frontpage hit counter

Sebutkan 5 contoh penggunaan pendekatan verstehen dalam menganalisis tindakan sosial!​

Jawaban

Jawaban 1

1.Menganalisis tindakan sosial dengan cara mengikuti persepsi individu yang bersangkutan tentang makna dari tindakannya.

2.Menggunakan interpretasi simbolik untuk mengungkap makna dari tindakan sosial yang terjadi.

3.Mencoba memahami motivasi yang mendasari tindakan sosial yang terjadi.

4.Menganalisis tindakan sosial dengan cara mengikuti perkembangan hubungan sosial di antara individu yang terlibat dalam tindakan tersebut.

5.Mencoba memahami bagaimana tindakan sosial yang terjadi dipengaruhi oleh konteks sosial dan budaya di mana tindakan tersebut terjadi.


Pertanyaan Terkait

Rumusan masalah tentang zero hunger (tanpa kelaparan) pada korban bencana alam? maksimal 4 deh hehe​

Answers

1.Bagaimana menjamin ketersediaan makanan yang cukup bagi korban bencana alam?

2.Bagaimana memastikan bahwa makanan yang tersedia bagi korban bencana alam berkualitas tinggi dan bernutrisi?

3.Bagaimana mengatasi kesulitan akses ke makanan bagi korban bencana alam yang terisolasi?

4.Bagaimana mengurangi kemungkinan terjadinya kelaparan akut pada korban bencana alam?

Jelaskan faktor pendukung dari permasalahan pendidikan di indonesia​

Answers

Jawaban:

Karena sedikit nya sekolah sekolah yang berada di pedalaman sehingga cenderung yang tinggal di kota lah yang memiliki pendidikan tinggi yang menyebabkan pendidikan di Indonesia menurun.

3. Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi media, khususnya jaringan pertemanan di internet telah menjadi agen sosialisasi yang penting bagi masyarakat. Menurut Anda, apakah komunikasi melalui cara ini menyerupai interaksi tatap muka, atau mempresentasikan bentuk baru sebuah interaksi sosial? Jelaskan. 4. Jelaskan sejauhmana seorang individu dapat menjadi agen perubah bagi perubahan sosial dalam masyarakatnya? Berikan pula contoh perbedaan yang relevan yang terjadi dilingkungan sosial Anda?

Answers

3. Menurut saya, jenis komunikasi tersebut bukan komunikasi tatap muka. Komunikasi tersebut termasuk jenis komunikasi tidak langsung yang mengandalkan media perantara seperti HP, Laptop. Meski seolah-olah saling bertatap wajah, tapi selbih baik tidak dikategorikan sebagai komunikasi tatap muka. Komunikasi tersebut lebih baik disebut sebagai komunikasi tatap layar.

4. Seorang individu bisa menjadi agen perubah bagi lingkungan sosialnya jika ia :

  • Berani melakukan hal yang berbeda meski pada awalnya hal tersebut dianggap sebagai penyimpangan sosial
  • Merupakan orang yang berpengaruh di lingkungannya
  • Memiliki cara penyampaian yang mudah diterima, mudah membuat orang yakin bahwa apa yang dilakukannya sudah sepantasnya dilakukan oleh orang banyak

Hanya saja, kekurangan agen perubahan melalui individu adalah :

  • Sulit menjangkau banyak kalangan tidak seperti agen perubahan menggunakan kelompok.
  • Beresiko besar dikarenakan orang yang tidak setuju dengan pandangan seseorang bisa saja melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Perbedaan yang relevan yang terjadi di lingkungan sosial saya adalah saat seseorang ingin merubah kebiasaan teman-temannya yang menganggap bahwa meminjam uang di pinjol ilegal itu wajar. Orang tersebut berkali kali mengingatkan temannya agar tidak melakukan pinjaman ilegal dengan memaparkan dampak-dampaknya. Lama kelamaan, di angkatannya tidak banyak lagi yang melakukan pinjaman online ilegal sehingga pendapatan pada beberapa aplikasi berkurang..

SEMOGA MEMBANTU ;)

mengapa seseorang harus mengalami proses sosialisasi dalam hidupnya dan apakah sosialisasi yang dilakukan suatu agen sosialisasi maka hasil yang diharapkan akan selalu sesuai dengan keinginan agen tersebut?

Answers

Seseorang harus melakukan sosialisasi karena manusia merupakan mahluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Sosialisasi melatih kita untuk peka dengan batasan-batasan yang ada. Dengan peka terhadap nilai dan norma, kita akan lebih bisa menempatkan diri di lingkungan pergaulan kita.

Sosialisasi yang dilakukan oleh agen sosialisasi hasilnya tidak selalu sesuai dengan keinginan agen tersebut dikarenakan :

  • Manusia punya kehendak bebas
  • Tidak semua orang bisa mengerti cara penyampaian agen sosialisasi tersebut
  • Tidak ada manusia yang sepenuhnya penurut, selalu ada aturan atau norma yang dilanggar oleh seseorang

SEMOGA MEMBANTU ;)

Jelaskan ruang lingkup sosiologi dan ekonomi serta fenomena sosial seperti apa yang menjadi bidang kajian sosiologi dan ekonomi? Apakah terdapat persamaan dan perbedaan dari dua disiplin ilmu tersebut? Jelaskan!

Answers

Jawaban:

Ruang lingkup sosiologi adalah studi tentang interaksi sosial dan dinamika masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial. Fenomena sosial yang menjadi bidang kajian sosiologi meliputi kelompok sosial, perkumpulan sosial, institusi, norma, budaya, struktur sosial, dan proses sosial.

Sedangkan ruang lingkup ekonomi adalah studi tentang cara orang, kelompok, dan negara memproduksi, mendistribusikan, dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang produksi, konsumsi, dan pertukaran barang dan jasa dalam suatu masyarakat. Fenomena sosial yang menjadi bidang kajian ekonomi meliputi permintaan, penawaran, harga, dan produksi.

Kedua disiplin ilmu tersebut memiliki persamaan dalam hal studi tentang masyarakat, namun memiliki perbedaan dalam ruang lingkup dan fokus kajiannya. Sosiologi lebih menekankan pada aspek sosial dari suatu fenomena, sementara ekonomi lebih menekankan pada aspek ekonomi dari suatu fenomena. Misalnya, sosiologi dapat mempelajari bagaimana struktur kelas sosial mempengaruhi pola interaksi sosial dalam suatu masyarakat, sedangkan ekonomi dapat mempelajari bagaimana faktor-faktor ekonomi seperti permintaan dan penawaran mempengaruhi harga suatu produk di pasar.

1. Proses sosialisasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu....
bantu Jawan dengan benar kk​

Answers

Sosialisasi bisa dibedakan menjadi :

  • Sosialisasi langsung = Sosialisasi yang berjalan tanpa adanya perantara. Contohnya adalah perkumpulan gosip ibu-ibu.
  • Sosialisasi tidak langsung = Sosialisasi menggunakan media tertentu seperti televisi ataupun telepon genggam. Contohnya adalah saling bertukar pesan via WA.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Sosiologi merupakan ilmu yang berparadigma ganda. Beberapa paradigma dalam Sosiologi antara lain adalah paradigma fakta sosial, definisi sosial dan perilaku sosial. Jelaskan dengan satu contoh yang berkaitan dengan ke-3 paradigma tersebut!​

Answers

Jawaban:

fakta sosial :

mematuhi kebijakan sosial

definisi sosial :

membantu orang yg susah

perilaku sosial :

Belajar dengan giat

Penjelasan:

Maaf y kk..Kalau salah..Saya mau bantu..

Terciptanya unit-unit produksi yang luas adalah dampak dari...​

Answers

INDUSTRIALISASI

Pada revolusi industri terdapat perubahan di mana masyarakat yang tadinya mengandalkan sektor agraris menjadi masyarakat yang mengandalkan sektor industri. Sektor industri dianggap lebih mendukung terjadinya modernisasi.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Sosiologi
memiliki kegunaan sebagai....

Answers

Jawaban:

Selain itu fungsi sosiologi adalah untuk melakukan penelitian sosial terhadap fenomena yang tengah terjadi di dalam masyarakat. Sebagai ilmu tentang masyarakat, sosiologi mempunyai peranan besar dalam upaya-upaya pemecahan masalah sosial

Penyebaran kebudayaan secara damai menghasilkan 3 hal, Tuliskan dan jelaskan ​

Answers

Jawaban:

Penetrasi damai atau penetration pasipique

Proses penetrasi budaya ini dilakukan secara damai. Hasil dari proses penetrasi ini tidak akan menghilangkan unsur asli kebudayaan di masyarakat. Sebaliknya, penetration pasipique akan memperkaya kebudayaan di suatu daerah.

Oleh karena proses penetrasi budaya dilakukan secara damai, maka dalam penerapan atau penerimaannya di masyarakat tidak menimbulkan konflik. Penetration pasipique akan menghasilkan

akulturasi, asimilasi dan sintesis.

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas ya:)

Robert menolak mengikuti saran orang tuanya untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Robert memilih menghabiskan masa mudanya untuk besenang-senang dan menganggur di rumah. padahal, orang tuanya berharap, Robert memanfaatkan masa mudanya untuk menimba ilmu di Universitas. Konsekuensi mobilitas sosial tersebut adalah

Answers

Robert menolak mengikuti nasihat orang tuanya untuk kuliah setelah lulus SMA. Dia memilih menghabiskan waktu muda untuk bersenang-senang dan tidak bekerja. Orang tuanya ingin dia memanfaatkan waktu muda untuk belajar di universitas. Konsekuensinya adalah dia mungkin akan kesulitan mencari pekerjaan yang layak di masa depan, kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan, mengalami masalah keuangan dan kesehatan mental, serta masalah sosial. Hal ini dapat mengurangi peluangnya untuk sukses dan bahagia di masa depan.

Proses mempelajari nilai sosial, norma sosial, dan persyaratan lain yang diperlukan untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan masyarakat disebut

Answers

SOSIALISASI

Sosialisasi adalah proses belajar mengenai nilai dan norma yang ada di masyarakat. Sosialisasi bermanfaat untuk mengasah skill bergaul kita dan juga mengetahui batasan-batasan yang ada di masyarakat.

SEMOGA MEMBANTU ;)

. Hasil penemuan Malik tersebut diapresiasi masyarakat dan diterapkan di lingkungannya. Perubahan direncanakan dari hasil penemuan Malik didorong oleh . . . . * A. kondisi rumah Malik yang kurang bersih B. tingkat pendidikan Malik sebagai sarjana teknik C. kesadaran mengenai kekurangan dalam diri Malik D. kondisi lingkungan dan paksaan orang tua Malik E. kondisi lingkungan dan kemampuan yang dimiliki Malik

Answers

Jawaban:

E.Kondisi lingkungan dan kemampuan yang dimiliki Malik

Penjelasan:

Penemuan Malik berupa sistem pengolahan sampah ramah lingkungan muncul karena kondisi lingkungan berupa sampah yang menumpuk dan kemampuan yang dimiliki Malik. Malik merupakan lulusan teknik lingkungan yang memiliki kemampuan membuat sistem pengolahan sampah berkualitas dan ramah lingkungan. Penemuan tersebut mampu mendorong terjadinya perubahan sosial di lingkungan rumah Malik.

. Hasil penemuan Malik tersebut diapresiasi masyarakat dan diterapkan di lingkungannya. Perubahan direncanakan dari hasil penemuan Malik didorong oleh . . . . * A. kondisi rumah Malik yang kurang bersih B. tingkat pendidikan Malik sebagai sarjana teknik C. kesadaran mengenai kekurangan dalam diri Malik D. kondisi lingkungan dan paksaan orang tua Malik E. kondisi lingkungan dan kemampuan yang dimiliki Malik

Answers

Jawaban:

E

Penjelasan:

kondisi lingkungan dan kemampuan yang dimiliki Malik

bertanyaan Jika terjadi konflik pada masyarakat tradisional yang masih teguh memegang adat nenek moyang dapat dilakukan pemulihan. Upaya pemulihan konflik yang menggunakan institusi adat disebut​

Answers

Upaya Pemulihan Konflik Berdasarkan Adat

Seorang sosiolog mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai disiplin ilmu sosial yang popular, dan memberikan pemahaman komprehensif terhadap contoh gejala sosial di masyarakat. Sosiolog tersebut berperan sebagai …​

Answers

Jawaban:

Seorang sosiolog bertugas mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai disiplin ilmu sosial yang mempelajari perilaku dan interaksi manusia dalam masyarakat. Mereka bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang gejala sosial di masyarakat dengan menggunakan metode ilmiah dan teori-teori sosiologi. Sosiolog dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam memahami dan menangani masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, ketidakadilan, dan ketidaksetaraan.

Tuliskan alasan kita harus melaksanakan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat!​

Answers

Jawaban:

• Agar semuanya menjadi seimbang tidak susah dan susah

• Karena jika kita hanya melaksanakan salah satu dari mereka maka kebutuhan hidup kita akan terpenuhi dengan baik.

Persamaan dan perbedaan tk,paud,kb,tpa

Answers

TK adalah taman kanak kanak, PAUD adalah pendidikan anak usia dini, KB adalah kelompok bermain, TPA adalah taman pendidikan al-qur'an.

PAUD merupakan tempat pendidikan untuk anak di bawah 6 tahun sebelum mereka memasuki TK.

jenjang PAUD dan TK saja sudah berbeda.

KB merupakan kelompok bermain, tidak berbeda jauh dengan PAUD/TK. namun mereka memiliki sistem pelajaran formal dan non formal

sedangkan TPA hanya mengajari anak anak yang beragama islam untuk belajar membaca huruf arab/membaca al-qur'an kemudian mengajari tentang agama. TPA tidak memiliki batas umur untuk murid muridnya

Sebagai umat beragama tiap individu perlu meningkatkan ketakwaan dalam menjalankan norma-norma agama yang telah ditetapkan. Peran penting norma agama dalam menghadapi tantagan globalisasi ditunjukkan dalam bentuk….​

Answers

Jawaban. Peran penting norma agama dalam menghadapi tantangan globalisasi di tunjukan dalam bentuk sikap atau perilaku. 2. Lebih mementingkan berbakti kepada kedua orang tua dan mematuhi yang di perintahkan nya daripada main sana sini gak jelas.

1. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Berdasarkan pada observasi nyata dalam masyarakat 2) Tidak mempersoalkan baik-buruknya fakta sosial 3) Menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat menjadi suatu teori) 4) Mempelajarai kejiwaan individu sebagai bagian dari masyarakat 5) Menjelaskan permasalahan sosial secara subjektif Ciri ilmu sosiologi ditunjukan oleh nomor .... A. 1), 2), dan 3) B. 1), 2), dan 4) C. 1), 3), dan 5) 2. Sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji masyarakat. Oleh karena itu, sosiologi berupaya menyempurnakan dan mengembangkan teori seiring perkembangan masyarakat. Pernyataan ini menunjukkan bahwa ilmu sosiologi mempunyai ciri A. empiris B. teoritis C. kumulatif D. 2), 3), dan 5) E. 3), 4), dan 5) A. individu B. masyarakat C. sistem politik

3. Sosiologi mempelajari sistem sosial yang terdiri dari atas pola interaksi sosial, nilai dan norma, lembaga sosial, struktur serta perubahan sosial. Sistem sosial tersebut saling berhubungan satu sama lain. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa objek kajian sosiologi adalah.... D. Nonetis E. logis D. Kebudayaan B. 1), 2), dan 4), C. 1), 3), dan 5), E. peristiwa masa lampau

4. Dalam kehidupan masyarakat terdapat lapisan-lapisan tertentu yang terbentuk dengan sendirinya ataupun dibentuk dengan sengaja oleh manusia. Sebagai ilmu yang mempelajari hubungan sosial dalam masyarakat, sosiologi menjelaskan fenomena sosial tersebut dalam objek kajian.... A. hubungan sosial B. perubahan sosial C. struktur sosial

5. Perhatikan peristiwa berikut! 1) Aksi protes masyarakat kepada pemerintah tentang ganti rugi rumah akibat perluasan jalan 2) Ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman praaksara 3) Persaingan antarcalon kepala daerah dalam meraih simpati rakyat 4) Harga saham perusahaan di Indonesia mengalami penurunan pascakrisis ekonomi D. Penyimpangan sosial E. metode penelitian sosial 5) Munculnya komunitas pencinta musik korea dikalangan pelajar Objek kajian sosiologi ditunjukkan oleh nomor .... A. 1), 2), dan 3), D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5)​

Answers

1. A (1,2,3)

Ilmu sosiologi tidak mempelajari kejiwaan manusia selayaknya ilmu psikologi. Sosiologi membahas mengenai masyarakat dan hubungan antar manusia.

2. C. Kumulatif

Kumulatif berarti menyempurnakan teori yang ada dengan teori-teori baru

3. Objek kajian sosiologi adalah masyarakat. (hubungan manusia dengan manusia lainnya)

4. C. Struktur sosial

Struktur sosial berkaitan dengan tinggi rendahnya kedudukan seseorang di masyarakat

SEMOGA MEMBANTU ;)

Pertanyaan Lainnya
sebuah kereta melaju dengan kecepatan 120 km per jam kereta tersebut sudah melaju 2/3 Jam berapakah hitunglah jarak yang sudah ditempuh kereta tersebut​ Berikut bukan bahan bahan untuk membuat patung adalah? A. Batu B. Kayu C. Es D. Kanvas 1. Mangapa Indonesia disebut sebagai negara agraris? Jawab: Bottel Pellan Penyelesaian dari persamaan 4x - 18 = 2x, maka nilai x adalah​ Jawab: Reaksi keseimbangan, pada 35°C: 2 NO(g) +O2 = 2NO(g) Kc = 8 agar dalam ruang bervolume 1 L dapat terbentuk gas NO, sebanyak 4 mol, maka 6 mol NO harus direaksikan dengan O2, Berapa mol O2,yang direaksikan? Jawab:​ Hasil dari -24 * -47 = n * -24 maka n adalah​ 4. Sebuah benda berbentuk kubus terbuat dari suatu bahan dengan massa jenis 8000 kg/m³ sedangkan volumenya 2 m³. Hitunglah massa kubus tersebut.... A. 16.000 kg/m³ B. 1600 kg/m³ C. 4.000 kg/m³ D. 400 kg/m³​ Bentuk sederhana dari √75 + √12 - √48 + √147 adalah.... a.-4√3 b.6√3 c.10√3 d.14√3​ 25. Harga 4 kg jeruk dan 2 kg anggur adalah Rp240.000,00. kg anggur adalah Rp280.000,00. Ibu membeli jeruk dan anggur masing-masing 1 kg. Uang dalgalanga 2 pecahan yang tepat untuk membayar keperluan Ibu adalah....​ 12. Naufal bermain sepeda pada hari Ahad sejauh 132 meter. Sepeda Naufal memiliki jari-jari 28 cm. Untuk menempuh jarak tersebut, roda sepeda Naufal berputar sebanyak... kali ​ Ibu membeli cetakan kue berbentuk lingkaran dengan diameter 20cm,luas cetakan kue adalah​ Membuat bakwan dari daun bayam adalah contoh karya........?​ Isu apa yg dikembangkan oleh dinasti Abbasiyah kepada masyarakat untuk menggulingkan daulah Umayyah​ Selisih dari 1,675 dengan 27% adalah jika perusahaan dihadapkan pd dua input pariabel, maka perusahan akan dihadapkan dengan prodaksyen issapwan .jelaskan apa yg dimaksud dengan prodaksyen issopwan tersebut,..dan kenapa bentuknya begitu​ Jumlah dua bilangan sama dengan 24. Jika bilangan ke dua tiga kali bilangan pertama ,selisih kedua bilangan tersebut adalah .... Pilih salah satu: a. 12 b. 16 c. 20 d. 24 e. 8​ 1.ayahku belum pulang dari sawah kata hasan. Tulislah kembali kalimat langsung di atas menggunakan tanda petik, huruf kapital, dan koma, dan tanda titik dengan benar! 2. Truk truk pengangkut barang non sembako memadati pelabuhan merak pada sepuluh hari menjelang lebaran Tulislah kembali teks di atas menggunakan spasi, huruf kapital, tanda hubung, dan tanda titik dengan benar. plsss​ Sebutkan faktor alam yg dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem​ Jika diketahui waktu 2 jam dan jarak 90kmmaka kecepatan adalah​ Bagai 1. Perang jawa di pimpin oleh pangeran Diponegoro.Perang Diponegoro merupakan salah satu per-tempuran terbesar yang pernah di alami oleh Belanda selama menjajah Nusantara. Perang ini mengakibatkan seluruh wilayah jawa. Latar dalam bacaan di atas adalah ... ​