Bila dikatakan negara itu berdaulat, artinya negara memiliki kekuasaan tertinggi.[1]

Penjelasan:

maaf kalo salah ya

Jelaskan permasalahan mendasar dalam sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia!​

Answers

Jawaban:

Permasalahan mendasar dalam sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah tidak adanya sebuah sistem yang terintegrasi dan komprehensif. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan, seperti undang-undang yang berasal dari berbagai sumber, serta kurangnya koordinasi, kohesi, dan konsistensi antar produk hukum. Di samping itu, sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia juga mengalami kesulitan dalam hal proses pengembangannya. Hal ini disebabkan oleh proses yang terlalu panjang, kompleks, dan rumit, serta berbagai kepentingan politik dan konflik yang berkembang. Proses ini juga menjadi lebih lambat dan tidak efektif karena banyaknya mekanisme yang harus diikuti sebelum sebuah undang-undang dapat ditetapkan. Selain itu, sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia juga mengalami masalah kualitasnya. Undang-undang seringkali mengandung istilah-istilah yang ambigu, tidak konsisten, dan rumit, sehingga berpotensi menimbulkan kesalahpahaman dan konflik.

Jawaban:

yaitu bhineka tunggal Ika pun yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mendidik atau sertifikasi negara'Indonesia kita

Penjelasan:

maaf kalo salah.coba cari di buku ppkn

Pada saat memili hakim konstitusi,lembaga negara yg akan bekerja sama adalah​

Answers

  • DPR
  • DPRD
  • MPR.

Mk bekerjasama dengan lembaga tinggi negara dengan tugas dan wewenang yang diatur oleh undang-undang

jika semuah peraturan pemerinta yg di bentuk tdk sesuai dengan peraturan perundang undangan di atasnya akan di lakukan uji materei l oleh lembag ​

Answers

Jawaban:

Jika semua peraturan pemerintah yang dibentuk tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada di atasnya, maka akan dilakukan uji materi oleh lembaga yang bertugas untuk memeriksa dan menilai keabsahan peraturan tersebut. Uji materi adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengevaluasi apakah suatu peraturan memenuhi persyaratan hukum yang berlaku, seperti kepatutan, kewajaran, keabsahan, dan lain-lain. Jika terdapat ketidakcocokan atau ketidak sesuaian antara peraturan tersebut dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, maka peraturan tersebut dapat dinyatakan tidak sah atau tidak berlaku.

Lembaga yang bertugas melakukan uji materi biasanya adalah Mahkamah Agung (MA) atau Mahkamah Konstitusi (MK). Mahkamah Agung adalah lembaga tertinggi dalam sistem peradilan di Indonesia yang bertugas untuk memeriksa dan menilai keabsahan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sedangkan Mahkamah Konstitusi adalah lembaga yang bertugas untuk memeriksa dan menilai konstitusionalitas dari peraturan perundang-undangan di Indonesia, serta menangani sengketa yang berkaitan dengan hal tersebut.

Jadi, uji materi adalah suatu mekanisme yang digunakan untuk menjamin bahwa peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang berlaku, sehingga dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan menjamin keberlangsungan tata hukum di negara.

Pertanyaan Lainnya
4. Jika diketahui dari barisan geometri suku pertama adalah 4 dan suku ke 4 adalah 32, hitung suku ke 7.​ 14. d. Lintas teknologi Berikut adalah kutipan dari teks di atas "Kau harus membawanya kembali!" Erza gugup. berteriak kalang kabut. Aku Bingung. Tak tau apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku memasuki dimensi alpha. Tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam. 13. Kutipan di atas merupakan struktur cerita fantasi yang berupa a. Orientasi b. Komplikasi c. Resolusi d. Reduksi Berikut adalah kutipan dari teks di atas Kutipan di atas merupakan struktur cerita fantasi yang berupa a. Orientasi b. Komplikasi c. Resolusi d. Reduksi 15. Berdasarkan teks di atas, resolusi dikembangkan dengan a. Lompatan waktu b. Sebab-akibat yang unik c. Kejutan d. Kedamaian 16. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari cerita fantasi adalah a. Fiktif b. Tidak masuk akal c. Tokohnya unik d. Terdapat keajaiban 17. Berisi hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak.​ Hasil dari 75% - 0,2 + 2 2/5​ Pak anton ingin mengirim paling sedikit 1200 kursi dan 400 meja kepada pelanggan nya. Untuk keperluan nya, ia menyewa truk dan colt. Truk mengangkat 30 kursi dan 20 meja, sementara colt mengangkat 40 kursi dan 10 meja. Ongkos sewa truk rp. 700. 000,00 sedangkan ongkos sewa colt rp. 300. 000,00. Tentukan jumlah truk dan colt yang di butuhkan pak anton agar pengiriman minimum! Panjang jarum menit pada sebuah jam adalah 10 cm panjang lintasan jarum jam tersebut setelah berputar selama 6 jam adalah Panjang papan tulis 1,5 meter. Satuan yang digunakan pada pernyataan tersebut adalah Daerah pembuat masakan khas daerah rendang adalah. * 4 poin. Corak seni lukis dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu. Daging sapi yang dibuat dendeng harus terlebih dahulu. Dampak negatif Teknologi Informai dan komunikai (TIK) dalam bidang Pendidikan, kecuali…. Dalam al Qur'an. Yang menerangkan tentang infak adalah surah. Contoh toleransi terhadap perilaku atau kebiasaan baru. Dalam pengertian bahaa Indoneia arti kata mutlak adalah. Corak seni lukis adalah. Seni lukis tiap pelukis. Dalam menghadapi ancaman dalam bidang ekonomi,banga dan negara indoneia telah menetapkan ketentuan dalam paal 33 UUD negara republik indoneia tahun 1945,buatlah 3 ketentuan terebut?. Contoh penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat. Dalam uatu kelompok terdiri dari beberapa orang ering terjadi percekokan eperti yang terjadi antara fadel dan yulia yang merupakan anggota kelompok di ekolah. Mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai beberapa hal. Hal in menunjukkan bahwa gejala oial berifat. Dalam permainan kati pemain di bedakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok. Dan. Dalam permainan teni meja yg di makud bola rotalite adalah. Dalam pencak ilat ujung tumit beradu dan membentuk huruf.