frontpage hit counter

Suatu balok memiliki ukuran 12,5 cm × 2cm × 4cm. Jika diketahui balok tersebut memiliki massa 40 gram. Berapakah massa jenis balok tersebut? (Nyatakan dalam kg/m³) ?

Jawaban

Jawaban 1

Penjelasan:

volume balok

ubah ke m³, menjadi

.

.

massa jenis didapat dari

.

yak sekian

  • semoga harimu penuh dengan rumus


Pertanyaan Terkait

7,5 jengkal berapa cm?​

Answers

Jawaban:

171,45 sentimeter

Penjelasan:

no liat google ya google sy error

Jawaban:

171,45 cm

Penjelasan:

maaf kalo salah...

Pada saat kamu menulis,terjadi gaya berbentuk.... A.Tarikan
B.Dorongan
C.Tekanan
D.Pegas

NGASAL di report!​

Answers

Jawaban:

A.Tarikan

Penjelasan:

maaf kalo salah

pada saat kamu menulis,terjadi gaya berbentuk....

JAWABAN

b. dorongan

dua benda bermuatan listrik berjarak 3 cm di udara mempunyai gaya sebesar F. Agar gaya yang bekerja antara kedua muatan menjadi ¼ F, maka jarak keduanya adalah​

Answers

Jawaban:

3¼ jawabannya

Penjelasan:

kalo salah maaf ya

Perhatikan gambar sebuah bidang miring yang memiliki ketinggian 5 m dengan sudut kemiringan 30°. Permukaan bidang miring tersebut memiliki koefisien gesek kinetic yaitu 0,3. Dipuncak bidang miring terdapat sebuah balok bermassa 2 kg yang mulanya diam. Balok tersebut kemudian meluncur 10 m menuruni keseluruhan bidang miring dan mencapai lantai datar yang licin. Hitunglah usaha oleh setiap gaya yang berlaku pada balok.​

Answers

Jawaban:

0,3

Penjelasan:

Untuk menghitung usaha oleh setiap gaya yang berlaku pada balok di atas, pertama-tama kita perlu mengetahui gaya-gaya apa saja yang berlaku pada balok tersebut. Pada kasus ini, kita dapat menghitung gaya-gaya yang berlaku pada balok tersebut dengan menggunakan hukum-hukum fisika yang berlaku.

Pada saat balok meluncur menuruni bidang miring, beberapa gaya yang berlaku pada balok tersebut antara lain:

Gravitasi: Gravitasi adalah gaya tarik menarik yang diberikan oleh bumi terhadap benda-benda di sekitarnya. Pada kasus ini, gaya gravitasi yang berlaku pada balok adalah gaya tarik menarik yang diberikan oleh bumi terhadap balok. Gaya gravitasi ini akan selalu berpengaruh pada balok selama balok tersebut berada di bawah pengaruh bumi.

Gesekan: Gesekan adalah gaya yang diberikan oleh permukaan bidang miring terhadap balok selama balok tersebut meluncur di atas permukaan tersebut. Pada kasus ini, gaya gesekan yang berlaku pada balok adalah gaya yang diberikan oleh permukaan bidang miring terhadap balok selama balok tersebut meluncur di atas permukaan tersebut. Gaya gesekan ini akan selalu berpengaruh pada balok selama balok tersebut meluncur di atas permukaan bidang miring.

Untuk menghitung usaha oleh setiap gaya yang berlaku pada balok, kita dapat menggunakan rumus usaha, yaitu usaha = gaya x perpindahan. Untuk menghitung usaha yang diberikan oleh gaya gravitasi, kita dapat menggunakan rumus usaha gravitasi, yaitu usaha gravitasi = massa x percepatan gravitasi x perpindahan. Karena percepatan gravitasi bumi adalah konstan dan bernilai 9,8 m/s^2, maka usaha gravitasi yang diberikan oleh gaya gravitasi pada balok adalah 2 kg x 9,8 m/s^2 x 10 m = 196 kgm/s^2.

Untuk menghitung usaha yang diberikan oleh gaya gesekan, kita dapat menggunakan rumus usaha gesekan, yaitu usaha gesekan = gesekan kinetik x perpindahan. Karena koefisien gesek kinetik permukaan bidang miring adalah 0,3, maka usaha gesek

Koki Juna membuat telur mata sapi menggunakan wajan anti lengket (teflon) sehingga tidak memerlukan minyak. Perubahan yang terjadi pada telur karena telur mendapatkan kalor dari api dengan cara …. A. radiasi
B. konveksi
C. konduksi
D. konduksi dan radiasi​

Answers

Jawaban:

B.konduks..................

Jawaban:

C. konduksi

Penjelasan:

Semoga benar jadikan jawaban terbaik yaa..

Pernyataan-pernyataan di bawah ini berkaitan dengan karakteristik sinar x: 1) Dibandingkan oleh aktivitas inti atom yang bersifat radioaktif
2) Memiliki frekuensi di atas frekuensi sinar tampak
3) Dapat menembus jaringan kulit
Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor

A. 1 dan 2
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 3
D. 1 dan 3

Answers

Jawaban:

C. 2 dan 3

Penjelasan:

  • Untuk sinar-X bukan dihasilkan dari inti atom melainkan karena adanya elektron yang ditumbukkan ke logam elektrode sehingga menghasilkan sinar-X.
  • Memiliki frekuensi di atas sinar tampak karena dari panjang gelombang yang relatif pendek dari sinar lainnya seperti sinar ultraviolet, sinar tampak, atau microwave. Sinar-X memiliki frekuensi lebih rendah dari sinar gamma.
  • Sinar-X dapat digunakan di bidang kedokteran untuk rontgen organ tubuh bagian dalam, itulah mengapa sinar-X juga sering disebut sinar rontgen.

Seorang anak memiliki ciri-ciri gejala yang ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat, perubahan warna kulit serta rambut, gangguan pada hati, serta timbulnya anemia. Berdasarkan ciri-ciri tersebut si penderita kekurangan .... plissss jawab yang bener ​

Answers

Jawaban:

kekurangan gizi

Penjelasan:

maaf klo salahh

Sebuah mobil melaju dengan kelajuan rata-rata 120 km/jam selama 60 menit. Jarak yang ditempuh mobil tersebut adalah .... A. 2 km B. 4 km C. 120 km D. 180 km​

Answers

Cara mencari suatu jarak ialah dengan mengakalikan kecepatan dengan waktu.

Rumus:

s = v × t

Penyelesaian:

60 menit = 1 Jam

Maka :

120 km/jam × 60 menit

= 120 km/jam × 1 jam

= 120 km × 1

= 120 Km

Alasan kalimat "jam" hilang pada penjumlahan yang saya tebalkan karena sesama jam bisa dibagi kalimat " jam " disitu bisa kita anggap suatu bilangan yang memiliki nilai yang sama, maka jika kedua bilangan dibagi hasilnya adalah 1, jadi kalimat " jam " tidak perlu dituliskan kembali.

Jelaskan konsep pergerakan partikel dalam menjelaskan penomena yang terjadi di sekitar​

Answers

Jawaban:

Pergerakan partikel merupakan salah satu konsep dasar dalam fisika yang menjelaskan bagaimana partikel-partikel (baik itu elektron, atom, molekul, benda padat, cair, atau gas) berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Pergerakan partikel dapat terjadi secara alami atau dapat dipicu oleh adanya gaya-gaya yang bekerja pada partikel tersebut. Pergerakan partikel dapat dijelaskan dengan menggunakan hukum-hukum fisika seperti hukum Newton tentang gerak dan hukum-hukum termodinamika.

Penomena yang terjadi di sekitar dapat diterangkan dengan menggunakan konsep pergerakan partikel. Misalnya, pergerakan partikel di dalam gas dapat menjelaskan bagaimana gas dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain, atau bagaimana gas dapat terbakar ketika terkena panas.

Sedangkan pergerakan partikel di dalam cairan dapat menjelaskan bagaimana cairan dapat mengalir dan mengalami tekanan, serta bagaimana cairan dapat menyerap panas. Pergerakan partikel juga dapat menjelaskan bagaimana partikel-partikel di dalam benda padat dapat berinteraksi satu sama lain, sehingga menyebabkan benda padat memiliki sifat-sifat mekanik seperti kekerasan dan kekakuan.

Benda bergerak dengan kecepatan 2 m/s, kemudian kecepatannya berubah secara beraturan menjadi 5 m/s selama 10 s. Tentukan percepatan rata-rata dari t = 0 sampai dengan t = 10 s!​

Answers

percepatan rata-rata = 0,3 m/s²

pembahasan :

vo = 2 m/s

vt = 5 m/s

t = 10 s

a = ?

vt = vo + at

5 = 2 + a(10)

10a = 3

a = 0,3 m/s²

Proses perubahan wujud zat dalam skala partikel​

Answers

Jawaban:

Proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dapat terjadi melalui beberapa cara, diantaranya:

  1. Pemanasan (Heating) adalah proses perubahan wujud zat dengan menambahkan panas pada zat tersebut. Misalnya, es akan mencair menjadi air ketika dipanaskan.
  2. Penurunan suhu (Cooling) adalah proses perubahan wujud zat dengan mengurangi suhu zat tersebut. Misalnya, air akan menjadi es ketika diturunkan suhunya.
  3. Pembekuan (Freezing) adalah proses perubahan wujud zat dengan mengubahnya menjadi padatan dengan cara mengurangi suhu zat tersebut hingga di bawah titik beku. Misalnya, air akan menjadi es ketika dipanaskan hingga suhu di bawah 0 derajat Celsius.
  4. Pengembunan (Condensation) adalah proses perubahan wujud zat dengan mengubahnya menjadi cair dengan cara mengurangi tekanan atau menambahkan panas pada zat tersebut. Misalnya, uap air akan menjadi air ketika tekanannya diturunkan atau dipanaskan.
  5. Pengeringan (Drying) adalah proses perubahan wujud zat dengan mengubahnya menjadi padatan dengan cara mengurangi kadar air pada zat tersebut. Misalnya, lumpur akan menjadi tanah kering ketika dikeringkan.
Perubahan Wujud Zat Berdasarkan Teori Partikel

Saat zat padat dipanaskan, mengakibatkan partikel-partikel zat padat bergerak lebih cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Akibatnya partikel-partikel dapat berpindah tempat menyebabkan wujud zat berubah dari padat menjadi cair.

10 cm 3 cm 2 cm Jika massa balok logam 90 gram, maka berapakah massa jenis balok tersebut (gr/cm³)?​

Answers

Penjelasan:

Diketahui :

V= 10cm×3cm×2cm = 60 Cm³

M= 90 gram

Ditanya = Massa Jenis ?

Jawab =

Massa Jenis = Massa : Volume ( M/V

Massa Jenis = 90 : 60 = 1,5 gr/cm³

Dr. Rian mengukur kesehatan pasiennya dengan tensimeter sebesar 120/80 mmHg. Dari pernyataan di atas : besaran , nilai dan satuan yang benar berturut-turut adalah . . . . * A. tekanan darah, 120/80 dan mmHg B. tekanan darah, mmHg dan 120/80 C. 120/80, tekanan darah dan mmHg D. mmHg, tekanan darah dan 120/80.​

Answers

Jawaban: A. Tekanan darah, 120/80 dan mmHg

seorang anak sedang bermain karet ketapel,maka energi yang di miliki ketapel yang di regangkan adalah energi​

Answers

Jawaban:

seorang anak sedang bermain karet ketapel,maka energi yang di miliki ketapel yang di regangkan adalah energi Potensial.

Penjelasan :

energi ini terjadi karena adanya Karet ketapel yang dapat melontarkan batu karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan Tersebut.

___

Jawaban:

Karet ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. Karet ketapel dapat melontarkan batu karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan.

maaf kolo salah ya

Berikut ini yang termasuk contoh peristiwa menguap dalam kehidupan sehari-hari adalah... * a. Memasak air hingga mendidih b. Memasukkan air ke dalam freezer c. Menyimpan kapur barus d. Terdapat air di daun tanaman pada pagi hari​

Answers

Jawaban:

Berikut ini yang termasuk contoh peristiwa menguap dalam kehidupan sehari-hari adalah...

a. Memasak air hingga mendidih

Penjelasan:

pada saat memasak air yang mendidih uap air dapat ditemukan diatas tutup panci.

Jawaban:

a.memasak air hingga mendidih

Penjelasan:

semoga membantu

1. Yang termasuk gerak nasti adalah... a. gerak membuka dan menutupnya stomata
b. membukanya buah polong tua
c. gerak spermatozoid tumbuhan paku
d. gerak pertumbuhan batang ke arah cahaya

2.Gerak pada tumbuhan yang faktor penyebab nya belum diketahui adalah...
a. gerak higroskopis
b. gerak koloid protoplasma
c. gerak tigmotropisme
d. gerak menutupnya daun

tolong jawab ya ​

Answers

Jawaban:

1) c. gerak spermatozoid tumbuhan paku

2) b.gerak koloid protoplasma

semoga bisa membantu

Dua orang dewasa mendorong sebuah mobil yang mogok hingga berpindah sejauh 25 m dengan gaya masing-masing 55 N, besar usaha yang dilakukan oleh gaya kedua orang tersebut adalah… A. 1.275 N
B. 1.375 N
C. 2.500 N
D. 2.750 N​

Answers

Jawaban:

D. 2750 J

Penjelasan:

s = 25 m

F = 55 N

Usaha yang dilakukan kedua orang = ____?

Jawab :

W = ΣF × s

W = (2 × 55) × 25

W = 110 × 25

W = 2750 J

Gerak pada tumbuhan yang termasuk fotonasti adalah....
a. mekarnya bunga kaktus pada malam hari
b. mekarnya bunga menuju cahaya
c. mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu
d. gerak pertumbuhan batang ke arah cahaya ​

Answers

JAWABAN DI SINI YA !!!

d. mekarnya bunga menuju cahaya

Pertanyaan 1. Seorang pekerja akan memindahkan DRUM berisi minyak keatas truk yang beratnya 200 N, Panjang papan yang digunakan 5 M, dan tinggi bak truk dari atas tanah 2 M. Berapakah GAYA yang diperlukan oleh pekerja tersebut.?​

Answers

Jawaban:

80 N

Penjelasan:

w = 200 N

s = 5 m

h = 2 m

F = ?

KM bidang miring = s/h= w/F

s/h = w/F .....(dikali silang)

s×F = h×w

5×F = 2×200

F = 400/5

F = 80 N

Semoga Membantu

Beda potensial antara dua titik yang bermuatan pada kawat penghantar sebesar 3 volt. Jika di antara dua titik tersebut dipindahkan muatan sebesar 90 C, maka besarnya energi listrik untuk memindahkan muatan adalah​

Answers

Jawaban:

270 J

Penjelasan:

Diketahui:

v=3volt

q=90 c

Ditanya: W?

Dijawab:

w=v.q

w=3.90=270 J

#SemangatBelajar

#JawabanTerbaik

Pertanyaan Lainnya
menurutmu apakah jenis dan intensitas dalam beraktivitas mempengaruhi frekuensi denyut jantung? jelaskan!​ Biaya dan... merupakan faktor yang menjadi masalah dalam... ​ -buatlah kata yg tidak mengerti!...... minimal 30 kata -bahasa inggris -kelas 7b -chapter 4 ​ Jika suatu fungsi dirumuskan dengan () = 2 + 3 dan nilai () = 21, maka nilai adalah​ Negara negara du kawasan asia yang sering terkena bencana? 1. X + 2y = 10 2. 3X - 6y = 7 3. 2X - y = 5 4. y = 2X - 3 Yang merupakan pasangan garis sejajar adalah... a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4​ Sebutkan 3 kebiasaan tidak hemat listrik ​ 2 1/4 : 3 1/3 =..... Pakai Cara Yang Lengkap!! 1. Pengertian teks tanggapan? 2. Apa tujuan dari sebuah teks tanggapan? 3. Apa Ciri-ciri teks tanggapan? 4. apa perbedaan tanggapan dan saran? 5. Berikan contoh tanggapan kritik!​ 3. Perhatikan ayat berikut! maksud QS. al-Mudatstsir (74) : 4 adalah ... A. Perintah membersihkan jiwa B. Perintah membersihkan pakaian C. Perintah membersihkan lingkungan rumah D. Perintah membersihkan lingkungan sekitar​ TOLONG BANTU YA KAK PENERAPAN PANCASILA SEBAGAI MORAL PEMBANGUNAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH ADALAH Sebagai anak kita juga bertanggung jawab atas kelestarian Allah dengan... A.membuang sampah B.membersihkan rumah dan sekolah C.memelihari hewan ciptaan Tuhan D.menanam bunga dan pohon di perkarangan rumah tlg dijwb...​ Bentuk sederhana dari 8k+9l-5k+l adalah ​ Tentukan persamaan garis melalui titik (-2,3) dan sejajar dengan garis yang persamaan nya 2x-3y+4=0​ Nama seorang perwira Jepang yg rumah nya dipakai untuk menyusun naskah proklamasi siapa? Ana mempunyai pita sepanjang 9 5/12 kemudian, ana memberikannya kepada Siska sepanjang 3 3/12meter tentukan sisa milik Siska ​ Penyelesaian persamaan 2( x+2)=12 untuk x Anggota bilangan bulat adalah​ Jarak rumah amar dengam sekolah adalah 2,5km. pada denah tertulis 5 cm. skala peta yang di gunakan adalah .... pakai cara Apa nama latin dari garam dapur​ Sebuah taman berbentuk persegi ukuran sisi pada gambar 7,5cm dengan skala 1:800​