frontpage hit counter

Ani memiliki 2 bola berwarna hitam. Ia akan memasukan bola tsb dalam 4 kotak yang tersedia. Peluang kedua bola akan masuk pada kotak yang sama adalah.

Jawaban

Jawaban 1

Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Banyak cara meletakkan kedua bola ke dalam kotak yang sama = 4

Banyak cara meletakkan kedua bola tersebut tanpa aturan apapun = 4 x 4 = 16

Maka, peluang kedua bolah masuk ke kotak yang sama adalah


Pertanyaan Terkait

Gradien garis yang tegak lurus dengan garis 3x + 2y =0 adalah​

Answers

Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

persamaan garis memiliki gradien .

maka,

gradien dari adalah .

karena tegak lurus maka,

  ×    =

  ×    =

             =

jadi, gradien yang tegak lurus dengan garis adalah .

Tentukan akar akar dari X2 +6x+8=0

Answers

mencari akar-akar penyelesaian dari x^2 + 6x + 8 = 0

x^2 + 6x + 8 = 0

(x + 2)(x + 4) = 0

x + 2 = 0

x₁ = -2

x + 4 = 0

x₂ = -4

Lim x3 – 3x2 + 5 adalah =
X+3
A. -1
B. -4
C. 4
D. 5
E. 12.

Answers

Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

jadi jawabannya D.

adalah D. 5

LimitPendahuluan

Hellow semuanya^^ , kali ini saya akan berbagi sedikit materi tentang ''Limit'' yang biasa dijumpai pas kelas 11 yah. Izinkan saya untuk menerangkannya y^^/. Semoga memahaminya!

Sering kita dengar saat SMA kata limit ini. Dan sering juga kita dengar bahwa limit itu ialah...yup Limit secara singkat berarti mendekati. Sedangkan, Limit pada fungsi ialah limit dengan variabelnya yang mendekati suatu fungsi, baik positif maupun negatif.

Nilai Limit tak hingga

Limit tak hingga dapat diselesaikan dengan membagi pangkat tertinggi. Rumus dasar , untuk n bilangan bulat positif.

• jika m > n

• jika m = n

• 0 jika m < n

• jika a > p

• jika a = p

• 0 jika a < p

• jika a > p

• jika a = p

• 0 jika a < p

Teorema Limit :

==> dengan k adalaha konstanta.

 Jika , maka , dengan k adalah konstanta.

Jika , maka .

Tips menemukan nilai limit :

1.) Dengan substitusi langsung

Kita hanya memasukkan nilai limitnya pada x (variabel) kedalam fungsi limitnya. Apabila menghasilkan 0/0, maka gunakan cara yg lain.

2.) Pemfaktoran

=> memfaktorkan fungsi dalam limit tersebut. Menghilangkan faktor (x – a), dari pembilang dan penyebut. Lalu apabila ada yang sama kita bisa coret dan menyelesaikannya.

3.) Dikalikan dengan bilangan sekawan

=> Apabila terdapat bentuk akar, maka terlebih dahulu dikalikan sekawan agar bentuk akar hilang, kemudian disederhanakan. ingat lagi konsep rumus aljabar kuadrat salah satunya ialah a² - b² = (a + b)(a - b)

4.) L'Hospital

=> Cara ini juga sering digunakan untuk sincostangen. Biasanya kita gunakan ini ketika cara subtisusi langsung gagal (0/0) maka L'Hospital solusinya. Dimana kita hanya menurunkan fungsi limitnya sampai dapat baik pada pembilang maupun penyebutnya.

Pembahasan

Diketahui :

Ditanya :

Hasil dari tersebut...

Jawaban :

Cara : Substitusi langsung

Pelajari Lebih Lanjut :
  • Contoh soal limit tak hingga (1) : brainly.co.id/tugas/49895277
  • Contoh soal limit tak hingga (2) : brainly.co.id/tugas/49136896
  • Contoh soal limit yang difaktorkan lalu disubstitusi (1) : brainly.co.id/tugas/49124277
  • Contoh soal limit yang difaktorkan lalu disubstitusi (2) : brainly.co.id/tugas/49158131
  • Contoh soal limit metode L'hospital : brainly.co.id/tugas/49886487

Detail Jawaban :

Bab : 7

Sub Bab : Bab 7 - Limit

Kelas : 11 SMA

Mapel : Matematika

Kode kategorisasi : 11.2.6

Kata Kunci : Limit.

Permintaan suatu komoditi yang di hadapi oleh seorang produsen di tunjukan oleh berikut: P Q
750 100
300 400
A. Susunlah persamaan fungsi permintaan tersebut!
B. Susunlah persamaan penerimaan totalnya (TR)!
C. berapa besarnya penerimaan total (TR) jika terjual barang sebanyak 200 unit, dan berapa harga jual (P) per unit?

Answers

Jawab:

A. Untuk menyusun persamaan fungsi permintaan, kita perlu menentukan variabel apa yang akan kita gunakan sebagai variabel independen (x) dan variabel dependen (y). Dalam contoh ini, kita dapat menggunakan jumlah komoditi sebagai variabel independen (x) dan harga komoditi sebagai variabel dependen (y).

Dengan demikian, persamaan fungsi permintaan yang sesuai dengan data yang diberikan adalah:

y = -2.5x + 500

dimana y adalah harga komoditi, dan x adalah jumlah komoditi. Persamaan ini menyatakan bahwa jika harga komoditi naik, permintaan akan turun, dan sebaliknya.

Jika kita ingin menggambarkan data yang diberikan dalam bentuk grafik, kita dapat menggunakan persamaan tersebut untuk menentukan titik-titik pada grafik. Misalnya, jika kita ingin mengetahui harga komoditi pada saat permintaan sebanyak 300, kita dapat menggunakan persamaan y untuk menghitung harga tersebut. Dengan menggantikan nilai x dengan 300 dan menghitung nilai y, kita akan mendapatkan harga sebesar 400. Kita dapat melakukan hal yang sama untuk menghitung harga pada saat permintaan sebanyak 750, yang akan menghasilkan harga sebesar 100.

Dengan demikian, kita dapat menggambarkan data yang diberikan dalam bentuk grafik seperti berikut:

(300,400)

(750,100)

Grafik ini menunjukkan bahwa harga komoditi akan turun seiring dengan meningkatnya permintaan.

B. Untuk menghitung total penerimaan (TR) seorang produsen, kita perlu menggunakan rumus TR = P x Q, dimana P adalah harga komoditi tersebut dan Q adalah jumlah yang dijual.

Jadi, untuk kasus ini, kita bisa menghitung total penerimaan dengan cara sebagai berikut:

TR1 = 750 x 100 = 75.000

TR2 = 300 x 400 = 120.000

Total penerimaan adalah jumlah dari TR1 dan TR2, yaitu 75.000 + 120.000 = 195.000.

Jadi, persamaan total penerimaan (TR) adalah TR = 75.000 + 120.000 = 195.000.

c. Untuk menghitung total penerimaan (TR) seorang produsen jika terjual barang sebanyak 200 unit, kita perlu menggunakan rumus TR = P x Q, dimana P adalah harga komoditi tersebut dan Q adalah jumlah yang dijual.

Jadi, untuk kasus ini, kita bisa menghitung total penerimaan dengan cara sebagai berikut:

TR = P x 200

Untuk mencari harga jual (P) per unit, kita bisa menggunakan persamaan TR yang telah ditentukan sebelumnya dan mengalikan dengan 200. Jadi, persamaannya adalah:

TR = P x 200

195.000 = P x 200

P = 195.000/200

P = 975

Jadi, harga jual per unit adalah 975, dan total penerimaan (TR) adalah 195.000.

Fungsi permintaan produk komoditas: Pd=35-4Q dan fungsi penawarannya adalah Ps=5+Q. Oleh pemerintah barang komoditas tersebut dikenakan pajak sebesar Rp. 5 tiap unit produk yg terjual. Hitunglah: A. Berapa harga keseimbangan (Pe) dan jumlah keseimbangan (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak?
B. Gambar lah grafik keseimbangan tersebut sebelum dan sesudah kena pajak dalam satu grafik!
C. Berapa pajak yg di tanggung konsumen setiap pembelian satu unit barang?
D. Berapa besar beban pajak yang di tanggung produsen?
E. Berapa besar pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yg terjual?

Answers

  1. Jumlah keseimbangan (Qe) adalah 6 unit. Dan harga keseimbangan (Pe) adalah harga yang tercantum pada persamaan permintaan atau penawaran pada saat Qe terjadi, yaitu 11.
  2. Pajak yang ditanggung konsumen setiap pembelian satu unit barang adalah sebesar Rp. 5.
  3. Beban pajak yang ditanggung produsen adalah sebesar Rp. 5 per unit. Jika produsen menjual seluruh unit yang dimilikinya, maka beban pajak yang ditanggung produsen adalah sebesar Rp. 30.
  4. Pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yang terjual adalah sebesar Rp. 30.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui:

Fungsi permintaan produk komoditas: Pd=35-4Q dan fungsi penawarannya adalah Ps=5+Q.

Ditanya:

A. Berapa harga keseimbangan (Pe) dan jumlah keseimbangan (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak?

B. Gambar lah grafik keseimbangan tersebut sebelum dan sesudah kena pajak dalam satu grafik!

C. Berapa pajak yg di tanggung konsumen setiap pembelian satu unit barang?

D. Berapa besar beban pajak yang di tanggung produsen?

E. Berapa besar pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yg terjual?

Jawab:

Untuk mencari harga keseimbangan (Pe) dan jumlah keseimbangan (Qe) yang berlaku sebelum kena pajak, kita harus menyelesaikan persamaan permintaan dan penawaran. Persamaan permintaan adalah Pd=35-4Q dan persamaan penawaran adalah Ps=5+Q. Karena kedua persamaan ini merupakan keseimbangan, maka kita harus menyamakan harga di kedua persamaan tersebut, yaitu Pd=Ps.

Jika kita subsitusi kedua persamaan tersebut, maka kita mendapatkan:

35-4Q=5+Q

30=5Q

Q=6

Dengan demikian, jumlah keseimbangan (Qe) adalah 6 unit. Dan harga keseimbangan (Pe) adalah harga yang tercantum pada persamaan permintaan atau penawaran pada saat Qe terjadi, yaitu Pe=35-4Q=35-4(6)=35-24=11.

C. Pajak yang ditanggung konsumen setiap pembelian satu unit barang adalah sebesar Rp. 5.

D. Beban pajak yang ditanggung produsen adalah sebesar Rp. 5 per unit. Jika produsen menjual seluruh unit yang dimilikinya, maka beban pajak yang ditanggung produsen adalah sebesar Rp. 5 x 6 unit = Rp. 30.

E. Pendapatan pemerintah dari pajak atas seluruh barang yang terjual adalah sebesar Rp. 5 x 6 unit = Rp. 30.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang permintaan dan penawaran pada link brainly.co.id/tugas/13716264

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Tanpa menggunakan alat bantu hitung, berapakah nilai dari 3-5!​

Answers

Jawab:

3-5! adalah 3 faktorial dikurangi 5 faktorial, yang dapat dituliskan sebagai 3! - 5!.

Faktorial dari suatu bilangan adalah hasil perkalian dari bilangan tersebut dengan semua bilangan yang lebih kecil darinya, yaitu:

n! = n * (n-1) * (n-2) * ... * 2 * 1

Untuk menghitung faktorial secara manual, Anda dapat melakukannya dengan cara mengalikan bilangan tersebut dengan semua bilangan yang lebih kecil darinya, seperti contoh di bawah ini:

3! = 3 * 2 * 1 = 6

5! = 5 * 4 * 3 * 2 * 1 = 120

Jadi, 3-5! = 3! - 5! = 6 - 120 = -114.

Jadi, nilai dari 3-5! adalah -114.

1. Bandingkan fitur dan pengaturan perlindungan privasi untuk dua browser web terkemuka seperti Internet Explorer, dan Google Chrome. Buatlah tabel perbandingan fitur dari kedua browser tersebut dari segi fungsi yang disediakan dan kemudahan penggunaan.

Answers

Jawaban:

lain tidak sama crome dan

Terdapat dua buah kelompok data sebagai berikut : data kelompok pertama yaitu 2,a,a, 3, 4, 6 mempunyai nilai rata - rata c, data kelompok kedua 2, c,c, 4, 6, 2, 1 mempunyai rata - rata 2a dan median c. Data manakah yang memiliki nilai median yang lebih besar ?

Answers

Nilai median yang lebih besar adalah kelompok kedua. Untuk menyelesaikan soal ini, kita gunakan metode substitusi.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui:

Terdapat dua buah kelompok data sebagai berikut:

Data kelompok pertama yaitu 2, a, a, 3, 4, 6 mempunyai nilai rata-rata c,

Data kelompok kedua 2, c, c, 4, 6, 2, 1 mempunyai rata-rata 2a dan median c.

Ditanya:

Data manakah yang memiliki nilai median yang lebih besar?

Jawab:

Langkah pertama: Kita buat persamaan 1

Kelompok data pertama:

c = (2+a+a+3+4+6)/6

c = (2a+15)/6

6c = 2a + 15

6c – 15 = 2a

(6c-15)/2 = a (persamaan 1)

Langkah kedua: Kita buat persamaan 2

Kelompok data kedua:

2a = (2+c+c+4+6+2+1)/7

2a = (2c+15)/7

a = (2c+15)/14 (persamaan 2)

Langkah ketiga: Dari persamaan 1 kita ganti nilai a

(6c-15)/2 = (2c+15)/14

6c – 15 = (2c+15)/7

42c – 105 = 2c + 15

42c-2c = 15+105

40c = 120

c = 120/40 = 3

Langkah keempat, substitusikan nilai c untuk mendapatkan nilai a.

a (6c-15)/2

a = (6×3-15)/2

a = (18-15)/2

a = 1,5

Langkah kelima: kita tentukan median dari kedua kelompok.

Median kelompok pertama = 1,5 , 1,5 , 2, 3, 4, 6

                                            = (2+3)/2

                                            = 2,5

Median kelompok kedua = c = 3

Jadi nilai median yang lebih besar adalah kelompok kedua.

Pelajari Lebih Lanjut
  • Materi tentang statistika dapat disimak juga di brainly.co.id/tugas/28585986

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Nilai integral batas atas 2 dan batas bawah -1 (4x³+3x²+2x) dx. pakai caranya jg yah. Thx. ​

Answers

Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

jadi jawabannya adalah 27.

Diketahui A=(-1)pangkat min 1,B=(-1)pangkat 1 dan C= 1pangkat min 1 maka nilai dari A+B+C =.

Answers

Jawaban:

Nilai dari .

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui:

Ditanya:

A + B + C = . . .

Jawab:

Menghitung nilai A

Menghitung nilai B

Menghitung nilai C

maka,

Hasil dari -8×3-12:(-2)

Answers

Jawab:

-18

Penjelasan dengan langkah-langkah:

-8 × 3 - 12 ÷ (-2)

= (-8 × 3) - 12 ÷ (-2)

= -24 - (12 ÷ (-2))

= -24 - (-6)

= - 18

Dua buah tabung tingginya sama, dengan perbandingan jari jari alas tabung 2 : 3. A. Tentukan perbandingan luas selimut kedua tabung.
B. Tentukan perbandingan volume kedua tabung.

Answers

Jawaban:

Diketahui

r1 : r2 = 2 : 3

t1 = t2 berarti dapat ditulis t1 = t1

Rumus

Luas selimut = 2π r t

maka perbandingan luas selimutnya

2 x π x r1 x t = 2 x π x r x t

r1 = r2

2 : 3

Jadi perbandingan luas selimutnya adakah 2 : 3

Rumus Volume tabung

V = π x r² x t

maka perbandingan volumenya

π x (r1)² x t = π x (r2)² x t

r1 = r2

2² = 3²

4 : 9

Jadi perbandingan volume tabung tersebut adalah 4 : 9

KOEIZ (III)
3ᵃ + 3ᵇ = 10
3ᵃ⁺ᵇ = 5
3ᵃ⁻ᵇ + 3ᵇ⁻ᵃ = ...

Answers

Jawaban:

Eksponen

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Misalkan

3^a = x

3^b = y

3^a + 3^b = 10

x + y = 10

3^a . 3^b = 5

x . y = 5

3^(a - b) + 3^(b - a)

= 3^a / 3^b + 3^b / 3^a

= x/y + y/x

= (x² + y²)/xy

= (x + y)² - 2xy / xy

= (10)² - 2(5) / 5

= 100 - 10 / 5

= 90/5

= 18

Suatu fungsi dirumuskan dengan f (x) = ax+b. jika f(5) =7 dan f(-4)= -11 maka nilai f(3) adalah​

Answers

Jawab:

f(3) = 3

Penjelasan dengan langkah-langkah:

f(x) = ax+b

f(5) =7 dan f(-4)= -11

f(5) : 5a + b = 7

f(-4) : -4a + b = -11

* Eliminasi

5a + b = 7

-4a + b = -11

__________ --

9a = 18        ⇔ 5a + b = 7

a = 2                 5(2) + b = 7

                         10 + b = 7

                            b = -3

* Mencari nilai f(3)

f(3) = 2(3) + (-3)

      = 6 - 3

      = 3

Jawaban:

f(3) = 3

Penjelasan dengan langkah-langkah:

f(5) = 7

f(x) = ax+b

f(5) = a(5) + b = 7

5a + b = 7 ...... (1)

f(-4) = -11

f(-4) = a(-4) + b = -11

-4a + b = -11 ...... (2)

eliminasi persamaan (1) dan (2)

5a + b = 7

-4a + b = -11 -

9a = 18

a = 2

distribusi ke persamaan (1)

5a + b = 7

5(2) + b = 7

10 + b = 7

b = 7 - 10

b = -3

f(3) = ax + b

f(3) = 2(3) + (-3)

f(3) = 6 - 3

f(3) = 3

Sebuah peluru di tembakkan me atas, tinggi puluru pada t detik di rumuskan oleh h(t)= 500t-10² (dalam meter), tentukan tinggi maksimum yang dapat di tempuh oleh peluru tersebut diketahui:

ditanya:

dijawab:​

Answers

Jawaban:

tinggi maksimum saat t = 25 detik adalah 6.250 meter

Penjelasan dengan langkah-langkah:

dik.

h(t) = 500t - 10t²

h(t) = 0

500 - 20t = 0

500 = 20t

t = 25

h(t) = 500t - 10t²

h(25) = 500(25) - 10(25²)

h(25) = 12.500 - 6.250

h(25) = 6.250

Suatu komunitas terdiri atas 5 laki laki dan 8 perempuan. Dari komunitas tersebut akan dipilih sebagai ketua, wakil dan sekertaris. Jika disyaratkan bahwa antara ketua dan wakil harus beda jenis kelamin. Beraoa banyak cara pemilihan pengurus ?.

Answers

Jawab:

880 cara

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Terdapat 5x8 = 40 cara untuk memilih ketua dan wakil jika jenis kelamin ketua adalah laki-laki dan 8x5 = 40 cara untuk memilih ketua dan wakil jika jenis kelamin ketua adalah perempuan. Setelah itu, tersisa 11 orang untuk dipilih menjadi menjadi sekretaris.

Maka, banyak cara memilih pengurus adalah (40+40)x11 = 880 cara

Maka tentukan tinggi tabung tersebut 3. Jika diketahui luas selimut tabung 968 cm2 dan tingginya 22 cm, maka berapakah jari-jari
tabung tersebut?
4. Diketahui luas selimut suatu tabung adalah 1. 408 cm2. Jika jari-jari alasnya 14 cm, maka
tentukan luas permukaan tabung tersebut!.

Answers

Jawab:

3)

4)

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Rumus-rumus

Luas Selimut Tabung =

Luas Permukaan Tabung =

Soal No. 3

Luas Selimut Tabung =

= tinggi

Jari-jari = ?

maka :

Soal No.4

Luas Selimut Tabung =

= Jari-jari

Luas Permukaan Tabung ?

Maka :

Perbandingan berat karung berisi jeruk dan apel milik seorang pedagang buah adalah 8 : 9. Jika berat karung berisi apel 72 kg, jumlah berat kedua karung milik pedagang tersebut adalah . . . A. 64 kg B. 81 kg C. 136 kg D. 153 kg​

Answers

Jawaban:

Perbandingan

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jeruk : Apel = 8x : 9x

Apel = 72 kg

9x = 72

x = 8 kg

Jeruk = 8x

Jeruk = 8(8) = 64 kg

Total = 72kg + 64kg = 136kg

Mohon bantu dan isi cara ya Soal Nomor 1
Seorang peneliti ingin mengetahui kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dike-
tahui membahayakan bila diminum. Sebanyak 24 sampel diambil dari sumur-sumur
penduduk Desa Antah Berantah dan kadar cemaran A diperiksanya. Diperolehnya
nilai rataan dan simpangan baku dari sampel yang diambil masing-masing sebesar 0,15
satuan dan 0,05 satuan. Buatlah penduga titik dan penduga selang kadar cemaran A
dari populasi sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah.
Soal Nomor 2
Terkait dengan soal nomor 1, peneliti juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan
antara cemaran bakteri A pada air sumur dengan air PAM yang juga menjadi sumber air
minum penduduk Desa Antah Berantah. Sebanyak 11 sampel Air PAM diperiksanya
dan diperoleh nilai rataan dan simpangan baku dari cemaran A masing-masing sebesar
0,05 satuan dan 0,02 satuan. Tentukanlah pendugaan titik dan pendugaan selang dari
perbedaan kadar cemaran bakteri A dari kedua sumber air.
Soal Nomor 3
Terkait dengan soal nomor 1 dan nomor 2, buatlah pasangan hipotesis yang bisa digu-
nakan untuk menjawab apakah pernyataan Mengkonsumsi air PAM lebih aman
dari cemaran bakteri X dibandingkan dengan mengkonsumsi air sumur bisa
diterima ataukah tidak!

Answers

  1. Penduga titik kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah adalah 0,15 satuan, dan penduga selangnya adalah 0,098 satuan.
  2. Penduga titik perbedaan kadar cemaran bakteri A antara air sumur dan air PAM yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah adalah -0,1 satuan, dan penduga selangnya adalah 0,07 satuan.
  3. Hipotesis yang pertama adalah hipotesis nol, yaitu pernyataan tersebut tidak benar. Hipotesis yang kedua adalah hipotesis alternatif, yaitu pernyataan tersebut benar.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui:

  • Sebanyak 24 sampel diambil dari sumur-sumur penduduk Desa Antah Berantah dan kadar cemaran A diperiksanya. Diperolehnya nilai rataan dan simpangan baku dari sampel yang diambil masing-masing sebesar 0,15 satuan dan 0,05 satuan.
  • Sebanyak 11 sampel Air PAM diperiksanya dan diperoleh nilai rataan dan simpangan baku dari cemaran A masing-masing sebesar 0,05 satuan dan 0,02 satuan.

Ditanya:

Soal Nomor 1

Seorang peneliti ingin mengetahui kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dike-

tahui membahayakan bila diminum. Sebanyak 24 sampel diambil dari sumur-sumur

penduduk Desa Antah Berantah dan kadar cemaran A diperiksanya. Diperolehnya

nilai rataan dan simpangan baku dari sampel yang diambil masing-masing sebesar 0,15

satuan dan 0,05 satuan. Buatlah penduga titik dan penduga selang kadar cemaran A

dari populasi sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah.

Soal Nomor 2

Terkait dengan soal nomor 1, peneliti juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan

antara cemaran bakteri A pada air sumur dengan air PAM yang juga menjadi sumber air

minum penduduk Desa Antah Berantah. Sebanyak 11 sampel Air PAM diperiksanya

dan diperoleh nilai rataan dan simpangan baku dari cemaran A masing-masing sebesar

0,05 satuan dan 0,02 satuan. Tentukanlah pendugaan titik dan pendugaan selang dari

perbedaan kadar cemaran bakteri A dari kedua sumber air.

Soal Nomor 3

Terkait dengan soal nomor 1 dan nomor 2, buatlah pasangan hipotesis yang bisa digu-

nakan untuk menjawab apakah pernyataan Mengkonsumsi air PAM lebih aman

dari cemaran bakteri X dibandingkan dengan mengkonsumsi air sumur bisa

diterima ataukah tidak!

Jawab:

Untuk menjawab soal nomor 1, kita bisa menggunakan penduga titik dan penduga selang untuk mengetahui kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah. Penduga titik adalah nilai yang dianggap sebagai nilai rata-rata dari populasi, sedangkan penduga selang adalah interval kepercayaan yang menunjukkan tingkat kepastian dari penduga titik.

Untuk menghitung penduga titik kadar cemaran bakteri A pada air sumur, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Penduga titik = nilai rataan sampel = 0,15 satuan

Untuk menghitung penduga selang kadar cemaran bakteri A pada air sumur, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Penduga selang = tingkat kepercayaan * simpangan baku sampel = 1,96 * 0,05 satuan = 0,098 satuan

Jadi, penduga titik kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah adalah 0,15 satuan, dan penduga selangnya adalah 0,098 satuan. Ini berarti kita yakin dengan tingkat kepercayaan 95% bahwa nilai rataan kadar cemaran bakteri A pada air sumur yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah berada di antara 0,05 satuan (0,15 - 0,098) dan 0,25 satuan (0,15 + 0,098).

Untuk menjawab soal nomor 2, kita bisa menggunakan penduga titik dan penduga selang untuk mengetahui perbedaan kadar cemaran bakteri A antara air sumur dan air PAM yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah. Penduga titik perbedaan kadar cemaran bakteri A dapat dihitung dengan mengurangi nilai rataan kadar cemaran bakteri A pada air PAM dengan nilai rataan kadar cemaran bakteri A pada air sumur, yaitu:

Penduga titik perbedaan = 0,05 satuan - 0,15 satuan = -0,1 satuan

Sedangkan penduga selang perbedaan dapat dihitung dengan menambahkan simpangan baku kadar cemaran bakteri A pada air PAM dan simpangan baku kadar cemaran bakteri A pada air sumur, yaitu:

Penduga selang perbedaan = 0,02 satuan + 0,05 satuan = 0,07 satuan

Penduga titik perbedaan kadar cemaran bakteri A antara air sumur dan air PAM yang dimiliki penduduk Desa Antah Berantah adalah -0,1 satuan, dan penduga selangnya adalah 0,07 satuan. Ini berarti kita yakin dengan tingkat kepercayaan 95% bahwa nilai rataan perbedaan kadar cemaran bakteri A antara kedua sumber air tersebut berada di antara -0,17 satuan (-0,1 - 0,07) dan -0,03 satuan (-0,1 + 0,07).

Untuk menjawab soal nomor 3, kita bisa membuat dua hipotesis yang bisa digunakan untuk menguji apakah pernyataan "Mengkonsumsi air PAM lebih aman dari cemaran bakteri A dibandingkan dengan mengkonsumsi air sumur" dapat diterima atau tidak. Hipotesis yang pertama adalah hipotesis nol, yaitu pernyataan tersebut tidak benar. Hipotesis yang kedua adalah hipotesis alternatif, yaitu pernyataan tersebut benar.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang uji hipotesis pada link brainly.co.id/tugas/4216966

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Persamaan dengan koefisien pecahan { x + 5 } { 6 } = { 3 x - 1 } { 3 }​

Answers

Jawaban:

Fungsi Linear

Penjelasan dengan langkah-langkah:

(x + 5)(6) = (3x - 1)(3)

6x + 30 = 9x - 3

33 = 3x

x = 11

Pertanyaan Lainnya
Sebutkan dan jelaskan tiga unsur negara hukum menurut avriche. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan beton!. Sebutkan Contoh sikap dalam hadits beribadalah kepada allah seakan akan engkau melihatnya bila tidak mampu melihatnya yakinlah allah pasti melihatmu. Sebutkan contoh peristiwa tentang hukum Newton 1,2, dan 3 masing-masing satu !. Make a sentence "even if ,unless, however , on the other hand ,it contrast , nevertheless. ​. 4. Senyawa amfoter adalah senyawa yang dapat bersifat asam sekaligus basa benarkah bahwa air merupakan senyawa amfoter? tunjukkan dengan reaksi. Sebutkan kekurangan dan kelebihan adanya hipotei pada karya ilmiah. Dari data 8 , 9 , 7 , 8 , 5 , 6 , 9 , 7 , 9 , 10 , 9. Mediannya adalah Jika 2x2 = 6x-18 maka tentukan nilai dari x-2! ​ Gradien garis yang tegak lurus dengan garis 3x + 2y =0 adalah​ Barisan bilangan terdiri dari tujuh bilangan bulat berturut turut. Bila diketahui jumlah dari 3bilangan terkecil adalah 33, berapa jumlah dari tiga bilangan terbesar Mengapa politik luar negeri merupakan tujuan nasional​ Pada saat melakukan latihan gerakan dasar passing bawah permainan bola voli bagian mana yang harus digunakan sebagai pemantul Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Jika negara tidak menguasai cabang-cabang produksi penting tersebut yang akan terjadi adalah Dibawah ini adalah teknik dasar permainan bola basket kecuali Jaringan pada hewan vertebrata yang cocok untuk fungsi sekresi dan proteksi adalah Pada permainan bulutangkis terjadi skor sama 20=20 sehingga terjadi deuce( jus ) jelaskan siapa pemenangnya saat game tersebut Lahirnya bani umayyah i damaskus tahun 40 hijriyyah oleh muawiyah bin abi sufyan, yang diperkirakan oleh pakar sejarahwan sebagai bentuk sabotase terhadap pemerintahan ali bin abi thalib dari pemerintahan terakhir khulafaur rasyidin. Muawiyah bin abi sufyan mendirikan bani umayyah i damaskus di kota kecil illiyat yang sekarang berada di wilayah… Tahap akhir dalam pembuatan kerajinan bahan keras adalah Seseorang yang memimpin desa biasanya dipanggil pak