frontpage hit counter

Apa yang dimaksud dengan globalisasi dan berikan contoh ?.

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sehingga batas antara negara menjadi hilang. Globalisasi didukung oleh berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi, transportasi, ilmu pengetahuan, telekomunikasi, dan sebagainya yang kemudian berpengaruh pada perubahan berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat.

contoh globalisasi

1.Munculnya berbagai media sosial yang dapat menghubungkan orang dari penjuru dunia untuk 2.sarana pertukaran informasi.

3.Majunya teknologi smartphone yang memudahkan kita bertukar informasi.

4.Mudahnya menerima berita nasional dan internasional dengan cepat atau real time.


Pertanyaan Terkait

Yang bukan bagian dari perkembangan ilmu geografi adalah... A
Geografi modern

B
Geografi tradisional

C
Geografi klasik

D
Geografi abad pertengahan

E
Geografi mutakhir

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah E. Geografi mutakhir bukan merupakan bagian dari perkembangan ilmu geografi. Perkembangan ilmu geografi dapat dibagi menjadi tiga yaitu geografi tradisional, geografi klasik, dan geografi modern.

Hutan umumnya bertekstur .... A
Kasar

B
Lembut

C
Bergelombang

D
Sedang

E
Halus

Answers

Jawaban:

A. Kasar

Penjelasan:

Secara sederhana, tekstur diartikantingkat kekasaran atau kehalusan suatu objek. Dalam citra penginderaan jauh, umumnya objek hutan bertekstur kasar , semak bertekstur sedang, dan sawah bertekstur halus.

Maaf jika salah

Semoga membantu:D

Yang merupakan input data dalam sistem informasi geografis adalah... A
Data raster

B
Data primer

C
Data esensial

D
Data tersier

E
Data sekunder

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah B. Data primer. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya, seperti data yang diperoleh melalui pengukuran atau observasi langsung. Data ini merupakan input data utama dalam sistem informasi geografis, karena data ini merupakan data asli yang digunakan untuk membangun model geografis. Data primer dapat berupa data raster atau data vektor, tergantung pada metode pengukuran yang digunakan.

Semoga ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan. Saya akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Jawaban:

C. data esensial

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas y

Penyusunan penelitian hendaknya dilakukan secara sistematis, artinya …. A
Sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

B
Sesuai dengan urutan prioritas

C
Sesuai dengan logika logis

D
Sesuai dengan kehendak hati

E
Sesuai dengan data-data ilmiah

Answers

Jawaban:

a. sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas y

Jawaban:

A.sesuai urutan langkah-langkah metode ilmiah

Penjelasan:

Arti kata sistematis yang dimaksud adalah berurutan sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah.

Selamat belajar!

Seorang mahasiswa sedang melakukan penelitian tentang budaya aceh. Mahasiswa tersebut mempelajari mengenai bahasa dan adat istiadat. Contoh tersebut termasuk bagian dari... A
Aspek regional

B
Aspek fisik

C
Aspek sosial

D
Aspek teknik

E
Aspek rasional

Answers

Penjelasan:

Jawabannya adalah C. Aspek sosial. Penelitian tentang bahasa dan adat istiadat merupakan bagian dari aspek sosial, karena kedua hal tersebut merupakan bagian dari kebudayaan yang berhubungan dengan interaksi sosial masyarakat Aceh. Aspek sosial mencakup segala hal yang berkaitan dengan interaksi sosial, kelompok sosial, dan institusi sosial dalam masyarakat. Semoga ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan. Saya akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Adanya fenomena kampung melayu, kampung ambon, kampung batak di daerah metropolitan menandakan masih kuatnya ikatan asal-usul kedaerahan. Fenomena ini berkaitan dengan konsep... A
Pola

B
Interaksi interdependensi

C
Morfologi

D
Keterkaitan ruang

E
Aglomerasi

Answers

Jawaban:

Jawabannya adalah D. Keterkaitan Ruang. Konsep keterkaitan ruang adalah hubungan antara ruang geografis, termasuk kampung melayu, kampung ambon, dan kampung batak yang terletak di daerah metropolitan. Ini menunjukkan bahwa masih ada ikatan asal-usul yang kuat antara daerah-daerah tersebut.

Berikut ini daftar dan profil 10 negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara yang menjadi anggota ASEAN. Jika disusun berdasarkan tanggal menjadi anggota adalah Indonesia pada 8 Agustus 1967, Malaysia pada 8 Agustus 1967, Singapura pada 8 Agustus 1967, Thailand pada 8 Agustus 1967, Filipina pada 8 Agustus 1967, Brunei Darussalam pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. Pengelompokkan negara-negara asean merupakan contoh... A
Geografi fisik

B
Geografi regioal

C
Geografi sosial

D
Geografi teknik

E
Geografi formal

Answers

Jadi, jawabannya adalah B. Geografi regioal.

Penjelasan:

Berikut ini daftar dan profil 10 negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara yang menjadi anggota ASEAN. Jika disusun berdasarkan tanggal menjadi anggota adalah Indonesia pada 8 Agustus 1967, Malaysia pada 8 Agustus 1967, Singapura pada 8 Agustus 1967, Thailand pada 8 Agustus 1967, Filipina pada 8 Agustus 1967, Brunei Darussalam pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. Pengelompokkan negara-negara ASEAN merupakan contoh dari geografi regional.

Geografi regional adalah salah satu cabang geografi yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dalam suatu wilayah tertentu, serta interaksi antar wilayah tersebut. Geografi regional dapat digunakan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antar negara-negara ASEAN, serta hubungan antar negara-negara ASEAN sebagai anggota organisasi ASEAN.

Rusaknya sungai Batanghari di Jambi akibat penambangan pasir secara langsung dari sungai merupakan fenomona geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah…. A
Pendekatan korologis

B
Pendekatan keruangan

C
Pendekatan persebaran

D
Pendekatan kelingkungan

E
Pendekatan kewilayahan

Answers

Rusaknya sungai Batanghari di Jambi akibat penambangan pasir secara langsung dari sungai merupakan fenomena geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah pendekatan kelingkungan. Pendekatan kelingkungan adalah salah satu pendekatan geografi yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan secara interaktif, termasuk hubungan antara manusia dan alam dalam konteks kelingkungan.

Pendekatan kelingkungan dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana kegiatan penambangan pasir secara langsung dari sungai dapat menyebabkan kerusakan pada sungai Batanghari di Jambi, termasuk dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan tersebut bagi kualitas air dan ekosistem di sekitar sungai tersebut.

Jadi, jawabannya adalah D. Pendekatan kelingkungan.

Jawaban:

D. pendekatan kelingkungan

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer, serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam kontek keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Pernyataan diatas merupakan pengertian geografi menurut... A
Eratosthenes

B
Seminar dan lokakarya internasional 1988

C
Bintarto

D
Richard hartshorne

E
Immanuel khant

Answers

Penjelasan:

Pengertian geografi yang diberikan dalam pertanyaan merupakan pengertian geografi menurut Bintarto. Bintarto adalah seorang ahli geografi Indonesia yang dikenal dengan teori-teori yang dikembangkannya tentang geografi. Teori-teori tersebut menekankan pentingnya memahami hubungan antara manusia dan lingkungan dalam konteks keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan.

Jadi, jawabannya adalah C. Bintarto.

Jawaban:

Bintarto

Penjelasan:

1. Erathostenes

Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276–104 SM). Geografi menurut Eratosthenes adalah penulisan tentang bentuk muka bumi. Istilah atau kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang memiliki arti bumi serta graphien yang memiliki arti tulisan. Sehingga membentuk kata geografi dan dikembangkan menjadi keilmuan yang membahas mengenai bentuk muka bumi.

2.Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang 1988

Berdasarkan hasil seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang tahun 1988, IGI merumuskan pengertian Geografi sebagai ilmu tentang persamaan dan perbedaan gejala geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

3.Menurut Bintarto (1981) geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik secara fisik maupun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan (spatial approach), pendekatan ekologi (ecological approach), dan pendekatan regional (region complex approach),

4.Richard Hartshorne

Geografi menurut Richard Hartshorne merupakan suatu ilmu yang mampu dan dapat menjelaskan sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional.

5.Immanuel Kant. Geografi merupakan ilmu dan objek studinya adalah benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar pada wilayah di permukaan bumi.

Maaf kalo salah

Spektrum elektromagnetik yang memiliki ukuran ≤ 0,29 µm adalah ... A
Foto pankromatik

B
Foto ultraviolet

C
Foto inframerah modifikasi

D
Foto inframerah asli

E
Foto ortokromatik

Answers

Jawaban:

B Foto UltraViolet (UV)

Penjelasan:

Rentang spektrum elektromagnetik yang memiliki ukuran ≤ 0,29 µm adalah Ultra-Violet (UV). UV berada di bawah rentang spektrum elektromagnetik yang lebih panjang, yang meliputi sinar X, sinar gamma, dan sinar kosmik. UV adalah rentang spektrum elektromagnetik yang terletak di antara sinar X dan rentang visible. UV adalah bagian dari spektrum yang biasanya tidak bisa dilihat oleh mata manusia dan mengandung banyak energi. UV dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri, menyinari tanaman, dan membuat bahan kimia reaktif.

7. Penyebaran wabah virus flu burung di suatu tempat dapat diungkap mulai dari ciri-ciri unggas atau orang yang terkena virus flu burung, penyebab, penyebarannya, intensitasnya serta interelasinya dengan gejala-gejala lain di sekitarnya. Maka sebaiknya kajian yang digunakan oleh geografi berupa pendekatan.... A. ekologi E. kompleks wilayah B. korologi C. regional D. ekosistem​

Answers

Jawaban:

B.korologi

Penjelasan:

korologi adalah prinsip geografi yang menjabarkan, melihat persebaran, dan hubungan sebab akibat dari fenomena yang terjadi. Dengan kata lain, prinsip ini merupakan gabungan dari ketiga prinsip sebelumnya, yakni prinsip deskripsi, distribusi, dan interelasi.

Semoga membantu!

Ayana ingin mempelajari gejala geografis yang ada di kehidupannya sehari-hari. Gejala-gejala yang bisa ia pelajari di bawah ini, kecuali …. A
Pasang surut air laut di pantai

B
Mobile banking

C
Perubahan cuaca

D
Hujan di malam hari

E
Banjir kemudian di pagi hari nya

Answers

Jawaban:

B. Mobile Banking

Penjelasan:

Karna ketetangan soal KECUALI

Yang tidak termasuk apek sosial dalam geografi adalah.

Answers

Jawaban:

  • aspek keluarga
  • aspek motani

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT

Tuliskan beberapa usaha untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Answers

Jawaban:

tanya google

Penjelasan:

tanya google di pasti tahu

Konsep geografi yang mengkaji bentuk, struktur, dan persebaran fenomena di permukaan bumi adalah konsep.

Answers

Jawaban:

konsep pola

Penjelasan:

Konsep pola merupakan corak kajian geografi yang berfokus pada struktur, bentuk, dan persebaran fenomena-fenomena geosfer yang ada di muka Bumi.

Indonesia termasuk ke dalam ring of fire yang menyebabkan.

Answers

Jawaban:

Ring of Fire adalah sebutan dari Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik. Keberadaan Ring of Fire yang meliputi wilayah Indonesia inilah yang menyebabkan rawan dilanda bencana gempa bumi hingga gunung meletus.

Penjelasan:

jadikan jawaban terbaik (人•͈ᴗ•͈)

peta merupakan gambaran permukaan bumi dalam bidang datar peta memiliki unsur-unsur sebagai syarat sebuah peta Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada peta​

Answers

Jawaban:

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda

(tdk ad pertanyaan)

Jawaban:

Unsur-unsur yang terdapat pada peta adalah:

Titik pusat: merupakan titik tengah dari peta yang biasanya ditandai dengan sebuah bintang atau lingkaran.

Skala: merupakan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Skala dituliskan dalam bentuk angka dan biasanya dituliskan di bagian bawah atau samping peta.

Arah: merupakan arah utara, selatan, timur, dan barat yang ditunjukkan pada peta dengan menggunakan panah atau simbol-simbol khusus.

Koordinat: merupakan sistem penomoran yang digunakan untuk menunjukkan posisi suatu tempat di peta. Koordinat terdiri dari koordinat garis lintang (latitude) dan garis bujur (longitude).

Legenda: merupakan bagian dari peta yang menjelaskan arti dari simbol-simbol yang digunakan pada peta. Legenda biasanya dituliskan di bagian bawah atau samping peta.

Nama tempat: merupakan nama-nama tempat yang terdapat pada peta. Nama-nama tempat ini biasanya dituliskan dengan menggunakan font yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kepentingannya.

Garis pantai: merupakan garis yang menunjukkan batas antara daratan dengan laut. Garis pantai biasanya ditandai dengan warna yang berbeda dari warna daratan.

Garis rel: merupakan garis yang menunjukkan jalur kereta api yang ada di suatu wilayah. Garis rel biasanya ditandai dengan warna yang berbeda dari warna daratan.

Garis sungai: merupakan garis yang menunjukkan jalur sungai yang ada di suatu wilayah. Garis sungai biasanya ditandai dengan warna yang berbeda dari warna daratan

Ciri khas dari teori keadaan tetap tentang terbentuk dari jagat raya adalah.

Answers

Jawaban:

Teori Keadaan Tetap menyatakan bahwa dalam jagat raya keadaannya selalu tetap. Hal tersebut dikarenakan zat baru senantiasa tercipta untuk menggantikan zat yang hilang. Jadi, jawaban yang tepat adalah zat baru senantiasa tercipta.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

9. Berdasarkan kondisi fisik dan variasi iklimnya, kemungkinan jenis flora yang berkembang di Benua Afrika bagian utara adalah .... a. hutan konifer b. stepa dan kaktus C. lumut dan sejenis tumbuhan tundra lainnya d. hutan hujan tropis​

Answers

Jawaban:

Pilihan C. Stepa dan kaktus.

Penjelasan:

BENAR. Karena di Afrika bagian utara terdapat stepa dan kaktus.

Jelaskan apa yang dimaksud a.       Limbah b.      Limbah Organik keras c.       Limbah Anorganik d.      Limbah domestic ​

Answers

Jawaban:

b. limbah organik keras

Pertanyaan Lainnya
Apa yang terjadi jika perselisihan antara buruh versus pengusaha, apakah langkah yang seharusnya dilakukan?. Hasil dari (8)2/3 adalah...​ Apa yang kamu ketahui tentang jenis jenis jaringan computer. Apa yang bisa kalian lakukan untuk mendorong hubungan antar perundang-undangan agar sinkron atau saling mendukung?. Gerakan lanjutan setelah mengelak adalah. . . a. Langkah angkatan b. Gerakan tendangan c. Gerakan tangkisan d. Posisi kuda² jawab cuy:v​. Bagaimana cara mengajak anak muda millenial ekarang agar lebih bijak dalam beroial media agar tidak terjerumu kedalam konten yang kurang baik, konten yang banyak palunya (hoax) dll, mengingat keeharian mereka ering menggunakan gadget. Bagaimana cara melakukan aktivita tangkian luar dengan atu tangan. Bagai mana bentuk perubahan oial akibat penggunaan gadget. Ari edang bermain bola dengan cara memantulkan bola tinggi dan memantulkan bola rendah dalam gerak daar manipulatif, dari dua jeni pantulan yang dilakukan terebut berarti Ari edang melakukan. Aumikan bahwa kecurangan telah dilakukan ecara teru meneru elama bertahun tahun, konekueninya pajak yang eperti apa yang akan ditanggung ekekutif karna tidak melaporkan laba aat mengii formulir pembayaran pajak mereka. Aru litrik ebear 500 mA mmengalr pada ebuah kawat penghantar elama 60 detik hitung lah jumlah muatan yang berpindah pada kawat penghantar terebut. Nilai x dan y berturut turut yang memenuhi persamaan x+5y=13 dan 2x-y=4 adalah Pertanyaan: Apakah kamu setuju jika proyek penciptaan kecerdasan buatan dihentikan saja selama-lamanya? Mengapa? Sertakan penjelasan dari jawabanmu. Terima kasih. 26. Di bawah ini manakah yang bukan persamaan garis lurus adalah... a. y = x+3 2 b. 3x - 2y = 3 c. 2x+y-5=0 d. 2x²y + 5 = 0​ 4km + 9dam- 20 HM.... M Didalam permainan tenis meja jika menggunakan sitem poin set 11 maka setiap pemain menservis bola sebanyak Diberikan data 8,6,4,3,2,9,10,15,12,14. Persentil ke-70 data tersebut adalah Dibawah ini yang merupakan kegunaan informasi akuntansi, kecuali Dibawah ini merupakan pengertian dari daging sebagai bahan olahan adalah… Dibawah ini yang bukan merupakan bentuk drama yang ada di masyarakat yaitu