frontpage hit counter

"Tragedi Kanjuruhan dan Titik Balik Suporter Indonesia" Tragedi yang terjadi di Kanjuruhan pada tanggal 1 Oktober 2022 masih menyisakan duka yang mendalam. Tragedi yang membuat 131 jiwa meninggal dunia tidak hanya membuat Indonesia berduka tapi juga seluruh dunia. FIFA melalui presiden Gianni Infantino dalam laman resmi FIFA menyatakan bahwa insiden tersebut merupakan hari yang kelam bagi sepakbola dunia. Terlepas dari siapa yang benar dan yang salah, saya mencoba untuk bersikap objektif dalam menanggapi kejadian tersebut.

Pertama, dari pihak suporter saya menyayangkan orang yang pertama kali masuk yang menyebabkan penonton lain masuk lapangan. Kedua, pihak keamanan yang salah mengambil keputusan dengan menembakkan gas air mata. Ketiga, dari pihak panpel dan broadcaster yang tetap menayangkan pertandingan pada malam hari di pertandingan yang beresiko.

Kejadian yang tejadi di Stadion Kanjuruhan. Tragedi Kanjuruhan memang salah satu kejadian luar biasa yang terjadi di dunia sepakbola, khususnya sepakbola Indonesia. Tragedi yang menewaskan 131 orang ini merupakan kejadian sepakbola paling banyak memakan korban di lingkup sepakbola nasional dan menjadi tragedi sepakbola terbesar nomor dua di dunia setelah Tragedi Estadio Nacional Peru yang menewaskan lebih dari 300 orang. Dibalik tragedi yang terjadi, ini bisa menjadi titik balik bagi sepakbola nasional khususnya bagi suporter Indonesia. Kita tahu bahwa suporter di Indonesia merupakan salah satu suporter yang cukup militan dalam mendukung tim kebanggaannya.

Setelah membaca berita diatas, jawablah pertanyaan berikut:

a. Menurut kalian, berita diatas merupakan contoh dari konflik apa?

b. Tuliskan tiga akibat yang ditimbulkan oleh konflik diatas!​

Jawaban

Jawaban 1

a. konflik horizontal

karena, pelaku konflik tersebut memiliki kedudukan yang sama, yaitu sebagai suporter sepak bola

b. 1. menewaskan nyawa lebih dari 131 orang

   2. membuat bangsa Indonesia menjadi berduka

   3. memperlonggar tali persaudaraan antar suporter


Pertanyaan Terkait

7. Sebagai warganegara sudah sepatutnya kita wajib mendukung penyelenggaraan negara berorientasi kepada kepentingan rakyat dan merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka. Bersikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah, kecuali.... A. Bersikap terbuka terhadap perubahan yang berdampak pada kemakmuran bangsa B. Menyaring budaya-budaya asing yang masuk baik secara langsung maupun tidak langsung C. Mengembangkan prinsip toleransi, bekerjasama dan kekeluargaan dalam setiap perikehidupan D. Mengembangkan kehidupan demokrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bangsa dewasa ini E. Menyerap semua nilai-nilai yang masuk demi kemajuan bangsa pada eraglobalisasi sekarang ini​

Answers

E. Menyerap semua nilai-nilai yang masuk demi kemajuan bangsa pada era globalisasi sekarang ini

Menyerap seluruh nilai-nilai yang masuk tanpa filter bisa mengakibatkan negara ini kehilangan identitasnya. Dengan kehilangan identitasnya, wibawa negara di mata lain bisa berkurang bahkan hilang karena dianggap tidak punya pendirian.

SEMOGA MEMBANTU ;)

Kaitan antara nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis pancasila dapat dijelaskan dalam pernyataan dibawah ini : O A.Kelima nilai Pancasila merupakan nilai dasar. Untuk dapat digunakan dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara nilai dasar tersebut dijabarkan dalam nilai instrumental berupa berbagai bentuk peraturan perundangan dan diterapkan dalam nilai praksis berupa perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari. B.Nilai dasar merupakan sebab adanya (causa material) nilai instrumental dan nilai praksis yang bisa digunakan untuk mengatur berbagai aspek kehidupan berbangsa bernegara. C. Nilai dasar adalah penjabaran dari nilai instrumental dan nilai praksis yang pelaksanaanya harus berpedoman pada semua peraturan perundangan yang berlaku baik dalam kehidupan berbangsa, bernegara maupun dalam kehidupan sehari-hari. D.Nilai dasar dijabarkan dalam nilai praksis berupa berbagai peraturan perundangan yang berlaku dan diterapkan dalam nilai instrumental​

Answers

Jawaban:

Nilai Instrumental Pancasila Nilai instrumental merupakan nilai pelaksanaan umum dari nilai dasar. Umumnya berbentuk norma sosial dan norma hukum yang diwujudkan dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga negara. Nilai instrumental dapat berubah dalam pengembangan dan pengamalannya sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Perubahan tersebut tidak boleh menyimpang dari nilai dasarnya. Sifat dinamis dan inovatif nilai instrumental memungkinkan Pancasila dapat senantiasa beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan prinsip dasarnya. Dilihat dari kandungan nilainya, contoh nilai instrumental adalah segala kebijaksanaan, strategi, organisasi, sistem, rencana, program, bahkan proyek-proyek yang menindaklanjuti nilai dasar. Contoh tersebut adalah TAP MPR, undang-undang atau UU, Peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau perpu, peraturan daerah, peraturan kepala daerah, dan lain-lain.

Nilai Praksis Pancasila Nilai praksis Pancasila merupakan nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kenyataan. Nilai-nilai praksis Pancasila adalah nilai etika atau nilai moral. Penjabaran nilai-nilai Pancasila senantiasa berkembang dan selalu dilakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, dan aspirasi masyarakat. Contoh nilai praksis Pancasila adalah segala interaksi antara nilai instrumental dengan situasi konkret pada tempat dan situasi tertentu.  

Sebutkan tujuan kemerdekaan berpendapat berdasarkan hukum ?​

Answers

Jawaban:

1. Untuk menjamin hak asasi manusia dan hak-hak lainnya yang dijamin oleh hukum.

2. Untuk menjamin perlindungan hukum yang adil dan setara bagi semua orang.

3. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang ras, agama, jenis kelamin, atau status sosial.

4. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang usia, kemampuan, atau keadaan ekonomi.

5. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang asal-usul, kebangsaan, atau kewarganegaraan.

6. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang orientasi seksual atau identitas gender.

7. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang kondisi fisik atau mental.

8. Untuk menjamin perlindungan hukum yang sama bagi semua orang tanpa memandang kepercayaan atau keyakinan.

menurut anda, kebijaksanaan pemerintah yang bagaimana yang dianggap memenuhi aspirasi masyarakat? jelaskan

Answers

Jawaban:

KEBIJAKAN PEMERINTAH SEPERTI MEMBANTU MENDONASI UNTUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN DI BERBAGAI DAERAH SETEMPAT YANG BERPENGARUH PENTING TERHADAP MASYARAKAT TERSEBUT DAN JUGA PEMERINTAH DAPAT MEMBANTU MASYARAKAT MISKIN DITENGAH KELANGSUNGAN HIDUP YANG MULAI NAIK(MAHAL)

perhatikan pokok pokok pikiran dalam pembukaan UUD negara republik indonesia tahun 1945 berikut! 1.Pokok pikiran persatuan 2. pokok pikiran keadilan sosial 3. pokok pikiran kedaulatan rakyat 4. pokok pikiran ketuhanan menurut dasar kemanusiaan.urutan yang benar pokok pokok pikiran dalam pembukaan UUD negara republik indonesia tahun 1945 adalah​

Answers

Jawaban:

1, 2, 3, 4

Penjelasan:

setahu saya hanya itu

Demokrasi pada masa orde baru memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan pemerintahan orde baru adalah…. A .
Pemerataan pendapatan

B .
Pemekaran wilayah

C .
Perubahan UUD1945

D .
. Pemilu yang demokratis

E .
Keamanan dalam negeri stabil

Answers

Jawaban:

E. keamanan dalam negeri stabil

Penjelasan:

maaf kalau salah

Tuliskan 3 upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di era reformasi

Answers

Jawaban:

terjadinya pemberontakan partai Komunis di madium partai perindo presiden seumur hidup

Perbedaan karakteristik antar daerah di Indonesia disebabkan a.wilayah Indonesia yang berbentuk lautan
b. wilayah Indonesia yang berbentuk daratan
c. terpisah-pisahnya antara satu pulau dan pulau lain
d. wilayah Indonesia terbentuk berdasarkan kepulauan​

Answers

Jawaban:

c

Penjelasan:

itu jaaa udh bener hehehheehhehehehee

Tujuan hukum yang ingin diwujudkan oleh Soedjono Dirjosisworo dalam konteks keindonesiaan ialah​

Answers

Jawaban:

Menurut Soedjono, HUKUM bertujuan untuk melindungi individu dalam berhubungan dengan masyarakat, sehingga dapat diharapkan terwujudnya keadaan aman, tertib dan adil. Ia mengatakan bahwa tujuan hukum yang sebenar-benarnya adalah mengkehendaki kerukunan, dan perdamaian dalam pergaulan hidup bersama. Hukum itu mengisi kehidupan yang jujur dan damai dalam seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan Demokrasi liberal tahun 1950 – 1959  berdampak pada terjadi pertentangan partai partai politik  yang menjalar pada terjadinya instabilitas politik ,  kabinet silih berganti dalam waktu relatif singkat , salah satu upaya untuk mewujudkan stabilitas politik pada waktu itu  adalah... a.Melaksanakan Pemilu untuk memilih anggota DPR dan Badan Konstituante

b.Melakukan Amandemen Undang Undang Dasar 1945

c.Mengurangi jumlah partai partai politik dengan penggabungan / koalisi antar Partai Politik

d.Memadamkan pemberontakan baik yang dilakukan PRRI atau PERMESTA melalui Operasi militer​

Answers

Jawaban:

a melaksankan pemilu untuk memilih angota DPR dan badan konsitituante

Implementasi dari sila kemanusiaan yang adil dan beradap dalam bidang sosial adalah Select one: a. Berbudi pekerti yang baik Incorrect
b. membuat keonaran
c. Mengembangkan sikap tenggang rasa
d. melakukan tindakan tercela​

Answers

Jawaban: A

Penjelasan: maaf banget kalau salah

#semoga lekas pintar

Buat lah 10 soal PKN kelas 10 tentang kewarganegaran?​

Answers

1. Wilayah suatu negara terdiri dari wilayah daratan, laut, udara dan …..
A. Jajahan
B. Desa
C. Ekstrateritorial
D. Gurun
E. Teritorial

2. Menurut UU No. 12 tahun 2006 , seseorang tidak dapat memperoleh kewarnegaraan Indonesia apabila…..
A. Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah dan ibu warga negara Indonesia
B. Anak yang lahir diluar perkawinan yang sah dari seorang ibu warga negara Indonesia
C. Anak yang lahir dari perkawinan yang sah Dari seorang ayah warga negara Indonesia dan ibu warga negara asing
D. Tidak menolak atau tidak melepaskan kewarnegaraan lain sedangkan orang yang bersangkutan mendapat kesempatan untuk itu
E. Anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah negara RI selama ayah dan ibunya tidak diketahui

3. Menurut UUD 1945 pasal 30 ayat 2 menyatakan “ usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui”…..
A. Sistem pertahanan dan keamanan yang menyeluruh
B. Sistem keutuhan wilayah semata
C. Sistem pertahanan wilayah antar pulau
D. Sistem pertahanan rakyat semesta
E. Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta

4. Kelompok atau lembaga politik dalam kehidupan masyarakat yang dibentuk dan bergerak di tingkat masyarakat itu sendiri adalah…
A. Suprastruktur politik
B. Kelompok penekan
C. Infrastruktur politik
D. Kelompok kepentingan
E. Media massa

5. Kejahatan / pelanggaran berat HAM yang terjadi di bosnia bermotif ……
A. Perang saudara
B. Penguasaan bidang ekonomi pada etnis tertentu
C. Kecurangan pemilu
D. Pembantaian etnis

6. Hak untuk memiliki sesuatu, hak atas pekerjaan dan hak atas penghidupan yang layak merupakan hak asasi manusia di bidang….
A. Ekonomi
B. Politik
C. Budaya
D. Sosial

7. Salah satu jenis hukuman pokok yang terdapat dalam pasal 10 KUHP adalah……
A. Pencabutan hak- hak tertentu
B. Perampasan barang
C. Hukuman penjara
D. Pencabutan jabatan

8. Setiap individu ( warga negara) mempunyai hak asasi yaitu salah satunya hak untuk dilindungi dalam keadaan normal atau disebut juga ……
A. Derogable rights
B. By omission
C. Non derogable rights
D. By comision

9. Sesuatu yang di anggap baik , benar dan berguna bagi kehidupan manusia disebut…..
A. Peraturan
B. Hukum
C. Norma
D. Nilai


10. Alat penegak hukum yang bertugas menuntut perkara di pengadilan umum adalah…..
A. Hakim
B. Polisi
C. Jaksa
D. Pembela

Pelaksanaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu upaya dalam pencegahan untuk mengatasi terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di lingkungan.... ​

Answers

Jawaban: warga negara/ masyarakat

Dalam setiap pokok pikiran pembukaan UUD 1945 sejalan dengan penjabaran nilai-nilai pancasila yang harus diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan disetiap perumusan kebijakan dan implementasinya. Contoh penerapan pokok pikiran alinea keempat pembukaan UUD 1945 yang sesuai dengan nilai pancasila dari sila Ketuhanan YME dalam penyelenggaraan negara adalah * A pemerintah membolehkan warga negara memeluk agama dan keyakinan lebih dari satu

B.melarang adanya kegiatan keagamaan di setiap sekolah umum

C.membiarkan tindakan diskriminatif terhadap salah satu agama jaminan kehidupan beragama dalam paal 29 UUD 1945 pemerintah

D.menerapkan aturan negara berdasarkan agama tertentu​

Answers

Jawaban nya ada C, membiarkan ti rakan diskriminatif terra dal salah satu agama mami an kerhidupan dll

Tuliskan ciri-ciri negara kesatuan​

Answers

Jawaban:

1. Adanya Supremasi Pemerintah Pusat

2.Hanya ada satu konstitusi yang berlaku

3.Terdapat satu kepala negara

4.Dewan Menteri atau Kabinet dan DPR atau Parlemen di Negara Kesatuan

5.Hanya Ada Satu Negara, Tidak Ada Negara Bagian

Penjelasan:

Semoga bermanfaat!!

Berbagai bentuk media sosial merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang dapat digunakan untuk ....perilaku yang bercermin pada Pancasila.​

Answers

Jawaban:

Berbagai bentuk media sosial merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang dapat digunakan untuk KESEJAHTERAAN UMUM perilaku yang bercermin pada pancasila

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalau salah

3. Jelaskan Indonesia Sebagai negara kesatuan​

Answers

Jawaban:

negara kesatuan cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang berbeda agama dan kepercayaan bahasa daerah. pembentukan negara kesatuan tersebut bertujuan untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara agar menjadi negara yang besar dan kelompok dengan kekuasaan negara yang bersifat sentralistik

Kemajuan teknogi memberi kemudahan kita untuk berkoneksi dengan orang ditempat berbeda menjadi peluang untuk memperkenalkan nalai dan tradisi yang mencerminkan Pancasila kepada....   ​

Answers

Ketuhanan yang maha esa

Peristiwa tersebut mencerminkan Pancasila ke 1 karena berkaitan dengan tradisi dan leluhur. hal ini bisa diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

ScienceProfessor

Berikan penjelasan ciri ciri umum sistem politik menurut almond

Answers

Sistem politik menurut Almond memiliki beberapa ciri umum, di antaranya adalah:

  1. Adanya pemisahan kekuasaan atau kekuasaan yang tidak terpusat pada satu entitas atau individu tertentu.
  2. Adanya mekanisme untuk mengontrol dan mengawasi kekuasaan yang diberikan kepada entitas atau individu dalam sistem politik.
  3. Adanya peraturan atau aturan yang mengatur bagaimana kekuasaan diberikan dan digunakan dalam sistem politik.
  4. Adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pengontrolan kekuasaan dalam sistem politik.
  5. Adanya kompetisi atau persaingan yang sehat antar entitas atau individu dalam sistem politik untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan.

Secara keseluruhan, sistem politik menurut Almond memiliki ciri-ciri yang mendorong terjadinya pemisahan kekuasaan, mekanisme kontrol dan pengawasan yang efektif, peraturan yang jelas, partisipasi masyarakat yang aktif, serta kompetisi yang sehat dalam proses pengambilan keputusan dan pengontrolan kekuasaan.

sesuatu yang wjb dan harus dilaksanakan oleh setiap orang atau kelompok dengan penuh rasa tanggung jawab di sebut? tolong di jawab ya kalo enggak ada yang tau enggak ush jawab ya​

Answers

Jawaban:

Kewajiban

Penjelasan:

Sesuatu yang diwajibkan, yang harus dilaksanakan sebagai pekerjaan, dan tugas menurut hukum atau segala sesuatu yang menjadi tugas manusia disebut KEWAJIBAN. Dalam perjalanannya harus diseimbangkan dengan HAK.

Pertanyaan Lainnya
Hasil operasi dari (-6)+7 adalah Tembung Endog bebasane A Tigan B Wos C Lisa D Kiambek​ Hitunglah penjumlahan dari ( 2X2 + 2X + 2)+ ( 4X2 + 3X + 6) ! Manfaat mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk ....​ Teknik gerakan dalam lompat jauh terdiri dari berapa tahap... Ketika permaina badminton, pemain A akan melakukan servis. Dia memukul bola dengan melempar kok melebihi pinggang. Keputusan wasit ketika pemain A melakukan servis tersebut maka​ Cingciripit tulang bajing kacapit, kacapit ku bulu paré, tong ka leuwi di leuwi loba nu mandi, saha anu mandi anu mandi nu pandeuri”. Mangrupa kakawihan anu aya dina kaulinan cingciripit jeung oray-orayan adalah A. Salah B. Bener​ Toni,budi dan Tio ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidih kan air akan lebih cepat apabila diberi garam atau tidak.maka bagaimana kah A)tujuan percobaan B) variabel-variabel dalam percobaan c) langkah-langkah percobaan nya​ Lamban balak dikenal sebagai pok tinggal​ Bahasa jepang "apakah kamu bisa bermain bola" "bisa" tolong terjemahin pake bahasa jepamg huruf hiragana ya ka, mksii​ Salahsatu proses instalasi sistem operasi ialah membuat partisi baru. Dibawah ini adalah langkah untuk membuat partisi baru yang tepat yaitu … A. Drive option > Tentukan Size > New > Apply B. Drive option > Apply > Tentukan Size > New C. Drive option > Apply > New > Tentukan Size D. Drive option > New > Apply > Tentukan Size E. Drive option > New > Tentukan Size > Apply ​ Ubah kata kerja dalam tanda kurung menjadi bentuk yang benar. 45. Minggu lalu ada (ada) gempa bumi sementara I (lakukan) pekerjaan rumah saya. Saya ( memanggil ) ibu saya tapi dia (tidak, jawab ). Dia ( tidak, menjadi ) di rumah. Lalu, saya pergi keluar dari rumahku.​ Pak Jono menginvestasikan uangnya sebesar Rp. 40.000.000,00 pada sebuah lembaga keuangan yang menggunakan bunga majemuk 8%. Apabila pembungaan dilakukan tiap 3 bulan, maka jumlah seluruh uang Pak Jono setelah 5 tahun adalah Suku ke -n barisan aritmatika dirumuskan dengan Tuliskan satu contoh paragraf deduktif dan induktif setiap paragraf minimal 5 kalimat​ Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara asean sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi pada aspek sosial Sikap badan yang baik pada saat bernyanyi sangat menunjang pada pengolahan vocal yang benar, maka sorang penyanyi yang baik ketika bernyanyi harusnya degan sikap badan… Jelaskan teknik menggiring bola dengan memakai punggung kaki bagian dalam! Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta dengan makna kata panca dan sila yang berarti .... * A. batu sendi yang lima B. pelaksanaan kesusilaan yang lima C. lima hal pokok D. jawaban A dan B benar​ 25. Tentukan penyelesaian pertidaksamaan berikut ini 5x + 9 ≤ 4x + 1 ​