frontpage hit counter

Hutan Bakau Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.
Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.
Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan.
Hutan bakau memiliki ciri yang khas. Hutan ini terlindung dari gelombang besar. Selain itu, hutan bakau juga terlindung dari arus pasang surut laut yang kuat. Hutan bakau yang terletak di perbatasan laut dan muara sungai memiliki kadar garam payau. Di samping itu, ciri khas lain hutan bakau adalah berawa-rawa.
Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam. Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat hidup biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber mata pencaharian. Hutan bakau juga menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan.
Hutan bakau memiliki ciri khas. Hutan bakau memiliki manfaat untuk melindungi lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/ obat-obatan.

Soal=
1.Informasi apa saja yang terdapat dalam teks di atas!
2.Analisislah teks di atas berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi!
3.Tuliskanlah kalimat definisi dan kalimat deskripsi yang terdapat dalam teks hasil observasi di atas!​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

1. pengertian hutan bakau secara harfiah, lokasi dan tata letak

2.

desfinisi umum : paragraf 1-2

deskripsi bagian : paragraf 3-4

deskripsi manfaat : paragraf 5-6


Pertanyaan Terkait

Guru jenjang Sekolah Dasar di kota Surabaya masih banyak yang belum berijazah Strata 1 (S1) sesuai standar nasional pendidikan. Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Surabaya menunjukan jumlah guru SD yang berijazah SMA ada 1.499 orang. Jumlah itu berarti 12,5% dari total jumlah guru SD se-Surabaya yang berjumlah 12 ribu orang. Mereka tersebar dari 31 kecamatan. Mereka yang belum mengenyam bangku kuliah itu terkonsentrasi di dua kecamatan, yaitu Tambaksari dan Semampir. Inti berita diatas adalah.... a. Guru SD di Surabaya banyak yang belum

berijazah S-1

b. Jumlah guru SD yang berijazah SMA ada 1.499

orang.

c. Mereka mencapai 12,5% dari 12 ribu guru SD di

Surabaya.

d. Mereka berkonsentrasi di dua kecamatan.

Answers

Jawaban:

a. Guru SD di Surabaya banyak yang belum

berijazah S-1

Penjelasan:

semoga membantu

Lirik lagu Selendang Ma diginyang kain panjang mahaditoro merupakan lirik lagu​

Answers

Jawaban:

Lirik lagu Mariam Tomong

Yang berasal dari Sumatra Utara

Dan diciptakan oleh Guru Namun Situmoran

#SemangatBelajar

#Brainly

Tuliskanlah sebuah karya tulis tentang pendidikan anti narkoba demi masa depan​

Answers

Jawaban:

Penjelasan:

Pendidikan anti narkoba adalah salah satu cara untuk melindungi masa depan generasi muda dari bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan narkoba. Dengan memberikan informasi yang tepat dan menanamkan nilai-nilai positif kepada anak-anak, kita bisa membentengi mereka dari godaan untuk mencoba narkoba.

Di era yang serba modern ini, anak-anak sering kali terpapar dengan berbagai informasi yang tidak selalu positif mengenai narkoba. Baik melalui media sosial, teman sebaya, atau bahkan dari keluarga sendiri, informasi tentang narkoba bisa dengan mudah sampai ke telinga anak-anak. Tanpa pengetahuan yang cukup dan dukungan dari orang tua, anak-anak bisa mudah terjerumus ke dalam dunia narkoba.

Oleh karena itu, pendidikan anti narkoba merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk melindungi masa depan anak-anak. Pendidikan ini tidak hanya harus dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah. Orang tua harus turut serta dalam memberikan pendidikan yang tepat kepada anak-anak tentang bahaya narkoba.

Selain memberikan informasi yang tepat, pendidikan anti narkoba juga harus menanamkan nilai-nilai positif kepada anak-anak. Ini bisa dilakukan dengan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kesehatan, cinta damai, dan menghargai hidup. Dengan memiliki nilai-nilai positif yang kuat, anak-anak akan lebih sulit untuk terjerumus ke dalam dunia narkoba.

Pendidikan anti narkoba tidak hanya tanggung jawab sekolah atau orang tua, tetapi juga tanggung jawab masyarakat secara luas. Masyarakat harus bersikap tegas terhadap pengguna dan penjual narkoba, serta memberikan dukungan kepada anak-anak yang sedang mengalami kesulitan.

Dengan pendidikan anti narkoba yang tepat, kita bisa melindungi masa depan anak-anak dari bahaya narkoba. Generasi muda yang sehat jasmani dan rohani akan menjadi aset penting bagi kemajuan bangsa di masa mendatang. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama mengampanyekan pendidikan anti narkoba demi masa depan yang lebih baik.

(Sumber: OpenAI ChatGPT)

Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat langsung!. "kemarin tlh trjdi angin topan di daerah pegunungan," kata sandra Tolong bantu kak :"(​

Answers

Jawaban:

Sandra berkata,"kemarin telah terjadi angin topan di daerah pegunungan".

Penjelasan:

maaf kalo bener,kalo membantu jadiin jawaban terbaik ya kak.

Jawaban:

Kemarin telah terjadi angin topan di sekitar daerah pegunungan

Susunlah kata-kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna! Siswa - ketua kelas - karena dia - menasehati - datang - ke sekola​

Answers

Jawaban:

ketua kelas datang ke sekolah karena dia menasehati siswa

Penjelasan:

maaf kalau salah ya teman teman

Tema puisi bersifat khusus artinya ​

Answers

Tema puisi bersifat khusus artinya puisi tersebut memiliki tema yang spesifik dan tidak umum. Tema puisi adalah ide atau gagasan yang ingin disampaikan oleh penyair melalui puisi yang dibuatnya. Tema puisi dapat bersifat umum, yaitu tema yang banyak orang dapat pahami dan terkait dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, tema puisi tentang cinta, persahabatan, atau keindahan alam.

Namun, ada juga puisi yang memiliki tema bersifat khusus, yaitu tema yang spesifik dan tidak umum. Tema bersifat khusus ini biasanya merupakan tema yang sulit dipahami oleh banyak orang, atau tema yang terkait dengan kejadian atau peristiwa khusus yang terjadi pada penyair atau di sekitarnya. Misalnya, tema puisi tentang kematian seseorang yang dicintai, atau tentang perang yang terjadi di suatu negara.

Jadi, tema puisi bersifat khusus artinya puisi tersebut memiliki tema yang spesifik dan tidak umum. Tema bersifat khusus ini biasanya lebih sulit dipahami oleh orang lain, namun dapat membawa pembaca ke dalam suasana yang lebih dalam dan mendalam.

Siapa yang lagi ulangan??

Answers

Jawaban:

Adek ku

Penjelasan:

Emang kenapa???

Perhatikan pernyataan - pernyataan berikut! 1) Mendaftar topik - topik yang dapat dikembangkan menjadi laporan
2) Melakukan pengamatan atau observasi lapangan dengan kriteria objek menarik yang dikuasai
3)Mengembangkan yang telah disusun menjadi suatu teks secara padu
4) Menyusun kerangka laporan dengan menomori topik - topik sesuai urutan yang dikehendaki
Urutan langkah - langkah menyusun teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ..."
a. 1), 2), 3), 4)
b. 2), 1), 4), 3)
c. 2), 3), 4), 1)
d. 3), 4), 2), 1)
e. 4), 3), 2), 1)

Answers

Jawaban:

C.2,3,4,1

Penjelasan:

semoga bermanfaat, dan jangan lupa jadikan jawaban terbaik

Mencari
pertanyaan intrinsik dan ekstrinsik
Cerita "Hikayat Dua Abu"



Answers

Jawaban:

Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerpen itu sendiri, seperti tema, alur, tokoh, latar, dan lain-lain. Sementara itu, unsur ekstrinsik adalah unsur yang berasal dari l

31.Mengerjakan tugas dari guru merupakan...
siswa dan mendapatkan nilai merupakan... siswa​

Answers

Jawaban:

Kewajiban,dan hak.

Penjelasan:

Mengerjakan tgs dari guru merupakan kewajiban siswa dan mendptkan nilai merupakan hak siswa.

Hak tdk boleh kita nikmati sebelum kewajiban kita lakukan karena dpt memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri dan orang lain.

SEMOGA BERMANFAAT .

Jadikan yg terbaik ya

Lanjutin Cerpen ini ! Sepagian ini dia menangis tersedu - sedu. Sejak semalam, anak sulungnya belum juga lekas pulang. Entah kenapa, baginya kali ini begitu berat. Sebab, tidak biasanya ia tidak pulang tanpa memberi kabar. Hatinya was-was, barangkali terjadi sesuatu padanya. Kini, dia yang kupanggil emak terus menengok ke arah pintu masuk rumah. Mungkin disana ada sosok yang datang yaitu aku. Ingin rasanya kubisikkan padanya, aku ………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Answers

Jawaban:

akupun pulang dan marathon wanpis semalaman tamat

Tuliskan masing masing 3 buah contoh kalimat definisi dan kalimat deskripsi

Answers

contoh kalimat definisi :

1.Rumah biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan kokoh agar tidak mudah rubuh.

2.ikan bisa bertahan hidup didalam air dengan cara bernafas menggunakan insa.

3.makanan cepat saji dianggap tidak sehat karena mengandung beberapa zat yang tidak baik bagi kesehatan manusia.

4.museum yaitu tempat menyimpan benda bersejarah.

5.hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di rawa-rawa.

6. bulan merupakan satu-satunya planet alami bagi bumi.

contoh kalimat deskripsi:

1.rambutnya hitam dan terurai panjang.

2.baju itu sangat mewah dengan berhiaskan benang dari emas.

3.ayahku membeli kucing berbulu warna putih,matanya coklat dan ekornya panjang.

4.Menggambarkan suatu objek dengan melibatkan panca indera seperti mata, telinga, dan lain-lain.

5. Membuat seolah-olah pembaca melihat, mendengar atau merasakan sendiri apa yang dibicarakan.

6. Membicarakan tentang sifat, bentuk, rasa, dan karakteristik suatu benda.

Penjelasan:

maaf nya kalo salah

Kata majas untuk di samarkan dari kata apa saja​

Answers

Jawaban:

grqyyskdyksyksnajHa

Penjelasan:

hejkrkjsj

1.PERKATAAN/KALIMAT PENDEK YANG DIPAKAI SEBAGAI DASAR HIMPUNAN (PEGANGAN HIDUP) DISEBUT 2.TULISKANLAH YANG DIMAKSUD DENGAN BERITA
3.JELASKANLAH UNSUR UNSUR BERITA
4.JELASKANLAH STRUKTUR BERITA
5.TULISKANLAH FUNGSI IKLAN
6.TULISKANLAH FUNGSI SLOGAN
7.TULISKANLAH APA YANG DIMAKSUD DENGAN PUISI
8.TULISKANLAH UNSUR PEBANGUN PUISI
9.TULISKANLAH YANG DIMAKKSUD DENGAN MAJAS KONOTASI BESERTA CONTOHNYA
10.TULISKANLAH YANG DIMAKSUD MAKNA KONOTASI DAN DEMOTASI

Answers

Jawaban:

1.Slogan

2.Berita adalah informasi mengenai sesuatu yg sedang terjadi dan disebar luaskan kpd masyarakat

3.what,who,where,when,why,how

4.teka berita yaitu merupakan suatu teks yang telah melaporkan atas sebuah informasi,kejadian,ataupun peristiwa yg juga mengenal suatu hal yg sedang terjadi

5.bagi perusahaan bisnis komersial:untuk menjual barang dan jasa

Bagi dunia perkantoran:utk mendapatkan karyawan

Bagi pemerintah:untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kpd masyarakat

Bagi orang perorang:untuk membeli dan menjual barang barang pribadi

6.slogan berfungsi untuk:mendidik masyarakat, sebagai pemacu semangat, sebagai motivasi, mempengaruhi seseorang untuk melakukan ataupun untuk tindakan melakukan sesuatu,SBG alat propaganda politik

7.puisi adalah ragam sastra yg bentuknya dipilih dan ditata secara cermat karena terikat oleh irama,Matra,Rima,serta penyusunan larik dan bait

8.bunti,diksi,bahasa kiasan,citraan puisi,sarana retorika puisi,bentuk visual puisi

9.majas konotasi adalah makna kultural atau emosional yg bersifat subjektif dan melekat pada suatu kata atau frasa

10.makna konotasi adalah makna kata yg blm sebenarnya atau hanya kiasan sedangkan denotasi adalah makna yg sebenarnya

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH

Jelaskan bagaimana cara membuat teks laporan hasil percobaan​

Answers

Untuk membuat laporan hasil percobaan, pertama-tama Anda harus melakukan percobaan terlebih dahulu dan mencatat hasilnya secara tepat. Setelah itu, Anda dapat menuliskan laporan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Tuliskan latar belakang dan tujuan percobaan. Ini akan memberikan informasi mengenai alasan Anda melakukan percobaan tersebut.

Jelaskan metode yang digunakan dalam percobaan, termasuk alat dan bahan yang digunakan serta langkah-langkah yang diambil. Ini akan membantu orang lain mengulangi percobaan yang sama.

Berikan hasil percobaan secara detil. Jika perlu, Anda dapat menyertakan tabel atau grafik yang menunjukkan hasil secara visual.

Analisis hasil percobaan dan buat kesimpulan berdasarkan hasil tersebut. Ini akan menunjukkan apa yang Anda dapatkan dari percobaan tersebut dan bagaimana hasil tersebut memenuhi tujuan percobaan.

Tuliskan saran untuk percobaan selanjutnya jika diperlukan. Ini akan membantu orang lain untuk mengembangkan percobaan tersebut dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jangan lupa untuk menyertakan daftar pustaka jika Anda menggunakan sumber-sumber lain dalam laporan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat laporan hasil percobaan yang jelas, terperinci, dan mudah dipahami oleh orang lain.

Jawaban:

Langkah langkah membuat teks laporan percobaan :

membuat judul laporan percobaan.

menyusun kalimat pembukaan berisi tujuan, alat dan bahan.

menyusun isi laporan percobaan yang mengenai proses yang berisi langkah - langkah di dalam percobaan.

menulis kalimat penutup yang berisi hasil dan kesimpulan percobaan.

Teks prosedur dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama .... a. what to do text
b. how to do text
c. making text
d. proceduring text
e. practice text​

Answers

D. Proceduring text

Teks prosedur/prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu

Prinsip utama dari pembuatan montase adalah​

Answers

Jawaban:

disusun dari jumlah gambar yang di ambil dari berbagai sumber.

Amatilah teks berikut hal ini di sebabkan,masa jabatan dari bupati yg sebelumnya akan memasuki akhir dari masa baktinya struktur yg membangun teks adalah.... A.orientasi berita
B.tubuh berita
C.ekor
D.sumber​
TOLONG DI JAWAB.

Answers

Jawaban:

B.tubuh berita

Penjelasan:

semoga bermanfaat dan jangan lupa jadikan jawaban terbaik

Mengapa menulis cerpen harus sesuai dengan struktur?​

Answers

Jawaban:

Menulis cerpen harus sesuai dengan struktur karena struktur membantu menyusun cerita menjadi lebih teratur dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca. Struktur cerpen biasanya terdiri dari bagian-bagian seperti alur cerita, latar, tokoh, dan dialognya. Dengan memperhatikan struktur, Anda dapat menyusun cerita secara logistik sehingga pembaca dapat dengan mudah mengikuti alur cerita dan mengerti maksud dari cerita yang Anda tulis.

“Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah”. Majas tesebut adalah majas … a. Personifikasi
b. Metaforadan
c. Paralelisme
d. Metonimia
e. Alegori ​

Answers

Jawaban:

a. Personifikasi

semoga membantu, cmiww

Pertanyaan Lainnya
Persamaan garis yang melalui titik (-3,2) dan tegak lurus dengan garis 2y= -x -14 adalah​ 5. Tabel jenis penyakit pada organ peredaran darah manusia dan penyebabnya! Penyakit pada Organ Peredaran Darah Manusia Penyebab Rendahnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah Penumpukan lemak darah/ kolesterol Kelainan yang menyebabkan darah sulit membeku saat terjad luka Bentuk sel darah merah yang tidak beraturan sehingga daya ikat terhadap oksigen dan karbondioksida jadi berkurang Berdasarkan tabel di atas pasangan penyakit pada organ peredaran darah manusia yang disebabka olch faktor keturunan ditunjukkan oleh nomor .... A. 1.2 B. 2,3 No 1 4 2 3 Anemia Jantung koroner Hemofilia Thalessemia C. 3,4 D. 4,1​ Koordinat hasil rotasi titik A (5,-3) dengan pusat rotasi dititik pangkal sejauh 90° adalah​ 7. Nilai dari (2³): (2²)² adalah A. 2 C. 8 B. 4 D. 16​ Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada gerak meroda adalah.. a. kedua tangan lurus b. kepala tidak ditekuk c. lemparan kaki kurang kuat d. tangan tidak dikendorkan​ Tolong bantu dong, terimakasih ​ Jelaskan hidup orang benar​ 21 Perhatikan gambar di bawah ini. Air mengalir dari sebuah keran menuju ke dalam ember Lamanya air mengalir ditunjukkan oleh stopwatch seperti pada gambar. Debit aliran air tersebut adalah Interidetik A 01 B 0.5 Malah 100 dw C. 5 Waken D 10​ 13. persamaan garis yg melalui titik (-3,4) dan sejajar dengan garis yang persamaan nya 6x+2y_12 =0 adalah​ Rudi berenang siap 8 hari sekali sedangkan Anto tiap 6 hari sekali Jika mereka mulai berenang bersama pada tanggal 20 Mei 2007 pada tanggal berapa mereka berenang bersama-sama lagi?​ Soal dan jawaban pjok kelas 5 pas/UAS THN 2022/2023 ​ 18. Hasil dari dalam bentuk bilangan desimal adalah B. 0,2 A. 0,1 16 23 1 33 18,72 +11,25 C 0,3 D. 15,07 + D. 04​ Sebuah bola yang bermassa 0,5 kg dijatuhkan dari pohon dengan tinggi sebesar 3 meter. Jika diketahui nilai gravitasi bumi sebesar 10 m/s, besar energi mekanik yang dihasilkan adalah.....​ Diketahui harga CPU,2 mouse ,dan keyboard di suatu toko adalah RP.2.300.000.jika panji membeli 1 CPU,1 mouse,dan 2 keyboard di toko tersebut dengan membayar RP.6.100.000 buatlah model matematika nya!! BANTUU PLISSS?!!​ 3/4 + 9/6 = pake cara yaa​ 35. Sebutkan 3 (tiga) properti yang digunakan dalam pertunjukkan cowongan tlng di jwb mau di kumpulkan nanti​ Koordinat hasil rotasi titik A (5,-3) dengan pusat rotasi dititik pangkal sejauh 90° adalah plis tolong dijawab ya soalnya pagi ini dikumpul​ Pengertian sikap objektif dalam operasi Senin ​ Kesatria seng duweni sifat becik yoiku....... plis jawab​ 2 1/5 + 3/5 - 1,75 (desimal)​ Yang pinter matematika kls 12smk chat aku donk pliss 083827143675​