frontpage hit counter

Dalam rangka mengurangi jumlah uang yang beredar dan mengatasi defisit anggaran, pada tanggal 20 Maret 1950. Menteri keuangan Syarifudin prawiranegara mengambil kebijakan pemotongan uang yang bernilai Rp. 2,50 keatas hingga nilainya tinggal setengahnya, melalui kebijakan ini jumlah uang yang beredar dapat dikurangi. Hal ini disebut dengan nama​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

kebijakan gunting Syarifuddin

Penjelasan:

Untuk menanggulangi defisit anggaran sebesar 5,1 miliar rupiah, Menteri Keuangan saat itu Syafruddin Prawiranegara, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RIS Nomor PU I, melakukan tindakan pemotongan uang. Kebijakan ini merupakan kebijakan mata uang pertama kali di Indonesia, sekaligus kebijakan yang membuat banyak pihak terkejut kala itu. Kebijakan gunting Syafruddin ini berlaku sejak pukul 20.00 WIB tanggal 20 Maret 1950.

Kebijakan ekonomi Gunting Syafruddin tidak hanya memangkas setengah dari nilai mata uangnya, tetapi juga dengan cara memotong fisik uang kertas tersebut menjadi dua bagian. Gunting Syafruddin diterapkan untuk menggunting mata uang NICA dan mata uang de Javasche Bank pecahan 5 gulden ke atas. Nah, untuk guntingan yang sebelah kiri, masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Misal sewaktu membeli sayuran, kita membayarnya dengan uang guntingan sebelah kiri. Sedangkan yang sebelah kanan, ditukar dengan obligasi negara sebesar setengah dari nilai semula. Jika nilai uangnya 5 gulden, maka yang ditukar sebesar 2,5 gulden. Setelah itu, nantinya akan dibayar tiga puluh tahun kemudian oleh negara, dengan bunga tiga persen setahun.

Sumber : blog Ruang Guru


Pertanyaan Terkait

Akibat pengenaan tarif impor tinggi pada barang atau jasa yang masuk
adalah ....

a. produk impor dapat masuk dengan
mudah
b. produk impor akan menguasai
pasar
c. produk impor harganya menjadi
murah
d. produk impor yang masuk jumlah
dan jenisnya terbatas​

Answers

Jawaban:

d. produk impor yg masuk jumlah dan jenisnya terbatas

Penjelasan:

maaf klo salah.

Munculnya politik etis yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Belanda datar belakangi oleh​

Answers

Latar belakang Politik Etis
Pemikiran baru tentang Politik Etis berasal dari kaum sosialis-liberalis yang prihatin terhadap kondisi sosial ekonomi kaum pribumi (inlander). ... Kondisi buruk kaum pribumi terjadi akibat eksploitasi ekonomi oleh pemerintah dan swasta Belanda khususnya sejak 1870.

Mengalirnya darah ke seluruh tubuh dinamakan sistem​

Answers

Jawaban:

peredaran darah

Penjelasan:

semoga membantu yah

Jawaban:

Sistem Sirkulasi Darah/Sistem Peredaran Darah

Penjelasan:

Sistem Sirkulasi berfungsi untuk menjaga seluruh anggota tubuh tetap hidup dengan cara mengantarkan oksigen dan nutrisi. Oksigen dan nutrisi diantarkan keseluruh tubuh menaiki angkutan transportasi yang disebut dengan darah.

Semoga Bermanfaat yaa!!

Penyebab perampokan bangsa Belanda di Banten diusir oleh penduduk setempat karena A. pedagang Belanda membeli rempah rempah dengan murah.
B. pedagang Belanda memonopoli perdagangan banten.
C. pedagang Portugis menjalin kerjasama dengan banten.
D. tidak sopan dan hasutan dari para pedagang Portugis

tolong jawab secepatnya!!!​

Answers

Jawaban:

jawabannya

B.

maaf kalau gak salah

Penjelajah Portugis berhasil mencapai kepulauan Maluku tahun 1512 di bawah pemimpin A. F. magelheins
B. bartholomeus diaz
C. vasco dan gama
D. antonio de abreau

tolong jawab secepatnya!!​

Answers

Jawaban:

D.Antonio de Abreu

SEMOGA MEMBANTU

Jelaskan yang dimaksud konsep redistribusi​

Answers

Jawaban:

redistribusi adalah distribusi kembali pendapatan masyarakat berpenghasilan lebih tinggi ke masyarakat berpenghasilan lebih rendah.

Penjelasan:

follow

and jadikan jawaban tercerdas

Jawaban:

redistribusi adalah distribusi kembali pendapatan masyarakat berpenghasilan lebih tinggi ke masyarakat berpenghasilan lebih rendah.

Penjelasan:

semoga paham dan membantu:)

Pelaksanaan politik etis yang paling dirasakan dalam Pergerakan Nasional bangsa Indonesia adalah mohon dijawab ya:)​

Answers

Pelaksanaan politik etis yang paling dirasakan dalam Pergerakan Nasional bangsa Indonesia adalah pendidikan dengan munculnya golongan terpelajar

Apa hak penyandang disabilitas sesuai konvensi hak anak..?​

Answers

Jawaban:

dapat menikmati semua hak dasar manusia dan kebebasan yang fundamental

Penjelasan:

Maaf kalo salah

Jawaban:

berisi tentang undang-undang yang memastikan semua penyandang disabilitas dapat menikmati semua hak dasar manusia dan kebebasan yang fundamental. ... CRPD diadopsi pada tanggal 13 Desember 2006 di kantor pusat PBB di New York, dan mulai berlaku pada tanggal 3 Mei 2008.

Memiliki modal besar memiliki tenaga mengelola bahan baku menjadi barang jadi termasuk ciri usaha​

Answers

Jawaban:

Pabrik

Penjelasan:

Karena membutuh kan modal, pekerja dan mengelola bahan baku menjadi barang jadi

Pensil jaya patah,harun meminjami jaya pensil.pernyataan yang benar sesuai keadaan tersebut adalah​

Answers

PENSIL JAYA PATAH,JAYA MEMINJAM PENSIL HARUN

(PENSIL JAYA PATAH Y KALO PATAH MINTA RAUTAN AMA HARUN TERUS DI RAUT UDH TAJEM LAGI)

Jawaban:

Bagaimana sikap harun melihit pensil jaya patah

Penjelasan:

maaf klo salah

Unsur dialog drama unsur latar drama unsur watak

Answers

Jawaban:

Unsur Intrinsik Drama

Adapun komponennya yaitu tema, alur, tokoh, watak, latar, dan amanat. Unsur-unsur drama yang wajib ada yang pertama adalah tema. Tema merupakan ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah cerita drama. ... Tema yang jelas juga dapat menentukan sasaran penonton yang ingin dituju.

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

unsur insetrik ddrama

maaf kalau salah

Indonesia kaya akan potensi persebaran barang tambang di Asean terdapat sumber daya alam berupa tambang?​

Answers

Jawaban:

emas

Penjelasan:

banyak✋✋✋✋✋✋✋✌️✌️✌️✌️✌️✌️✌️✌️✌️

pelaksanaan tanam paksa telah menghancurkan perekonomian Indonesia dan merupakan beban yang berat karena ​

Answers

Jawaban:

Pelaksanaan tanam paksa telah menghancurkan perekonomian indonesia dan merupakan beban yang berat, karena dalam praktiknya tanah yang harus ditanami tanaman industri hampir 2/3 dari tanah yang terbaik

Penjelasan:

semoga membantu ><

maaf kalau salah ya min

Tugas 1 B. Jawab pertanyaan berikut:
1. Sebutkan 5 contoh keunggulan sumber daya alam provinsi jambi /berlebih sehingga harus dijual ke daerah lain/provinsi lain atau diekspor ke negara lain
2. Tuliskan 5 contoh barang/benda sumber daya alam karena keterbatasan ruang provisi jambi sehingga kebutuhan penduduk/manusia di provinsi jambi harus didatangkan dari provinsi lain atau dari negara lain
3. Apa yg dimaksud dgn pelaku ekonomi
4. Tuliskan 4 pelaku ekonomi.​

Answers

Jawaban:

1. Bisnis.com, JAMBI – Provinsi Jambi melakukan ekspor lima komoditas pertanian ke Thailand, Korea Selatan, Pakistan, Jepang, dan Malaysia dengan nilai keseluruhan mencapai Rp9,4 miliar.

Ekspor tersebut dilepas oleh Pemerintah Provinsi Jambi bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi, di Pelabuhan Talang Duku, Muarojambi, Kamis (14/3/2019).

Lima komoditas pertanian yang diekspor tersebut yaitu cangkang sawit sebanyak 8.500 oleh Perusahaan Era Sakti Wira Fores Tama dengan nilai ekonomi Rp6,6 miliar negara tujuan Thailand dan pinang oleh perusahaan PT Sumber Rezeki Pangan 81 ton negara tujuan Thailand nilai dengan ekspor Rp 1,411 miliar lebih, kata Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto.

Kemudian kelapa bulat oleh perusahaan PT Indo Lanka Usaha Mandiri sebanyak 27.500 ton negara tujuan ke Pakistan dengan nilai ekspor Rp89,250 juta lebih.

Selanjutnya sapu lidi oleh perusahaan CV Nienda Karya sebanyak 108.00 ton ke India dengan nilai Rp863,654 juta dan kayu olahan oleh perusahaan PT Bunian Kencana 117,6432 M3 ke Taiwan dengan nilai ekspor Rp453, 575 juta, sehingga total nilai ekspor lima komoditas itu yakni Rp9,418 miliar.

Kegiatan pelepasan ekspor komoditas pertanian Jambi 2019 secara simbolis dilakukan oleh Sekda Provinsi Jambi M. Dianto, didampingi Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi Abidin, Kepala Pusat Karantina Hewan Hayati Hewani, Badan Karantina Pusat Agus Sunanto, serta General Manager Pelindo II Jambi Kartiko Yuwono.

Dianto mengatakan ekspor beberapa komoditas pertanian di atas telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu, namun sesuai dengan saran dari kementerian kegiatan ekspor ini harus dilakukan secara terbuka disampaikan kepada daerah.

"Sehingga daerah bisa melihat peluang-peluang ekspor yang bisa dikawal dan digiring oleh Kementerian Pertanian dan sudah saya sampaikan bahwa peluang untuk kita memenuhi pasar ekspor itu masih terbuka luas dan tinggal kita yang mengupayakan dengan beberapa OPD terkait dan kelompok petani dan kelompok masyarakat, agar kita di daerah tahu aspek dan standar mutu yang dibutuhkan negara-negara tujuan ekspor," kata Dianto.

Sekda juga mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi sebenarnya telah berupaya mencari peluang pasar ekspor untuk beberapa komoditi pertanian Provinsi Jambi. Namun sejauh ini masih terkendala dengan transportasi yang cukup jauh.

"Saat ini beberapa kabupaten tengah memasuki panen raya diantaranya cabe dan kentang, dan kita berharap hasilnya dapat diekspor ke Malaysia atau Singapura yang memang membutuhkan hasil pangan kita, namun yang menjadi kekhawatiran kita beberapa komoditi kita sampai ke negara tujuan kondisinya tidak segar lagi karena durasi jam nya yang lebih 24 Jam, saya berharap agar terbukanya penerbangan langsung dari Provinsi Jambi menuju negara tujuan ekspor seperti Malaysia dan Singapura," katanya.

Dianto menambahkan karena saat ini Jambi sudah kelebihan produksi hasil pertanian terutama cabe dan kentang mengakibatkan harganya turun. Sebab itu jika Jambi bisa menjual hasil pertanian tersebut ke luar tentu bisa membantu meningkatkan harga di tingkat petani menjadi 100 persen

Penjelasan:

maap kalau panjang

disingkat sendiri aja

yang bisa cuman nomer 1 aja

Gerakan tari pendet adalah​

Answers

Ngelung, megol ,nyeregseg, agem kanan dan kiri, nyeregseg, tabur bunga, dan ulap-ulap.

Penjelasan:

Semoga Membantu Dan Jangan Lupa Jadikan Jawaban Terbaik!✧*。

Jawaban:

gerak tari Pendet hanya beberapa gerakan yaitu : megol, ngelung, agem kanan dan kiri, nyeregseg, ulap-ulap, dan tabur bunga.

Penjelasan:

Maaf klo salah

Jelaskan pengaruh hindu budda terhadap kehidupan masyarakat dalam bidang ekonomi?​

Answers

Penjelasan:

A.Bidang ekonomi

Sejak terbentuknya jalur perdagangan laut yang menggunakan india dan china , perdagangan di Indonesia berkembang pesat.

Jawaban:

jelaskan pengaruh hindu budda terhadap kehidupan masyarakat dalam bidang ekonomi

Manfaat energi matahari bagi alam​

Answers

Jawaban:

Selain untuk fotosintesis, Energi Matahari juga bisa membantu menjaga temperatur tumbuhan, memberikan warna hijau pada tumbuhan, membantu pertumbuhan bunga dan daun, serta mengeringkan tanah

Jawaban:

membantu proses fotosintesis

Penjelasan:

Karena tanaman membutuhkan fotosintesis

Jelaskan pengaruh hindu budda terhadap kehidupan masyarakat indonesia dalam bidang sosial?​

Answers

Jawaban:

Pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang sosial ditandai dengan munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat. ... Sistem ini membedakan masyarakat berdasarkan fungsinya. Golongan Brahmana (pendeta) menduduki golongan pertama. Ksatria (bangsawan, prajurit)menduduki golongan kedua.

semoga membantu >

Manfaat denah sekolah ​

Answers

Jawaban:

untuk mengetahui daerah

Struktur teks persuasi berupa saran​

Answers

Jawaban:

sory kl salah dan ini salah naro jawaban dan penjelasan

Penjelasan:

yaitu pengenalan isu,rangkaian argumen,ajakan,dan penegasan kembali

Pertanyaan Lainnya
Jumlah huruf idgham contoh idgham iqlab menurut Bahasa 1. menghanai terdiri dari .......suku kata. 2. keghabaian" artinya ....... bahasa Lampung ya ​ Wong agung ing ngeksiganda ngemu tegese ​ Bilqis meminjam uang di koperasi sebesar Rp. 2.000.000,00. Koperasi memberikan bunga pinjaman sebesar 15% per tahun. Jika Bilqis meminjam uang di koperasi selama 8 bulan, maka berapakah besar angsuran yang harus dibayarkan tiap bulannya ?​ 2. Buatlah dialog drama dengan ketentuan sebagai berikut: a. Pentingnya mematuhi protokol kesehatan. b. Dialog dengan 6 tokoh. c. Bahasa yang digunakan bahasa sehari-hari/bahasa gaul, akan tetapi harus sopan dan penggunaan tanda baca harus baku. Bisa tolong dibantu, jawabannya yang bener ya, jangan asal-asalan, terimakasih.​ Dalam setiap pengambilan keputusan di Masyarakat diupayakan melalui musyawarah untuk mencapai....​ Di bawah ini yang merupakan teknik pembuatan kerajinan dari bahan limbah kertas adalah.... A. pemanasan B. bubur D. Pahat C. rajut​ Buat cerita non fiksi tentang belajar saat pandemi​ 5. Frasa yang tepat untuk melengkapi wacana berikut adalah آن مفتاح أنا تلميذ. أنا من سورابايا . أنا في المكتبة، وسلمان ولطيف في الساحة حزن A المدرسة .B سلمان ولطيف C مسرور في هذه المدرسة و​ Bagaimana sikap kita dalam mengemukakan pendapat?​ Langkah langkah membuat aplikasi jurnal Tulisen lan tiruen kaya contoe tulisan ning esor iki 1. mangan asem pliss jawabb​ Berikut ini yang termasuk gaya magnet adalah a.ketapel ketika direntangkan b.mobil yg melaju c.logam bergerak mendekati magnet d.buah kelapa jatuh kebawah​ Warga negara yang baik, kita harus bisa menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal ini sesuai dengan pancasila yaitu pada sila yang ….. a. Pertama b. Kedua c. Ketiga d. Ke lima​ 10. Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Ayyubiyah ditandai dengan .... A. keluarnya ilmuwan-ilmuwam masyhur dari al-Azhar B. ditemukannya benua baru oleh orang Eropa C. terjadinya perang Salib DS masuknya ilmuwan-ilmuwan masyhur ke al-Azhar​ Jelaskan berbagai hambatan yang sering terjadi dalam proses komunikasi organisasi Dalam keber an sikap Posisi Indonesia secara geografis terletak pada garis​ Kapan wafatnya soekarno​ 3/7 + 6/7 = 23+(-8×-9) - (5+9) = Sebutkan gerak dasar tolakan dengan benar​