frontpage hit counter

9. Bahan yang mudah menghantarkan panas disebut konduktor. Bahan logam mudah menghantarkan panas. Besi, baja, aluminium, dan tembaga termasuk bahan logam. Panci yang terbuat dari aluminium dapat menghantarkan panas dengan baik. Panci termasuk benda konduktor karena .... A. dapat membuat makanan menjadi matang B. digunakan untuk memasak makanan C. mudah menghantarkan panas
D. terbuat dari benda padat​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

C. Mudah menghantarkan panas


Pertanyaan Terkait

Cari kata yang bersuku kata lima ​

Answers

Jawaban:

Bunga, hantu, kasur, mobil

. Covid-19 menjangkiti masyarakat di berbagai belahan dunia. Beberapa cara dilakukan untuk meningkatkan kekebalan terhadap serangan virus covid-19. Kita bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, pemerintah menggalakkan vaksinasi covid-19. Pada proses vaksinasi, suntikan vaksin diberikan kepada masyarakat yang menerimanya. Sinonim kata suntikan pada paragraf tersebut adalah.... A. imunisasi B. transfusi C. D. terapi injeksi​

Answers

Jawaban:

D. injeksi

Penjelasan:

Injeksi biasanya merujuk pada proses pemberian cairan ke dalam tubuh. Dalam konteks ini, suntikan atau injeksi mengacu pada pemberian vaksin kepada masyarakat untuk melindungi mereka terhadap virus covid-19.

5. Penting menjaga kesehatan kulit dengan mencegah iritasi. Iritasi kulit dapat terjadi saat lapisan kulit terluar terpapar alergi tertentu. Terkadang, seseorang tida iritasi. Orang yang mengalami iritasi kulit menyadari bahwa kulitnya mengalam biasanya akan merasa perih, gatal, ata seperti terbakar pada kulit. Makna kata iritasi pada paragraf tersebu adalah.... A. peradangan B. gangguan C. penyakit D. cedera​

Answers

Jawaban:

A. peradangan

Penjelasan:

Makna kata iritasi pada paragraf tersebut adalah "peradangan". Iritasi kulit merupakan peradangan pada kulit yang dapat terjadi saat lapisan kulit terluar terpapar alergi tertentu. Iritasi kulit dapat menyebabkan rasa perih, gatal, atau seperti terbakar pada kulit.

Jawaban:

A. Peradangan

Penjelasan:

semoga membantu

1. Bacalah kutipan cerita berikut! Mbak Di takut amarah Ibu Nyai jatuh kepadanya, yang bisa membuat berkah seorang guru berkurang. Dengan raut wajah panik, Mbak Di menyerahkan amplop putih yang berisi uang kepada Mbah Muh, berharap segera diterima. "Emm, ngapunten, Mbah Muh. Saya sudah diamanahi Ibu Nyai. Mohon diterima, nggih," pinta Mbak Di dengan sedikit terbata-bata. "Lah, apalagi ini. Enggak usah, Ndhuk. Saya melakukan ini semua untuk kebaikan dan ketulusan Ibu Nyai menuntun Mbah Muh mendapatkan jalan yang lebih baik." Disadur dari: Cerpen Republika, Lelaki Tua yang Takzim ke Mbah Yai Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah... C A. Seharusnya kita mengasihi orang yang kekurangan. B. Kewajiban membalas budi meskipun tidak diminta. C. Menyelesaikan kewajiban secepat mungkin. Menghargai pilihan sikap orang lain. ​

Answers

Amanat yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah: C. Menyelesaikan kewajiban secepat mungkin. Menghargai pilihan sikap orang lain. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana Mbak Di merasa panik dan terbata-bata saat menyerahkan amplop putih yang berisi uang kepada Mbah Muh, yang diharapkan segera diterima. Ini menunjukkan bahwa Mbak Di merasa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan sesuatu dengan secepat mungkin. Selain itu, Mbah Muh juga menunjukkan sikap menghargai pilihan orang lain dengan menolak uang yang diberikan oleh Mbak Di dan menyatakan bahwa ia melakukan semua hal tersebut untuk kebaikan dan ketulusan Ibu Nyai.

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah C. Menyelesaikan kewajiban secepat mungkin. Menghargai pilihan sikap orang lain.

Penjelasan:

Hal ini dapat dilihat dari dialog dalam kutipan cerita, di mana Mbak Di merasa tertekan untuk segera menyelesaikan kewajibannya kepada Ibu Nyai. Dia juga menghargai pilihan sikap dari Mbah Muh meskipun demikian akan mengurangi berkah yang dimiliki seorang guru.

16. Perhatikan syair berikut! Mari kita jaga kerukunan Jangan pecah pertemanan Hanya karena suatu kepentingan Hingga lupa wadah persatuan Makna kias kata wadah pada syair tersebut adalah tempat.... A. menaruh B. berhimpun C. bercampur D. menyimpan tolong dijawab ​

Answers

Makna kias kata "wadah" pada syair tersebut adalah tempat "berhimpun" atau tempat "bersatu". Pilihan jawaban yang paling tepat adalah B. "berhimpun".

Kias kata "wadah" sering digunakan untuk menggambarkan suatu tempat atau konsep yang bertujuan untuk menampung atau menyimpan sesuatu. Namun, dalam syair tersebut, kias kata "wadah" digunakan untuk menggambarkan tempat "berhimpun" atau tempat "bersatu", yang menunjuk pada tempat di mana orang-orang berkumpul atau bersatu dalam suatu persatuan atau kelompok. Sebagai contoh, wadah persatuan dapat merujuk pada suatu organisasi atau kelompok yang bertujuan untuk menjaga kerukunan dan persatuan di dalamnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah B. "berhimpun".

Buatlah satu paragraf yang berisi kalimat topik dan kalimat penjelas​

Answers

Jawaban:

Topik yang akan dibahas adalah tentang manfaat berolahraga bagi kesehatan. Olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, karena dengan berolahraga, tubuh akan terlatih dan terjaga kebugarannya. Selain itu, olahraga juga dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, seperti obesitas, hipertensi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, rutin berolahraga sangat disarankan untuk dilakukan agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Jelaskan beberapa jenis karya tulis berdasarkan ragam ilmiah dan fiksi serta sebutkan minimal tiga contohnya!​

Answers

Berikut adalah beberapa jenis karya tulis berdasarkan ragam ilmiah dan fiksi, serta beberapa contohnya:

1. Karya tulis ilmiah: Karya tulis yang menggunakan metode ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan yang didukung oleh fakta dan bukti. Contohnya adalah:

  • Artikel ilmiah
  • Tesis
  • Disertasi


2. Karya tulis fiksi: Karya tulis yang menggunakan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan cerita atau alur yang tidak terkait dengan kenyataan. Contohnya adalah:

  • Novel
  • Cerpen
  • Sastra anak


3. Karya tulis nonfiksi: Karya tulis yang berisi informasi atau pengetahuan tentang suatu topik yang tidak merupakan cerita atau fiksi. Contohnya adalah:

  • Buku referensi
  • Panduan
  • Biografi


Semua jenis karya tulis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada tujuan dan sasaran audiens yang ingin dicapai. Namun, pada umumnya, karya tulis ilmiah lebih dihargai karena dianggap lebih obyektif dan terpercaya, sementara karya tulis fiksi lebih merupakan sumber hiburan dan bahan bacaan santai.

1, apa yg dimaksud essay? 2, bagaimana kita bisa jadi rt/rukun tangga?, berikan contohnya
3, apa yg dimaksud dengan rt?
4, apakah babi haram bagi kristen?
5, siapa hewan yg jadi makanan singa?
a. zebra
b. singa
c. monyet mati​

Answers

Jawaban:

1. esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Secara umum, esai adalah sebuah tulisan prosais yang menyajikan gagasan subjektif-personal tentang suatu masalah berdasarkan sudut pandang pribadi penulisnya.

2. Cara agar rukun dengan tetangga yaitu dengan mengikuti semua norma/Peraturan yang ada. Contohnya : saat Kita menyalakan radio kita tidak terlalu mengeraskan volume radio sehingga tetangga tidak merasa berisik karena ulah kita.

3. Rukun Tetangga (RT) merupakan bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa yang bertugas untuk membantu pemerintah desa dan merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat desa.

4. Babi dilarang untuk dikonsumsi. Pantangan makan darah, lemak, dan makanan haram, juga disebutkan dalam Kitab Perjanjian Baru.

5. Makanannya daging, biasanya memangsa mamalia besar yang beratnya sekitar 50–500 kg. Selain itu, singa juga memangsa hewan kecil seperti burung, reptil, dan serangga juga sebagian besar makanan singa adalah bangkai. Jadi opsi ada pada 2 opsi yaitu a. Zebra dan C. Monyet mati

Contoh pargaraf kalimat topik dan kalimat penjelas

Answers

Topik: Pendidikan

Kalimat topik: Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Kalimat penjelas: Pendidikan tidak hanya memberikan kemampuan intelektual dan keterampilan kepada individu, tetapi juga memberikan nilai-nilai dan karakter yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Selain itu, pendidikan juga berperan dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing suatu negara di era globalisasi. Oleh karena itu, negara harus memberikan akses pendidikan yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat, agar semua individu dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal.

Mbak Di takut amarah Ibu Nyai jatuh kepadanya, yang bisa membuat berkah seorang guru berkurang. Dengan raut wajah panik, Mbak Di menyerahkan amplop putih yang berisi uang kepada Mbah Muh, berharap segera diterima. "Emm, ngapunten, Mbah Muh. Saya sudah diamanahi Ibu Nyai. Mohon diterima, nggih," pinta Mbak Di dengan sedikit terbata-bata. "Lah, apalagi ini. Enggak usah, Ndhuk. Saya melakukan ini semua untuk kebaikan dan ketulusan Ibu Nyai menuntun Mbah Muh mendapatkan jalan yang lebih baik.Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah... tolong dijwb ​

Answers

Jawaban:

menyerahkan amplop putih kepada mbah muh

Essay 1, tuliskan semua alat elektronik
2. apakah kulkas berguna jika tidak ada makanan jikan kulkasnya ada makanan?
3. apa yang harus kita lakukan jika ada tsunami?, berikan contoh untuk selamat dari tsunami!
4. dia adalah elektronik,dia perlu chas jika lowbattery, apa saja nama elektronik tersebut?
5, apa yg hrs kita lakukan jika bosan, berikan 3 contoh!​

Answers

1. Berikut adalah beberapa alat elektronik:

  1. Komputer
  2. Laptop
  3. Tablet
  4. Smartphone
  5. Televisi
  6. AC
  7. Kulkas
  8. Mesin cuci
  9. Microwave
  10. Oven
  11. Blender
  12. Toaster
  13. Kipas angin
  14. Lampu
  15. Pemutar musik
  16. Alat pemanas ruangan
  17. Alat kebersihan
  18. Alat komunikasi
  19. Alat pembayaran elektronik

2. Kulkas berguna jika tidak ada makanan di dalamnya, karena ia dapat menyimpan makanan agar tidak rusak atau busuk. Namun, jika tidak ada makanan di dalamnya, maka ia tidak dapat memberikan manfaat apapun.

3. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk selamat dari tsunami:

  1. Cepat meninggalkan area yang terkena tsunami
  2. Mencari tempat yang tinggi atau terlindung dari ombak tsunami
  3. Menyimpan barang-barang penting seperti dokumen, uang, dan obat-obatan di tempat yang aman
  4. Menunggu instruksi dari pihak berwenang seperti polisi atau petugas kesehatan
  5. Menjauh dari pantai atau daerah yang berisiko terkena tsunami

4. Elektronik yang dimaksud adalah smartphone. Smartphone perlu charger jika baterainya low atau habis.

5. Berikut adalah beberapa ide yang dapat dilakukan jika merasa bosan:

  1. Bermain game
  2. Membaca buku atau majalah
  3. Menonton film atau acara televisi
  4. Menyalurkan hobi, seperti memasak, menggambar, atau berkebun
  5. Berolahraga atau berjalan-jalan di luar ruangan
  6. Mencoba kegiatan baru, seperti mengikuti kelas atau mengunjungi tempat baru

Puisi cita citaku menjadi pemain voli 4 bait 4 baris.

Answers

bergerak dengan sangat lincah

bertahan dari bola menerjang

itulah yang ingin kulakulan

yaitu menjadi pemain voli

Buatlah tema: "BERBAHASA SEHAT INDONESIA TANGGUH" minimal tiga paragraf, dengan mempertimbangkan kohesi dan koherensi, serta jumlah kosa kata yang dihasilkan

Answers

Jawaban:

Tema: "BERBAHASA SEHAT INDONESIA TANGGUH"

    Bahasa Indonesia merupakan salah satu aset penting yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh, kita dapat mengungkapkan pikiran dan ide-ide kita dengan tepat dan jelas. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memahami dan menghargai bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh.

    Untuk mempertahankan keberlangsungan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, kita harus memahami bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan aturan ejaan dan tata bahasa yang berlaku. Kedua, kita harus menghargai bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh dengan tidak menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan aturan ejaan dan tata bahasa. Ketiga, kita harus terus memperkaya kosa kata kita dengan membaca berbagai jenis bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan kita.

    Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat membantu mempertahankan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh. Selain itu, kita juga dapat menjadi panutan bagi orang lain dalam menggunakan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh. Jadi, marilah kita semua bersikap bijak dalam menggunakan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh demi keberlangsungan bahasa Indonesia yang sehat dan tangguh di masa depan.

berikan 3 pertanyaan sulit beserta jawabannya tentang pembelajaran yang berpijak pada teori belajar humanistik ​

Answers

1. Bagaimana teori belajar humanistik mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi pada siswa yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan fisik?

Jawaban: Teori belajar humanistik menekankan bahwa setiap individu memiliki potensi dan kemampuan untuk belajar, tidak terlepas dari keterbatasan fisik atau kebutuhan khusus yang dimilikinya. Dengan demikian, pembelajaran yang berpijak pada teori ini harus memperhatikan keunikan setiap siswa dan menyesuaikan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih inklusif, yang memperhatikan kebutuhan khusus siswa, serta menyediakan dukungan dan bantuan yang diperlukan bagi siswa yang memiliki keterbatasan fisik.

2. Bagaimana teori belajar humanistik memperhitungkan peran sikap dan minat siswa dalam proses pembelajaran?

Jawaban: Teori belajar humanistik menekankan bahwa sikap dan minat siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran yang berpijak pada teori ini, peran sikap dan minat siswa harus diperhitungkan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyediakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, serta memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minatnya sendiri. Selain itu, guru juga harus membantu siswa untuk membangun sikap positif terhadap materi yang dipelajari, seperti sikap keingintahuan, keberanian, dan keterbukaan terhadap ide-ide baru.


3. Bagaimana teori belajar humanistik memperhitungkan peran perasaan dan emosi siswa dalam proses pembelajaran?

Jawaban: Teori belajar humanistik menekankan bahwa perasaan dan emosi siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran yang berpijak pada teori ini, peran perasaan dan emosi siswa harus diperhitungkan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperhatikan kebutuhan emosional siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi siswa. Selain itu, guru juga harus membantu siswa untuk memahami dan mengelola emosi mereka sendiri, seperti dengan mengajarkan teknik-teknik relaksasi atau menyediakan waktu yang cukup untuk mengekspresikan perasaan mereka. Dengan demikian, siswa akan lebih terbuka dan siap untuk belajar, serta lebih mampu untuk mengontrol dan mengelola emosi mereka sendiri.

Quiz Quiz! Level 6 (hard) Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga tim, yang masing-masing pemainnya umumnya memainkan suatu bola kusus (yang disebut bola sepak) dengan kaki di atas lapangan sepak bola

Temukan 3 kesalahan dari paragraf diatas!

Answers

3 Kesalahan dari paragraf diatas yaitu:

  1. Terdapat tanda koma (,) seharusnya tidak ada tanda tersebut. karena, tujuan utama dari tanda koma itu untuk menjeda kalimat.. sedangkan pada paragraf tersebut sudah terdapat konjungsi yang dimana konjungsi itu menjelaskan tentang hal yang dibahas. jadi, tidak perlu menggunakan tanda koma (,).
  2. Kesalahan penulisan kata. coba amati paragraf tersebut terdapat kalimat suatu bola kusus. dimana,kata tersebut tidak sesuai dengan tata kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). jadi, penulisan yang benar yaitu khusus. ingat! beda penulisan & beda kaidahnya juga.
  3. Coba perhatikan lagi terdapat kalimat (yang disebut bola sepak). jadi, penulisan kata-nya tidak perlu menggunakan buka kurung. jadi untuk kalimat-nya seharusnya begini, Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga tim yang masing-masing pemainnya umumnya memainkan suatu bola khusus yang disebut dengan bola sepak dengan kaki di atas lapangan sepak bola. jadi, hanya menambahkan kata konjungsi sebagai kata penghubungnya.

Diko mencari rumah temannya menggunakan peta komponen peta yang digunakan sebagai petunjuk arah adalah​.

Answers

Jawaban:

Kompaa

Penjelasan:

Pemerintah telah menentukan kompetensi dasar (kd) pada tiap muatan pelajaran di sekolah dasar yang berlaku sama untuk seluruh wilayah indonesia. Namun pada kenyataannya kondisi
pada setiap daerah di indonesia tidaklah sama. Menurut saudara, apa yang seharusnya guru-
guru sd lakukan agar kd tersebut dapat diterapkan berdasarkan prinsip sosiologis-antropologis
pendidikan?
nu cuni ndaloh quruconior yang sudah mengajar di sn selama puluhan tahun namun demikian​.

Answers

Guru SD seharusnya dapat memahami dan memperhatikan kondisi sosial, budaya, dan kebutuhan unik setiap daerah tempat mereka mengajar. Mereka dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip sosiologis-antropologis ke dalam pembelajaran dengan cara:

Memahami konteks sosial dan budaya setiap siswa: Guru harus memahami bagaimana latar belakang sosial dan budaya siswa mempengaruhi cara mereka belajar dan bersikap. Ini akan membantu guru untuk membuat pembelajaran yang lebih relevan dan efektif bagi siswa.

Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi: Guru harus memahami bahwa tidak ada metode pembelajaran yang pasti cocok untuk semua siswa. Mereka harus bersikap terbuka terhadap metode yang berbeda dan mencoba yang berbeda sesuai dengan kebutuhan siswa.

Menggunakan bahan ajar yang relevan: Guru harus memilih bahan ajar yang relevan dengan kondisi sosial dan budaya siswa. Ini akan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disajikan dan menyambungkannya dengan pengalaman mereka.

Membuat pembelajaran yang inklusif: Guru harus memastikan bahwa pembelajaran mereka menyediakan kesempatan yang sama bagi semua siswa, terlepas dari latar belakang sosial atau budaya mereka.

Bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat: Guru harus bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat setempat untuk memahami kebutuhan dan preferensi siswa dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengannya.

Dengan melakukan hal-hal ini, guru dapat menjamin bahwa kompetensi dasar yang ditetapkan pemerintah dapat diterapkan secara efektif sesuai dengan prinsip sosiologis-antropologis pendidikan.

1.Salah satu etika dalam penulisan karya ilmiah adalah tidak boleh menyembunyikan kebenaran dengan menggunakan ambiguitas. maksud dari kata ambiguitas adalah...
a. kemungkinan adanya makna lebih dari satu
b. masalah yang sedang dicarikan pemecahannya
C. bahasa yang jelas
d. bahasa yang tidak menimbulkan kesalahan penafsiran
e.masalah yang sedang diteliti

2.Seorang peneliti yang akan menuliskan hasil penelitiannya ke dalam sebuah karya ilmiah harus memiliki beberapa persyaratan berikut ini, kecuali....
a. Memahami masalah yang sedang diteliti.
b. Memahami metode penelitian yang digunakan.
C. Memahami aturan dalam penelitian.
d. Mengetahui cara teknik menulis karangan ilmiah.
e. Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3.Tindak kesantunan direktif dalam pelayanan di bidang kesehatan di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa dan implikasinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA/SMK

4.Dari judul di atas subjek penelitian yang sesuai yaitu ....
a.Tindak kesantunan direktif.
b. Bahan ajar bahasa Indonesia di SMA/SMK.
C. Tuturan direktif di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa.
d. Petugas medis di puskesmas.
e.Masyarakat yang ada di puskesmas.

5.Di bawah ini penulisan judul yang benar, kecuali...
a. Menggunakan huruf kapital semua kecuali anak judulnya.
b. Menggunakan huruf kecil semua kecuali huruf-huruf pertamanya.
c. Penulisan kata penghubung menggunakan huruf kecil.
d. Di akhir judul boleh menggunakan tanda baca apa saja.
e.Tidak diperbolehkan menggunakan tanda baca titik atau koma di akhir judul.

6.Melakukan pemeriksaan yang mencakup isi karya ilmiah, cara penyajian dan penggunaan bahasa merupakan bagian dari tahap-tahap penulisan karya ilmiah disebut...
a. Tahap persiapan
b. Tahap penyuntingan
C. Tahap penyajian
d. Tahap laporan
e. Tahap pengorganisasian

Answers

Jawaban:

1. Salah satu etika dalam penulisan karya ilmiah adalah tidak boleh menyembunyikan kebenaran dengan menggunakan ambiguitas.
Maksud dari kata ambiguitas adalah...
a. kemungkinan adanya makna lebih dari satu
b. masalah yang sedang dicarikan pemecahannya
c. bahasa yang jelas
d. bahasa yang tidak menimbulkan kesalahan penafsiran
e. masalah yang sedang diteliti

Pembahasan: Maksud dari kata ambiguitas adalah kemungkinan adanya makna lebih dari satu. Ambiguitas merupakan kondisi di mana sesuatu yang dikatakan atau dilakukan memiliki lebih dari satu makna atau arti yang mungkin. Ambiguitas dapat menimbulkan kesalahan penafsiran atau kekaburan dalam pemahaman sesuatu yang disampaikan. Oleh karena itu, dalam penulisan karya ilmiah, penting untuk menghindari ambiguitas agar tidak menyembunyikan kebenaran dan dapat memberikan pemahaman yang jelas dan tepat kepada pembaca.
Jadi, jawaban yang benar adalah A. Kemungkinan adanya makna lebih dari satu.

2. Seorang peneliti yang akan menuliskan hasil penelitiannya ke dalam sebuah karya ilmiah harus memiliki beberapa persyaratan berikut ini, kecuali....
a. Memahami masalah yang sedang diteliti.
b. Memahami metode penelitian yang digunakan.
c. Memahami aturan dalam penelitian.
d. Mengetahui cara teknik menulis karangan ilmiah.
e. Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pembahasan: Memahami aturan dalam penelitian bukan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang peneliti yang akan menuliskan hasil penelitiannya ke dalam sebuah karya ilmiah. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang peneliti adalah memahami masalah yang sedang diteliti, memahami metode penelitian yang digunakan, mengetahui cara teknik menulis karangan ilmiah, dan menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Keempat persyaratan tersebut merupakan persyaratan yang penting untuk memastikan bahwa hasil penelitian yang akan dituliskan dapat memberikan pemahaman yang jelas dan tepat bagi pembaca.
Jadi, jawaban yang benar adalah C. Memahami aturan dalam penelitian.

3. Tindak kesantunan direktif dalam pelayanan di bidang kesehatan di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa dan implikasinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA/SMK
Dari judul di atas subjek penelitian yang sesuai yaitu ....
a. Tindak kesantunan direktif.
b. Bahan ajar bahasa Indonesia di SMA/SMK.
c. Tuturan direktif di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa.
d. Petugas medis di puskesmas.
e. Masyarakat yang ada di puskesmas.

Pembahasan: Subjek penelitian yang sesuai dari judul di atas adalah "Tindak kesantunan direktif di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa". Subjek penelitian merupakan fokus dari penelitian yang akan dilakukan, yang dapat berupa fenomena, kejadian, proses, atau objek yang akan diteliti. Dalam judul di atas, subjek penelitian yang sesuai adalah "Tindak kesantunan direktif di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa", yang menjelaskan bahwa penelitian akan memfokuskan pada tindak kesantunan direktif yang terjadi di lingkungan puskesmas dengan latar belakang budaya Jawa.
Jadi, jawaban yang benar adalah C. Tuturan direktif di lingkungan puskesmas berlatar belakang budaya Jawa.

4. Di bawah ini penulisan judul yang benar, kecuali...
a. Menggunakan huruf kapital semua kecuali anak judulnya.
b. Menggunakan huruf kecil semua kecuali huruf-huruf pertamanya.
c. Penulisan kata penghubung menggunakan huruf kecil.
d. Di akhir judul boleh menggunakan tanda baca apa saja.
e. Tidak diperbolehkan menggunakan tanda baca titik atau koma di akhir judul.

Pembahasan: Dalam penulisan judul, ada beberapa aturan yang harus diikuti untuk menghasilkan judul yang benar dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baik. Salah satu aturannya adalah tidak diperbolehkan menggunakan tanda baca apa saja di akhir judul. Penggunaan tanda baca di akhir judul dapat menimbulkan ambiguitas atau kekaburan dalam pemahaman judul yang disampaikan. Oleh karena itu, penggunaan tanda baca di akhir judul harus dihindari.
Jadi, jawaban yang benar adalah D. Di akhir judul boleh menggunakan tanda baca apa saja.

5. Melakukan pemeriksaan yang mencakup isi karya ilmiah, cara penyajian dan penggunaan bahasa merupakan bagian dari tahap-tahap penulisan karya ilmiah disebut...
a. Tahap persiapan
b. Tahap penyuntingan
c. Tahap penyajian
d. Tahap laporan
e. Tahap pengorganisasian

Pembahasan: Melakukan pemeriksaan yang mencakup isi karya ilmiah, cara penyajian, dan penggunaan bahasa merupakan bagian dari tahap-tahap penulisan karya ilmiah yang disebut tahap penyuntingan. Tahap penyuntingan merupakan tahap dimana seorang penulis melakukan pemeriksaan dan perbaikan terhadap karya ilmiah yang telah ditulis. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan isi karya ilmiah agar sesuai dengan tujuan penelitian dan memenuhi standar kualitas penelitian, serta pemeriksaan cara penyajian dan penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.
Jadi, jawaban yang benar adalah B. Tahap penyuntingan.

1.di bawah ini merupakan tahap-tahap penulisan karya ilmiah,kecuali.... a.persiapan
b.pengorganisasian
c.penyuntingan
d.penyajia/pelaporan
e.penyimpulan

2. Perhatikan Paragraf berikut.

Penulis menyadari bahwa karya Ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.

Bagian karya ilmiah di atas terdapat pada bagian...
a. pendahuluan
b. kata pengantar
c.isi
d.simpulan
e.saran

3. Kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan merupakan... karya ilmiah.
a.awalan
b.inti
c.pendahuluan
d. penutup
e. simpulan

4. Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah, yaitu...
a.Bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah.
b.bhasa sehari hari yang mudah untuk dipahami
c.bahasa tulisan yang terbentuk dari suatu kalimat yang memiliki arti
d.bahasa yang tidak memerlukan sarana kata kata
e.bahsa yang mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerakan bibir, dan ekspreasi wajah.

5.Berikut ini bukan kesalahan umum dalam penulisan karya ilmiah, yaitu...
a. menulis kalimat yang utuh
b. menulis kalimat yang rancu
C. kesalahan urutan kata
d. kesalahan pemakaian katadepan
e.kesalahan penyerapan istilah

6.Topik karya ilmiah: mengatasi krisis energi dengan mengembangkan energi renewable berbasis kearifan lokal.

Judul karya ilmiah yang sesuai dan berhubungan dengan topik tersebut adalah...
a. Pengembangan Energi Renewable untuk Mengatasi Krisis Energi Berbasis Kearifan Lokal
b. Energi Renewable untuk Mengatasi Krisis Energi
c.Mengatasi Krisis Energi dengan energi Renewable
d. Akibat Krisis Energi, Diperlukan cara untuk Mengatasinya
e.Dengan Energi Renewable, Krisis energi Dapat Teratasi

Answers

Berikut jawaban yang tepat:

  1. Yang bukan merupakan tahapan dalam menulis karya ilmiah adalah pengorganisasian. Jadi jawabannya adalah B.
  2. Kutipan tersebut merupakan bagian dari kata pengantar. Jadi jawabannya adalah B.
  3. Kesimpulan dan rekomendasi penulis merupakan bagian dari penutup karya ilmiah. Jadi jawabannya adalah D.
  4. Dalam penulisan karya ilmiah, bahasa yang digunakan ialah bahasa baku. Jadi jawabannya adalah A.
  5. Yang bukan kesalahan umum dalam penulisan karya ilmiah adalah menulis kalimat yang utuh. Jadi jawabannya adalah A.
  6. Judul yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah "Pengembangan Energi Renewable untuk Mengatasi Krisis Energi Berbasis Kearifan Lokal". Jadi jawabannya adalah A.

Pembahasan

Karya ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat berdasarkan hasil penelitian, tinjauan, pengembangan, ulasan, kajian, serta pemikiran yang menggunakan cara kerja ilmiah. Karya ilmiah harus disajikan dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dan pemilihan kata yang baku dan tepat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang soal tentang karya ilmiah brainly.co.id/tugas/53039154

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Apa pengertian majas hiperbola? jelaskan!

Answers

Jawaban:

Majas hiperbola adalah salah satu jenis majas yang menggunakan penggambaran atau pembesaran yang sangat berlebihan untuk menekankan sesuatu atau menyatakan perasaan yang kuat. Majas hiperbola biasanya digunakan untuk menyatakan rasa terkejut, marah, sedih, atau kecewa yang sangat dalam. Contoh dari majas hiperbola adalah "Saya sangat lapar seperti naga yang belum makan selama satu tahun!" atau "Saya sangat lelah seperti tikus yang berlari seharian penuh." Majas hiperbola biasanya digunakan untuk memberikan efek komikal atau menyampaikan perasaan yang kuat dengan cara yang dramatis.

Penjelasan:

Pertanyaan Lainnya
Diketahui Panjang 2 m, lebar 25 cm, tinggi 30 cm. maka berapakah luas permukaan balok....cm² ​ Ayah membuat kusen jendela berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 3 m dan lebar 2 m. Berapa meter kayu yang dibutuhkan ayah? a. 10 m b. 8 m c. 6 m d. 4 m​ 3 cara router mempelajari jalur tujuannya​ Nyatakan menggunakan persamaan dan pertidaksamaan sebuah bilangan kurang 3 dari 2 * x adalah lebih besar dari suatu bilangan yang lebih 5 darix ​ buatlah konsep konservasi sumber daya pesisir dan Pulau pulau kecil sesuai dengan undang undang nomor 1 tahun 2014 sesuai dengan tata ruang yg di butuhkan​ Dirjen pajak dirjen bea dan cukai gubernur bupati atau walikota atau pejabat yang ditunjuk untuk melaksanakan peraturan perpajakan adalah komponen dari a. Wajib pajak b. Kewajiban pajak c. Aparatur pajak d. Hak fiskus e. Kewajiban fiskus ​. Tulisna piwulang luhur kang bisa kokjupuk saka crita rakyat ki ageng pandharan​. Cerpen sane mamurda Tresna Sida gelahang marupa soroh kesusastraan Bali sane. ​. Persamaan dan perbedaan komunitas, organisasi dan kelompok sosial dalam perspektif sosiologi​. Tulilah 3 contoh kegiatan ditrubi dalam kehidupan ehari hari. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan |8x-2|≤ 60 adalah..​ 2. Allah Swt. pernah memberi kekuatan yang sangat luar biasa kepada Nabi Sam`un a.s. untuk merobohkan .... a. gudang c. penjara b. masjid d. istana​ kolam umbang tirta memiliki volume 40m³.untuk mengisi air kolam tersebut digunakan selang yang mempunyai debit 50.00cm³/detik.berapa waktu dibutuhkan untuk mengisi kolam itu sampai penuh​ Rani berjalan jalan mengelilingi taman kota yang berbentuk segitiga. Jika ukuran taman tersebut 13m, 15m, 17 m. Berapa kah jarak yang ditempuh Rani? a. 45 m b. 44 m c. 43 m d. 42 m​ Jika disilangkan tanaman Mirabilis Jalapa bunga merah (MM) dengan Mirabilis jalapa berbunga merah. muda (Mm), Tentukan : a. Parbandingan genotip F2 b. Perbandingan fenotip F2.​ Apa saja yang harus dipersiapkan untuk kelas 9 semester 2?​ 1. Setiap makhluk memiliki kekuatan yang terbatas, sedangkan kekuatan Allah Swt. bersifat .... a. sementara c. sebentar b. mutlak All C.. d. tak sempurna​ Andi sedang berolah raga,dia berlari mengelilingi taman yg berbentuk persegi,dengan panjang sisi 10 m. Jika dia berlari 3 putaran, maka Andi berlari sejauh… a. 40 m b. 80 m c. 120 m d.160 m​ Bola lampu pada rangkaian listrik berfungsi untuk..​ Sebuah segitiga ABC dimana panjang sisi AB = 12 cm, besar sudut B = 120° dan besar sudut C 45°. panjang sisi AC adalah...cm 24√6 6√6 24 12 12√6​