frontpage hit counter

Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang dimiliki oleh setiap kelompok masyarakat Indonesia karena kepandaian para pendakwah Islam pada masa lalu kesenian memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di nusantara di antara kesenian yang didirikan sebagai media dakwah adalah.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Wayang kulit Sunan Bonang,Lagu Lir Ilir yg berisi dakwah

Penjelasan:

Semoga membantu


Pertanyaan Terkait

Kemaharajaan melayu berakhir pada abad ke 20 masehi yakni pada masa.

Answers

Jawaban:

Kemaharajaan melayu berakhir pada abad ke 20 masehi yakni pada masa Kesultanan melaka

Penjelasan :

Maaf kalo salah ╥﹏╥

10. Berikut ini yang merupakan pengaruh kerjasama ASEAN dibidang ekonomi kecuali .... A. ASEAN berpengaruh dalam penyelesaian pertikaian wilayah di Laut Cina Selatan B. ASEAN berpengaruh dalam pembentukan MEA pada 2015 C. ASEAN berpengaruh dalam meningkatkan daya saing dan menarik investasi asing D. ASEAN berpengaruh dalam peningkatan kualitas pendidikan sebagai modal tenaga kerja​

Answers

Jawaban:

A. ASEAN berpengaruh dalam penyelesaian pertikaian wilayah di Laut Cina Selatan

Penjelasan:

ASEAN berpengaruh dalam penyelesaian pertikaian wilayah di Laut Cina Selatan merupakan kerjasama ASEAN dibidang Politik dan Keamanan

Kekalahan lebih banyak dialami bangsa Indonesia karena.

Answers

Jawaban:

ya karena indonesia pada zaman dahulu Tidak punya senjata yang canggih / senjata Bangsa Indonesia masih menggunakan senjata yang kurang efektif kayak apa ya , senjata manual

Penjelasan:

maaf kalo salah / kurang tepat Lebih lebih nya Mohon maaf

Jelakan beberapa jeni manuia purba yang hidup di zaman praakara.

Answers

Jawaban:

1. Jenis Meganthropus

Jenis manusia purba Meganthropus ditemukan di Sangiran pada tahun 1936 dan 1941. Penelitian oleh Gustav Heinrich Ralph von Koeningswald, seorang ahli paleontologi dan geologi, menghasilkan penemuan fosil rahang manusia yang berukuran besar.

Dilansir melalui laman museum.geology.esdm.go.id, Koeningswald berhasil menemukan rahang atas dan bawah milik fosil yang kemudian dinamakan sebagai Meganthropus Paleojavanicus.

Meganthropus Paleojavanicus sendiri berarti manusia raksasa dari Jawa. Ia mempunyai rahang kuat, berbadan tegap, dan memakan tumbuh-tumbuhan. Diperkirakan jenis manusia purba ini hidup pada masa Pleistosen Awal.

Jenis manusia purba Pithecanthropus didasari atas penelitian yang dilakukan oleh Eugene Dubois di Desa Kedungbrubus yang ada di Madiun dan Desa Trinil yang ada di Ngawi, Jawa Timur, pada 1890.

Manusia purba ini dinamakan sebagai Pithecanthropus Erectus yang berarti manusia kera yang berjalan tegak. Mengapa dinamai demikian? Alasannya karena kerangka manusia yang ditemukan masih memiliki tanda-tanda kera.

Jenis Pithecanthropus ternyata juga ditemukan di Mojokerto, sehingga hadirlah jenis manusia purba yang disebut Pithecanthropus Mojokertensis. Jenis manusia purba yang satu ini paling banyak ditemukan di Indonesia dan diperkiran hidup pada masa Pleistosen Tengah.

3. Jenis Homo

Fosil dari jenis manusia purba bernama Homo ini pertama diteliti oleh von Reitschoten di Wajak dan dilanjutkan oleh Eugene Dubois bersama kawan-kawannya.

Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa fosil tersebut masuk ke dalam jenis Homo dengan ciri-ciri, yakni bermuka lebar dengan dahi, hidung, dan mulut yang menonjol. Uniknya, bentuk fisiknya tidak jauh berbeda dengan fisik manusia saat ini.

Manusia purba jenis Homo ini hidup dan berkembang sekitar 40.000-25.000 tahun yang lalu serta persebarannya juga sampai di Filipina dan Cina Selatan. Jenis manusia purba Homo sendiri dibagi ke dalam beberapa spesimen:

1. Homo Wajakensis

Homo Wajakensis berarti manusia wajak. Fosil dari spesimen Homo sapiens ini ditemukan oleh B.D. van Rietschoten pada tahun 1889 dengan ciri fisik:

bermuka datar dan lebar;

mempunyai volume otak 1.630 cc;

tinggi tubuhnya kira-kira 173 cm.

2. Homo Floresiensis

Homo floresiensis atau Manusia Liang Bua ditemukan oleh Peter Brown dan Mike J. Morwood pada 2003 lalu dengan ciri fisik:

tengkorak yang panjang dan rendah;

berukuran kecil;

volume otak 380 cc.

maaf klo salah

Jelaskn alsan yg mendasar wali songo kesultnan demk.

Answers

Jawaban:

karna kesultanan Demak itu Islam,ya juga yg juga menyebarkan agama islam

di daerah nya dan di bantu dengan wali songo dan juga menyebarkan agama Islam ke jawa

Jelaskqn penyebaran agamq hindu di indonesia menurut teori brahmana.

Answers

Jawaban:

Teori Brahmana menyatakan bahwa agama Hindu Buddha masuk ke Nusantara dibawa oleh kaum Brahmana. Kaum Brahma ini melakukan Dharma Yatra ke Nusantara karena diundang oleh penguasa lokal Nusantara.

Jelaskan proses masuk dan perkembangannya agama Hindu.

Answers

Jawaban:

Masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia berawal melalui jalur perdagangan. Pada masa tersebut, sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara, Indonesia melakukan transaksi perdagangan dengan bangsa asing, terutama Tiongkok dan India yang merupakan pusat agama Hindu dan Buddha terbesar di Asia.

Jelaskan mengapa perkembangan islam di irian tidak berkembang.

Answers

Jawaban:

Karena Sebelum Papua Berintegrasi Dengan Indonesia, Islam Selalu Mendapat Kekangan Dari Pemerintah Kolonial Belanda

Penjelasan:

Untuk Pendidikan Islam di Papua Secara Formal Belum Ada, Akan Tetapi Hanya Pendidikan Islam Secara Tradisional ( Belajar Mengaji di Masjid Ataupun Surau

Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang muslim dari Arab Persia dan India mereka membentuk pemukiman khusus guna berinteraksi dan berasimilasi dengan masyarakat asli seraya menyebarkan agama Islam pemukiman mereka dikenal dengan istilah.

Answers

Jawaban:

Kampung pekojan

Penjelasan:

maaf kalo salah

Empat syarat penting sebuah negara di nyatakan berdaulat atau merdeka secara sepenuhnya.

Answers

Jawaban:

1. Kepemimpinan politik yang ditentukan oleh rakyat melalui proses pemilihan umum yang tertib.

2. Pengakuan internasional negara tersebut oleh negara-negara lain.

3. Pembuatan dan penerapan undang-undang yang menjamin kedaulatan dan kemerdekaan negara.

4. Kekuatan militer dan perangkat pengawasan lainnya untuk melindungi kemerdekaan dan kedaulatan negara.

De Javasche Bank pertama kali dinasionalisasikan dan diubah namanya menjadi Bank Indonesia pada masa.

Answers

Jawaban:

Bank Indonesia pertama kali dinasionalisasi dan diubah namanya pada tanggal 1 Juli 1953. Pada saat itu, Bank Javasche Bank berubah menjadi Bank Indonesia. Perubahan ini menandai dimulainya kebijakan moneter dan fiskal yang dipimpin oleh pemerintah Indonesia.

Dalam permainan tenis meja, teknik yang digunakan dengan gaya membacok disebut.

Answers

Jawaban:

cut difensive,cut difensive adalah salah satu teknik pertahanan pada permainan tenis meja

Dalam kehidupan manusia peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi unik dan penting.

Answers

Jawaban:

Peristiwa sejarah itu tidak akan hilang oleh masa, tidak pernah terjadi di masa depan dan sejarah juga merupakan bahan pendidikan yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur kita tidak hidup pada masa lampau.

Penjelasan:

pertanyaannya apa ka?

Cara berpikir ejarah dimana peritiwa diungkapkan memanjang dalam waktu, terbata dalam ruang diebut.

Answers

Jawaban:

Diakronis

Penjelasan:

Diakronis adalah memanjang dalam waktu, tetapi terbatas dalam ruang. Bisa disebut juga sebagai berpikir secara kronologis. Hal ini menganalisa suatu kejadian dari awal sampai akhir suatu peristiwa.

Candi peninggalan hindu budha yang berlokai di Garut jawa barat adalah.

Answers

Jawaban:

Candi Cangkuang

Penjelasan:

Jawa Barat terdapat peninggalan Hindu Buddha yang tepatnya di Garut, namanya adalah Candi Cangkuang dari abad ke-17.

21. Maha patih Gadjah Mada hidup di zaman kerajaan. A. Sriwijaya C. Mataram


B. Singoari


D. Majapahit


E. Pajajaran.

Answers

Jawaban:

Maha patih Gadjah Mada hidup di zaman kerajaan Majapahit

Penjelasan:

Maaf kalo salah ╥﹏╥

22. Hal yang membuat rakyat maluku melakukan perlawanan terhadap Belanda adalah. A. Pembangunan benteng untuk keperluan Belanda oleh probumi B. Kewajiban membayar kerugian perang Belanda
C. Pembuatan rel kereta dari anyer hingga panarukan


D. Wajib militer bagi para pemuda


E. Kebijakan tanam paka untuk menanam kopi.

Answers

Jawaban:

Hal yang membuat rakyat maluku melakukan perlawanan terhadap Belanda adalah pembangunan benteng untuk keperluan Belanda oleh probumi

Penjelasan :

Maaf kalo salah ╥﹏╥

Pergantian kabinet secara silih berganti dalam waktu singkat pada masa demokrasi liberal disebabkan.

Answers

Yang menyebabkan seringnya terjadi pergantian kabinet pada masa demokrasi liberal yaitu karena pada masa ini Indonesia menganut sistem multipartai.

Buatlah sebuah reklame​

Answers

Jawaban:

lalalalallalalalalalalalaa

Imam Abu Hasan Al Asy'ari wafat pada tahun 324 H Sebelum meninggal dunia beliau berwasiat kepada para murid-muridnya Tuliskanlah setiap Imam Al Asy'ari tersebut​

Answers

Jawaban:

Penjelasan:

Abu Abdillah bin Mujahid ath-Tha`i, seorang ahli kalam yang kelak seorang hakim

Abu Bakar al-Baqilani belajar ilmu kalam padanya.

Abu al-Hasan al-Bahili.

Bundar bin al-Husain, yang lebih dikenal dengan Abu al-Husain asy-Syirazi ash-Shufi

Jawaban: Nama beliau selalu harum semerbak di setiap kajian ilmu aqidah. Setiap kita meneliti paham aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah tentu kita akan mengenal beliau sebagai salah satu tokoh pendirinya. Ia adalah Ali bin Ismail atau yang lebih terkenal dengan julukan Abu Musa al-Asy’ari. Ia merupakan ulama besar keturunan Abu Musa al-Asy’ari, seorang sahabat Nabi yang disabdakan oleh Baginda Nabi bahwa kaumnya adalah golongan yang selalu mencintai Allah dan mereka dicintai oleh Allah.  Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari, beliau berkata, “Aku membaca di hadapan Nabi ﷺ penggalan ayat ‘…Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.’ Maka, Nabi ﷺ bersabda ‘Mereka (yang dimaksud dalam penggalan ayat tersebut) adalah kaummu, wahai Abu Musa’. Dan Rasulullah memberikan isyarat dengan tangan beliau kepada Abu Musa al-Asy’ari” (HR Al-Hakim). Tokoh kita ini bernasab lengkap Ali bin Isma’il bin Ishaq bin Salim bin Isma’il bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abu Burdah bin Abu Musa Abdullah bin Qais al-Asy’ari. Ia adalah tokoh besar yang tak pernah mengenal lelah untuk memperjuangkan manhaj (metode, mazhab) Ahlussunnah wal Jama’ah. Ia hidup dalam perjuangan mempertahankan ajaran yang lurus yang diajarkan oleh para sahabat Nabi. Ia menghalau setiap pemikiran yang menyimpang di masanya baik dari kalangan yang terlalu berlebihan memakai akal dalam beraqidah seperti sekte Mu’tazilah, maupun dari kalangan ekstremis yang terlalu kaku dalam memahami teks lahiriah Al-Qur’an dan hadits seperti sekte Rafidhah. Ibnu as-Sakir mengatakan:  “Ulama ahli hadits telah sepakat bahwa Abu al-Hasan Ali bin Isma’il al-Asy’ari adalah seorang pembesar dari golongan para pembesar ulama ahli hadits. Dan mazhabnya adalah mazhab ulama ahli hadits.

Pertanyaan Lainnya
Keunggulan ideologi terbuka dibandingkan dengan ideologi tertutup adalah. Ketidakmampuan untuk mengembangkan diri menjadi salah satu penyebabkan munculnya konflik. Jika gari 3x-2y =6 di tranlai kan oleh t =(3-4 ) tentukan bayangan gari terebut. Jika gari yang melalui titik A(1,2) dan B(a,8) bergradien 2,maka nilai A adalah. Jika diketahui fungi permintaan Qd = 10 – 2P dan fungi penawaran Q = - 20 3P Tentukan keeimbangan harga dan jumlah barang !. Jika gari g melalui titik D(-3, 7) dan B(1, -5), maka bear gradien gari g adalah. Jika diameter lingkaran 14 cm maka panjang jari jari adalah. Jika ebuah peregi panjang memiliki panjang (2x 3) dan lebar (3x - 4) maka lua peregi panjang terebut adalah. Jika diketahui fungi penawaran uatu barang P = 10Q - 200, tentukan kuantita barang yang ditawarkan pada aat harga barang Rp 4. 500,00!. Jika di ketahuai log 2=a dan log 3 = b nilai dari log 144 adalah. Dalam upaya menciptakan situasi "revolusioner" sebagai persiapan untuk kudeta, pki melakukan aksi teror yang dikenal dengan nama peristiwa jengkol 15 november 1961, yaitu Jika dalam suatu kejuaraan sepak bola dengan menggunakan sistem kompetisi nilai yang diperoleh setiap tim jika berhasil mengalahkan tim lawan adalah 3 dan tim yang kalah mendapatkan nilai 0 maka nilai yang diperoleh tim jika imbang draw adalah Nilai maksimum dari fungsi kuadrat f(x) = -x2+ 2x + 15 adalah … Perbandingan bunga zidna dan nisa 4:6.jika bunga zidna adalah 24, berapa banyak bunga bisa?​ Letak negara Asean ? ​ Tuliskan suku yg hilang pada bilangan 2,...,5,...,7,...,11,...,13​ Sebutkan 3 contoh makanan yang mengandung lemak​ ukuran gapura kantor dinas pendidikan 30cm x 20 cm dengan skala 1:100. luas gapura yg sebenarnya adalah ​ Bayangan dari titik a (-3 2) yang direfleksikan terhadap garis x=-2 Batik, gerabah, kendi, termasuk contoh hasil karya seni