frontpage hit counter

Jelaskan secara singkat corak kehidupan sosial ekonomi pada masyarakat burburu dan meramutingkat lanjut masabercocok tanam dan masa perundangian

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Corak kehidupan sosial ekonomis pada masyarakat berburu meramu tingkat lanjut, masa bercocok tanam, dan masa perundagian:

1. Masyarakat berburu meramu tingkat lanjut

Pada masa ini manusia masih hidup nomaden atau berpindah pindah. Ini karena manusia harus mengikuti musim buah liar dan pergerakan hewan buruan.

Manusia hanya berkumpul pada kelompok-kelompok kecil. Pada kelompok ini tidak ada stratifikasi sosial dan pembedaan peran. Semua anggota kelompok harus ikut berburu dan mencari makan.

Pada masa ini masyarakat memiliki peralatan namun masih relatif sederhana, berupa alat natu, kayu dan logam

2. Masa bercocok tanam

Pada masa ini manusia sudah mulai menetap dan tinggal di pemukiman. Ini karena manusia sudah dapat menanam dan menghasilkan makanan sendiri, sehingga tidak perlu berpindah-pindah mengikuti gewan buruan.

Jumlah makanan yang dihasilkan oleh bercocok tanaman memungkinkan jumlah populasi kelompok manusia yang lebih besar. Manusia mulai membentoluk kelompok besar seperti desa-desa.

Pada masa ini mulai ada pembagian tugas pada kelompok manusia.

Peralatan yang dibuat juga menjadi lebih kompleks, dengan ditemukanya gerabah atau tembikar sebagai tempat penyinpanan makanan.

3. Masa perundagian

Pada masa ini manusia mulai mengenal pembuatan dan penggunaan logam. Dengan logam ini manusia bisa melakukan perubahan pada lingkunganya dengan membajak lahan pertanian dan menebang pepohonan.

Masyarakat pada masa ini mulai membentuk kelompok besar seperti negara atau kota.

Pada masa ini pertanian menjadi semakin kompleks dengan dibuatnya sistem irigasi untuk meningkatkan hasil tanam.

Pada masa ini mulai terlihat jelas pembagian tugas dalam masyarakat, dimana muncul kelas-kelas dalam masyarakat seperti adanya pedagang, birokrat, pendeta dan prajurit.

Pada masa ini mulai muncul perdagangan jarak jauh, yang dipicu oleh surplus produksi pertanian dan kebutuhan yang beragam dan juga di picu karena logam langka dan hanya ditemukan di tempat tertentu. Perdagangan jarak jauh ini memungkinkan pertukaran komiditas dari berbagai tempat.

Sesuai dengan namanya, pada masa ini manusia mulai membuat peralatan dari ligam, baik untuk persenjataan maupun untuk keperluan sehari-hari. Logam yang digunakan adalah perunggu (paduan tembaga dan timah) dan kemudian digunakan besi.

hei,jika benar beri tanda jawaban terbaik ya


Pertanyaan Terkait

Siswa dapat membandingkan antara pandangan Hamka dan stutterheim tentang proses asal masuknya agama Islam ke Indonesia bantu jawab ya!!!​

Answers

Jawaban:

WF Stutterheim merupakan ahli yang mendukung Teori Gujarat. Teori Gujarat menyatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara di bawa oleh pedagang Islam dari Gujarat. Walau pada kenyataannya ada pula pedagang dari Arab dan Persia namun telah lama menetap di Gujarat sehingga mereka digolongkan pedagang Islam Gujarat.

Bukti teori ini adalah temuan artefak berupa nisan, baik di Pasai, Semenanjung Malaya, dan di Gresik, yang bentuk dan modelnya sama dengan yang ditemukan di Cambay, Gujarat.

Sedangkan Buya HAMKA adalah pendukung Teori Arab. HAMKA berpendapat bahwa Islam masuk ke Nusantara itu langsung dibawa dari Arab oleh para musafir Arab. tujuan mereka bukanuntuk berdagang tetapi murni menyebarkan agama, mereka bertujuan mencapai Negeri Cina melalui jalur laut, lalu mereka singgah untuk sementara waktu di Nusantara.

Bukti teori ini yaitu

  1. Adanya perkampungan Arab di Sumatera Barat yang diduga semasa dengan pemerintahan Khalifah Umar bin Khatab
  2. Mazab Sayfii yang dianut oleh kerajaan Samudera Pasai, yaitu mazhab yang sama yang digunakan di Arab.
  3. Gelar yang dipakai oleh Sultan Samudera Pasai sama dengan gelar yang dipakai raja di Arab yaitu Al Malik

Perhatikan data dibawah ini! 1. pemerintahan belanda terlilit utang luar negeri 2. Pemerintahan Belanda banyak mengeluarkan biaya perang terhadap perlawanan rakyat Indonesia
3. Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tanah tidak boleh melebihi waktu penanaman padi
4. kerusakan tanaman karena bencana alam ditanggung pemerintah

dari data diatas yang menunjukkan ketentuan pokok Cultuurstelsel berdasarkan Staatsbland ditunjukkan pada nomor...
a.2 dan 4
b.1 dan 3
c.2 dan 3
d.3 dan 4
e.1 dan 2

plisss kak bantu jawabb​

Answers

Jawaban:

D. 3 dan 4...............

Penjelasan:

Cultuurstelsel yang oleh sejarawan Indonesia disebut sebagai Sistem Tanam Paksa adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch pada tahun 1830 yang mewajibkan setiap desa menyisihkan sebagian tanahnya untuk ditanami komoditas ekspor, khususnya teh, kopi, dan kakao

Penghapusan cultuurstelsel merupakan bukti kemenangan kaum liberal dalam parleman Belanda. namun dibalik itu ada tujuan tersembunyi yaitu ingin menggantikan peran pemerintah Belanda untuk menanamkan modalnya di Indonesia yang dikenal sebagai ... a.ekonomi politik
b.ekonomi swasta
c.ekonomi liberal
d.ekonomi rakyat
e.ekonomi terpimpin

plisss tolonggg bantuu jawab kak​

Answers

Jawaban:

d.ekonomi rakyat

Penjelasan:

maaf klok slh

Umrah qadha dilaksanakan tanggal brp dan tahun brp?

Answers

Jawaban:

7 hijiriah

semoga membantu

Manakah yang merupakan peninggalan sejarah jaman kuna

Answers

jawab:peninggalannya

-bangunan

-lukisan

-patung

-Arca

Peran Ir Soekarno dalam organisasi PNI​

Answers

Jawaban:

Mendirikan PNI

Pada 1926, Soekarno mendirikan Algeemene Studie Club di Bandung, yang merupakan cikal bakal Partai Nasional Indonesia (PNI), yang berdiri pada 4 Juli 1927. PNI merupakan salah satu partai yang menuntut tercapainya kemerdekaan Indonesia dari para penjajah Belanda

1. Berikut iniunsur unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah​

Answers

Jawaban:

waktu

Penjelasan:

unsur sejarah yg paling cepat adalah waktu karena waktu itu berjalan terus tidak pernah berhenti.

Jawaban:

unsur-unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah unsur waktu. karena waktu merupakan hal paling mendasar dalam sejarah

Penjelasan:

•Unsur waktu:merupakan unsur yang penting dalam mempelajari sejarah dan berkaitan dengan kapan peristiwa tersebut terjadi. Hal tersebut dikarenakan perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu. Waktu dapat diartikan sebagai satu kesatuan seperti detik, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan abad.

•yang termasuk unsur-unsur sejarah:

Unsur-unsur sejarah tersebut meliputi peristiwa sejarah, pelaku atau tokoh sejarah, tempat terjadi peristiwa sejarah, waktu terjadi peristiwa sejarah, penyebab terjadi peristiwa sejarah, dan cara ter- jadi peristiwa sejarah.

#maaf ya klo slh#

Al-Quran dikatakan sebagai penyempurna karena memiliki kelebihan dari kitab-kitab sebelumnya. Salah satu kelebihan al-Quran dibanding kitab-kitab sebelumnya adalah ... *​

Answers

Jawaban:

Keistimewaan Al Quran lainnya yakni memuat ringkasan dari ajaran-ajaran ketuhanan yang pernah dimuat kitab-kitab suci sebelumnya seperti Taurat, Zabur, Injil dan lain-lain. Juga ajaran-ajaran dari Tuhan yang berupa wasiat.

Daulah Abbasiyah adalah salah satu kekhalifahan Islam yang mampu menorehkan tinta emas dalam sejarah peradaban Islam. Luasnya kekuasaan mulai dari India hingga Afrika Utara, sistem administrasi pemerintahan yang tertata dengan rapi, penyebaran Islam hingga ke dataran Eropa, hingga kemajuan ilmu pengetahuan.  Berikut ini yang menjadi salah satu faktor terbentuknya Daulah Abbasiyah adalah..​

Answers

Jawaban:

Guru saya …. Bagi saya Menjadi sangat baik satu sama lain bulan lalu (katakanlah)

Penyebaran agam Hindu ke Indonesia dilakukan oleh pedagang adalah teori ... *​

Answers

Dalam teori Waisya dijelaskan bahwa ajaran Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari India. Indonesia merupakan daerah yang strategis dalam pelayaran dan perdagangan internasional.

╏⁠ Aya✿⁠ bantu jawab ya  ⁠╏

✧⁠*⁠。Penyebaran agam Hindu ke Indonesia dilakukan oleh pedagang adalah teori ... ✧⁠*⁠。

Jawab

Teori Waisya menyatakan bahwa masuknya kebudayaan India masuk ke Indonesia dibawa dan disebarkan oleh pedagang yang berlabuh di Indonesia. Pedagang India tinggal di Indonesia untuk beberapa waktu sambil menunggu angin yang tepat untuk melanjutkan perjalanannya. Ada juga yang memilih untuk tinggal di Indonesia dengan berbagai alas an. Hal ini menyebabkan terjalinnya suatu komunikasi yang menyebabkan mulai masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha. Di beberapa tempat di Indonesia barat, sampai sekarang masih dapat kita temui suatu perkampungan “Kampung Keling”. Kampung ini merupakan kampung untuk para pedagang-pedagang dari India yang menetap di Indonesia.

Penentang teori waisya :

Van Leur

Leur mengajukan keberatan terhadap teori ini. Dia beranggapan bahwa Kampung Keling di Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan rakyat biasa di tempat itu. Hubungan antara para pedagang India dengan penguasa hanyalah dalam bidang perdagangan. Tidak dapat mengharapkan suatu pengaruh budaya yang dapat membawa perubahanperubahan dalam bidang tata Negara maupun pandangan agama dari mereka. Selain itu, mereka berasal dari kalangan masyarakat yang tidak tinggi.

F.D.K Bosch

Menurut Bosch apabila memang benar golongan pedagang memainkan peranan yang penting dalam proses penyebaran kebudayaan seperti yang dijelaskan dalam teori Wisya.

Seharusnya pusat-pusat peradaban Hindu harusnya ditemukan disepanjang pantai atau ditempat-tempat yang lazimnya disinggahi oleh para pelaut yang hilir mudik.

Hal ini bisa terlihat melalui contoh kaum imigran Cina yang sudah menetap di Indonesia selama berabad-abad. Mereka berdagang, bertukang, dan bercampur dengan rakyat pribumi tanpa pernah mempunyai pengaruh yang berarti dalam kebudayaan.

Begitu juga halnya dengan pedagang India. Bosch juga berpendapat bahwa hanya golongan cendekiawanlah yang dapat menyampaikan agama dan kebudayaan India.

Teori Waisya, mengatakan bahwa yang telah berhasil mendatangkan Hindu ke Indonesia adalah kasta waisya, terutama para pedagang. Para pedagang banyak memiliki relasi yang kuat dengan para raja yang terdapat di kerajaan Nusantara. Agar bisnis mereka di Indonesia lancar, mereka sebagai pedagang asing tentunya harus membuat para.

#AnswerByNajla

#08Des2022

✧⁠*⁠。Happy new year ✧⁠*⁠。

7. Di Jawa Barat, masyarakat disekitar situs megalitik tersebut mempunyai kepercayaan tertentu saat akan memasuki situs
yaitu mengucapkan kata wana, wani, dan wawuh yang berarti...

Answers

Jawaban:

Wana artinya alam / lingkungan

contohnya hutan dan gunung.

Wani artinya berani untuk berpikir dan melakukan hal-hal positif.

Wawuh artinya saling mengenal, membangun relasi.

I Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar!
1. Sebutkan bukti bahwa Jawa Barat merupakan daerah tertua di Pulau Jawa selain karena faktor geologis!

Answers

Tektonik Jawa dipengaruhi oleh

tumbukan Lempeng Eurasia dengan

Lempeng India-Australia. Interaksi

antar lempeng ini telah menghasilkan

suatu tatanan geologi yang komplek

khususnya untuk Jawa Barat dan

Banten. Tektonik global yang merupakan suatu rangkaian peristiwa geologi

mulai dari pemecahan kontinen, penunjaman, tumbukan, pergeseran

antar lempeng hingga seluruh proses

ikutannya. Secara keseluruhan peristiwa ini telah menghasilkan tatanan

tektonik berupa palung, busur luar

non volkanik, busur depan, busur

gunungapi dan cekungan belakang

busur (Gambar 1).

Struktur geologi Jawa telah banyak dipelajari oleh para peneliti baik

melalui data foto udara, citra satelit,

penelitian lapangan, data geofisik

hingga data pemboran. Berdasarkan

berbagai macam penelitian itu, Pulunggono dan Martodjojo (1995)

berpendapat bahwa pada dasarnya di

Pulau Jawa ada 3 (tiga) pola struktur

yang dominan, masing-masing adalah

Pola Meratus, Pola Sunda dan Pola

Jawa.

Di Jawa, sesar regional berarah

timurlaut-baratdaya dinamakan sebagai pola Meratus, diwakili oleh sesar

Cimandiri (Pulunggono dan Martodjojo, 1995). Sesar ini membentang

mulai dari Pelabuhan Ratu-Sukabumi

hingga mencapai daerah Pegunungan

Meratus di Kalimantan Timur.

Pola struktur berarah utara-selatan dinamakan sebagai Pola Sunda

yang diwakili oleh sesar-sesar yang Bulletin of Scientific Contribution, Volume 6, Nomor 1, Agustus 2008: 57-66

58

membatasi beberapa cekungan di Jawa Barat Utara, contohnya Cekungan

Sunda dan Cekungan Arjuna (Gbr. 2).

Pola struktur yang ketiga adalah

sesar berarah barat-timur yang umumnya berada di daratan Pulau

Jawa dan selanjutnya dinamakan

sebagai Pola Jawa. Di Jawa Barat,

struktur ini diwakili oleh sesar Baribis

(Pulunggono dan Martodjojo, 1995).

Pada saat ini diyakini bahwa Pola

Meratus yang berarah timurlautbaratdaya merupakan struktur yang

paling tua di Pulau Jawa. Pola ini

membentuk Tinggian Karimunjawa di

kawasan Laut Jawa yang diperkirakan

menerus ke arah baratdaya melalui

Luk Ulo di Jawa Tengah hingga bergabung dengan kelurusan sesar Cimandiri di Jawa Barat. Sesar-sesar di

Pola Meratus berumur mulai Kapur

sampai Paleosen (Pullunggono dan

Martodjojo, 1995). Di pulau Jawa sesar-sesar ini diaktifkan kembali oleh

tektonik yang lebih muda.

Pola Sunda yang berarah utara-selatan terbentuk lebih muda dibandingkan Pola Meratus. Dari data seismik di

lepas-pantai Jawa Barat, menunjukkan bahwa Pola Sunda mengontrol

pembentukan cekungan sedimentasi

dan pola ini juga mengaktifkan kembali Pola Meratus pada umur Eosen

Akhir – Oligosen Akhir. Oleh karena

itu dapat disimpulkan bahwa Pola

Sunda tersebut lebih muda dari Pola

Meratus.

Pola Jawa yang berarah barattimur merupakan pola yang termuda

yang mengaktifkan kembali (overprint) seluruh pola yang ada sebelumnya. Sesar Baribis adalah conto struktur sesar naik yang mewakili Pola

Jawa (Pullunggono dan Martodjojo,

1995).

Kompleksnya struktur geologi di

daerah Jawa, menarik untuk dipelajari

secara lebih mendalam terutama

mengenai hubungan genetik dan

geometri masing-masing pola struktur

sesarnya. Berkaitan dengan masalah

tektonik Jawa, penulis membatasi

daerah penelitian hanya di daerah

Jawa Barat dan Banten.

BAHAN DAN METODA PENELITIAN

Untuk mendapatkan gambaran pola struktur di Jawa Barat maka dilakukan penafsiran struktur melalui analisis citra indraja, foto udara dan peta

topografi yang selanjutnya dikompilasi dengan peta geologi regional yang

terbitkan oleh Direktorat Geologi Bandung. Setelah peta penafsiran struktur dibuat langkah selanjutnya adalah

melakukan pengecekan lapangan dengan maksud untuk membuktikan ke

beradaan jalur serta jenis sesarnya.

Untuk mendapatkan gambaran

dinamika dan kinematika pembentukan sesar, maka data-data unsur

struktur dianalisis secara komputasi

dengan mempergunakan program

”dip” dan ”stress”. Hasil pengolahan

data ini ditampilkan dalam bentuk

gambaran stereogram dan diagram

roset. Dari gambaran stereogram ini

akan diketahui sistem tegasan pembentuk sesar. Hasil pengolahan data

selanjutnya dikompilasi dengan peta

kelurusan struktur dan data stratigrafi

sehingga didapatkan gambaran pola

struktur yang lengkap.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Ada beberapa jalur sesar di Jawa

Barat dan Banten yang keberadaannya diketahui melalui analisis citra

indraja, foto udara dan peta topografi.

Dari peta struktur dan gambaran

diagram roset, diketahui ada 4 kelompok utama arah jalur sesar (Gambar

3), yaitu sesar berarah baratlauttenggara, utara-selatan, timurlautbaratdaya dan barat-timur.

Contoh historiografi modern adalaah...​

Answers

Contoh historiografi modern adalah pemberontakan petani Banten 1888 Karya Sartono kartodirdjo dan revolusi pemuda karya Benedict Anderson. Historiografi modern tentunya berkembang sesuai dengan zaman

Masuknya Hindu Buddha pada abad ke-4 di Indonesia berdasarkan bukti ditemukannya prasasti Yupa, peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan. Adanya persebaran agama Hindu-Buddha menyebabkan akulturasi, yaitu ..​

Answers

Jawaban:

ytta

Penjelasan:

yang tau tau aja bodoh

3. Keadaan tidak bersatu padu: hilangnya keutuhan atau persatuan, perpecahan disebut .....
A. Intergrasi
B.
Intergrasi bangsa
C. Intergrasi nasional
D. Kedaulatan
E. Disintegrasi​

Answers

Jawaban:

E. Disintegrasi​

Penjelasan:

Integrasi artinya beratu padu sedangkan disintegrasi artinya terpecah belah

Perhatikan pernyataan berikut ini: 1) Dekat dengan sumber air 2) Dekat dekat jalan 3) Di dalam goa-goa 4) Dekat tempat pemujaan 5) Di tepi pantai Berdasarkan pernyataan tersebut, tempat yang dipilih menjadi hunian manusia praaksara ditunjukkan oleh nomor….​

Answers

Jawaban:

1) Dekat dengan sumber air

5) Di tepi pantai

Penjelasan:

Manusia purba pada masa food gethering hidup sangat bergantung pada alam. Sumber makanan itu biasanya dekat dengan sumber air seperti sungai, danau dan pantai.

Bagaimana lazismu menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat

Answers

Jawaban:

Lazisme merupakan ideologi yang berfokus pada keberlanjutan dan kelestarian lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana. Oleh karena itu, lazisme dapat menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat dengan cara:

Memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana

Lazisme menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana agar dapat digunakan untuk kepentingan masa sekarang dan masa depan. Oleh karena itu, lazisme menyediakan pengetahuan dan ketrampilan tentang bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana kepada masyarakat. Ini akan membantu masyarakat untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya secara efektif dan efisien.

Menciptakan kesadaran tentang pentingnya keberlanjutan dan kelestarian lingkungan

Lazisme juga menekankan pentingnya keberlanjutan dan kelestarian lingkungan agar dapat digunakan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Oleh karena itu, lazisme menciptakan kesadaran tentang pentingnya keberlanjutan dan kelestarian lingkungan kepada masyarakat. Ini akan membantu masyarakat untuk dapat menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan di sekitarnya, sehingga dapat digunakan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sangiran merupakan situs yang terdapat beragam fosil manusia puba, fosil fauna, fosil tumbuhan, artefak dan lapisan tanah yang terendapkan secara alamiah tidak kurang dari 2 juta tahun silam. Atas beragam kelebihan tersebut UNESCO menetapkan situs Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia no. 593 pada tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site. Adapun alasan utama pemberian ketetapan tersebut adalah​

Answers

Jawaban:

Situs sangiran merupakan situs terpenting didunia hampir 50% fosil manusia purba (Homo Sapiens) di dunia di temukan di Sangiran, oleh karena Sangiran memiliki nilai kesejarahan yang tinggi serta nilai pengetahuan yang tinggi maka UNESCO menetapkan situs Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia Nomor  593 pada tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site.

Buku sejarah kelas X

Answers

Jawaban:

beli dong masak nyari disini

Jawaban:

kenapa buku sejarah ka ada yang salah apa mau liat?

Dalam mempelajari suatu bidang ilmu kita sebagai manusia pasti ingin mendapatkan manfaat dalam pembelajaran tersebut begitupun dengan belajar sejarah. Berikut yang merupakan manfaat mempelajari sejarah adalah …. kecuali​

Answers

Jawaban:

untuk mengulangi masa sejarah itu lagi

Pertanyaan Lainnya
9. Saat melewati sawah, Andi melihat seorang petani sedang membajak sawah menggunakan mesin traktor. Menurut Andi, teknologi tersebut tidak ramah lingkungan karena .... a. terbuat dari komponen yang mengandung CFC b. menghasilkan energi yang kecil untuk membajak sawah C. menggunakan bahan bakar yang mengandung zat radioaktif d. menghasilkan emisi gas CO₂ yang dapat meningkatkan suhu bumi abyan ingin mengecat dinding kamarnya ia membutuhkan 8,2 liter cat tambok jika 1 galon sama dengan 3.785 liter,cat tambok yang perlu disiapkan abyan paling sedikit adalah.....​ Sebuah kipas angin melakukan usaha 3. 600 j selama 1 menit. Besarnya daya kipas angin tersebut adalah( …. )watt Selama seseorang yakin bahwa yang dilakukannya dalam rangka menjalankan perintah allah, maka orang tersebut tidak takut kepada siapa pun kecuali allah swt. Apabila ada yang membuatnya takut, maka dia harus yakin bahwa allah adalah penolong dan pelindung. Hal ini sesuai dengan firman allah dalam al-qur’an surah ali-imran ayat… Ketentuan pasal 1 ayat (1) uud nri tahun 1945 menegaskan bahwa negara indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik. Bentuk negara dalam ketentuan tersebut dibuktikan dengan Pencipta lagu anak-anak berupaya mengajarkan (mendidik) anak-anak berperilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, saying tanaman dan binatang, patuh pada guru dan sebagainya. Hal ini merupakan bukti bahwa musik nontradisional nusantara memiliki… Naya dan era membeli sabun a dan sabun b di toko yang sama. Naya membeli 4 sabun a dan 2 sabun b harus membayar rp 34. 000,00. Sedangkan era membeli 3 sabun a dan 1 sabun b seharga rp 23. 000,00. Apabila dewi membeli 5 sabun a dan 3 sabun b, ia harus membayar sebesar Lembaga negara yang tergolong baru sebagai perwujudan nilai pancasila dalam bidang politik Empat lampu 100 w dan lima kipas angin 120 w dijalankan selama 8 jam. Biaya listrik total jika tarif per kwh rp. 900 sebesar… Simpangan rata-rata dari data : 2, 4, 6, 6, 8, 10 adalah​ Secara garis besar keanggotaan BPUPK diklasifikasikan menjadi 5 golongan, sebutkan!​ 1. Tumorek Larapna dina kalimah​ 8. Sebagian besar petani menggunakan pupuk anorganik seperti NPK dan urea untuk menyuburkan tanaman. Namun, penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dapat mencemari lingkungan. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari penggunaan bahan tersebut adalah.... a. terjadi peristiwa eutrofikasi b. terjadi penipisan lapisan ozon C. terjadinya perubahan curah hujan d. masuknya sinar UV ke bumi secara ber- lebihan 1. hasil dari 2 2/3 - 4/9 adalah 2. hasil yg diperoleh dari 3/6 - 1/9 adalah 3 hasil yg diperoleh dari 6/8 x 4/6 adalah 4. hasil dari 3 2/3 x 6/7 adalah 5. hasil dari 1,6 x 3 1/2 adalah TOLONG DI JAWAB ​ . Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN melakukan interaksi untuk bekerja sama. Adapun bentuk kerja sama terjadi di bidang politik, sosial, budaya, keamanan, serta bidang pendidikan. Berikut ini pengaruh kerjasama di bidang sosial adalah .... A. ASEAN City of Culture B. program ASEAN ESC Model Cities C. terbentuknya MEA D. terbentuknya ASEAN Council of Teacher Convention​​ Jarak rumahku dengan madrasah 2 km. Jika digambar dalam sebuah denah yang menggunakan skala 1: 10.000, berapa cm jarak rumahku dengan madrasah? ​ Gardien garis persamaan y=-x+2​ Sebuah mobil yang mogok didorong oleh tiga. Hari dengan daya dorong 400 N, Bagas dengan gaya dorong 600 N, dan Tono dengan gaya dorong 700 N. Mobil berpindah sejauh 300 m dari tempat semula. Berapakah usaha total dari ketiga orang tersebut? plisss tolong jwb soal IPA ​ Ngasah arit nganthi Landep. Dadi murit kudu Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. Satu pemerintah pusat yang memegang seluruh kekuasaan 2. Satu UUD yang berlaku disebagian wilayah negara 3. Satu kepala negara dan kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat 4. Satu badan perwakilan yang mewakili seluruh rakyat. Yang termasuk dari ciri-ciri negara kesatuan, ditunjukan nomor.......... (pilih 3 jawaban yang benar. 3 1 4 2​