frontpage hit counter

Nama lain mujahdah an nafs​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Pengertian Mujahadah An-Nafs secara BAHASA adalah Munjahadah artinya bersungguh-sungguh, serius dan sebagainya. Sementara An-Nafs artinya adalah hasrat, nafsu, jiwa. Adapun secara ISTILAH maka pengertian Mujahadah An-Nafs ini adalah bersungguh-sungguh atau keteguhan dalam melawan hawa nafsu agar terhindar dari perilaku yang melanggar syariat.

» Pembahasan

Mujahadah An-Nafs ini merupakan kontrol terhadap diri sendiri agar senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan meninggalkan semua larangan-nya. Dalam Islam sendiri, menurut hadis Rasulullah SAW bahwa yang paling kuat di antara kita bukanlah yang jago dalam bergulat, berkelahi dan sebagainya melainkan mereka yang sanggup mengendalikan hawa nafsunya (amarah).

Manusia yang mampu mengendalikan hawa nafsu ini adalah manusia yang derajatnya tinggi di hadapan Allah SWT.


Pertanyaan Terkait

Jelaskan keteladanan yang bisa kita peroleh dari asma Allah Al Hakim​

Answers

Jawaban:

keteladanan yang bisa kita ambil atau peroleh dari asma Allah Al-Hakim adalah kita harus bersikap bijaksana baik menjadi pemimpin atau tidak dan juga harus pandai mengambil keputusan dengan tepat dan tentunya benar

Penjelasan:

semoga membantu

Apa slogan banjarbaru​

Answers

Jawaban:

Pada 2017, tagline Kota Banjarbaru mengusung slogan Banjabaru Berubah dengan spiritnya menggelorakan semangat perubahan ke arah yang lebih baik. Setelah merangkul dan menyatukan dari perbedaan, tahun kedua pemerintahan menggelorakan semangat perubahan untuk menciptakan perubahan Kota Banjarbaru ke arah yang lebih baik.

Penjelasan:

maaf klo salah

semoga bermanfaat

Kesimpulan sejarah sebagai ilmu,peristiwa,kisah dan seni​

Answers

Jawaban:

kisah dimasa lampau.

Penjelasan:

maaf kalok salah

Jelaskan keterkaitan fakta dan sumber dengan penelitian sejarah

Answers

Jawaban:

Keterkaitan fakta dan sumber sejarah sangat diperlukan untuk menggali informasi sejarah itu sendiri. Fakta dan sejarah adalah hal yang harus berdampingan selalu, karena tanpa fakta, sejarah akan dilupakan, karena tidak adanya bukti yang konkrit yang menunjukkan bahwa sejarah yang ada adalah benar-benar terjadi.

Diketahui titik A(−4, 3), B(3, 5), dan C(5, −5), dan D(4, 3). Tentukan koordina titik D terhadap titik A! * 8 poin

Answers

Jawaban:

jawaban = 4-(-4), 3-3 (8,0)

Pimpinan Inggris yang berhasil merebut wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia dipimpin oleh

Answers

Jawaban:

1

Ebi17

Ebi17

21.12.2014

Sejarah

Sekolah Menengah Pertama

+5 poin

Terjawab

Tentang penjajahan inggris di indonesia dengan penjelasannya

2

LIHAT JAWABAN

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawaban terverifikasi ahli

4,6/5

163

salmanulinnuha

Si Hebat

1.2 rb jawaban

648.7 rb orang terbantu

Penjajahan Inggris di Indonesia dimulai pada tahun 1811,setelah berhasil memaksa Belanda menyerah lewat perjanjian tuntang. Inggris segera menjadikan Indonesia sebagai bagian jajahannya dengan menunjuk Thomas Stamford Raflessebagai letnan gubernur di Indonesia. Tugas utama raffles di Indonesia adalah mengatur pemerintahan dan meningkatkan perdagangan dan keuangan

B. KEBIJAKAN PEMERINTAHAN RAFFLES

Dalam menjalankan tugas Raffles didampingi oleh suatu badan penasehat (advisory Council) yang terdiri atas Gillespie,Cranssen dan Muntinghe.

1.Bidang Pemerintahan langkah-langkah yg diambil Raffles :

a.P.Jawa dibagi menjadi 16 Karisidenan (berlangsung sampai tahun 1964).

b.Merubah sistem pemerintahan yg semula dilakukan oleh pengusaha pribumi menjadi system pemerintahan kolonial yg bercorak barat.

c.Bupati-bupati atau penguasa-penguasa pribumi dilepaskan kedudukannya yg mereka peroleh secara turun tumurun.

2.Bidang Ekonomi dan Keuangan

a. Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman eksport.

b. Penghapusan pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem peyerahan wajib (Verplichte Laverantie) yang sudah diterapkan sejak zaman VOC.

c. Menetapkan sistem sewa tanah (landren). Untuk menentukan besarnya pajak, tanah dibagi menjadi 3 kelas, yaitu sebagai berikut.

1. Kelas I, yaitu tanah yang subur, dikenakan pajak setengah dari hasil bruto.

2. Kelas II, yaitu tanah setengah subur, dikenakan pajak sepertiga dari hasil bruto.

3. Kelas III, yaitu tanah tandus, dikenakan pajak dua perlima dari hasil bruto.

d. Pemungutan pajak pada awalnya secara perorangan.

e. Mengadakan monopoli garam dan minuman keras.

Berakhirnya kekuasaan Thomas Stamford Raffles

Berakhirnya pemerintahan Raffles di Nusantara ditandai dengan adanya Convention of London pada tahun 1814. perjanjian tersebut ditandatangani di London oleh wakil-wakil Belanda dan Inggris yang isinya sebagai berikut.

1) Nusantara dikembalikan kepada Belanda.

2) Jajahan Belanda seperti Sailan, Kaap Koloni, Guyana, tetap di tangan Inggris.

3) Cochin (di pantai Malabar) diambil alih oleh Inggris sedangkan Bangka diserahkan kepada Belanda sebagai gantinya.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Teori yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri dikemukakan oeh ahli sejarah yang bernma … *

Answers

Jawaban:

Teori Yunan menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, sebuah wilayah di Tiongkok Selatan. Drs. Moh. Ali meyakini akan hal ini. Orang-orang China kuno dipercaya masuk ke Nusantara melalui hulu-hulu sungai besar di daratan Asia.

Penjelasan:

maaf kalau salah jawabannya

Yang bukan isi kandungan surat Abasa adalah ... * keesaan Allah

dakwah rasulullah

ibadah wajib

akhlaq

Answers

Jawaban:

dakwah rasulullah

maaf kalau salah ya.. terimakasih

Jelaskan yang dimaksud dengan politik pintu terbuka​

Answers

Jawaban:

Politik pintu terbuka adalah pelaksanaan politik yang dilakukan oleh colonial liberalis di Indonesia. Pada politik pintu terbuka ini, golongan liberal Belanda mempunyai pendapat kalo kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia harus ditangani oleh pihak lain (pihak swasta).

Jawaban:

Politik pintu terbuka adalah pelaksaan politik yang dilakukan oleh colonial liberalis di indonesia. Golongan liberal belanda berpendapat bahwa kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia harus ditangani/diatur oleh pihak swasta. Sementara yang berperan mengawasi adalah pemerintah.

Semoga membantu

Gerakan Rakyat Maluku Selatan pada dasarnya bertujuan untuk A. menumbangkan kekuasaan RI
B. menentang pembentukan APRIS
C. mendirikan negara sendiri lepas dari RI
D. menolak pembubaran tentara KNIL
E. mempertahankan bentuk federasi

butuh bantuan​

Answers

jawaban nya itu C. mendirikan negarasendiri lepas dari RI(sebenar nya itu bukan RI tapi RIS dan NIT)

Awalnya, pemberontakan ini dipicu oleh bentuk ketidakpuasan atas kembalinya Republik Indonesia Serikat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemberontakan ini diwarnai dengan unsur KNIL atau Het Koninklijke Nederlanda (ch) atau secara harfiah yaitu tentara kerajaan Hindia Belanda yang merasa gak puas, karena status mereka yang gak jelas.

karna saat itu INDONESIA lagi susah susah nya

makanya pemberontakan ini semakin menjadi jadi....

semoga membantu

follow aku yaa

jadikan jawaban terbaik

""ANYEONG___ARMY___INDONESIA""

Pada abad ke berapa ilmu ilmu keislaman muncul atau disusun?

Answers

Jawaban:

abad pertengahan pertama kali muncul dalam bahasa latin pada 1469

Penjelasan:

#semoga membantu

Berdasarkan ciri fisik yang ada antara manusia purba yang ditemukan dari penggalian fosil-fosil di Indonesia, jenis manusia itu jelas berbeda dengan sekarang dan sudah tidak ada. Teori tersebut ditemukan oleh

Answers

Jawaban:

Australopithecines

Australopithecines ditemukan di Afrika tahun 1924, oleh Dr. Raymond Dart, dan dilanjutkan oleh Robert Broom dan J.T. Robinson. Australopithecines digambarkan sebagai mahluk yang berahang besar, ber-otak kecil, tinggi 4 kaki, berjalan menyerupai manusia, seolah merupakan mahluk yang kemudian ber- evolusi menjadi manusia. Namun kenyataannya, bukti fosil species ini sangatlah sedikit. Tak jarang hasil rekonstruksi tulang ini diperoleh dari “preconceived idea” dari ilmuwan yang meneliti, agar cocok dengan teori evolusi. Tahun 1954, Solly Zuckerman (Chief Scientific Advisor pemerintah Inggris), yang mengadakan penyelidikan semua fosil tulang ini mengumumkan hasil studinya, bahwa fosil binatang tersebut tidak menunjukkan bukti sebagai sesuatu yang kemudian ber-evolusi menjadi manusia. Tahun 1975, Dr. Charles Oxnard dari Chicago University mengumumkan hasil studinya, bahwa Australopithecines berbeda dari manusia dan dari kera modern, dan lebih menyerupai orangutan.

Fosil manusia purba yang serupa konon juga ditemukan di Afrika tahun 1950, oleh Dr. Louis Leakey dan istrinya. Ditemukan 400 bagian tulang, yang kemudian direkonstruksikan menjadi tengkorak. Rahang yang hilang ditambahkan berdasarkan atas penemuan rahang di tempat lain oleh anaknya. Hasilnya disebut sebagai manusia purba Zinjanthropus atau Zinj, yang diperkirakan hidup 1.75 juta tahun yang lalu. Namun kemudian, klaim ini dikoreksi oleh Leakeys sendiri, dengan mengatakan bahwa Zinj ternyata bukan manusia, namun hanya sejenis hewan Australopithecines.

Di tahun 1964, Dr. Leakey kemudian mengajukan kandidat lain yaitu Homo habilis, dengan tulang-tulang dan kapasitas tengkorak 670cc yang dianggap lebih menyerupai manusia. Namun berdasarkan bukti yang sedikit itu, banyak kaum evolutionists tidak sepaham dengan pandangan Dr. Leakey. Sebab saat itu telah berkembang ide urutan evolusi manusia, dari Australopithecines, Homo habilis, Homo erectus menuju ke Homo sapiens. Urutan ini dikacaukan dengan hasil penemuan Dr. Leakey yang melaporkan bahwa ia menemukan fosil Australopithecines, Homo habilis dan Homo erectus dalam jangka waktu yang sama di Bed II, Olduvai Gorge. Beberapa hari sebelum Dr. Louis Leakeys wafat, anaknya, Richard Leakeys, menunjukkan penemuan fossil tengkorak ER 1470, yang nampaknya mendukung perkiraan ayahnya bahwa genus Homo mempunyai sejarahnya sendiri.

Penjelasan:

SEMOGAMEMBANTU

Sebutkan konflik yang membahayakan integrasi bangsa ?​

Answers

konflik yang membahayakan bangsa adalah hilangnya toleransi antar rakyat terhadap agama orang lain dan juga hilangnya kepedulian antar manusia.

maaf kalo salah:)

tp dulu itu emg jawaban bener pas skolah.

Arti kata skrining?​

Answers

Jawaban:

Skrining adalah deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara klinis belum jelas dengan menggunakan test.

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga bermanfaat ya..

Tulis dan jelaskan setiap maksud dari tiga unsur penting dalam sejarah !​

Answers

Jawaban:

energi potensial adalah energi yg mempengaruhi benda karena posisi benda tersebut

Penjelasan:

maaf kalo salah :)

Atas keberaniannya melawan Belanda Sultan Hasanudin mendapat julukan... tolong di jawab butuh banget gays​

Answers

Jawaban:

ayam jantan dari timur

maap klok salah

Jawaban:

ayam jantan dari Timur

Dalam daulah Abbasiyah, sebutkan Khalifah yang paling singkat memerintah​

Answers

Penjelasan:

Abu Ja'far al-Manshur

Abu Ja'far al-Manshur memimpin Dinasti Abbasiyah selama 25 tahun (750-775). Ia adalah saudara Abu al-Abbas. Selama pemerintahannya, ia mendirikan ibu kota baru dengan istananya bernama Madinat as-Salam yang kemudian bernama Baghdad. Selama masa pemerintahannya, ia berhasil memunculkan ghirah dunia Muslim terhadap ilmu pengetahuan. Pada zamannya, telah tumbuh karya sastra.

Harun ar-Rasyid

Kekhalifahan Abbasiyah mencapai puncaknya (the golden age of Islam) pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid. Ia adalah khalifah kelima yang memerintah dari tahun 786 sampai 809. Ia mendirikan Bayt al-Hikmah, sebuah perpustakaan terbesar pada zamannya. Banyak sarjana Muslim dan Barat yang belajar di Kota Baghdad.

Beberapa proyek besar yang dihasilkan selama pemerintahannya adalah keamanan dan kesejahteraan seluruh rakyat, pembangunan Kota Baghdad, pembangunan sejumlah tempat ibadah, sarana pendidikan, hingga pendirian Bayt al-Hikmah. Bayt al-Hikmah ini berfungsi sebagai perpustakaan dan tempat penerjemahan karya-karya intelektual Persia dan Yunani.

Al-Ma'mun ar-Rasyid

Khalifah Al-Ma'mun adalah anak dari Harun ar-Rasyid. Ia memerintah Dinasti Abbasiyah setelah saudaranya Al-Amin, dari tahun 813-833. Al-Ma'mun merupakan khalifah yang ketujuh.

Al-Mu'tasim

Ia memerintah Bani Abbasiyah setelah Khalifah Al-Ma'mun. Selama pemerintahannya, yakni 833-842, ia berhasil menumbuhkan minat para pelajar Muslim dan Barat untuk mendalami ilmu pengetahuan di Kota Baghdad. Pada masa inilah, lahir seorang ahli matematika Muslim terkenal, yakni Al-Kindi.

Sepeninggal al-Mu'tasim, secara perlahan-lahan, kejayaan Bani Abbasiyah mulai menurun. Hal ini disebabkan oleh pergolakan politik. Tak heran bila kemudian lahir Dinasti Buwaihi, Mamluk, dan Seljuk.

Jelaskan apa yang kamu pahami mengenai pemberian VOA​

Answers

Jawaban:

Visa on Arrival (VoA) adalah sebuah dokumen izin masuk ke dalam suatu negara yang diperoleh secara langsung di perbatasan antar negara atau di bandara yang dituju.

maaf kalo salah

jawab:

Visa on Arrival (VoA) adalah sebuah dokumen izin masuk ke dalam suatu negara yang diperoleh secara langsung di perbatasan antar negara atau di bandara yang dituju. ... Kamu tak perlu mengurus visa di negara asal kamu tinggal karena bisa diproses di negara tujuan. VoA hanya diberikan untuk kunjungan dalam waktu tertentu.

Sejarah memiliki fungsi instruktif yang artinya bermanfaat bagi kehidupan manusia .berikut ini yang bukan manfaat -manfaat yang dapat dipetik dari mempelajari Sejarah adalah... A.kita dapat menilai peristiwa-peristiwa yang termasuk keberhasilan Dan Mana yang merupakak kegagalan . B.sejarah dapat menjadi guru yang baik C.sejarah merupakan ingatkan kolektif setiap bangsaf yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air D.kita dapat memperkirakan peristiwa-peristiwa yang Alan terjadi pada waktu yang Akan datang E.kita dapat memberikan kesadaran akan waktu yang terus berjalan . Analisis:.....

Answers

Jawaban:

D. kita dapat memperkirakan peristiwa-peristiwa yg akan terjadi pada waktu yg akan datang

Jika dibandingkan dengan zaman klasik yang lebih menekankan manusia sebagai bagian dari alam atau polis, humanisme renaisans jauh lebih dikenal karena penekanannya pada... A.individualisme
B.liberalisme
C.sosialisme
D.nasionalisme
E.demokrasi​

Answers

Jawaban:

A individualisme

Penjelasan:

semoga bermanfaat terimakasih banyak

Pertanyaan Lainnya
Buatlah kata dasar berikut menjadi kata benda (nominal) dan kata kerja (verbal) a) makan :kata benda (nominal) b) makan :kata kerja (verbal) Kan dalam 4. Kegiatan menyelesaikan masalah h plastik untuk mencapai keputusan bersama lonesia - disebut .... (PPKn - KD 3.1) a. kerja bakti pah plastik b. musyawarah u c. gotong royong mbali tas d. belajar kelompok ng masih 5. Permainan berikut yang menggunakan bola plastik, yaitu .... nja sendiri (PJOK - KD 3.3) asar a. sepak takraw enda yang b. bola tangan c. lempar lembing d. boling tanyaan di bawah ini dengan benar!​ Arti kalak kiluk adalah​ Gerakan yang dilakukan pada Gambar disamping adalah​ Kemasan merupakan wadah sebuah produk kerajinan yg dapat:​ 10. Jika diketahui jarak kota A dan B adalah 4cm, sedangkan jarak sesungguhnya di lapangan antara kota A dan B adalah 20 km.Maka skala peta ​ Bacalah pengumuman penerimaan tenaga kerja berikut!PENGUMUMANPT Indo Garmen membutuhkan segera seorang sekretaris, maksimal 30 tahun, pendidikan minimal S1, diutamakan berpengalaman. Lamaran dikirim ke alamat kami jalan Aceh 124, Bandung. Berdasarkan pengumuman di atas, kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ...* A. Sesuai pengumuman PT Indo Garmen yang beralamat di Jalan Aceh 124 membutuhkan segera tenaga sekretaris, dengan ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan Bapak. B. Sehubungan dengan pengumuman bahwa PT Indo Garmen yang beralamat di Jalan O Aceh 124 membutuhkan segera tenaga sekretaris, dengan ini, saya ingin mengajukan lamaran C. Setelah ada pengumuman bahwa PT Indo Garmen yang beralamat di Jalan Aceh 124 membutuhkan segera tenaga sekretaris, maka ... D. Berdasarkan pengumuman PT Indo Garmen yang beralamat di Jalan Aceh 124 Bandung membutuhkan segera tenaga sekretaris, S1, dan sudah berpengalaman. Dengan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan Bapak E Nama saya, Indah Susanto, ingin mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak pimpin​ Sebutkan 3 resiko yang dihadapi anak-anak Tuhan yang hidup dalam kebenaran! Bantu Dong ​ Surat al kafirun terdiri dari ..... ayat​ jumlah umur Sarfin dan Rivai adalah 26 tahun jika dibandingkan umur sarfin dan Rivai adalah 6:7 umur sarfin adalah​ Jelaskan keteladanan yang bisa kita peroleh dari asma Allah Al Hakim​ Merasa bangga menggunakan produk negara merupakan pengalaman pancasila sila ke ​ Kewajiban adalah? tolong di jawab ya​ Sebutkan contoh kerjasama dalam keberagaman di lingkungan masyarakat​ Struktur teks deskripsi mencakup: identifikasi, komplikasi, dan simpulan. * Benar atau salah ​ Jenis cerita fantasi berdasarkan daya khayal penulis yang mengandung fantasi namun masih menggunakan nama-nama, tempat, atau peristiwa dalam kehidupan nyata adalah cerita fantasi… A. irisan B. total C. latar sezaman D. latar lintas waktu ​ suatu kawasan yang pertumbuhannya sangat pesat sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan daerah-daerah lain disekitarnya disebut​ Dina dan Dini membeli 4 kotak kerajinan dari cangkang telur setiap kotak berisi 7 kerajinan warna merah dan 8 berwarna hijau Berapa jumlah kerajinan telur yang dibawa pulang oleh mereka?tolong jawab ya ka​ Objek gambar model dapat berupa hewan hewan tumbuh-tumbuhan manusia dan kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi proporsi keseimbangan dan irama yang baik sehingga gambar menjadi... a. indah b. satu kesatuan c. enak dilihat d. proporsional​ Bacalah paragraf berikut untuk mengerjakan soal nomor 4 dan 5 ! peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintahan setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut. 4. Paragraf tersebut termasuk ... * 20 poin a. Deskripsi orang b. Deskripsi waktu c. deskripsi tempat d. deskripsi objek