frontpage hit counter

Apakah yang di maksud dengan Sejarah menurut Muh. Yamin.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Menurut Moh. Yamin, sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari beberapa peristiwa yang mampu dibuktikan dengan kenyataan.


Pertanyaan Terkait

Apa yang akan terjadi terhadap hurva permintaan jika penadaan mayarakat meningkat?.

Answers

Jawaban:

jika permintaan masyarakat naik, maka jumlah permintaan akan bertambah dan kurva permintaan akan bergeser ke kanan

Mengapa indonesia menjadi negara yang banyak SUMBER DAYA ALAM? ​

Answers

Jawaban:

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah karena terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Dengan keadaan seperti itu, maka banyak sekali tumbuhan yang hidup dengan baik.

Penjelasan:

semoga membantu :)

Jawaban:

karena Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Dengan keadaan seperti ini, maka banyak sekali tumbuhan yang hidup Di Alam.

- Semoga Bermanfaat -

Apa yang dimaksud dengan parlemen dan berikan contohnya.

Answers

Penjelasan:

Parlemen adalah sebuah badan legislatif, khususnya di negara-negara sistem pemerintahannya berdasarkan sistem Westminster dari Britania Raya.

contoh parlemen adalah sebagai berikut:

  1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI
  2. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI
  3. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI
semoga membantunya

Siapa pencipta internet? dan apa kegunaan dari internet! ​

Answers

Penjelasan:

Penemu Internet: Leonard Kleinrock

Manfaat internet adalah untuk sarana konektivitas dan komunikasi; akses informasi, pengetahuan, dan edukasi; alamat dan pemetaan; kemudahan bisnis; serta hiburan.

Jawaban:

Leonard Kleinrock

Manfaat internet :

- Sarana komunikasi

- Sarana informasi, pengetahuan, dan edukasi

- Hiburan

- Saranan untuk penjualan dan pemasaran

Tulislah judul literasi tentang pengetahuan!

INGAT KWAN JUDUL! JUDULLL​

Answers

Jawaban:

"Belajar Pengetahuan Menjadi Kekayaan"

10. Munculnya mesin pengemas makanan otomatis yang bermanfaat meningkatkan efesiensi produksi merupakan contoh..... a. perubahan sosial
b.Discovery
c. invention
d. globalisasi

jawabanya : a
karena orng dulu mengemas makanan pakan tangan bukan pakai mesin​

Answers

Jawaban:

D. Globalisasi

Penjelasan:

globalisasi merupakan zaman di mana adanya perkembangan teknologi-teknologi canggih yang dapat memudahkan pekerjaan manusia salah satu seperti pernyataan di atas yang seperti munculnya mesin pengemas makanan otomatis yang bermanfaat meningkatkan efisiensi produktif merupakan salah satu bentuk dari pengaruh globalisasi

Mengapa proklamasi dianggap sebagai puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan indonesia ​

Answers

Jawaban:

Karena dengan Proklamasi Kemerdekaan itulah, perjalanan panjang perjuangan bangsa Indonesia melepaskan diri dari belenggu penjajah telah mencapai puncaknya.

Penjelasan:

Maaf kalo salah

moga bantu

Jawaban:

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi ini merupakan bukti nyata bahwa Indonesia telah berhasil memerdekakan diri dari penjajahan Belanda. Proklamasi ini juga menandai sebuah awal baru bagi Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Selain itu, proklamasi juga menjadi awal bagi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan cikal bakal terbentuknya Republik Indonesia seperti sekarang.

Dampak Negatif presidensi G20 ini bagi Indonesia?

Answers

G20 merupakan sebuah forum yang strategis untuk membahas isu-isu global, misalnya isu tentang kesehatan global, stabilitas keuangan, dan climate change. Dampak negatif yang dihasilkan dari G20 sejauh ini belum ada yang berpengaruh secara signifikan bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

Pembahasan:

Forum G20 memiliki dampak yang signifikan untuk pemulihan ekonomi Indonesia melalui tiga pendekatan utama yaitu penguatan kerja sama multilateral, concrete deliverables sebagai sebuah aksi nyata, dan penetapan arah untuk kebijakan ekonomi dan keuangan ke masa depan.

Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian negara Indonesia. Menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam isu permasalahan pemulihan ekonomi global.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang Indonesia masuk dalam G20 dapat dipelajari pada link brainly.co.id/tugas/10484858

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Agar kemajuan iptek tidak merusak nilai nilai keagamaan maka sebaiknya.

Answers

Jawaban:

penerapan dan penggunaan iptek dengan nilai-nilai agama

Penjelasan:

itu jwbn nya jangan lupa jadikan jawaban terbaik ya

6. Kelembagaan adalah suatu proses yang dilewati oleh suatu norma yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga.

Answers

Jawaban:

Kelembagaan merupakan proses yang dilakukan untuk mengintegrasikan suatu norma baru ke dalam salah satu lembaga yang ada. Hal ini bertujuan agar norma tersebut dapat diakui dan dihargai oleh masyarakat serta dapat dijadikan sebagai landasan bagi keberlangsungan kegiatan lembaga tersebut.

adam bersama keluarga tinggal di maluku mereka akan berlibur ke Padang menemui neneknya lama perjalanan mereka 8 jam dari bandara di Maluku mereka berangkat pukul 07.00 WIT mereka transit dulu di jakarta selama 2 jam pukul berapa mereka tiba di padang​?

Answers

Jawaban: 11:00 WITA

Penjelasan:

Jika Adam dan keluarganya berangkat dari bandara di Maluku pukul 07.00 WITA dan melakukan transit di Jakarta selama 2 jam, maka mereka akan tiba di Padang pukul 11.00 WIT (Waktu Indonesia Tengah). Ini didasarkan pada perjalanan 8 jam dari Maluku ke Padang dan 2 jam transit di Jakarta.

Penjelasan:

Untuk menghitung waktu tiba di Padang, pertama-tama perlu diketahui bahwa Adam dan keluarganya akan terbang dari Maluku ke Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 8 jam, dan akan transit di Jakarta selama 2 jam.

Jadi, total waktu yang diperlukan untuk sampai ke Jakarta adalah 8 jam + 2 jam = 10 jam.

Jika Adam dan keluarganya berangkat pukul 07.00 WIT, maka setelah 10 jam perjalanan, mereka akan tiba di Jakarta pukul 17.00 WIT.

Bagaimana contoh intraksi sosial di lingkungan anda.

Answers

Jawaban:

GAK TAU BANG SOAL NYA GW MASI SD

Candi dan arca merupakan contoh kebudayaan dalam ​

Answers

Jawaban:masa hindu budha

Penjelasan:

Tokoh yang membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah... a) sayuti melik
b) Dr. Supromo
c) Muhammad Yamin
d) Ir. Soekarno​

Answers

Jawaban:

Tokoh yang membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah...

d. Ir. Soekarno

penjelasan:

Ir. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia adalah seorang tokoh perjuangan yang berperan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

Soal:

Tokoh yang membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah...

Jawaban:

d. Ir. Soekarno

Penjelasan:

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu, Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta.

Lokasinya berada di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki kekayaan sumber daya laut yang sangat besar, salah satunya potensi prikanan. Akan tetapi banyak nelayan dari negara lain yang memanfaatkan dengan praktik illegal fishing atau pencurian ikan. Perairan Indonesia yang paling rawan dengan kegiatan tersebut adalah daerah ….​

Answers

Jawaban:

Perairan Indonesia yang paling rawan dengan kegiatan illegal fishing atau pencurian ikan adalah perairan di sekitar Natuna, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Papua. Perairan di sekitar Natuna menjadi salah satu daerah yang paling rawan dengan kegiatan illegal fishing karena terletak di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain, sehingga mudah untuk dilakukannya kegiatan pencurian ikan oleh nelayan asing. Selain itu, perairan di Maluku, Sulawesi Selatan, dan Papua juga merupakan daerah yang rawan dengan kegiatan illegal fishing karena letak geografis yang jauh dari pengawasan pemerintah, sehingga mudah untuk dilakukannya kegiatan pencurian ikan oleh nelayan asing. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pengawasan dan pemberantasan kegiatan illegal fishing agar kekayaan sumber daya laut Indonesia dapat terjaga.

Jelaskan cara mencegah agar kontravensi tidak terjadi !
tolong bantu ya kak​

Answers

jawaban:

  • mengalah terhadap suatu individu atau kelompok
  • bertoleransi terhadap suatu individu
  • menerima kritikan atau pendapat individu dan kelompok

penjelasan:

SEKIAN TERIMA GAJI

Apa pengertian geolosis​

Answers

Jawaban:

salah satu cabang ilmu kebumian yang mempelajari tentang Bumi dan segala isi di dalamnya. Kajian di dalam geologi meliputi sejarah terbentuknya Bumi beserta dengan bahan, struktur dan proses yang menyertainya.

Sebutkan faktor-faktor yang menghambat terjadinya integrasi sosial​

Answers

Jawaban:

-Adanya sikap individu/kelompok yang masih sangat tradisional.

-Adanya ikatan sosial yang rendah antarindividu dan kelompok.

-Adanya sikap curiga dan prasangka terhadap kelompok lain.

-Adanya sifat primordial, yakni merasa kebudayaan sendiri lebih baik dari kebudayaan lainnya.

2. Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah .... meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama d. memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi a. b. C. 6. ke A a b​

Answers

Tujuan dari kerja sama ASEAN di bidang ekonomi adalah memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

Pembahasan

Produksi adalah kegiatan untuk membuat jasa maupun barang. Konsumsi : kegiatan menghabiskan nilai barang atau nilai jasa. Distribusi : kegiatan ekonomi yang menyebarluaskan produk produsen.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis kegiatan ekonomi:

brainly.co.id/tugas/52196

Rangkuman IPS kelas 9 bab 2 ​

Answers

Jawaban:

BAB 2 Perubahan Sosial Budaya

Rangkuman Materi

A. Pengertian Perubahan Sosial Budaya

  1. Perubahan sosial merupakan perubahan unsur-unsur atau struktur sosial dan perilaku manusia dalam masyarakat dari keadaan tertentu ke keadaan yang lain.
  2. Perubahan budaya adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan.
  3. Perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama.Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat-alat.

B. Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya

  1. Perubahan sosial budaya berdasarkan lamanya proses perubahan
    a.  Evolusi adalah perubahan sosial budaya yang memerlukan waktu lama.
    b.  Revolusi adalah perubahan sosial budaya yang berlangsung dengan cepat dan menyangkut dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat.
  2. Perubahan sosial budaya berdasarkan pengaruhnya terhadap masyarakat
    a.  Perubahan kecil adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung dan berarti bagi masyarakat.
    b.  Perubahan besar adalah perubahan yang membawa pengaruh besar pada masyarakat. Perubahan ini memengaruhi lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada.
  3. Perubahan sosial budaya berdasarkan perencanaannya
    a. Perubahan sosial budaya yang direncanakan adalah perubahan yang diperkirakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat.
    b.  Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat dan dapat melahirkan akibat-akibat yang tidak diharapkan oleh masyarakat.

C. Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

  1. Faktor intern (faktor yang berasal dari dalam masyarakat)
    a.  Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk.
    b.  Adanya penemuan-penemuan baru.
    c.  Pertentangan (konflik) dalam masyarakat.
    d.  Terjadinya pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat.
  2. Faktor ekstern (faktor yang berasal dari luar masyarakat)
    a.  Pengaruh perubahan lingkungan alam di sekitar masyarakat.
    b.  Terjadinya peperangan.
    c.  Pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

D. Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya

  1. Faktor pendorong perubahan sosial budaya
    a.  Adanya kontak dengan kebudayaan lain yang lebih maju.
    b.  Sistem pendidikan formal yang maju.
    c.  Sikap menghargai karya orang lain dan kehendak untuk maju.
    d.  Toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang (deviation).
    e. Sistem terbuka dalam lapisan masyarakat (open stratification).
    f.   Masyarakat yang heterogen.
    g.  Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu.
    h.  Orientasi ke masa depan.
    i.   Disorganisasi dalam masyarakat.
    j.   Mudah menerima hal-hal yang baru.
  2. Faktor penghambat perubahan sosial budaya
    a.  Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain sehingga tidak mengetahui perubahan di luar masyarakat.
    b.  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terhambat.
    c. Sikap masyarakat yang sangat tradisional.
    d.  Kepentingan-kepentingan yang telah tertanam dengan kuat (vested interest).
    e.  Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan.
    f.   Sikap tertutup dan berprasangka terhadap hal-hal yang baru atau asing.
    g.  Adat-istiadat yang masih kuat.

E. Tipe-tipe Perilaku Masyarakat dalam Menyikapi Perubahan

Dalam kehidupan bermasyarakat memiliki perilaku yang khas dan berbeda-beda. Pembedaan dari perilaku tersebut, yaitu:

  1. Masyarakat tradisional, yaitu masyarakat yang masih terikat dengan tradisi nenek moyang dan lingkungan alam sekitarnya.
  2. Masyarakat modern, yaitu masyarakat yang sudah mengalami banyak perubahan-perubahan karena pengaruh kebudayaan luar, sehingga tidak begitu terikat oleh tradisi dan lingkungan alam sekitar.

F. Perilaku Masyarakat sebagai Akibat Perubahan Sosial Budaya

  1. Aksi protes dan demonstrasi;
  2.  Kenakalan remaja;
  3.  Kriminalitas;
  4.  Pergolakan daerah;

G. Akibat Perubahan Sosial Budaya

  1. Akibat positif perubahan sosial budaya
    a.  Terwujudnya reorganisasi atau reintegrasi.
    b.  Terjadinya asimilasi.
    c. Terjadinya proses integrasi.
    d. Meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih.
    e.  Menimbulkan/membuka lapangan kerja baru.
    f.   Meningkatkan kemajuan pembangunan di segala bidang.
    g.  Revitalisasi yaitu menghidupkan kembali atau memberi kekuatan baru bagi perkembangan unsur-unsur sosial budaya yang ada.
    h.  Terjadi proses modernisasi.
  2. Akibat negatif perubahan sosial budaya
    a.  Disintegrasi, yakni unsur-unsur yang berbeda tidak saling menyesuaikan sehingga masyarakat mengalami ketidakteraturan dalam kehidupan sosial.
    b.  Menurunnya rasa kesetiakawanan sosial dan gotong royong dalam interaksi sosial.
    c.  Menimbulkan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran, kriminalitas dan kenakalan remaja.
    d.  Menimbulkan gerakan sosial untuk menolak perubahan.
Pertanyaan Lainnya
You____unplug the toaster before you try to clean it. Apabila dalam atu keluarga hanya ada atu anak laki laki dari lima beraudara maka dalam adat Madura perlu diadakan. Jika senyawa X direaksikan dengan KOH dalam alkohol pada suhu tinggi, akan dihasilkan 1-butena. Senyawa X adalah? jelaskan. a. 1-iodobutana b. 2-iodobutana c. 3-iodobutana d. 1-iodo-2-metilpropana e. 2-iodo-2-metilbutana. Apa yang biaanya menghambat Anda memulai refleki? Lalu apa yang bia Anda lakukan untuk melakukan refleki dengan koniten?. Sebuah kereta api melaju dengan kecepatan 125 km/jam Sebutkan peranan indonesia di bidang ekonomi sebagai salah satu negara anggota asean Sebutkan kerjasama negara-negara asean dalam bidang sosial Faktor yang mempengaruhi penyerapan air oleh tumbuhan Tentukan akar-akar dari persamaan 9a² - 4 = 0​ sebuah patung emas bermassa 9,65 kg ( massa jenis 19,3 g/cm^3 tenggelam pada dasar laut ( massa jenis air laut 1,03 g/cm^3. patung tersebut akan di angkat dari dasar laut dengan menggunakan kabel. jika percepatan gravitasi = 9,8 m/s^2 , maka besarnya teganggan pada kabel ketika seluruh patung berada di dalam air dan seluruh patung berada di atas permukaan air berturut-turut adalah? Pada hiasan dari botol plastik bekas berbentuk pohon, apakah untuk bunganya harus bagian bawah botol ? mengapa handphone kita bisa menerima pesan whatsapp dari jarak jauh? padahal jauh tetapi kenapa masih bisa keterima! ​ Seorang anak berlari pada lingkaran berbentuk lingkaran sebanyak 9 kali. jari-jari lingkaran tersebut 56 m. Berapa meter jarak yang ditempuh anak tersebut? (π = 22/7)​ Tetukan persamaan fungsi penawaran dan permintaan b apakah akan terjadi keseimbangan pasar dari persamaan dari oin a. yang anda dapatkan c. berapa nilai surplus dan shortage Bulan p/u Qs Qd I 50 80 70 II 70 110 60 Wayan adalah seorang perajin patung di Bali ia akan membuat dua jenis patung yaitu patung Dewa Brahma dan patung dewa Dewi Laksmi sebuah patung Dewa Brahma membutuhkan 2 gram emas dan 2 gram perak untuk lapisan luarnya sedangkan patung dewa Lasmi membutuhkan 3 gram emas dan 1 gram perak untuk lapisan luarnya persediaan emas dan perak pengrajin tersebut masing-masing 12 gram dan 8 gram maka model matematikanya agar Wayan mendapatkan keuntungan maksimum adalah​ Siapa prime argentina 2018?​ Air diisi 20liter dalam 5 menit brp debit air​ Sebutkan klafikasi ternah pada sistem digestik ​ 1. 68°F = °C= °R 2. 25°C= °R= °F 3. 28°R= °F= °C tolong bantu jawabb yaaa​ Makna Kerajaan Allah itu dalam konteks kehidupan masyarakat Indonesia saat ini!