frontpage hit counter

2. ciri khusus Perong Dingin A. Sistem Avasi sebulkan dan jelaskan beberapa Bentuk
Aluasi Di Dunia
b. Seburkan dan quaskan Beberapa Peresuron Hegemoni
kekuasaan di Dunia
c. Sebutkan dan Jelaskan Percombaan teknologi og
terjadi di Dunia,
d. Sebutkan dan gelastan Beberapa kenalan spiamasi
Di Dunia
3. Akhir Perang Dingin
A. Apa Penyebab berakhirnya Perbedaan Perang bingin
b. Jelaskan Apa yg dimaksud Perbedaan Perang Dingin
c. Sebutkan dan Jelaskan beberapa Perjanjian Formal
Setelan berakhirnya Porong dingin.
20​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Peristiwa ini dinamakan Perang Dingin karena kedua belah pihak tidak pernah terlibat dalam aksi militer secara langsung, namun masing-masing pihak memiliki senjata nuklir yang dapat menyebabkan kehancuran besar. Perang Dingin juga mengakibatkan ketegangan tinggi yang pada akhirnya memicu konflik militer regional seperti Blokade Berlin (1948–1949), Perang Korea (1950–1953), Krisis Suez (1956), Krisis Berlin 1961, Krisis Rudal Kuba (1962), Perang Vietnam (1959–1975), Perang Yom Kippur (1973), Perang Afganistan (1979–1989), dan penembakan Korean Air Penerbangan 007 oleh Soviet (1983). Alih-alih terlibat dalam konflik secara langsung, kedua belah pihak berkompetisi melalui koalisi militer, penyebaran ideologi dan pengaruh, memberikan bantuan kepada negara klien, spionase, kampanye propaganda secara besar-besaran, perlombaan nuklir, menarik negara-negara netral, bersaing di ajang olahraga internasional, dan persaingan teknologi seperti Perlombaan Angkasa. AS dan Uni Soviet juga bersaing dalam berbagai perang proksi; di Amerika Latin dan Asia Tenggara, Uni Soviet membantu revolusi komunis yang ditentang oleh beberapa negara-negara Barat, Amerika Serikat berusaha untuk mencegahnya melalui pengiriman tentara dan peperangan. Dalam rangka meminimalkan risiko perang nuklir, kedua belah pihak sepakat melakukan pendekatan détente pada tahun 1970-an untuk meredakan ketegangan politik.

Pada tahun 1980-an, Amerika Serikat kembali meningkatkan tekanan diplomatik, militer, dan ekonomi terhadap Uni Soviet di saat negara komunis itu sedang menderita stagnasi perekonomian. Pada pertengahan 1980-an, Presiden Soviet yang baru, Mikhail Gorbachev, memperkenalkan kebijakan reformasi liberalisasi perestroika ("rekonstruksi, reorganisasi", 1987) dan glasnost ("keterbukaan", ca. 1985). Kebijakan ini menyebabkan Soviet dan negara-negara satelitnya dilanda oleh gelombang revolusi damai yang berakhir dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, dan pada akhirnya menyisakan Amerika Serikat sebagai satu-satunya kekuatan militer yang dominan di dunia. Perang Dingin dan berbagai peristiwa yang menyertainya telah menimbulkan dampak besar terhadap dunia dan sering disebutkan dalam budaya populer, khususnya dalam media yang menampilkan tema spionase dan ancaman perang nuklir


Pertanyaan Terkait

1.apa yg dimaksud dengan masa pra aksara?sebutkan ciri cirinya 2.apa yg kamu ketahui dengan istilah nomaden 3.apa pula pola hidup sedenter
4.sebutkan 3 fungsi gua hunian pada masa pra aksara
5.bagaimana pertama kali manusia mengenal api?apa kegunaanya
6.apa yg dimaksud dengan artefok
7.apa itu animisme
8.ada 3 teori tentang masuknya kebudayaan hindu ke budha ke indonesia.sebutkan 1 dan penjelasanya
9.apa itu alkulturasi
10.apa bentuk alkulturasi yg kamu lihat dlm kehidupan bermasyarakat​

Answers

Jawaban:

1. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Pengertian masa praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada dan leka artinya tulisan).

2. Bangsa Nomaden atau bangsa pengembara, adalah berbagai komunitas masyarakat yang memilih hidup berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat lain di padang pasir atau daerah bermusim dingin, daripada menetap di suatu tempat.

3. Cara hidup sedenter adalah

Banyak orang yang beralih mengendarai kendaraan bermotor atau angkutan umum dibandingkan berjalan atau bersepeda. Hal ini memunculkan tipe gaya hidup sedentari. Menurut kamus besar bahasa indonesia, sedenter berarti berkurangnya aktivitas olahraga karena diganti dengan kegiatan duduk.

4. sebagai tempat perlindungan yang aman dari binatang buas

5. Penggunaan api oleh manusia purba dimulai dari penggunaan api oleh Homo erectus sekitar 400 ribu tahun yang lalu. Cara tradisional membuat api adalah dengan kayu yang digosok, kemudian apiyang dihasilkan diperbesar dan dipindahkan dengan api unggun atau tumpukan semak.

6. Artefak (Inggris: artifact) merupakan benda arkeologi atau peningalan benda-benda bersejarah, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan. Contoh artefak adalah alat-alat batu, logam dan tulang, gerabah, prasasti lempeng dan kertas, senjata-senjata logam (anak panah, mata panah, dll), terracotta dan tanduk binatang. Barang yang bersejarah ini sangatlah penting untuk diletakkan di museum sehingga semua orang dapat melihat dan mempelajarinya.

Artefak dalam arkeologi mengandung pengertian benda (atau bahan alam) yang jelas dibuat oleh (tangan) manusia atau jelas menampakkan (observable) adanya jejak-jejak buatan manusia padanya (bukan benda alamiah semata) melalui teknologi pengurangan maupun teknologi penambahan pada benda alam tersebut. Ciri penting dalam konsep artefak adalah bahwa benda ini dapat bergerak atau dapat dipindahkan (movable) oleh tangan manusia dengan mudah (relatif) tanpa merusak atau menghancurkan bentuknya.

7. Animisme (dari bahasa Latin anima atau "roh") adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaan agama yang mula-mula muncul di kalangan manusia primitif (purba). Kepercayaan animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini (seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar), mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia, malah membantu mereka dari roh jahat dalam kehidupan seharian mereka.

8. Sebutkan dan jelaskan tiga teori masuknya agama hindu budha di indonesia

Teori Brahmana. Teori Brahmana dikemukakan oleh Van Leur. ...

Teori Ksatria / Teori Kolonosasi. teori masuknya agama hindu-buddha ke indonesiaTeori Ksatria dikemukakan oleh Majumdar, Moekerji dan Nehru. ...

Teori Waisya.

9. Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

10. Adisi adalah penambahan unsur-unsur kebudayaan lama dengan unsur-unsur kebudayaan baru sehingga timbul perubahan struktural atau tidak sama sekali.

Sinkretisme adalah perpaduan unsur-unsur kebudayaan lama dengan unsur-unsur kebudayaan baru dengan tidak meninggalkan jati diri masing-masing dan membentuk sistem kebudayaan baru.

Substitusi adalah unsur-unsur kebudayaan yang telah ada atau terdahulu diganti oleh unsur-unsur kebudayaan yang baru, terutama yang dapat memenuhi fungsinya. Dalam hal ini, kemungkinan terjadi perubahan struktural sangat kecil.

Dekulturisasi adalah tumbuhnya unsur-unsur kebudayaan yang baru untuk memenuhi berbagai kebutuhan baru karena perubahan situasi.

Rejeksi adalah penolakan unsur-unsur perubahan yang terjadi amat cepat sehingga sebagian besar orang tidak dapat menerimanya. Hal ini dapat menimbulkan penolakan, bahkan pemberontakan atau gerakan kebangkitan.

10. Tari kupu-kupu dilakukan oleh​

Answers

Jawaban:

Lima orang perempuan atau lebih.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU :)

Jawaban:

Tari Kupu Kupu ini biasa dilakukan oleh pria maupun wanita namun Tari Kupu Kupu bukan percampuran 2 gender. Jadi apabila penarinya pria, maka semua regu penari adalah pria dan begitu sebaliknya. Jumlah penari dalam tarian harus ganjil seperti 3 penari hingga 5 orang dalam grup penari kupu – kupu.

Penjelasan:

Tari kupu – kupu merupakan tarian yang berasal dari Bali. Tari Kupu Kupu diciptkan oleh I Wayan Beratha seniman kebanggaan Indonesia yang telah melahirkan banyak karya yang membanggakan semasa hidupnya. Ia menciptakan tari kupu kupu dan beberapa tarian lainnya seperti tari tani, tari yudha pati pada tahun 1960.

Jenis tari kupu kupu ini banyak digunakan dalam sanggar tari. Gerakan dari tari kupu kupu ini bisa dibilang cukup mudah untuk dipelajari, maka jenis Tari Kupu Kupu banyak juga diajarkan kepada anak-anak sekolah dasar selain juga untuk pengenalan budaya dari daerah Bali sebagai budaya Indonesia yang mendunia.

semoga membantu dan jadikan jawaban terbaik yaa

Anda telah mempelajari kajian ilmu sejarah.pembelajaran telah dilaksanakan dengan lancar dan baik. 1.apa kesimpulan dari pelajaran tersebut?
2.apa manfaat pelajaran tersebut bagi anda?
3. renungkan pelajaran ini! adakah sesuatu yang penting dari pelajaran ini yang berguna bagi anda kelak?​

Answers

Jawaban:

1.sejarah sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita karena sejarah telah mengajarkan kita banyak ilmu pengetahuan

2.dengan mempelajari sejarah setidaknya kita bisa menghindari kesalahan yang telah terjadi dimasa lampau dan sebagai pelajaran agar kita tak mengulangi kesalahan itu lagi

3.tentunya dengan pelajaran ini kelak saya akan mengingat betapa pentingnya sejarah dalam kehidupan umat manusia

Nama Nama Anak Sri baduga Siliwangi ​

Answers

Jawaban:

-prabu kiansantang

-rara santang

--walangsungsang

Penjelasan:

maaf kalo salah

Buatlah analisis tentang hubungan antara pola tempat tinggal dengan bercocok tanam

Answers

Hubungan antara pola tempat tinggal dengan bercocok tanam

Setelah masaa Zaman Mesolitikum ke Neolitikum membuktikan adanya perubahan yang cepat dari segi kebudayaan dari food gathering ke food producing dimana Homo sapien sebagai pendukungnya. Ketika mereka memulai bercocok tanam bercocok tanam, mereka memulai dengan mencoba mencari tempat tinggal, walaupun masih bersifat sementara atau berpindah pindah (nomanden) karena lama-kelamaan tanah subur di sekeliling mereka yang mereka gunakan akan tandus–karena pada masa itu mereka masih belum mengerti cara menyuburkan kembali tanah–dan akhirnya pindah.

Denagn demikian adanya kaitan pola tempat tinggal dengan dengan bercocok tanaman adalah sebagai berikut.

• Mereka yang Tinggal di dataran : bercocok tanam padi

• Mereka yang Tinggal di lahan miring landai : bersawah, berkebun (teh, kopi, dsb)

• Mereka yang Tinggal di lahan miring : berkebun sayur

• Mereka yang Tinggal di lahan terjal : berkebun tanaman keras / tahunan (kelawa sakit, dsb)

• Mereka yang Tinggal di dekat sungai : tanaman buah

Pada masa zaman neolitikum manusia pada zaman ini sudah semakin maju dan mulai tinggal menetap dan tidak lagi nomaden atau berpindah pindah.


Referensi soal soal sebagai tambahan jawaban

brainly.co.id/tugas/918221

brainly.co.id/tugas/1646512

brainly.co.id/tugas/802926


Detail tambahan:

Detil tambahan

Kelas: XI SMA

Mapel: Sejarah

Kategori: Zaman Prasejarah

Kata kunci: tempat tinggal dan pola bercocok tanam


Buatlah sebuah contoh perubahan terkait dengan konsep perubahan dalam sejarah! Bantu jawabyaa teman²​

Answers

Jawaban:

Contoh perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah yaitu, sebagai berikut:

1.Contoh perubahan dalam sejarah, sebagai berikut:

a.Penerapan politik etis di Hindia Belanda yang mendorong adanya kebangkitan nasional pada awal XX.

b.Pada saat Jepang di bom oleh Sekutu dalam waktu singkat Jepang mengaku kalah.

c.Nusantara berjaya karena adanya kerajaan besar akhirnya datang masa penjajahan, setelah lama dijajah akhirnya Indonesia Merdeka.

2.Contoh berkelanjutan dalam sejarah, sebagai berikut:

a.Setelah proklamasi, Indonesia menjadi negara merdeka sampai sekarang.

b.Wangsa Syailendra berkuasa di Jawa sekitar 250 tahun.

c.Dari masa runtuhnya kerajaan - kerajaan Nusantara, berlanjut hingga penjajahan. Pengertian perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah yaitu, sebagai berikut:

1.Perubahan dalam sejarah

Perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat. Heraclitus mengatakan panta rei, artinya tidak ada yang berubah, semuanya mengalir, masyarakat sewaktu - waktu bergerak, dan berubah. Wertheim menuliskan history is a continuity and change (sejarah adalah peristiwa yang berkesinambungan dan perubahan).

2.Berkelanjutan dalam sejarah

Dalam mempelajari sejarah, rangkaian yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. Roeslan Abdul Ghani menyatakan, ilmu sejarah dapat diibaratkan sebagai penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu penglihatan ke masa silam, masa sekarang, dan masa depan. Hal ini sejalan dengan Arnold J. Toynbee yang menyatakan bahwa mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau, untuk membangun masa depan.

dalam sejarah perang dunia ke 2 negara unisoviet yang dulunya memiliki ideologi komunis dan itu tak bertahan lama dan sekarang berubah nama negaranya jadi Rusia dan ideologinya sudah tidak komunis lagi :)

Jelaskan pengaruh islam terhadap nusantara dalam bidang sosial budaya dan kesenian

Answers

Agama Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia. Agama Islam diperkirakan mulai berkembang di Indonesia pada abad ke 7 Masehi. Pengaruh sosial budaya dan kesenian dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pengaruh Sosial Budaya
  • Tidak lagi dipergunakannya sistem kasta

Agama Islam adalah salah atau agama yang tidak menggunakan sistem kasta untuk membedakan tugas orang satu dengan yang lainnya. Dalam sistem kasta sendiri, masyarakat dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu :

  1. Kasta Brahmana, yaitu kasta yang dipakai untuk mendeskripsikan tugas dari seorang pemuka agama.
  2. Kasta Ksatria, yaitu kasta yang dipakai untuk mendeskripsikan tugas dari seorang pemimpin, seperti Raja, Patih, Gubernur, bahkan kepala desa.
  3. Kasta Waisya, yaitu kasta yang dipakai untuk mendeskripsikan tugas dari seorang pedagang atau penggerak perekonomian.
  4. Kasta Sudra, yaitu kasta yang dipakai untuk mendeskripsikan tugas dari rakyat biasa seperti karyawan atau buruh.

Sistem kasta dipakai pada zaman Hindu-Buddha bukan untuk melecehkan satu sama lain, melainkan untuk dapat mengawasi tugas satu sama lain untuk menuju kejayaan bersama.

  • Dipakainya penulisan nama Arab dalam pemberian nama anak.

Hingga saat ini masyarakat yang beragama Islam seringkali menamai anaknya dengan kalimat atau kata yang bernuansa Arab dan Islami, seperti : Muhammad, Abdul, atau Aisyah. Penggunaan kata "bin (laki-laki) atau binti (perempuan)" yang mendeskripsikan keturunan.

Pengaruh Kesenian
  • Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni bangunan.

Seni bangunan seperti banyaknya rumah yang meniru seni bangunan masjid kuno, keraton, dan pintu gerbang.

  • Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni rupa.

Adanya perkembangan seni rupa seperti kaligrafi (tulisan indah dari huruf Arab) dan penggunaan nisan sebagai peninggalan sejarah merupakan pengaruh kebudayaan Islam di Indonesia.

  • Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni sastra.

Adanya perkembangan seni sastra di Indonesia berupa adanya peninggalan berupa hikayat, babad, suluk, atau nyanyian dan syair.

  • Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni busana.

Seni busana dari kebudayaan Islam seperti penggunaan kerudung (jilbab), sarung, baju Koko, dan kopiah / peci.

Detail Soal :

Kelas : 10

Mata Pelajaran : Sejarah

Materi : Bab 5 - Zaman Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Katau Kunci : Pengaruh Islam dalam Kebudayaan dan Kesenian

Kode Kategorisasi : 10.2.5

Pelajari Lebih Lanjut :

Ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Zaman Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia ? Ikuti link-link berikut ini ya ...

  1. Teori Masuknya Islam ke Indonesia brainly.co.id/tugas/5471558
  2. Apa saja peranan wali songo dalam penyebaran agama Islam brainly.co.id/tugas/2140099

#OptiTimCompetition

Hadits nabi dan artinya tentang tujuan nabi diutus di dunia

Answers

Jawaban:

Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia,'' demikian sabda Rasulullah saw.

Bahkan, dalam menilai keimanan seseorang, kita juga diminta untuk menilai bagaimana akhlak yang bersangkutan. Pesan Nabi saw, ''Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.''

Untuk mengembalikan akhlak masyarakat, seperti yang diajarkan oleh agama, perlu kiranya mencontoh perilaku hidup Nabi Muhammad SAW. Di dalam Alquran sendiri, kita dapati begitu banyak ayat yang berbicara masalah akhlak.

Dalam sejarah Islam, kita dapat menemui begitu mulia dan tingginya akhlak para pengikut Nabi berkat gemblengan beliau. Sehingga, Allah sendiri memuji nilai moral dan akhlak mereka. Pujian kepada para pendahulu Islam itu, oleh Husein Haekal, penulis Sejarah Muhammad berdasarkan ayat-ayat Alquran digambarkan sebagai berikut.

"Mereka lebih takut kepada Allah daripada yang lain. Mereka inilah orang-orang yang punya harga diri. Sungguh pun begitu mereka sangat rendah hati. Mereka orang-orang yang dapat dipercaya, yang dapat menepati janji bila berjanji. Orang-orang yang sabar, dan bila mendapatkan musibah akan berkata: Kami kepunyaan Allah dan pada-Nya akan kembali.''

"Tidak ada di antara mereka yang berjalan di muka bumi dengan membuang muka dan sikap congkak. Tuhan menjauhkan mereka dari sifat serakah dan kikir. Mereka tidak mau menyebarkan perbuatan-perbuatan keji di kalangan orang-orang beriman.

Mengapa calon Wirausaha harus membuat perencanaan usaha jelaskan​

Answers

Jawaban:

karena perancanaan usaha merupakan alat yg paling ampuh untuk menentukan prioritas,mengukur kemampuan,mengukur keberhasilan dan kegagalan usaha.

Jawaban:

Alasan kita harus Membuat Rencana / Menentukan Bisnis (Business Plan) Sebelum Memulai Bisnis antara lain : 1. Untuk menentukan bisnis apa yang cocok dengan kita atau bisnis apa sesungguhnya yang ingin kita jalankan, karena seringkali kita mempunyai keterbatasan waktu, tenaga, pemikiran, modal, dan kemampuan.

Salah satu tujuan bangsa Eropa ke Nusantara adalah menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama, atau dikenal dengan​

Answers

Jawaban:

Gospel

agama nasrami dalam gerakan 3G tertera

Penjelasan:

gospel adalah kekayaan, kejayaan, dan kesucian agama.gospel merupakan tujuan bangsa Eropa mnemukan dunia baru di timur. dan menyebarkan dinusantara

JELASKAN MENGAPA INDIA TELAH MEMILIKI HUBUNGAN ERAT JAUH SEBELUM INDONESIA DAN INDIA MERDEKA!

Answers

Jawaban:

Hubungan India-Indonesia mengacu pada hubungan bilateral antara India dan Indonesia. India dan Indonesia adalah negara bertetangga. Kawasan Andaman dan Kepulauan Nikobar India berbatasan langsung dengan wilayah maritim Indonesia di sepanjang Laut Andaman.

Hubungan antara India dan Indonesia telah terjalin sejak dahulu kala, selama hampir dua ribu tahun lamanya. Pada tahun 1950, Presiden pertama Indonesia - Soekarno menyerukan kepada rakyat Indonesia dan India untuk "meningkatkan hubungan baik" yang sudah terjalin antara kedua negara "selama lebih dari 1000 tahun" sebelum sementara "terputus" oleh kekuasaan kolonial Eropa.[5] Pada musim semi tahun 1966, para menteri luar negeri dari kedua negara mulai berbicara lagi dari era hubungan persahabatan. India memiliki kedutaan besar di Jakarta [6] dan Indonesia memiliki kedutaan besar di New Delhi.[7] India menganggap Indonesia sebagai anggota paling penting ASEAN. Kedua negara telah sepakat untuk membentuk kemitraan strategis.[8]

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU....

MAAF KALO SALAH....

JADIKAN JAWABAN SAYA SEBAGAI YANG TERBAIK....

Jawaban:

Karena adanya persamaan budaya

Penjelasan:

Salah satu negara yang menjadi penghantar pengakuan Internasional tersebut adalah India. Indonesia dan India telah menjalin hubungan yang cukup erat sejak lama, terutama ketika agama Buddha dan Hindu mempengaruhi kehidupan kebudayaan Indonesia. Kedua bangsa juga memiliki kesamaan identitas dalam memperjuangkan kemerdekaan, yakni India atas Inggris dan Indonesia atas Belanda sebagai faktor lain yang membuat India terutama Nehru beserta rakyat India memberikan dukungannya atas perjuangan Indonesia. Selain itu juga dikarenakan Indonesia merupakan jalur utama perekonomian dunia pada masa lalu.

Tugas Bab 1 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan penyebab terjadinya masalah ekonomi

2. Tuliskan dan jelaskan masalah ekonomi menurut masalah ekonomi modern

3. Jelaskan perlunya mengadakan pilihan yang tepat dalam mengatasi masalah ekonomi

4. Jelaskan perlunya pengelolaan keuangan dalam mengatasi masalah ekonomi

5. Tuliskan ciri-ciri dari sistem ekonomi komando

6. Tuliskan negara –negara yang cenderung menganut sistem ekonomi komando dan negara –negara yang cenderung menganut sistem ekonomi kapitalis!

Answers

Jawaban:

1.)Penyebab terjadinya masalah ekonomi adalah terjadinya kesenjangan antara harapan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi seperti keinginan manusia yang tidak terbatas sementara alat pemuas kebutuhan tersebut sangatlah terbatas.

2.)-Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (What)?

-Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (How)?

-Siapa pelalu produksi (Who)?

-Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi (For Whom)?

3.)Perlunya mengadakan pilihan yang tepat dalam mengatasi permasalahan ekonomi agar kelangkaan tidak cepat terjadi, dan produk yang dihasilkan tepat sasaran sesuai yang dibutuhkan konsumen baik dari jenis barang maupun jumlah barang yang dihasilkan sehingga tidak terjadi kerugian.

4.)-Untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran.

-Tidak boros.

-Agar tidak terlilit hutang.

5.)-Segala kegiatan perekonomian diatur oleh pemerintah.

-Bersifat sentralisasi (terpusat).

-Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

-Hampir tidak ada kesenjangan sosial.

-Semua alat dan sumber daya produksi dimiliki dan dikuasai oleh pemerintah.

-Pemerintah mengatur harga barang.

-Hak milik perorangan tidak diakui.

6.) Ekonomi Komando:

Korea utara, Cina, Kuba dan Vietnam.

Ekonomi Kapitalis:

Amerika Serikat, German, dan Inggris.

Terima Kasih:)

Assalamu’alikum/good morning class ? How are you today I hope that you are keeping in a good spirit of learning during this bad situation because of covid 19 and it’s 20 should be said covid 20....hmmm. To keep our healthy, please stay at home and don’t forget wear a mask if you have to go out , social distancing and keep away from crowded people. Well the last meeting you learnt announcement. I hope that you still have a good spirit of learning although we still use long distance learning or we say in indonesian PJJ. Today we still discuss about passive voice , please read the conversation carefully and then you’ll complete the bracketed verbs with correct passive verbs Example A : Where is the food ?
B : ( the food / eat ) by John ? Is the food being eaten by John ?
A : I think so, and tomorrow ( It/ eat) again It will be eaten again
B : Was it yesteday
A : Why not,( it/eat ) it was eaten too by him or maybe others
B : Well (It/ eaten) for 2 days It has been eaten for 2 days

Conversation 1
Bill : Daddy,,, where is my ponsel? Have you seen it?
Dad : It ( is using ) by your mother now
Bill : Since when? I didn’t know about that.
Dad : It (has taken ) two days.
Bill : When will she give it back to me?
Dad : It (will do ) tonight Bill. I’ll take it to your room
Bill : Thanks Dad. I’ll get my brekky first.
Conversation 2
A: There was a storm on the coast last night.
B: (anything/damage) ?
A: Yes. Some trees fell on cars. Fortunately, nobody was killed.
B: How many cars (crush) during the storm?
A: Three or four.
B: (the trees/remove/yet) ?
A: Yes, they have. But the cars are still there.
B: When (the cars/remove) ?
A: Tomorrow, I hope.
B: (the cars/badly/damage) ?
A: Yes, they are. One of them is completely destroyed.​

Answers

Jawaban:

Assalamu’alikum / kelas selamat pagi? Bagaimana kabarmu hari ini saya harap Anda tetap semangat belajar selama situasi buruk ini karena COVID 19 dan 20 harus dikatakan covid 20 .... hmmm. Untuk menjaga kesehatan, mohon tetap di rumah dan jangan lupa pakai masker jika harus keluar rumah, menjaga jarak dan jauh dari keramaian. Nah pertemuan terakhir Anda mempelajari pengumuman. Semoga semangat belajar kalian tetap bagus walaupun kita masih menggunakan pembelajaran jarak jauh atau kita sebut dalam bahasa indonesia PJJ. Hari ini kita masih membahas tentang kalimat pasif, silahkan baca percakapannya dengan seksama dan lengkapi kata kerja dalam kurung dengan kata kerja pasif yang benar.

Contoh A: Dimana makanannya?

B: (makanan / makan) oleh John? Apakah makanan itu dimakan oleh John?

A: Saya kira begitu, dan besok (Ini / makan) lagi itu akan dimakan lagi

B: Apakah kemarin

J: Mengapa tidak, (itu / makan) itu dimakan juga olehnya atau mungkin orang lain

B: Baik (Sudah dimakan) selama 2 hari Sudah dimakan selama 2 hari

Percakapan 1

Bill: Ayah ,,, dimana ponsel saya? Pernahkah kamu melihatnya?

AYAH: Ini (sedang digunakan) oleh ibumu sekarang

Bill: Sejak kapan? Saya tidak tahu tentang itu.

AYAH: Ini (butuh) dua hari.

Bill: Kapan dia akan mengembalikannya kepada saya?

AYAH: Ini (akan dilakukan) malam ini Bill. Aku akan membawanya ke kamarmu

Bill: Terima kasih Ayah. Saya akan mendapatkan brekky saya dulu.

Percakapan 2

J: Ada badai di pantai tadi malam.

B: (apa saja / kerusakan)?

A: Ya. Beberapa pohon tumbang di mobil. Untungnya, tidak ada yang terbunuh.

B: Berapa banyak mobil (naksir) selama badai?

J: Tiga atau empat.

B: (pohon / cabut / belum)?

J: Ya, mereka punya. Tapi mobilnya masih ada.

B: Kapan (mobil / keluarkan)?

A: Besok, saya harap.

B: (mobil / buruk / rusak)?

J: Ya, mereka. Salah satunya hancur total.

Gerakan DI/TII, gerakan andi azis, gerakan APRA, gerakan RMS muncul pada masa kabinet?​

Answers

Jawaban:

kabinet djuanda

maaf klau salah

Jelaskan proses peralihan kekuasaan dari kerajaan Islam perlak ke kerajaan pasai​

Answers

Jawaban: kerajaan perlak disebut sebagai kesultanan Islam pertama di Nusantara dan Asia Tenggara berdasarkan seminar para ahli pada akhir September 1980 di Rantau Kuala Simpang, Aceh Timur. Istilah Peureulak atau Perlak sendiri berasal dari nama dari pohon kayu yang digunakan untuk dibuat perahu oleh para nelayan. Orang-orang Aceh menyebutnya sebagai Bak Peureulak.

Ahli yang mendukung Perlak sebagai kesultanan Islam pertama di antaranya Ali Hasjmy. Sastrawan bernama lengkap Moehammad Ali Hasjim ini merujuk pada naskah klasik sebagai catatan dari Abu Ishak al-Makarani yang berjudul Risalah Idhar al-Haq fî Mamlakati Ferla wa al-Fasi, lalu naskah Tazkirat Tabaqat Jumu' Sultan al-Salatin karya Syeikh Syamsul Bahri Abdullah al-Asyi, dan Silsilah Raja-raja Perlak dan Pasai.

Dari naskah-naskah ini, Hasjmy menyimpulkan bahwa Kerajaan atau Kesultanan Perlak sebagai kerajaan Islam pertama di Nusantara yang diproklamirkan pada 1 Muharram 225 H/ 840 M, dengan sultan pertamanya Sultan Alauddin Sayyid Maulana Abdil Aziz Syah. Kesultanan Perlak berakhir pada tahun 1292 M.16 Hal ini sesuai dengan disatukannya ke kerajaan Pasai di Samudera Gedong, Aceh Utara sekarang.

sejarah singkat kerajaan Perlak dikutip dari buku 'Sejarah 2' oleh Drs Sardiman AM, Mpd:

1. Raja Kerajaan Perlak

Menurut Ishak Makarani Al Fasy kerajaan Perlak berdiri pada 1 Muharram 225 H (840 M) dengan raja pertamanya Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah. Semula raja tersebut bernama Saiyid Abdul Aziz.

Pada hari berdirinya kesultanan itu, Bandar Perlak diganti namanya menjadi Bandar Khalifah sebagai kenangan dan penghargaan kepada rombongan Nakhoda Khalifah yang telah berperan mengembangkan Islam di Perlak.

Raja Abdul Aziz Syah diketahui memimpin sejak tahun 225 hingga 249 H atau pada 840 M hingga 964 M. Kemudian kepemimpinan dilanjutkan oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdrrahim Syah.

Selanjutnya, kursi raja Perlak diisi oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abbas Syah di tahun 285-300 H. Kemudian, di tahun 302 H kepemimpinan dipegang oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Ali Mughayar Syah.

Kepemimpinan raja silih berganti hingga 18 kali dan terakhir dipimpin oleh Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdul Aziz Syah Johan Berdaulat di tahun 662-692 H atau 1263 sampai 1292 M dan akhirnya Kerajaan Perlak runtuh.

2. Masa Kejayaan Kerajaan Perlak

Masa kejayaan kerajaan ini berhasil didapatkan pada masa pemerintahan Muhammad Amin Syah Johan Berdaulat II. Kerajaan ini mampu berkembang terutama di bidang pendidikan Islam dan dakwah Islamiah.

Pada masa ini juga, raja mengawinkan dua putrinya dengan pangeran dari Kerajaan Samudera Pasai, yakni Putri Ganggang Sari dan Putri Ratna Kumala sehingga mendorong kesejahteraan kesultanan ini.

3. Peninggalan Kerajaan Perlak

Ada berbagai peninggalan Kerajaan Perlak, mulai dari mata uang, stempel, hingga makam raja. Mata uang kerajaan ini terdiri dari tiga jenis, yakni emas (dirha), perak (kupang, dan tembaga atau kuningan.

Mata uang itu menjadi yang tertua di Tanah Air. Uniknya, pada salah satu sisinya terdapat tulisan 'A'la' dan sisi lainnya tertulis 'Sulthan' yang tertuju pada Perdana Menteri masa Sultan Makhdum Alaidin Ahmad Syah Jouhan Berdaulat.

Kemudian, peninggalan stempel kerajaan ini menggunakan bahasa Arab yang membentuk kalimat 'Al Wasiq Billah Kerajaan Negeri Bendahara Sanah 512' yang merupakan bagian dari Kerajaan Perlak.

Peninggalan raja terakhir adalah makam raja Benoa (Benoa adalah negara bagian dari Kerajaan Perlak) yang terletak di tepi sungai Trenggulon. Pada makam tersebut nisan dituliskan dengan bahasa Arab dan dibuat sekitar abad ke-4 H.

Kerjaan Perlak runtuh karena mengalami kemunduran. Diketahui, anggota keluarga kerajaan saling berebut kekuasaan pemerintahan sehingga membuat ketidakstabilan.

Para pedagang yang melihat hal itu akhirnya memutuskan untuk pergi ke tempat lain, yakni Pasai. Akhirnya kerajaan runtuh dan berganti menjadi Kerajaan Samudera Pasai.

Penjelasan:semoga membantu

Sebutkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa Daulah Abbasiyah periode pertama​

Answers

Jawaban:

Pada periode pertama pemerintahan Bani Abbasiyyah mencapai masa keemasan. Secara politis, para khalifah betul-betul tokoh yang kuat dan merupakan pusat kekuasaan politik dan agama sekaligus. Di sisi lain, kemakmuran masyarakat mencapai tingkat tertinggi. Periode ini juga berhasil menyiapkan landasan bagi ilmu pengetahuan dalam Islam. Namun setelah periode ini berakhir, pemerintahan Bani Abbas mulai menurun dalam bidang politik, meskipun ilmu pengetahuan terus berkembang.

Penjelasan:

maaf kalo salah

Berakhirnya kerjaaan Kediri ditandai dengan​

Answers

Jawaban:

Runtuhnya Kerajaan Kediri

Penjelasan:

Kerajaan Kediri atau Kerajaan Kadiri atau Kerajaan panjalu adalah sebuah kerajaan yang ada di Jawa Timur antara tahun 1042-1222.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar: 1. Tuliskan lah bunyi pasal 25 A UUD 1945.
2. Tuliskan berapa luas wilayah daratan...... Indonesia
3. Tuliskan berapa luas wilayah lautan..... Indonesia
4. Tuliskan berapa luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
5. Berapa jumlah pulau pulau yang terdapat di Negara Kesatuan Republik Indonesia..
6. Jelaskan apa yang di maksud dengan:
a. Zona Laut Teritorial...
b. Zona Landas Kontinen...
c. Zona Ekonomi Ekslusif... Dan berapa mil luasnya..
7. Jelaskan apa yang di maksud dengan:
a. Wilayah daratan...
b. Wilayah lautan...
c. Wilayah udara...
d. Wilayah ekstratritorial...
8. Tuliskan batas batas wilayah Indonesia disebelah Utara...
9. Tuliskan batas batas wilayah Indonesia disebelah barat...
10. Tuliskan batas batas wilayah Indonesia disebelah timur...
11. Tuliskan batas batas wilayah Indonesia disebelah selatan...
12. Apakah yang di maksud dengan Res Julius...
13. Apakah yang di maksud dengan Res communis...​

Answers

Jawaban:

1. Bunyi pasal 25A UUD 1945

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.

2. Luas daratan Indonesia 1.919.440 km2

3. Luas lautan 3.273.810 km2

5. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal

Pemerintahan Umum, Indonesia tercatat memiliki 17.504 pulau yang di mana 16.056 pulau telah memiliki nama baku di PBB.

6. a.

Batas laut teritorial menggunakan garis khayal yang berjarak 12 mil ke arah laut lepas. Garis khayal merupakan garis yang menghubungkan titik dari ujung terluar pulau-pulau pada suatu negara. Di dalam batas laut teritorial terdapat laut pedalaman. Laut pedalaman merupakan laut yang berada di dalam garis besar teritorial. Apabila ada dua negara memiliki lebar lautan pembatas kurang dari 24 mil, maka batas laut teritorial adalah titik tengah antara jarak dua negara (sama jaraknya). Suatu negara memiliki kedaulatan penuh dan berhak atas segala kegiatan atau sumber daya alam di dalam batas laut teritorial.

Hukum laut di Indonesia sejak zaman kemerdekaan telah mengalami beberapa kali perubahan. Pada awalnya, hukum Belanda dalam Ordonasi Laut Teritorial (1939) menjelaskan bahwa laut teritorial Indonesia berjarak 3 mil ke arah laut lepas. Akibat adanya konflik ekonomi dan politik, hukum tersebut berubah. Seperti yang dikemukakan dalam Deklarasi Djoeanda (1957), batas laut teritorial Indonesia menjadi 12 mil ke arah laut lepas. Untuk laut pedalaman diberikan jaminan sebagai jalur pelayaran umum baik di bagian atas ataupun bawah laut. Hasil Deklarasi Djoeanda ini kemudian disampaikan di Konferensi Hukum Laut PBB III (1982) dan menjadi rezim hukum laut internasional pada tahun 1985.

b.

Landas kontinen (Continental shelf) merupakan dasar laut dan tanah yang terletak di luar laut teritorial hingga tepian benua atau kontinen. Landas kontinen memanjang dari pantai hingga ke kedalaman laut 100-200 meter (rata-rata kurang dari 150 meter). Di dalam landas kontinen terdapat dua bagian, yaitu lereng benua dan area kenaikan benua. Lereng benua (continental slope) merupakan bagian kemiringan lereng yang biasanya terjal. Pantai Mediterania Perancis menjadi salah satu contoh wilayah yang tidak memiliki kemiringan lereng yang terjal. Sedangkan area kenaikan benua (continental rise) merupakan bagian lanjutan dari kemiringan lereng hingga menyatu dengan dasar laut.

Hukum batas landas kontinen untuk Indonesia diumumkan pada tanggal 17 Febuari 1969. Indonesia menjadi negara yang memiliki sembilan batas landas kontinen, yaitu India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Timor Leste, dan Australia. Seperti halnya batas laut teritorial, Suatu negara memiliki kedaulatan penuh dan berhak atas segala kegiatan atau sumber daya alam di dalam batas landas kontinen. Namun, batas landas kontinen juga diberikan jaminan sebagai jalur pelayaran umum baik di bagian atas ataupun bawah laut.

c.

Pembahasan mengenai ZEE pertama kali dilakukan oleh Kenya di Asian-African Legal Constitutive Committee (1971) dan kemudian di bahas oleh UNCLOS (1976). Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di suatu negara diukur sejauh maksimal 200 mil dari garis pangkal ke laut bebas. Garis pangkal atau garis dasar laut digunakan untuk mengukur lebar laut teritorial. ZEE dapat dikatakan sebagai batas luar dari laut teritorial. Setiap negara memiliki hak untuk memanfaatkan sumber daya di cakupan wilayah ZEE. Untuk negara lain hanya diperbolehkan atas izin pemerintah negara yang bersangkutan. Pemanfaatan sumber daya dapat dilakukan baik di atas laut, dasar laut, atupun tanah di bawahnya. Adapun hak negara akan ZEE adalah sebagai berikut.

Hak eksplorasi -> mengolah sumber daya alam hayati dan non hayati, misalnya kegiatan perikanan dan pembuatan pembangkit listrik tenaga air atau angin

Hak yurisdiksi -> pembuatan atau penggunaan pulau buatan, bangunan, penelitian ilmiah, dan lain-lain

7.

Peristiwa berakhirnya pengasingan di negeri BelandaCeritakan dengan singkat berdirinya Taman Siswa ​

Answers

Jawaban:

Taman Siswa (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid) adalah nama sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta.

Penjelasan:

Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah Taman Siswa ini diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", yang merupakan realisasi gagasan dia bersama-sama dengan teman di paguyuban Sloso Kliwon. Sekolah Taman Siswa ini sekarang berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Sebagai sebuah organisasi onternasional respon pbb terhadap kemerdekaan indonesia adalah​

Answers

Pertanyaan : sebagai sebuah organisasi onternasional respon pbb terhadap kemerdekaan indonesia adalah

jawaban :Pada Tahun 1945 di Bulan Agustus Tanggal 17 terdapat Sebuah Negara yang terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam telah memproklamasikan kemerdekaan bangsanya. Sebuah Negara baru muncul setelah dijajah oleh 2 negara yaitu Jepang dan Belanda. Dengan munculnya Negara baru bernama Indonesia, Di Mesir sebuah Organisasi Islam, Al- Ikhwan Al-Muslimun yang dipimpin Syaikh Hasan Al- Banna telah memperlihatkan respon positif terhadap kemerdekaan Indonesia. Ia menggalang opini umum lewat pemberitaan media yang memberikan kesempatan luas kepada para Mahasiswa Indonesia yang berada di Mesir untuk menulis tentang kemerdekaan Indonesia untuk disebarluaskan baik melalui Koran lokal ataupun acara tabligh akbar. Hal lain juga dilakukan oleh para pemuda Mesir dengan berdemo di Kedutaan Belanda di Kairo. Mereka tidak hanya menggunakan slogan atau spanduk tetapi juga melakukan pelemparan batu, aksi pembakaran, dan teriakan permusuhan terhadap Belanda.Hal ini membuat Kedutaan Belanda di Kairo ketakutan.Mereka langsung mencopoti lambang Negara Belanda dan menurunkan Bendera Belanda yang berkibar di puncak gedung.Hal itu dilakukan agar tidak mudah dikenali oleh para demonstran.Reaksi kuat yang ditunjukkan Mesir atas kemerdekaan Indonesia itulah yang membuat Mesir pada 22 Maret 1946 mengakui kedaulatan pemerintah Indonesia.Dengan demikian Mesir menjadi satu-satunya Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan Mesir terhadap Indonesia tidak serta merta didapatkan dengan cara yang mudah, tetapi melewati proses yang cukup panjang dan heroik. Begitu mendapatkan informasi bahwa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan ke seluruh dunia, Mesir langsung mengirimkan Konsul Jenderalnya bernama Abdul Mun’im ke Yogyakarta yang dulunya menjadi ibu kota Indonesia. Setelah Mesir mengirimkan Konsul Jenderal mereka ke Indonesia, Pengakuan Mesir terhadap Indonesia diperkuat dengan ditandatanganinya Perjanjian Persahabatan antara Indonesia dengan Mesir di Kairo.Menjelang ditandatanganinya Perjanjian tersebut Duta Besar Belanda melakukan protes sebelum ditandatanganinya perjanjian tersebut. Menanggapi protes tersebut PM Mesir menjawabnya “Menyesal kami harus menolak protes Tuan, sebab Mesir selaku Negara berdaulat dan sebagai Negara yang berdasarkan Islam tidak bisa tidak mendukung perjuangan bangsa Indonesia yang beragama islam. Ini adalah tradisi bangsa Mesir dan tidak dapat diabaikan.Selain dukungan yang diberikan Mesir terhadap Kemerdekaan Indonesia Liga Arab pun juga mendukung. Disebabkan Karena persaudaran sesama islam, Liga Arab mendukung dan mengakui kedaultan Indonesia. Pemerintah Indonesia dalam hal ini Ir. Soekarno langsung mengirimkan delegasi Indonesia ke Mesir pada tanggal 7 April 1946 sebagai rasa terimakasih Pemerintah Indonesia terhadap Pemerintah Mesir.Pengiriman Delegasi Indonesia pada tanggal tersebut menjadikan delegasi pertama yang dilakukan pemerintah RI ke luar negeri setelah merdeka.

me : maaf kalo salah, maaf kalo kepanjangan, tolong jadikan jawaban terbaik ya

Pertanyaan Lainnya
Sebutkan manfaat jeruk? ​ Daerah di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan batu warna yaitu​ Kelompok materi berikut yang merupakan unsur adalah... a. Tembaga, perak, kuningan b. Belerang, besi, emas c. Gula pasir, garam, belerang d. Garam, seng, hidrokarbon e. Gas nitrogen, asam klorida Mengapa perintah berbuat baik kepada ayah dan ibu diposisikan setelah perintah menyembah allah​ Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu? h 1. Salah un jam terhadap camu? lin Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman? Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman? olah? (Jika tidak pernah, kamu dapat bat pada saat bertemu teman dan terlambat ke sekolah! Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin? Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi? ambat? reclambat datang ke sekolah Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita meniadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan mbat ?​ Spirogyr termasuk kelompok​ Salah satu ciri usaha yang dikelola sendiri adalah​ Rangkaian Listrik memiliki beberapa macam rangkaian, kecuali : a. rangkaian listrik seri b. rankaian listrik pararel c. rangkaian listrik majemuk d. rangkaian listrik campuran 2. Hitunglah operasi hitung berikut dengan benar! a. {15 + (-5)} x 7 b. (56-(30 : 5)} (15: (-5)) c. {(-40) - (-200)} *{(-50): (-2)} d. 24+ (32: (28 + (-24))} e. (45-20) {(282):7} Jawab:​ Membuat nol fungsi f(x) =2x-4 adalah...​ 3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yg memanfaatkan kedua Jenis sumber daya alam tersebut. ​ Terangkan lah penyebab dari beragamnya variasi iklim di benua asia!​ Apa yang di maksud teks percobaan? Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi sangat tergantung pada ….Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi sangat tergantung pada ….​ Jelaskan pengertian benda Menurut sumber bentuknya !​ Pak Anton menyilangkan burung lovebird berwarna kuning (KK) dengan burung lovebird berwarna biru (kk), menghasilkan keturunan F1 semua burung lovebird berwarna hijau (Kk). Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya, tentukan perbandingan genotipe dan fenotipe pada keturunan F2!​ Luas prisma dengan a 3cm t 10cm tprisma 10cm​ Bilangan genap dari 4 sampai 14​ Awalan berlari sambil membawa roket di atas kepala dengan lengan adalah ....​ Contoh kalimat sapaan pada pidato​