frontpage hit counter

Jelakan dampak poitif dan negatif dari letak poii ilang wilayah negara indoneia.

Jawaban

Jawaban 1

Penjelasan:

dampak positif

  • indonesia menjadi jalur transportasi perdagangan dunia.

dampak negatif

  • masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa

Pertanyaan Terkait

Landasan teori dalam rancangan penelitian didasarkan dari berbagai teori sebelumnya yang dipelajari dari berbagai buku dan sumber, berguna untuk.

Answers

Jawaban:

Memberikan dasar yang kuat bagi rancangan penelitian yang akan dilakukan, sehingga dapat menghasilkan jawaban yang tepat terhadap masalah yang sedang diteliti.

Penjelasan:

LandasanJelaskan pengertian penelitian! * teori dalam rancangan penelitian didasarkan dari berbagai teori sebelumnya yang dipelajari dari berbagai buku dan sumber, berguna untuk.

Answers

Jawaban:

memberikan dasar yang kuat bagi rancangan penelitian yang akan dilakukan, sehingga dapat menghasilkan jawaban yang tepat terhadap masalah yang sedang diteliti.

Penjelasan:

landasan teori dalam rancangan penelitian didasarkan pada teori-teori yang telah ada sebelumnya dan dipelajari dari berbagai sumber seperti buku dan jurnal. Teori ini berguna untuk memberikan dasar yang kuat bagi rancangan penelitian yang akan dilakukan, sehingga dapat menghasilkan jawaban yang tepat terhadap masalah yang sedang diteliti.

Teori yang dipelajari dari berbagai sumber tersebut juga berguna untuk membantu peneliti dalam memahami dan mengkonseptualisasikan masalah yang akan diteliti, serta membantu dalam merumuskan hipotesis dan tujuan penelitian. Teori juga bisa membantu dalam menentukan metode yang akan digunakan dalam penelitian, serta dalam menafsirkan hasil penelitian yang telah dilakukan.

Lua wilayah Indoneia 5. 180. 053 km2, dari lua terebut, lua daratannya adalah 1. 922. 570 km2 edangkan lua lautannya 3. 257. 483 km2. Pernytaan yang kurang tepat berdaarkan data terebut adalah.

Answers

Jawaban:

Luas wilayah Indonesia adalah 5.108.053 km yang terdiri dari wilayah daratan sebesar 1.922.570 km dan wilayah lautan sebesar 3.257.483 km. Dari data tersebut diketahui bahwa wilayah Indonesia sebagian besar berupa lautan.

Pada peta A, jarak X dan Y di peta adalah 2 cm dan jarak X dan Y eungguhnya adalah 0,04 km. Sedangkan, pada peta B jarak P dan Q di peta adalah 3 cm dan jarak P dan Q eungguhnya adalah 6 km. Maka, pernyataan yang mungkin euai adalah….

Answers

Jawaban & Penjelasan:

Berdasarkan informasi yang diberikan, pernyataan yang mungkin benar adalah:

Skala peta A adalah lebih kecil daripada skala peta B.

Jarak X dan Y eungguhnya di peta A lebih kecil daripada jarak P dan Q eungguhnya di peta B.

Satuan skala peta A adalah lebih kecil daripada satuan skala peta B.

Skala peta adalah rasio antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya. Dari informasi yang diberikan, kita dapat menghitung skala peta A dan peta B sebagai berikut:

Skala peta A = 0,04 km / 2 cm = 20.000

Skala peta B = 6 km / 3 cm = 2.000

Dari hasil perhitungan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa skala peta A adalah lebih kecil daripada skala peta B. Ini berarti jarak X dan Y eungguhnya di peta A lebih kecil daripada jarak P dan Q eungguhnya di peta B. Selain itu, satuan skala peta A juga lebih kecil daripada satuan skala peta B, yaitu 20.000 dibandingkan dengan 2.000.

Dengan demikian, pernyataan yang mungkin benar adalah bahwa skala peta A adalah lebih kecil daripada skala peta B, jarak X dan Y eungguhnya di peta A lebih kecil daripada jarak P dan Q eungguhnya di peta B, dan satuan skala peta A adalah lebih kecil d

Penelitian yang bertujuan untuk memperoleh dalil atau teori baru, disebut penelitian. A. Dasar B. Terapan C. Evaluasi D. Baru E. Spekulasi.

Answers

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah E. Spekulasi, yang merujuk pada teknik penelitian yang digunakan untuk membuat asumsi dan kesimpulan berdasarkan informasi yang tersedia.

Jawaban:

E

Penjelasan:

untuk lebih mengetahui lebih detail

Pengkajian tanggapan gejala budaya yang di analisa secara terpisah.

Answers

Jawaban:

Pengkajian tanggapan gejala budaya yang di analisa secara terpisah merujuk pada proses menganalisis gejala budaya dengan cara memisahkan satu gejala dari gejala lainnya. Ini dilakukan untuk mempermudah pemahaman terhadap makna dan implikasi dari gejala budaya tersebut.

Contohnya, dalam menganalisis gejala budaya sebuah masyarakat, seorang peneliti mungkin akan memisahkan gejala budaya yang terkait dengan sistem kekeluargaan, sistem politik, atau sistem ekonomi. Dengan memisahkan gejala budaya tersebut, peneliti dapat lebih mudah memahami bagaimana sistem kekeluargaan, sistem politik, dan sistem ekonomi tersebut bekerja secara terpisah dan bagaimana gejala budaya tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.

Pengkajian tanggapan gejala budaya yang di analisa secara terpisah juga dapat digunakan untuk menganalisis perubahan yang terjadi dalam gejala budaya sebuah masyarakat. Misalnya, peneliti dapat membandingkan gejala budaya sistem kekeluargaan dari masyarakat yang sama pada dua periode waktu yang berbeda untuk melihat bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi sistem kekeluargaan tersebut.

Secara umum, pengkajian tanggapan gejala budaya yang di analisa secara terpisah membantu memahami bagaimana gejala budaya terkait satu sama lain dan bagaimana gejala budaya tersebut berubah dari waktu ke waktu.

Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang terhambat akan berdampak pada ….

Answers

Jawaban:

Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang terhambat akan berdampak pada perkembangan lokasi fisik karena tidak ada rencana yang jelas dan tepat. Dengan berlalunya waktu, tempat-tempat yang dapat meningkatkan potensi ekonomi lokal dan masyarakat sekitarnya tidak dapat disebut dengan tepat, karena tidak ada rencana yang relevan. Hal ini juga dapat membuat masyarakat yang tinggal di daerah tersebut tidak memiliki akses yang tepat ke fasilitas publik seperti pendidikan dan kesehatan. Fasilitas yang tepat penting untuk menciptakan kualitas hidup yang baik dan juga untuk pengembangan pariwisata. Selain itu, penyusunan RTRW yang tertunda juga dapat mengakibatkan timbulnya konflik Satu Wilayah Satu Pengelolaan (OWSH). Ini berarti bahwa pengelolaan administrasi dan manajemen tidak dapat diatur dengan birokrasi yang tepat. Sangat penting untuk menyelesaikan proyek RTRW untuk menghindari masalah perencanaan yang berhubungan dengan kualitas hidup dan kemajuan wilayah.

Pulau terluar dan terdepan dari sisi kesejahteraan masyarakat dalam nilai pancasila.

Answers

Jawaban:

Pulau Ndana merupakan pulau terdepan di wilayah Indonesia Karena karena merupakan pulau terluar di wilayah Indonesia dan merupakan batas wilayah RI

Sebutkan 4 pontensi geografi yang tersedia dalam jumal tak terbatas.

Answers

Jawaban:

4 pontensi geografi yang tersedia dalam jumlah tak terbatas adalah

  1. Air: air merupakan sumber kehidupan yang penting, dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti pengairan, pembangkit listrik, dan industri.
  2. Tanah: tanah merupakan sumber makanan yang penting, serta dapat digunakan untuk pertanian, perkebunan, dan perkebunan kehutanan. Tanah juga merupakan sumber mineral yang penting, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam.
  3. Energi: energi merupakan sumber daya yang penting bagi kehidupan manusia. Energi dapat diperoleh dari sumber alam seperti matahari, air, dan batu bara, serta dapat dihasilkan melalui proses manufaktur, seperti pembuatan bahan bakar fosil.
  4. Sumber daya hayati: sumber daya hayati merupakan sumber daya yang diperoleh dari keanekaragaman hayati di suatu wilayah. Sumber daya hayati dapat berupa tumbuhan, hewan, atau mikroba yang dapat digunakan untuk makanan, obat-obatan, atau bahan baku industri.

Sebutkan 5 prinsip yang harus diikuti peneliti geografi!.

Answers

Jawaban:

Ada beberapa prinsip yang harus diikuti oleh peneliti geografi dalam menjalankan penelitiannya, di antaranya:

Objektivitas: Peneliti harus menjaga objektivitas dalam melakukan penelitian, yaitu tidak boleh terpengaruh oleh pemikiran atau pandangan pribadi. Peneliti harus bisa mengumpulkan dan menganalisis data dengan cara yang tidak bias.

Ketelitian: Peneliti harus memperhatikan detail dan menjaga ketelitian dalam mengumpulkan dan menganalisis data.

Konsistensi: Peneliti harus memastikan bahwa metode yang digunakan dalam penelitian tetap konsisten selama penelitian dilakukan.

Replikabilitas: Peneliti harus memastikan bahwa hasil penelitian dapat diuji kembali oleh peneliti lain dengan menggunakan metode yang sama.

Transparansi: Peneliti harus menyediakan informasi yang cukup mengenai metode dan hasil penelitiannya, sehingga hasil penelitian dapat diuji dan dipertanggungjawabkan oleh peneliti lain.

Jika diketahui sebuah peta dengan skala 1: 100.000, dan pada peta tersebut terdapat kota X yang dilalui oleh 5° LS-100° BT dan kota Y yang dilalui oleh 5° LS-100°6' BT. (Kita ketahui bahwa jarak 1° Bujur adalah 111 km) Selain kota tersebut juga terdapat kota Z, dimana jarak dalam peta antara kota X dan Z adalah 10 cm. Pertanyaannya: Lebih jauh manakah jarak kota X-Y jika dibandingkan dengan jarak kota X-Z? Berapa km selisih jarak tersebut?​

Answers

Jawaban: X-Y

Penjelasan:

Untuk mengetahui lebih jauh manakah jarak kota X-Y dibandingkan dengan jarak kota X-Z, kita perlu mengkonversi jarak pada peta tersebut ke dalam satuan kilometer. Skala 1:100.000 menunjukkan bahwa 1 cm pada peta sama dengan 100.000 cm pada lapangan. Dengan demikian, jarak kota X-Z sejauh 10 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm pada lapangan, atau sama dengan 10 km.

Sedangkan jarak antara kota X dan Y adalah selisih antara posisi bujur kedua kota tersebut, yaitu 100° BT - 5° LS = 95° BT. Dengan menggunakan informasi bahwa 1° Bujur sama dengan 111 km, maka jarak antara kota X dan Y adalah 95 x 111 km = 10.045 km.

Jadi, jarak antara kota X dan Y lebih jauh dibandingkan jarak antara kota X dan Z, dengan selisih 10.045 km - 10 km = 10.035 km.

Jika diketahui jumlah Penduduk Kota Tegal Tahun 2010 sebanyak 240.020 jiwa, Tahun 2021 sebanyak 249.690 jiwa. 1) Hitunglah besarnya angka pertumbuhan penduduk Kota Tegal!

2) Proyeksikan jumlah penduduk Kota Tegal di tahun 2031

Answers

Besarnya angka pertumbuhan penduduk Kota Tegal adalah sebesar 0,88% per tahun , dan Hasil proyeksi jumlah penduduk Kota Tegal pada tahun 2031 adalah sebanyak 258.393 jiwa

Pembahasan
  • Laju pertumbuhan penduduk

Untuk mengetahui angka pertumbuhan penduduk sebuah kota per tahunnya, dalam bentuk persentase, kita bisa menemukannya dengan menggunakan rumus berikut

yang dimana,

  • r = Pertumbuhan penduduk (per tahun)
  • Po = Jumlah penduduk tahun awal diketahui
  • Pt = Jumlah penduduk tahun akhir diketahui
  • t = Selisih kedua tahun yang diketahui

Sedangkan, pada soal, semuanya telah memenuhi nilai nilai tersebut, diantaranya

  • Po = 240.020
  • Pt = 249.690
  • t = 2021 - 2010 = 11

Didapatkan laju pertumbuhan penduduk

Maka didapatkan angka pertumbuhan penduduk sebesar 0,88% tiap tahunnya.

  • Proyeksi jumlah penduduk tahun 2031

Untuk memproyeksikan jumlah penduduk pada tahun 2031, kita perlu menggunakan rumus lagi, yaitu

yang dimana,

  • Pm = Proyeksi penduduk tahun dicari
  • Po = Penduduk tahun awal diketahui.
  • Pn = Penduduk tahun terakhir diketahui.
  • m = Selisih tahun yang akan dicari dengan tahun awal.
  • n = Selisih kedua tahun yang diketahui data jumlah penduduknya.

Pada soal, kita sudah mendapati variabel-variabel tersebut, diantaranya adalah

  • Po = 240.020
  • Pn = 249.690
  • m = 2031 - 2010 = 21
  • n = 2021 - 2010 = 11

Maka didapati proyeksi jumlah penduduk tahun 2031

Maka, proyeksi jumlah penduduk pada tahun 2031 adalah sebesar atau ≈ 258.393 penduduk.

Ayo lebih perdalam lagi pemahaman mu mengenai materi ini pada brainly.co.id/tugas/37832131

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: Dinamika Kependudukan

Sub Bab: Pertumbuhan Penduduk, Proyeksi Jumlah Penduduk

#JadiRankingSatu

Tokoh yang terlibat pertentangan dengan gereja karena menganut teori Heliosentris adalah….

Answers

Jawaban:

Galileo Galilei

Penjelasan:

Tokoh yang terlibat pertentangan dengan gereja karena menganut teori heliosentris adalah Galileo Galilei. Galileo adalah seorang ilmuwan dan filsuf Italia yang terkenal dengan teorinya tentang bumi yang berputar di sekitar matahari (heliosentris), yang berlawanan dengan doktrin gereja Katolik yang menyatakan bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Karena menganut teori heliosentris ini, Galileo dituduh oleh gereja sebagai penyebar kekafiran dan diancam dengan hukuman mati. Namun, setelah bertahun-tahun diadili, ia dijatuhi hukuman yang lebih ringan, yaitu dikenakan sanksi dan diasingkan ke kota-kota di Italia bagian selatan. Meskipun demikian, teori heliosentris Galileo tetap menjadi dasar ilmu pengetahuan modern tentang sistem tata surya.

Jawaban:

galileo Galilei maaf kalau salah yaa

Bagaimana cara nasa memfoto galaksi bima sakti? padahal kita didalam bumi! cara ngukur nya planetnya bagaimana juga?​

Answers

Untuk memfoto galaksi Bima Sakti, NASA menggunakan teleskop yang terletak di luar atmosfer Bumi. Teleskop tersebut dapat melihat melalui gas dan debu di tengah galaksi yang dapat menghalangi pandangan dari Bumi. Selain itu, teleskop juga dapat mendeteksi sinar inframerah yang tidak terlihat oleh mata manusia, sehingga dapat membantu mengungkap struktur dan komposisi galaksi. Teleskop yang digunakan untuk memfoto galaksi Bima Sakti antara lain adalah Hubble Space Telescope dan Chandra X-ray Observatory.

Pertanyaan Lainnya
Jelakan beberapa iu pokok dalam manajemen umber daya manuia menurut para ahli. Sebuah ketel listrik yang beroperasi pada tegangan 220 volt Kedaulatan berasal dari bahasa Arab "daulah" yang memiliki arti. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD merupakan bunyi dari. Keberadan katalis dalam reaksi kesetimbangan memiliki fungsi. Kebun pak Fajar berbentuk persegi panjang dengan luas 256 m². 5 contoh hubungan manusia yang dapat memanfaatkan alam sekitar?. Karya seni rupa terapan, lebih mengutamakan fungsi. A. Dengan menggunakan penggaris, ukurlah jarak Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta, Kemudian hitunglah jarak Sebenarnya ! B. Jika tarif bus setiap 10 km Rp. 1. 800, berapa harga Tiket bus jurusan : 1. Jakarta-Semarang 2. Jakarta-Yogyakarta. Rahmat menempuh perjalanan 70 km dalam ½ jam. Agar bisa sampai ke tujuan ½ jam lebih cepat, berapa seharusnya kecepatan rahmat. Rumusnya bang. Pak tani memanen jagung dari dari kedua lahn sawahnya. Lahan pertama menghasilkan 2,5 ton ,dan lahan kadua menghasilkan 45kuintal. Hasil panen jagung pak tani seluruhnya adalah. Kg. Diketahui himpunan p=(himpunan huruf vokal) banyak himpunan bagian dari p yang memiliki 2 anggota adalah. Jelakan apa makud dari pancaila ebagai falafah dan ideologi banga dan contohnya. Jelakan alah atu bentuk globaliai dan ebutkan upaya menghadapinya. Jelakan 3 pengaruh dari kegiatan dalam bagi peredaran darah. Carilah derivatif Pertama dengan menggunakan aturan diferensiasi fungsi pangkat. F(X)=1/X Berikut ini yang bukan termasuk perangkat masukan input device adalah Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pemupukan tanah dasar kolam adalah Pak rudi adalah seorang guru fisika pada modul ajar yang didapatkannya Minyak goreng dalam kemasan botol berisi 12 liter dituangkan ke dalam 8 gelas masing-masing berisi sama banyak jika sisa minyak dalam botol 2 liter maka berapa liter isi minyak pada setiap gelas