frontpage hit counter

38. Menurut Mahkamah Konstitusi, yang tunduk pada ketentuan tentang perubah-an Undang-Undang Dasar hanya pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945, tidak termasuk Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Hal tersebut disebabkan dalam Pembukaan UUD 1945​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

tidak di perjelas terimah ya


Pertanyaan Terkait

Nilai nilai pancasila sebenarnya di ambil dari kristilisasi nilai nilai budaya bangsa indonesia yang telah mengakar sejak zaman dahulu kala. Istilah pancasila sendiri diambil dari bahasa sansekerta, yaitu panca dan sila yang berarti....? A.lima sandi
B.lima usulan
C.lima keinginan
D.Lima Larangan

Answers

Jawaban:

Jawabannya adalah opsi A. lima sandi.

Jawaban:

a. lima sandi

50. Perhatikan cerita berikut! Sengketa dialami oleh desa X dan desa Y. Salah seorang aktivis partai A melakukan mediasi terhadap kedua desa tersebut. Mediasi dilakukan agar sengketa dapat diselesaikan dengan jalan damai. Dalam memediasi desa yang bersengketa, berarti partai politik sedang melakukan fungsi..... a. Pengatur konflik b. Sosialisasi politik c. Komunikasi politik d. Agregasi kepentingan e. Artikulasi kepentingan​

Answers

Penjelasan:

Dalam cerita yang Anda sampaikan, partai politik yang melakukan mediasi terhadap sengketa antara desa X dan desa Y sedang melakukan fungsi pengawasan terhadap pemerintah. Fungsi pengawasan adalah salah satu fungsi utama partai politik dalam demokrasi, yaitu melakukan pengawasan terhadap kebijakan dan tindakan pemerintah agar sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan menjamin hak-hak warga negara. Melalui mediasi terhadap sengketa antara dua desa, partai politik dapat membantu menyelesaikan masalah dengan cara yang damai dan memperkuat kedaulatan hukum di masyarakat.

Apa saja tindakan apabila melanggar hukum​

Answers

Tindakan yang diambil apabila melanggar hukum tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Jika pelanggaran hukum yang terjadi merupakan pelanggaran hukum yang ringan, seperti pelanggaran lalu lintas, maka hal yang harus dilakukan adalah membayar denda atau menjalani sanksi lainnya yang dijatuhkan oleh pihak berwenang.

Jika pelanggaran yang dilakukan merupakan pelanggaran hukum yang lebih serius, seperti tindak pidana, maka akan ada tindakan yang berbeda. Tindakan tersebut bisa berupa penahanan, tuntutan hukuman pidana, atau tuntutan ganti rugi.

46. Kelompok yang khusus didirikan untuk memperjuangkan kepentingan- kepentingan tertentu dari masyarakat atau golongan, namun masih mencakup pada bidang yang luas disebut...... a. Pressure group b. Interest group anomik c. Interest group asosiasi d. Interest group institusional e. Interest group nonasosional​

Answers

Jawaban:

D. Interest group

Penjelasan:

Kelompok yang khusus didirikan untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan tertentu dari masyarakat atau golongan, namun masih mencakup pada bidang yang luas disebut interest group. Interest group merupakan suatu kelompok yang bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan tertentu dari masyarakat atau golongan tertentu, tanpa memandang bidang atau sektor yang bersangkutan. Pilihan jawaban lain seperti pressure group, interest group anomik, interest group asosiasi, interest group institusional, dan interest group nonasosional tidak sesuai dengan pertanyaan karena tidak menggambarkan kelompok yang sama dengan interest group.

Unsur-unsur pembangun karakter yaitu

Answers

Jawaban:

Unsur-unsur pembangun karakter yaitu Sikap, Emosi, Kepercayaan, Kebiasaan, dan Konsep diri (self-conception)

Penjelasan:

1. Sikap merupakan salah satu bagian dalam karakter yang menjadi dasar atau cerminan dari karakter seseorang. Sehingga dapat dikatakan bahwa sikap seseorang selaras dengan karakter yang ia miliki

2. Emosi merupakan suatu gejala dinamis yang dirasakan manusia yang ditimbulkan karena efek perasaan yang sangat kuat

3. Kepercayaan merupakan komponen yang di dapat dari factor sosio psikologis yang mempengaruhi karakter seseorang. Kepercayaan ini menjadi pembangun dalam watak dan karakter manusia.

4. Kebiasaan yaitu kemauan yang kuat yang mempengaruhi terbentuknya karakter seseorang.

mencerminkan tindakan dan perilaku atau karakter seseorang.

5. Konsep diri (self-conception) merupakan sebuah tindakan bagaimana kita menempatkan diri dalam kehidupan.

A. URAIAN 1. Tuliskan penerapan Pancasila dari masa ke masa!​

Answers

Jawaban:

1. Masa Orde Baru (1966-1998): Pancasila dijadikan sebagai dasar filosofis bagi pemerintahan Orde Baru. Pemerintah mengadopsi kebijakan yang mengatur segala aspek kehidupan masyarakat, mulai dari kesusilaan, pendidikan, hukum, dan ekonomi, semuanya didasarkan pada Pancasila.

2. Masa Reformasi (1998-sekarang): Pasca Reformasi, Pancasila kembali menjadi dasar filosofi untuk menciptakan stabilitas politik di Indonesia. Pemerintah berupaya untuk menyelaraskan perencanaan dan implementasi reformasi dengan nilai-nilai Pancasila.

3. Masa Depan: Pancasila diharapkan akan terus menjadi dasar untuk mencapai kebijakan yang inklusif dan berkeadilan, sehingga menciptakan suasana kondusif untuk pembangunan dan perkembangan Indonesia yang berkelanjutan.

Penjelasan:

Kita mulai dari masa awal kemerdekaan dulu ya: Pemberontakan RMS, Pemerintah PRRI sama Permesta dengan gerakan protesnya, sama Pemberontakan Darul Islam yang ingin menggantikan Pancasila ke Syariat Islam.

Masuk ke Orde Lama, tahun 1959 sampai 1966 (demokrasi terpimpin), disini Pancasila juga ada masalah, karena beberapa setuju ada yang keberatan juga, paling terkenal adalah Pemberontakan PKI oleh D.N. Aidit 30 September 1965. Tujuannya adalah mengubah Pancasila menjadi Komunis.

Setelah Orde Lama kita ke Orde Baru, di masa ini Soeharto jadi Presiden RI. Beliau memperbaiki kekacauan yang udah terjadi di masa sebelumnya. Hasilnya seperti Repelita, Pemilu, pemerataan bangunan, dan pendidikan penghayatan dan pengamalan Pancasila. Di masa ini dasar landasan yang paling baik untuk mewujudkan pembangunan adalah Pancasila, coontohnya seperti pemerataan bangunan yang saya jelaskan diatas, itu masuk dalam sila ke-5 pancasila, yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Ya, walaupun usaha untuk memulihkan kondisi negara dan menerapkan Pancasila, ada juga masalahnya di Orde Baru, yaitu masalah KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), ada juga yang membatasi hak berpendapat, dan ada dwifungsi ABRI.

Habis Orde Baru ke Reformasi, digantikan oleh B.J. Habibie. Masa pemerintah beliau memperbaiki kesalahan pemimpin sebelumnya dengan mengeluarkan Undang Undang tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, dll. Selain daripada itu, beliau juga memperbaiki sistem ekonomi dan reformasi bidang politik dan hukum di Indonesia.

16. Perbedaan pers pancasila dengan pers liberal adalah bahwa pers pancasila adalah .....

A. diterapkan negara berkembang, pers liberal oleh negara maju.
B. menyuarakan suara rakyat, pers liberal menyuarakan pemerintah.
C. telah menggunakan demokrasi, pers liberal Fanatik dengan demonstrasi.
D. kebebasan bertanggung jawab, pers liberal menganut kebebasan mutlak.
E. memiliki kode etik jurnalistik, sedang pers liberal tidak memiliki.​

Answers

Jawaban:

jawabannya D

kebebasan bertanggung jawab , pers liberal menganut kebebasan mutlak

Perubahan masa jabatan presiden dan wakil presiden terdapat dalam amandemen ke...​

Answers

Jawaban:

Perubahan masa jabatan presiden dan wakil presiden terdapat dalam amandemen keempat UUD 1945. Amandemen keempat UUD 1945 mengubah masa jabatan presiden dan wakil presiden dari lima tahun menjadi lima belas tahun, yang dapat dipilih kembali sekali untuk masa jabatan yang sama. Dengan demikian, presiden dan wakil presiden sekarang dapat memegang jabatan selama maksimum lima belas tahun. Amandemen keempat UUD 1945 juga menambahkan pasal sebelas B tentang hak pilih bagi presiden dan wakil presiden.

Penjelasan:

perubahan itu selaman 12 thn

19. Dasar hukum jaminan kebebasan beragama dan kepercayaan di Indones D. 28 ayat 2 B. 30 ayat 1 C. 29 ayat 2 A. 31 ayat 1 20. Berdasarkan ketentuan dalam UUD NRI TAHUN 1945, usaha pertahana​

Answers

Jawaban:

19 A. 31 ayat 1

Penjelasan:

Dasar hukum jaminan kebebasan beragama dan kepercayaan di Indonesia adalah Pasal 28 ayat 2 UUD 1945. Pasal 28 ayat 2 UUD 1945 menyatakan bahwa "Setiap orang berhak atas kebebasan beragama dan kepercayaan, dan berhak untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya dan kepercayaannya". Dengan demikian, setiap orang di Indonesia memiliki hak untuk memilih agama dan kepercayaannya sendiri, serta hak untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya tersebut.

15. Sistem pers pada masa kekuasaan otoriter, kehidupan pers … A. ditentukan oleh pers itu sendiri
B. sangat tergantung pada masyarakat
C. menumbuhkembangkan kehidupan demokrasi
D. memiliki kebebasan dalam menulis berita
E. dikuasi dan menjadi juru bicara pemerintah​

Answers

Penjelasan:

C. menumbuhkembangkan kehidupan demokrasi

sistem pers pada masa kekuasaan otoriter pasti berlaku dan juga merupakan sistem politik maupun ketatanegaraan yang bisa saja menjadi lembaga di negara tetapi kehidupan juga bergantung pada kehidupan demokrasi

Jelaskan secara singkat lahirnya Sumpah Pemuda!

tolong bantu ya kakak ​

Answers

Pada tanggal 28 Oktober 1928, para perwakilan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Jakarta untuk menghadiri Sidang Pemuda I. Pada sidang tersebut, para pemuda membahas berbagai isu penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, salah satunya adalah soal pembelaan negara. Setelah banyak diskusi dan pertimbangan, para pemuda menyepakati untuk mengadakan sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda ini merupakan pernyataan komitmen para pemuda Indonesia untuk bersatu padu dalam membela negara dan mengembangkan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda ini kemudian menjadi salah satu kesatuan semangat dan idealisme para pemuda Indonesia dalam perjuangan membangun bangsa Indonesia.

Bagaimana ikrar Sumpah Pemuda bisa menyatukan bangsa ?

tolong bantu ya kakak ​

Answers

Penjelasan:

Ikrar Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang dibuat oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Ikrar ini menyatakan bahwa para pemuda Indonesia bersedia berkorban demi kemerdekaan dan kesatuan bangsa. Dengan demikian, ikrar Sumpah Pemuda dapat menyatukan bangsa Indonesia karena para pemuda yang mengikrarkan sumpah tersebut terikat oleh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, ikrar Sumpah Pemuda juga dapat menyatukan bangsa Indonesia karena mengandung nilai-nilai luhur, seperti cinta tanah air, patriotisme, dan keberpihakan kepada rakyat. Nilai-nilai ini dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan masyarakat Indonesia.

Semoga ini membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan. Saya akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Mengapa nilai yang terkandung dalam pancasila bersifat universal

Answers

Jawaban:

karena nilai-nilai Pancasila merupakan nilai-nilai kehidupan seluruh manusia, termasuk moral, etika, religius, dan berbagai nilai lainnya.

Jelaskan dengan Bhinneka Tunggal Ika!


tolong bantu ya kakak​

Answers

Jawaban:

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Kata bhinnêka berasal dari dua kata yang mengalami sandi, yaitu bhinna 'terpisah, berbeda' dan ika 'itu'. Kata tunggal berarti 'satu'. Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika dapat diartikan "Itu berbeda, itu satu", yang bermakna meskipun beranekaragam, pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap merupakan satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam adat dan budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuno yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular sekitar abad ke-14, di bawah pemerintahan Raja Rājasanagara, yang juga dikenal sebagai Hayam Wuruk.

Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha.

jadikan yang terbaik...

semoga membantu ☝️

Jelaskan yang dimaksud nasionalisme dalam arti lusa!​

Answers

Jawaban:

Nasionalisme dalam arti luas, yaitu perasaan cinta yang tinggi atau banggga terhadap tanah air dan tidak memandang rendah bangsa lain.

Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berazaskan a.hukum
b.agraris
c.kesatuan
d.persatuan​

Answers

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah (d) persatuan.

Penjelasan:

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan sebuah negara yang didirikan berdasarkan prinsip-prinsip persatuan, yang menyatakan bahwa seluruh warga negara Indonesia adalah warga negara yang sama dan memiliki hak yang sama di bawah hukum negara. Prinsip ini menjadi landasan dasar bagi negara Indonesia untuk menjamin keberlangsungan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan hukum​

Answers

Jawaban:

Hukum adalah Kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi-sanksi. Hukum ialah sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia merujuk pada sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan penegakan hukum oleh kelembagaan penegak hukum karena segala kehidupan manusia dibatasi oleh hukum.

Maaf jika salah

Semoga membantu:D

Jawaban:

Kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi-sanksi.

Penjelasan:

Hukum adalah Kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi-sanksi. Hukum ialah sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia merujuk pada sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan penegakan hukum oleh kelembagaan penegak hukum karena segala kehidupan manusia dibatasi oleh hukum.

Berikut ini merupakan dimensi Pancasila secara struktural: 1. Dimensi idealisme

2. Dimensi normatif

3. Dimensi realitas

4. Dimensi instrumental

Yang bukan termasuk dimensi Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural adalah nomor …


a.2

b.3

c.4

d.1

Answers

Jawaban:

c.4

Penjelasan:

Penjelasan tentang 3 dimensi yang dimiliki Pancasila sebagai ideologi terbuka itu adalah sebagai berikut:

1. Dimensi Idealistis: nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat sistematis, rasional, dan menyeluruh, memuat memuat idealisme yang memberi harapan, optimisme, sekaligus bisa menggugah bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita kebangsaan.

2. Dimensi Normatif: nilai-nilai dasar Pancasila perlu dijabarkan menjadi sistem norma yang jelas agar dapat diimplementasikan dalam langkah operasional. Penjabaran ini seperti yang terkandung dalam norma-norma kenegaraan (UUD 1945 yang jadi sumber hukum).

3. Dimensi Realistis: ideologi Pancasila harus mencerminkan realitas yang hidup, berkembang dan dialami masyarakat. Oleh sebab itu Pancasila perlu dijabarkan dalam kehidupan masyarakat secara nyata, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun berbangsa dan bernegara. Dengan begitu, dasar negara tersebut tidak menjadi ideologi utopia yang memuat ide-ide tidak membumi.

Jelaskan hubungan pokok pikirsn pembukaan undang undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 alinea ke dua dengan pancasila ​

Answers

Pokok pikiran kedua menjelaskan "Keadilan sosial" dengan ini menyatakan bahwa negara ingin mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat nya. pokok ini terdapat dalam bidang ekonomi dan terkandung dalam Pancasila ke 5. pokok ini mempunyai tujuan yaitu ingin mensejahterakan masyarakatnya dengan cara mencerdaskan,melaksanakan,memanjukan sesuai keinginan luhur.

Jelaskan pengertian tata hukum​

Answers

Jawaban:

tata hukum adalah sebuah tatanan dari norma atau peraturan hukum dalam suatu negara tertentu.

Penjelasan:

Tata Hukum sama saja Dengan Norma yaitu Berarti Peraturan Hukum Dalam Suatu Negara.

Tata Hukum Ini Memiliki sebuah Tujuan Yaitu untuk melaksanakan tertib atau Keamanan dari suatu hukum bagi masyarakat suatu negara sehingga dapat dicapai ketertiban di negara tersebut.

Tata Hukum Ini Berfungsi sebagai Pengaman atau Mengatur Kehidupan Masyarakat Agar Aman,nyaman,dan Damai Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Pertanyaan Lainnya
5. Munculnya satu titik serangan baru pada embedded system yaitu power supply dikarenakan .. $11.1 a. banyak embedded system yang meng- ambil daya dari listrik b. banyak embedded system yang meng- ambil daya dari baterai c. banyak embedded system yang meng- ambil daya dari aki d. banyak embedded system yang boros listrik e. banyak embedded system yang boros biaya Embedded system yang pertama kali 11. 12.​ 40. Pak Hartono memiliki kebun cabai dengan panjang 80 m dan lebar 10 m. skala yang digunakan untuk membuat denah adalah 1 400. Buatlah denah kebun Pak Hartono dan hitung luas kebun pada denah!​ Tuliskan contoh bentuk perubahan dilihat dari percayaannya​ Teka teki lumpur tua​ Raja yg berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa adalah a. dewa bala sawo b. sultan mahmud c. dea tumuseng d. datu jereweh​ Jumlah panjang semua rusuk sebuah kubus adalah 168cm. Luas sisi alas kubus tersebut adalah...​ 11. Hafsah merupakan pemudi yang hobi bermedia sosial. Namun hafsah tidak seperti remaja kebanyakan yang suka curhat dan bergosip di media sosial. Dia suka menshare hal-hal positif di akun media sosialnya. Suatu ketika, saat sedang asyik bermedia sosial, tiba- tiba ia terkena haid. Maka selama haid tidak boleh Hafsah melakukan....kecuali Sholat b. Puasa c. Membaca Al-qur'an d. Berdo'a​ Bentuk sederhana dari perkalian suku (2x-3)(4x+5) adalah A. 8x² - 2x -15 B. 8x² + 13x +15 C. 8x² - 22x +15 D. 8x² + 22x -15 Jaka Ingin Membuat File Presentasi, Progam Apa Yg Harus Jaka Buka? A. Windows Media Player B. Microsoft Excel C. Microsoft Power Point​ Terdapat 20 baris dalam suatu ruang pertemuan . banyak kursi pada baris pertama adalah 40 kursi dan pada setiap baris berikutnya terdapat 4 kursi lebih banyak dari baris didepannya banyak kursi pada baris ke 13 adalah ​ Naufal pergi ke stasiun kereta api yang berjarak 3 km dari rumahnya menggunakan sepeda dengan kecepatan 200 meter per menit. Setelah Naufal berangkat 5 menit, Nashwan berangkat menggunakan sepeda motor karena ingin naik kereta api bersama Naufal. Kecepatan Nashwan mengendarai sepeda motor agar sampai ke stasiun bersamaan dengan Naufal adalah ....​ Raja yg berusaha membatalkan pengangkatan Dewa Mepaconga Mustafa sebagai raja Sumbawa adalah a. dewa bala sawo b. sultan mahmud c. dea tumuseng d. datu jereweh​ Tuliskan contoh bentuk perubahan dilihat dari pengaruh nya​ Suatu bilangan dikalikan 5 ditambah 9 hasilnya tidak kurang dari 69. Jika y menyatakan bilangan yang belum diketahui, bentuk pertidaksamaan yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah . . . a. 5x – 9 ≤ 69 c. 9x – 5 ≤ 69 b. 5x + 9 ≥ 69 d. 9x + 5 ≥ 69 Perhatikan barisan bilangan berikut. 9, 5, 1,, -7,..., -15. Angka yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah ...​ Arti Hi i'm body strong itu apa? ​ 2. Sebuah mobil A dan B bergerak dengan arah berlawanan, masing-masing dengan kecepatan tetap 25 m/s dan 15 m/s. Hitunglah kapan dan dimana mobil A berpapasan jika jarak kedua mobil mula-mula 240 m.​ diketahui sebuah fungsi eksponen Dengan persamaan f(x) = 2ax-1. jika grafik fungsi eksponen tersebut melewati sebuah titik A(2,17) maka nilai f(3) =54​​ Sebanyak 100 mL KOH 1,8 M direaksikan dengan 100 mL CH3COOH 1,8 M ke dalam larutan diteteskan larutan encer MgCI2 dan diakhiri ketika Mg (OH)2 tepat akan mengendap. jika diketahui Ka=10-⁵, Ksp=9.10-¹², maka [Mg²+] saat tepat jenuh adalah ... a. 10-¹ M b. 10-² M c. 10-³ M d. 10-⁴ M e. 10-⁵ M​ . Di bawah ini merupakan gerak spesifik passing bawah permainan bola voli antara lain: 1) Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut ditekuk. 2) Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar. 3) Saat bola tersentuh kedua lengan kedua lutut diluruskan. 4) Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan. 5) Lakukan gerakan mengayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu. Dari pernyataan di atas, urutan-urutan yang benar dalam passing bawah permainan bola voli adalah . . . . * a. 1, 2, 3, 4, 5 b.1, 2, 3, 5, 4 c. 1, 2, 4, 3, 5 d. 1, 3, 4, 2, 5​