frontpage hit counter

Siapa nama khalifah yang dianggap sebagai pembina Dinasti Abbasiyah ​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Nama Khalifah Tahun kepemimpinan

Abu al-Abbas Abdullah bin Muhammad As-Saffah 750-754

Abu Ja'far Al-Manshur 754-775

Abu Abdullah Al-Mahdi 775-785

Abu Muhammad Al-Hadi 785-786


Pertanyaan Terkait

Tujuan Belanda datang ke Sumbawa adalah a ingin menguasai kekayaan alam Sumbawa
b bekerja sama dengan raja Sumbawa
c Membantu rakyat miskin
d mencari mitra dagang ​

Answers

Jawaban:

a. Ingin menguasai kekayaan alam Sumbawa.

Penjelasan:

Belanda datang ke Sumbawa untuk menguasai sumber daya alam yang dimiliki Sumbawa, seperti bahan tambang dan lainnya. Tujuannya adalah untuk memperkaya Belanda dan meningkatkan kekuatannya sebagai negara kolonial di Asia Tenggara.

Jawaban:

B bekerja sama dengan raja Sumbawa

Penjelasan:

Maaf kalau salah

Belanda masuk ke Sumbawa pada tahun

a 1673
b 1674
c 1675
d 1676 ​

Answers

Jawaban:

a 1673

Penjelasan:

Kompeni Belandaendarat di Tanah Sumbawa pada Tahun 1673 dan setahun kemudian tapatnya 12 Juni 1674, Kerajaan Sumbawa harus kehilangan Seleparang akibat ditandatanganinya perjanjian dengan Kompeni Belanda.

Yang bertugas sebagai Menteri Keuangan adalah
a tau telu
b kalibela
c ranga
d dipati ​

Answers

Jawaban:

d Dipati lah

Penjelasan:

maff ya kak kalo salah setau aku ya itu

Jawaban:

dipatih itu jawabannya

Menteri yang bertugas sebagai menteri pemerintahan adalah a ranga
b dipati
c kalibela
d tau telu ​

Answers

Jawaban:

kayaknya sih kalibela

Penjelasan:

maff lalu salah

Yang termasuk lembaga pemerintahan kerajaan Sumbawa sebelum kontrak politik pada tanggal 14 Mei 1905 adalah a pangantong limaolas
b kalibela
c Ranga
d dipati ​

Answers

Jawaban:

a. Pangantong Limaolas

Penjelasan:

Pangantong Limaolas adalah lembaga pemerintahan kerajaan Sumbawa sebelum kontrak politik pada tanggal 14 Mei 1905. Ini merupakan sistem peraturan berdasarkan adat dan tradisi yang telah diterapkan oleh kerajaan selama bertahun-tahun. Pangantong Limaolas memiliki empat tingkat pemerintahan, yaitu dipati, kalibela, pahlawan, dan pemangku. Masing-masing tingkat memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda dalam mengatur masyarakat Sumbawa. Pangantong Limaolas berfungsi sebagai sistem hukum dan pengadilan untuk menyelesaikan sengketa antara pihak-pihak yang bersengketa.

Jawaban:

b kalibela

Penjelasan:

belajar dong ktl jangan nanya mulu

Raja yg berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa adalah a. dewa bala sawo
b. sultan mahmud
c. dea tumuseng
d. datu jereweh​

Answers

Jawaban:

B. Sultan Mahmud.

Penjelasan:

Sultan Mahmud adalah salah satu pemimpin di Sumbawa yang berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa.

Raja yg berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa adalah a. dewa bala sawo
b. sultan mahmud
c. dea tumuseng
d. datu jereweh​

Answers

Jawaban:

d. datu jereweh

Penjelasan:

Guna mewujudkan ambisinya, Datu Jereweh kemudian mempengaruhi raja – raja dibagian timur Sumbawa tujuannya untuk membantu dan bersama pihak Belanda menandatangani Kontrak Politik guna membatalkan pengangkatan Dewa Mappaconga Mustafa.

semoga bermanfaat :)

Raja yg berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa adalah a. dewa bala sawo
b. sultan mahmud
c. dea tumuseng
d. datu jereweh​

Answers

Jawaban:

d.datu jereweh

Penjelasan:

Pengangkatan Dewa Mappaconga Mustafa sebagai Riwabatang Kesultanan Sumbawa, menjadi penyebab sakit hati Datu Alauddin Datu Jereweh dikarenakan Datu Alauddin / Hasanuddin merasa memiliki hak yang sama dengan datu-datu lainnya dalam wilayah Kamutar Telu. Karena tidak terpilih, Datu Jereweh kemudian menempuh cara lain yang tidak sah menurut hukum adat. Guna mewujudkan ambisinya, Datu Jereweh kemudian mempengaruhi raja-raja di bagian timur pulau Sumbawa. Tujuannya untuk membantu dan bersama pihak Belanda menandatangani Kontrak Politik guna membatalkan pengangkatan Dewa Mappaconga Mustafa.

Nama jabatan untuk pengurus irigasi tradisional pada masa sultan harunnurrasyid 1 adalah a. riwabatang
b. mandor
c. malar
d. kroya

Answers

Jawaban:

Hasan Rasyid Datu Bodi bergelar Dewa Masmawa Sultan Harunurrasyid I (سلطان هارون الرشيد ) adalah Sultan Sumbawa ke-11 bertahta tahun 1777-9 Juli 1791.[

Kerajaan-kerajaan: Seran, Taliwang, dan Jereweh masing-masing merupakan kerajaan vasal dari kerajaan Sumbawa. Pemimpinnya masing-masing disebut Datu Seran, Datu Taliwang dan Datu Jereweh yang biasanya masih kerabat Sultan Sumbawa. Salah seorang dari Datu tersebut dapat ditarik ke pusat sebagai Sultan Sumbawa melalui keputusan permufakatan majelis adat Pangantong Lima Olas.[7]

Kerajaan-kerajaan: Seran, Taliwang, dan Jereweh masing-masing merupakan kerajaan vasal dari kerajaan Sumbawa. Pemimpinnya masing-masing disebut Datu Seran, Datu Taliwang dan Datu Jereweh yang biasanya masih kerabat Sultan Sumbawa. Salah seorang dari Datu tersebut dapat ditarik ke pusat sebagai Sultan Sumbawa melalui keputusan permufakatan majelis adat Pangantong Lima Olas.[7]Menurut silsilah yang dikeluarkan oleh Majelis Adat - Lembaga Adat Tanah Samawa (LATS), Sultan Harun Arrasyid I sebelum menjadi Sultan Sumbawa menjabat sebagai Datu Seran (raja Kedatuan Seran) dengan nama asli Lalu Mahmud atau Datu Budi.[4]

sebelum menjadi Sultan Sumbawa menjabat sebagai Datu Seran (raja Kedatuan Seran) dengan nama asli Lalu Mahmud atau Datu Budi.[4]Sumber lain menyatakan Sultan Harun Arrasyid I sebelum menjadi Sultan Sumbawa menjabat sebagai Datu Jereweh dengan nama asli Mahmud.

Jadi, jawabannya adalah Riwabatang

MAPEL : SEJARAH

KELAS : VII

KATA KUNCI : -

Semoga beruntung

Nama kerajaan Hindu yang pernah menguasai Sumbawa adalah a. dinasti dewa awan kuning
b. dinasti dewa dalam bawa
c. kerajaan goa
d. dewa bala sawo ​

Answers

Jawaban:

c.kerjaan Goa

Penjelasan:

maaf kalau salah

Puteri raja goa yg dipersunting oleh raja Sumbawa yang bernama mas Bantan ( Sultan harunnurrasyid 1 ) adalah a. Siti Aisyah
b. Shafiatudin
c. karaeng panaikang
d. karaeng tanisanga

Answers

Jawaban:

​a. Siti Aisyah

Kekuasaan dinasti awan kuning berakhir pada tahun... a. 1620
b. 1621
c. 1622
d. 1623

bisa bantu jawab??​

Answers

Jawaban:

D.1623

Penjelasan:

dinasti awan kuning berakhir karena telah ditaklukan oleh kerajaan goa

Bagaimana cara anda bersikap kepada orang yang tidak baik kepada anda di lingkungan sekitar!​

Answers

berbicara dengan baik baik lalu beritau yg baik dan benar

Penjelasan:

menurut guweh

Apa hubungan iman Islam dan ihsan?​

Answers

Jawaban:

Hubungan antara iman dan ihsan adalah bahwa seorang muslim harus memiliki iman yang kuat terhadap ajaran-ajaran agama Islam dan juga harus berusaha untuk selalu melakukan perbuatan baik dan bermanfaat bagi orang lain.

13. Agama Islam menghendaki umatnya agar mempunyai sifat tenggang rasa, berarti melarang untuk bersifat .... a. putus asa
b. tamak
c. ananiah
d. tawakal ​

Answers

Jawaban:

D.Tawakal

Penjelasan:

karena tenggang rasa ada sifat yang saling menghormati kepada sesama

abu abdullah Muhammad bin ismail bin Ibrahim bin mughirah al ju'fi bin bardizbah al Bukhori adalah seorang ulama hadis non Arab yang berasal dari​

Answers

Jawaban:

Dia diberi nama Muhammad oleh ayahnya, Ismail bin Ibrahim. Yang sering menggunakan nama asli dia ini adalah Imam Tirmidzi dalam komentarnya setelah meriwayatkan hadis dalam Sunan Tirmidzi. Sedangkan kunyah-nya adalah Abu Abdullah. Karena lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah; dia dikenal sebagai al-Bukhari. Dengan demikian nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'fi al-Bukhari. Ia lahir pada tanggal 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M). Tak lama setelah lahir, dia kehilangan penglihatannya. Dalam satu riwayat, ibunya bermimpi bahwa nabi Ibrahim a.s. mendatanginya seraya berkata "Janganlah kau bersedih, sesungguhnya anakmu akan dapat melihat kembali dikarenakan doamu terhadap anakmu". Dan keesokan harinya, Al-Bukhari pun dapat melihat kembali.

Bukhari dididik dalam keluarga ulama yang taat beragama. Dalam kitab ats-Tsiqat, Ibnu Hibban menulis bahwa ayahnya dikenal sebagai orang yang wara' dalam arti berhati hati terhadap hal hal yang bersifat syubhat (ragu-ragu) hukumnya terlebih lebih terhadap hal yang haram. Ayahnya adalah seorang ulama bermadzhab Maliki dan merupakan murid dari Imam Malik, seorang ulama besar dan ahli fikih. Ayahnya wafat ketika Bukhari masih kecil.

Bukhari berguru kepada Syekh Ad-Dakhili, ulama ahli hadis yang masyhur di Bukhara. Pada usia 16 tahun bersama keluarganya, ia mengunjungi kota suci terutama Mekkah dan Madinah, di mana di kedua kota suci itu dia mengikuti kajian para guru besar hadits. Pada usia 18 tahun dia menerbitkan kitab pertama Kazaya Shahabah wa Tabi'in, hafal kitab-kitab hadis karya Mubarak dan Waki bin Jarrah bin Malik. Bersama gurunya Syekh Ishaq, menghimpun hadis-hadis sahih dalam satu kitab setelah menyaring dari satu juta hadis yang diriwayatkan 80.000 perawi sumber menjadi 7.275 hadis.

Bukhari memiliki daya hafal tinggi sebagaimana yang diakui kakaknya, Rasyid bin Ismail. Sosok dia kurus, tidak tinggi, tidak pendek, kulit agak kecoklatan, ramah dermawan dan banyak menyumbangkan hartanya untuk pendidikan.

Kuiss Hari jumat! 1.Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu ?
2.Siapa penemu listrik?
3.Siapa yg membuat lampu pertama kali?​

Answers

Jawaban:

1.Alexander Graham bell dikenal sebagai penemu telepon

2.William Greener,schuyler wheeler,Henry m. leland

3.thomas edison

Kakek Bantal adalah julukan dari masyarakat kepada Maulana Malik Ibrahim. Beliau mendapat julukan tersebut karena A. mengajarkan murid-muridnya dan juga memberi tempat tinggal agar memudahkan mereka mengikuti pengajian dan belajar
B. sangat menyayangi dan dekat dengan orang yang kurang mampu
C. termasuk ulama dan juga pedagang yang ahli dalam bidang tenun kain/pakaian
D. adalah orang yang pertama sekali menciptakan istilah walisongo dan mengajak beberapa muridnya untuk bergabung menyebarkan islam di Jawa.​

Answers

Jawaban:

Sunan Gresik disebut Kakek Bantal karena setiap kali mengajari santrinya, selalu meletakkan Al Quran di atas bantal sebagai penopangnya.

Jawaban:

D. adalah orang yang pertama kali menciptakan istilah wali songo dan mengajak beberapa muridnya untuk bergabung menyebarkan Islam di Jawa

Penjelasan:

sunan Gresik adalah anggota pertama yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa .

Ia merupakan tokoh sentral yang penyebar Islam di Jawa,yang jejaknya diikuti oleh anak ,cucu, serta murid murid nya.

segitu aja ...

Tiga khalifah yg masyhur/terkenal dan mencapai puncak keemasannya pada Daulah Abbasiyah adalah a. Abu Ja'far Al Mansyur, Harun Ar Rasyid, Al Mutawakkil

b. Abu Ja'far Al Mansyur, Harun Ar Rasyid, Al Makmun

c. Al Mu'tashim, Harun Ar Rasyid, Al Makmun

d. Abu Ja'far Al Mansyur, al Musta'shim billah, Al Makmun

Answers

Jawaban:

Pilihan jawaban yang benar adalah (b), yaitu Abu Ja'far Al Mansyur, Harun Ar Rasyid, Al Makmun. Pilihan jawaban (a) dan (c) salah, karena Al Mutawakkil dan Al Mu'tashim bukan khalifah yang masyhur dan mencapai puncak keemasannya pada Daulah Abbasiyah. Pilihan jawaban (d) juga salah, karena al Musta'shim billah bukan khalifah yang masyhur dan mencapai puncak keemasannya pada Daulah Abbasiyah.

Penjelasan:

Tiga khalifah yang masyhur dan mencapai puncak keemasannya pada Daulah Abbasiyah adalah Abu Ja'far Al Mansyur, Harun Ar Rasyid, dan Al Makmun.

Daulah Abbasiyah adalah sebuah kerajaan Islam yang berpusat di Baghdad, Irak. Daulah ini merupakan salah satu masa keemasan dalam sejarah Islam, karena pada masa itu banyak terjadi perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi.

Di Daulah Abbasiyah, terdapat beberapa khalifah yang masyhur dan mencapai puncak keemasannya. Khalifah-khalifah tersebut antara lain Abu Ja'far Al Mansyur, Harun Ar Rasyid, dan Al Makmun. Ketiga khalifah tersebut merupakan khalifah yang dianggap paling berhasil dalam memimpin Daulah Abbasiyah pada masanya.

Siapa gubernur waktu DOM di Aceh. ? a. Abdullah Puteh b. Jojon c. Irwandi d. Jendral e. Mudakir Manah.

Answers

Jawaban:

A. Abdullah puteh

Penjelasan:

abdullah puteh menjabat dari november 2000 - 19 juli 2004

Pertanyaan Lainnya
25. Teks eksposisi itu sendiri bisa disaksikan di beberapa media massa, seperti…. a. koran b. televisi c. radio d. siaran langsung e. internet 26. Salah satu contoh pola pengembangan teks eksposisi adalah analogi. Yang dimaksud teks analogi adalah…. a. memaparkan sesuatu dengan jelas b. menjelaskan tata cara melakukan sesuatu c. menguraikan maksud dan tujuan d. menilai penyajian teks eksposisi e. memaparkan sesuatu dengan menggunakan penyamaan atau perbandingan agar lebih jelas 27. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang…. a. ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum b. suatu fakta c. realita kehidupan d. opini dari para tokoh e. kehidupan tokoh penting 28. Salah satu tujuan dibuatnya teks anekdot adalah untuk…. a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya b. menghibur pembacanya c. menghilangkan stres d. refresing dari berbagai aktivitas e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya 29. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali…. a. bersifat menghibur b. mengungkapkan kebenaran yang lebih umum c. bersifat mengejek seseorang d. terilhami dari kejadian nyata e. bersifat sindiran alami 30. Perhatikan teks berikut! Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot. Makna tersirat dari teks tersebut adalah…. a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri, tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya. d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat e. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot. 31. Berikut ini termasuk cara memperoleh bahan-bahan refrensi untuk teks anekdot, kecuali…. a. koran b. internet c. lawakan d. observasi e. imajinasi 32. Kegiatan mengoreksi teks yang sudah dibuat berdasarkan kesesuaian isi dengan topic, kaidah, dan bahasa. Hal ini termasuk salah satu langkah dalam…. a. merevisi teks anekdot b. menyunting teks anekdot c. pengendapan ide teks anekdot d. memberi judul teks anekdot e. menentukan tema teks anekdot 33. Kalimat berikut yang temasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah…. a. Katakanlah hal kebenaran b. Perhatikan kehidupan orang miskin c. kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depan d. Di sebuah desa, tinggalah seorang ibu dan anaknya e. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah 34. Perhatikan kalimat berikut! Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulauan asap di dapur. Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian…. a. abstraksi b. orientasi c. krisis d. reaksi e. koda 35. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut! Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan. Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah…. a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan ”blusukan” ke daerah-daerah banjir. b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput. e. Darman makin semangat menyerahkan bingkisan. 36. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang berati…. a. mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan logika umum, ada juga yang menyebut fantastis b. mengunakan bahasa yang diulang-ulang c. pengarangnya tidak dikenal d. meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik e. menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/kerajaan wajib dikerjain semua no nyontek المكتبة بين مصلي و الفصل terjemahkan ke bhs.indonesia​ Sebuah garis melalui titik (3,7) dan bergradien 6. Persamaan garis tersebut adalah ...​ Penyelesaian dari persamaan 1/3X =4 adalah Kalau soal ujian kita berjumlah 30 soal. dan kita salah 21 soal. nilai nya berapa? ​ larutan 0,1 molar suatu asam lemah menimbulkan tekanan osmosis 2,88 atm pada suhu 27°C (R = 0,08). jika asam itu hanya terionisasi 10°/°, hitunglah jumlah ion (n) dari asam tersebut​ Buatlah 5 buah soal tentang sel buatlah 5 buah soal tentang reproduksi //maaf ya yang tadi salah​ 1. bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa alam ,bencana alam ada banyak sekali jenisnya,namun secara umum dibagi 3 kelompok jenis bencana, yaitu bencana alam geologi,bencana alam meteorologi,dan bencana alam ekstraterestrial .buat lah 2 contoh dari ketiga jenis bencana alam tersebut? 2.sebutkan utk bagian permukaan bumi dalam ilmu geografi terdiri atas dua yaitu ruang dan wilayah.wilayah dapat disimpulkan sebagai objek dan perwilayahan menunjukkan proses terbentuknya objek .jelaskan apa itu wilayah formal dan fungsional beserta contohnya?​ 13. Berikut ini termasuk mengevaluasi unsur kebahasaan dalam teks anekdot, kecuali.... a. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai dengan laras dan sifatnya. b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain. c. Mempertanyakan apakah ejaannya betul atau sudah sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia. d. Mempertanyakan apakah struktur kalimatkalimatnya sesuai dengan kaidah. e. Mempertanyakan apakah ada kalimat yang efektif atau tidak baku, apakah ada kalimat yang kurang santun. 14. Makna yang terkandung atau tersembunyi merupakan pengertian dari… a. makna b. makna tersirat c. makna tersurat d. teks e. struktur teks 15. Hikayat biasanya memiliki amanat yang mutlak, yaitu pelajaran mengenai perjuangan, kejujuran, dan budi luhur lainnya, serta ditulis secara…. a. eksplisit b. implisit c. tersurat d. tersirat e. terbuka 16. Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta…. a. kebaikan dari tokoh b. keindahan dari unsur kebahasaan c. kebaikan dari isi hikayat d. kesan bagi si pembaca e. penyampaian yang baik 17. Keterangan tempat, waktu, dan suasana yang mendasari sebuah cerita. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…. a. latar b. setting c. alur d. penokohan e. sudut pandang 18. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk…. a. cerita b. buku c. kisah hidup d. novel dan cerpen e. kisah realita manusia 19. Buku-buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan…. a. kenyataan b. opini publik c. pendapat para pakar buku d. masukan dari pebisnis e. motivator 20. Buku motivasi sering ditulis oleh…. a. seseorang b. pengarang c. penulis d. motivator e. penyair 21. Dalam membuat karangan eksposisi, penulis, harus mengetahui perincian tentang suatu topic yang harus dibahas, kemudian membagi perincian tersebut berdasarkan…. a. urutannya b. urutan kronologinya c. urutan waktu d. tempat kejadian e. peristiwa yang abadi 22. Teks berikut yang termasuk dalam jenis teks eksposisi berita adalah…. a. Kebijakan pemerintah sering kali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya, kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti in akan menuntun rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya. b. Para penjual makanan mengeluh atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikan harga makanan yang mereka jual. c. Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Pencuri handal diancam hukuman penjara 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang Negara hanya dihukum 1 tahun penjara. d. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain. e. Temulawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Habitat tanaman ini berada di hutan tropis. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempuanyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kangker, dan lain-lain. 23. Suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari…. a. eksposisi proses b. eksposisi klasifikasi c. eksposisi pertentangan d. eksposisi definsi e. eksposisi ilustrasi 24. Perhatikan teks berikut! Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap, atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi…. a. teks b. analisis c. berita d. perbandingan e. proses wajib di kerjain semua sebuah benda yang memiliki massa 720gram memiliki volume maksimal 360cm³. maka tentukanlah jenis benda tersebut!​ 25. Kita diperintahkan untuk berdzikir atau mengingat Allah sebanyak- banyaknya, namun harus mengikuti adab-adab dalam berdzikir yaitu, kecuali... a. Suara lembut b. Rendah hati c. Rasa takut d. Suara lantang​ 5. Jelaskan proses respirasi pada makhluk hidup antara respirasi aerob dan anaerob ? Jawab:​ Andi pegawai tidak tetap selama 15 hari dan memperoleh gaji harian pada PT. Cahaya, gaji hariannya 460.000, dan Andi statusnya kawin tanpa anak dan andi tidak memiliki NPWP Hitung berapa PPh 21 yang di potong oleh PT. Cahaya selama 15 hari Andi bekerja? Q:18) iuran listrik bulanan anak kost setiap tahun mengalami peningkatan sebesar Rp 8.000,00 dari tahun sebelum nya. Jika iuran listrik pada tahun pertama Rp 20.000,00 perbulan, berapa besar listrik perbulan pada tahun ke-5? A:) Rp 25.000,00 B:) Rp 34.000,00 C:) Rp 52.000,00 D:) Rp 67.000,00 E:) Rp 88.000,00​ Tolong buatlah 5 kalimat Khobar muqaddam, mubtada Khobar dengan Naat dan jar majrur 1. Saat akan membuat teks hasil observasi, terlebih dahulu perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teks observasi, seperti…. a. mengetahui objek dengan baik b. menilai objek secara keseluruhan c. mengamati objek yang akan diobservasi d. melakukan penelitian terhadap objek e. meneliti objek dengan sesame 2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan…. a. kelas kata b. paragraf c. hubungan antarkalimat d. hubungan antarparagraf e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya 3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara…. a. tersusun baik b. sistematis c. terprosedur d. terealisasi e. terarah dan terencana 4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagianbagian yang ada dalam sebuah…. a. teks b. teks deskripsi c. teks narasi d. teks argumentasi e. teks laporan 5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali…. a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan c. merupakan sumber informasi d. merupakan bahan untuk pendokumentasian e. merupakan hasil analisis dari teks laporan 6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali…. a. kalimat tanya b. kalimat simple c. kalimat kompleks d. kalimat definisi e. kalimat deskripsi 7. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah sifat informatif, artinya…. a. teks laporan hasil observasi sesuai dengan kenyataan b. teks laporan hasil observasi sesuai fakta c. teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun d. teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa e. teks laporan hasil observasi menggunakan bahasa ilmiah 8. Perhatikan teks berikut! Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah…. a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. b Bencana alam dapat terjadi dimanapun, tak terkecuali di Indonesia. c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam. e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. 9. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut! Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulangulang dengan cara yang sama. Isi teks tersebut adalah siklus…. a. peresapan air b. penggumpalan awan c. penyinaran matahari d. terjadinya hujan e. terjadinya laut 10. Perhatikan teks berikut! Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM. Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi…. a. proses b. klasifikasi c. ilustrasi d. perbandingan e Abtrak 11. Perhatikan teks berikut! Metode cara belajar yang baik adalah belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktifvitas belajar dengan kuantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisian harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan air dalam jumlah banyak, pasti banyak juga air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol. Teks tersebut termasuk pola pengembangan teks eksposisi…. a. analogi b. contoh c. sebab-akibat d. akibat-sebab e. generalisasi jawabnya harus semua 3. Jelaskan istilah Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC)? Jawab:​ . يأيها الذين ءامنوا إن تنصروا الله ينصركم ويثبت أقدامكم Ayat tersebut menunjukkan sifat Allah .... A. al-Malik C. al-Qoyyum B. al-Qowiyy D. al-Hakim tolong dijawab detil kelas 5 pelajaran akidah akhlak ​ Himpunan dari (x) =6 adalah Disajikan peta Kawasan Asia Tenggara, peserta didik diminta untuk menunjukkan negara-negara ASEAN yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara Maritim ?​