frontpage hit counter

Tuliskan fungsi otot,macam macam otot dan perbedaanya,serta cara kerja otot​

Jawaban

Jawaban 1

Penjelasan:

Fungsi otot pada manusia pada umumnya adalah untuk melakukan sebuah gerakan dan juga membantu organ-organ lain dalam tubuh manusia untuk bergerak.

• Otot Polos

Sesuai sebutannya, otot polos memiliki bentuk yang polos, tidak berlurik, dan serabut ototnya tidak beraturan dengan sebuah inti di tengah-tengahnya. Pola gerakan otot ini relatif lamban tetapi bisa bekerja dalam waktu yang lama. Saraf otot polos bekerja secara otonom artinya tidak disadari dan tidak berkontraksi. Letak otot ini berada di organ dalam seperti usus, lambung, paru-paru, hati, dan lain-lain.

• Otot Lurik

Ketika dilihat melalui mikroskop, otot lurik mempunyai serabut yang tidak beraturan dan berlurik-lurik, bersel panjang, serta memiliki banyak inti sel. Pola kerja otot ini bersifat somatik yang berarti disadari dan bisa diatur. Walaupun kemampuan geraknya lebih cepat, namun otot ini juga lebih mudah mengalami kelelahan. Otot lurik berada di sepanjang rangka tubuh manusia, seperti rangka tangan dan rangka kaki.

• Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang hanya terletak di organ jantung manusia. Sama seperti otot polos, otot ini memiliki sebuah inti sel serta bekerja secara lambat, tidak mudah lelah, dan tidak sadar. Bedanya, wujud otot jantung adalah berlurik-lurik dan memiliki serabut otot yang beraturan.

sorry kalo salah :)

Jawaban 2

~Otot memiliki tiga fungsi, yaitu melaksanakan gerakan, memelihara postur tubuh, dan memproduksi panas.

~Macam-macam Otot Manusia

Jaringan otot pada manusia umumnya menempel pada tulang dan berperan untuk membantu pergerakan. Namun, ada yang menjadi bagian organ-organ vital seperti jantung maupun organ-organ pencernaan. Berikut ini macam-macam otot manusia beserta fungsinya:

•Otot Rangka

Macam-macam otot yang pertama ialah otot rangka. Jenis otot ini menciptakan gerakan dalam tubuh dan membentuk sekitar 40 persen dari berat tubuh seseorang. Ketika sistem saraf memberi sinyal otot untuk berkontraksi, kelompok otot bekerja untuk menggerakkan kerangka.

Di samping itu, otot rangka juga kerap disebut sebagai otot lurik. Otot rangka banyak ditemukan di atas sendi, melekat pada dua tulang. Mereka biasanya mengontrol gerakan melalui aktivasi oleh cabang somatik dari sistem saraf perifer, dengan kecepatan kontraksi yang cepat.

Selain berfungsi menggerakkan tubuh, otot rangka juga berperan dalam pengaturan suhu. Sehingga, menggunakan kontraksi otot yang cepat dapat meningkatkan suhu tubuh.

•Otot Jantung

Otot jantung merupakan salah satu jenis otot yang hanya ditemukan di jantung. Jenis otot ini membentuk dinding jantung dan menciptakan denyut jantung yang teratur dan berirama yang memompa darah ke seluruh tubuh dari sinyal dari otak.

Selain itu, jenis otot ini juga menciptakan implus listrik yang menghasilkan kontraksi jantung, namun hormon dan rangsangan dari sistem saraf dapat memengaruhi implus-implus ini seperti detak jantung meningkat saat takut. Seperti otot rangka, jaringan otot jantung juga bersifat lurik.

Di antara serat-serat terdapat ruang intermiten, yang mengandung jaringan ikat dan banyak kapiler untuk memastikan pasokan oksigen yang konstan. Ketebalan otot jantung berbeda di seluruh jantung.

Misalnya, ventrikel kiri harus memompa darah ke seluruh tubuh karena bersifat tebal. Dinding ventrikel kanan lebih tipis karena hanya perlu memompa darah yang kekurangan oksigen jarak pendek dari jantung ke paru-paru.

•Otot Polos

Otot polos merupakan salah satu jenis otot yang membentuk dinding organ berlubang, saluran pernapasan, dan pembuluh darah. Jenis otot ini memiliki gerakan seperti gelombang yang mendorong melalui sistem tubuh, seperti makanan melalui perut atau urin melalui kandung kemih.

Otot polos berkontraksi jauh lebih lambat daripada otot rangka dan jantung. Tujuannya ialah untuk memindahkan zat melalui organ atau pembuluh darah. Selain itu, otot polos juga bekerja dengan berkontraksi dalam gelombang atau yang lebih dikenal sebagai peristaltik.

Di samping itu, otot polos terdiri dari sel-sel berbentuk spindel dengan inti tunggal yang terletak di pusat. Jaringan otot polos akan berkontraksi secara lambat dan otomatis. Otot ini banyak ditemui pada otot-otot organ dalam dan sistem pencernaan.

~Gerak dan Kerja Otot

Otot bergerak secara kontraksi dan relaksasi. Ketika otot berkontraksi, maka ukurannya akan memendek, mengeras, dan akan membentuk sebuah gelembung pada bagian tengahnya. Dengan adanya kontraksi pada otot, maka tulang akan tertarik.


Pertanyaan Terkait

jamur dibedakan dari tumbuhan karena tidak memiliki krofil.untuk kelangsungan hidupnya jamur mrmiliki tiga cara unutk memporoleh makanannya​

Answers

Jawaban:

Heterotrof ( Memakan sampah)

Parasit ( Mengambil makanan organisme lain)

Mutualisme ( Bertukar makanan dengan organisme lain).

Penjelasan:

semoga membantu.

Tuliskan 3 contoh yang termasuk pada satuan baku​

Answers

Jawaban:

Berikut adalah lima contoh satuan BAKU:

  • Meter, sentimeter, kilometer (panjang)
  • Kilogram, gram (massa)
  • Liter, sentimeter kubik, meter kubik (volume)
  • Hektar, meter persegi (luas)
  • Detik (waktu)

Penjelasan:

Perhatikan gambar berikut tanaman di samping berkembang biak dengan menggunakan akar tunggal deston B umbi lapis D tunasPerhatikan gambar berikut Tumbuhan seperti pada gambar di samping berkembang biak secara vegetatif menggunakan ​

Answers

Jawaban:

mana gambarnya .

.

.

.

.

.

Jelaskan bagian yang dimanfaatkan dari rotan dan penggunaannya! mohon bantuannya ya :)

Answers

Jawaban:

adalah batangnya

Penjelasan:

rotan yaitu digunakan sebagai bahan furniture bagian yang digunakan adalah batangnya

Cara beradabtasi mawar

Answers

Jawaban:

Adaptasi bunga mawar adalah duri yang tajam di batangnya. Duri ini digunakan untuk melindungi bunga mawar dan membantu bunga mawar merambat, serta bunga yang menarik hewan penyerbuk.

Jawaban:

Adaptasi bunga mawar adalah duri yang tajam di batangnya. Duri ini digunakan untuk melindungi bunga mawar dan membantu bunga mawar merambat, serta bunga yang menarik hewan penyerbuk.

Penjelasan:

Bunga mawar adalah tanaman berbunga (Angiospermae) jenis dikotil dari genus Rosa. Bunga mawar dikenal karena bunganya yang berbentuk indah, berwarna menyala dan harum baunya.

Bunga mawar memiliki duri di seluruh bagian batangnya. Duri ini sangat tajam dan membantu melindungi mawar dari hewan pemangsa atau herbivora dan perusak tanaman. Duri ini tajam sehingga dapat membuat hewan yang menggangu berdarah.

Selain menghalau hewan penganggu, duri ini ini juga berfungsi membantu bunga mawar tumbuh merambat. Duri ini mencengkeram batang tanaman atau tiang penyabgga di taman sehingga bunga mawar bisa merambat terus ke atas.

Bunga mawar yang harum dan berwarna merah menyala terang juga merupakan bentuk adaptasi. Bunga berwarna terang ini dan bau harumnya menarik serangga penyerbuk seperti kupu-kupu dan lebah agar mendatangi bunga mawar dan membantu penyerbukan. Dengan bantuan lebah, serbuk sari bisa jatuh ke putik bunga atau dibawa ke bunga mawar. Penyerbukan bisa lebih cepat dan lebih sering sehingga bunga mawar terbantu perkembangbiakannya.

Apa nama ibu kota Indonesia ?
tolong di jawab​

Answers

Jawaban:

nama ibu kota kita sekarang masih jakarta.

dan rencana presiden kita jokowi dodo ingin memindahkan ibu kota indonesia ke kalimantan yaitu di kutai kartanegara. tapi presiden ingin fokus untuk menyembuhkan dan mencegah orang terkena virus korona

Perbandingan fenotip F2 dari persilangan monohibrida dominan penuh adalah... A. 1:1:1
B. 1:2:1
C. 1:1
D. 3:1​

Answers

Jawaban:

perbandingan fenotip F2 dari persilangan monohibrida dominan penuh adalah...

B. 1:2:1

maaf kalau salah.....

Jawaban:

D. 3:1

semoga membantu :)

1.cara hidup ayam? 2.cara hidup semut?
3.cara beradaptasi ayam?
4.cara beradaptasi semut?
5.cara hidup bebek?
6.cara beradaptasi bebek?
Tolong dijawab karena sebentar lagi mau dikumpul​

Answers

Jawaban:

I will answer your question

No 1cara hidup ayam

penjelasan: ayam adalah hewan bertive omnivora,yg memungkinkan bisa memakan makanan yg ada,pun mempunyai kaki yang bisa untuk mengais dilumpur (tanah)

jika ayam merasa terganggu dia akan mengapak ngepakan sayapnya

No 2

cara hidup semut

penjelasan: Semut mempunyai antena untuk berkomunaksi dengan sesama temannya (semut)

jika dia terasa terganggu dia akan menggigit binatang/manusi dengan mulutnya

No 3

cara beradaptasi ayam

penjelasan: memiliki paruh yang kecil kuat untuk mematuk/memakan/dan kaki untuk mengais tanah

No 4

cara beradaptasi semut

penjelasan: semut itu mempunyai 2 antena yang berguna untuk menyentuk, membau, dan mersakan getaran.

No 5

cara hidup bebek

penjelasan: Binatang ini mempunyai selaput dikakinya yng untuk berenang di air

paruhnya berguna untuk bersudu mencari makan

jika dia merasa terganggu hewan ini langsung mematuk dan menerkam

No 6

cara beradaptasi bebek

penjelasan: Hewan ini memounyai bulu yg sangat tebak agar tidak kedinginan.Kaki berselaput berguna untuk berenang.jika terganggu dia akan mematuk

Sorry if wrong

Penjelasan:

May be useful

Jawaban:

Penjelasan:Semut =

cara hidup = mempunyai antena untuk berkimunikasi dgn sesama kawannya

SPD = bekerja sama untuk mencari makan dan bisa menggigit siapa yg melukainya ( tipe mulut penusuk )

Ayam =

Cara hidup = ayam termasuk hewan bertipe omnivora, yakni bisa memakan majanan yg ada, mempunyai kaki yg bisa untuk mengais ngais makanan di lumpur.

SPD = Saat merasa terganggu, Ayam akan mematuk kita sambil mengepak ngepakan sayapnya

Bebek =

cara hidup = mempunyai kaki yg berselaput yg berfungsi untuk memudahkan kita ketika berenang. paruhnya bersudu yg berfungsi untuk mencari makanan di lumpur.

SPD = bisa mematuk siapa yg bisa menerkamnya

Cara membudayakan pola hidup bersih pada PHBS

Answers

Jawaban:

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Semoga Membantu XD

(Maaf klo salah)

Jelaskan jenis tulang berdasarkan bentuknya dan berikan contoh nama tulangnya​

Answers

Jawaban:

1. Tulang panjang

Tulang panjang memiliki rongga dan bertanggung jawab sebagai penopang kerangka tubuh. Contoh tulang panjang antara lain tulang paha (femur), tulang betis (fibula), tulang kering (tibia), tulang telapak kaki (metatarsal), dan tulang telapak tangan (metacarpal), jari-jari (phalang), serta tulang yang membentuk lengan yaitu humerus, ulna, dan radius.

2. Tulang pendek

Ukurannya kira-kira sepanjang lebar dan berbentuk seperti dadu atau bundar. Tulang ini yang memungkinkan Anda untuk bergerak. Contoh tulang pendek antara lain tulang yang membentuk pergelangan kaki (tarsal) dan tulang membentuk pergelangan tangan (carpal).

3. Tulang pipih

Tulang pipih memiliki ukuran yang sangat tipis, tapi ukuran dan bentuknya sangat bervariasi. Tulang ini memiliki area permukaan untuk melindungi otot yang terdapat pada tulang tersebut. Contoh tulang pipih antara lain tulang rusuk (rib), tulang tengkorak (cranial), tulang dada (sternum), dan tulang belikat (scapula).

4. Tulang tidak teratur

Tulang tidak teratur memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan tulang panjang, pendek, atau pipih. Contoh tulang ini adalah tulang belakang (vertebrae), tulang sacrum, tulang ekor (coccygeal), serta sebagian tulang yang membentuk wajah seperti tulang baji (sphenoid), tulang pipi (zygomatic), dan tulang ethmoid.

5. Tulang sesamoid

Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam di tendon (jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang). Tulang bulat kecil ini umumnya ditemukan di tendon tangan, lutut, dan kaki. Tulang sesamoid berfungsi untuk melindungi tendon dari tekanan pada sendi dan meningkatkan efisiensi sendi. Contoh tulang ini adalah tempurung lutut (patella).

6.Tulang tengkorak

Tengkorak melindungi bagian terpenting dari seluruh otak. Tengkorak sebenarnya terdiri dari tulang yang berbeda. Beberapa tulang ini melindungi otak Anda, sementara yang lain membentuk struktur wajah Anda.

Tulang tengkorak terdiri dari tulang dahi (frontal), tulang ubun-ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), dan tulang pembentuk wajah yaitu tulang pipi, tulang baji, tulang rahang bawah (mandibula), tulang rahang atas (maksila), tulang air mata (lakrimal), dan tulang hidung (nasal).

7.Tulang belakang (vertebral coloumn)

Anatomi tulang belakang manusia memiliki 33 ruas tulang yang terbagi menjadi lima ruas, yaitu 7 tulang leher (cervical), 12 tulang dada (thoracic), 5 tulang punggung bawah (lumbar), 5 tulang sacrum, dan 4 tulang ekor (coccygeal)

Masing-masing ruas tulang tersebut dinamai untuk huruf pertama dari ruas dan posisinya di sepanjang sumbu atas sampai bawah, kecuali dari sacrum dan tulang ekor. Sebagai contoh, tulang dada atau thoracic yang paling atas disebut T1 dan yang paling bawah disebut T12.

Istilah istilah kehidupan dalam populasi​

Answers

Jawaban:

disambiguasi

istilah ini untuk pengertian yang agak berbeda: ... Dalam biologi, populasi adalah sekumpulan individu dengan ciri-ciri sama (satu spesies yang sama) yang hidup dalam tempat dan waktu yang sama.

Penjelasan:

Sebutkan dan jelaskan 6 modifikasi pada daun

mau dikumpul cepat ya​

Answers

Jawaban:

1.Litokis adalah suatu sel yang lebih besar dari epidermis normal yang pertumbuhan khusus ke arah dalam.

2.Stomata adalah celah yang kedua sel penutupnya pada daun.

3.Rambut halus adalah sebagai penyerap air yang ada didalam tanah.

4.Sel Silika dan Sel Gabus yang dimaksud sel silika adalah sel yang berisi kristal silica, sementara sel Gabus memiliki endapan suberin.

5.Sel Kipas atau Sel Bulliform merupakan sel yang lebih besar ketimbang sel epidermis lain.

6.Trikoma merupakan tonjolan epidermis yang terdiri satu sel atau lebih.

#smoga membantu

Jawaban:

lokitis

stomata

rambut halus

sel silika(sel gabus)

sel kipas(sel bunifrom)

trikoma

Jelaskan penyerbukan silang ​

Answers

Jawaban:

Penyerbukan silang (alogami) adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan ini sering disebut juga persilangan.

Penjelasan:

Jawaban:

Penyerbukan Silang (Alogami)

Artinya serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan, tapi masih sejenis.

Ciri ciri khas dan ciri ciri habitat tupai​

Answers

Jawaban:

a. Tupai hidup di hampir semua habitat dari tropis hutan hujan ke semi kering padang pasir, dan hanya menghindari daerah kutub tinggi dan gurun terkering. b. Tupai mampu melakukan kamuflase, terutama ketika di batang pohon serta memiliki kecepatan berpindah dari pohon satu ke pohon lainnya guna mengecoh predator.

Tupai hidup di hampir semua habitat dari tropis hutan hujan ke semi kering padang pasir, dan hanya menghindari daerah kutub tinggi dan gurun terkering. Tupai mampu melakukan kamuflase, terutama ketika di batang pohon serta memiliki kecepatan berpindah dari pohon satu ke pohon lainnya guna mengecoh predator.

Nuklir terletak pad pusat atom, sehingga sering di sebut inti atom yang terdiri dari​

Answers

Jawaban:

Penjelasan:Sebuah inti atom terdiri dari proton dan neutron yang saling terikat sangat kuat. Gaya elektromagnet yang menyebabkan semacam arus (muatan), mencegah proton membentuk ikatan tanpa neutron (gaya elektromagnetik tersebut akan menghancurkan inti nuklir semacam itu - ikatan tanpa neutron).

. Otot binaragawan yang terus-menerus dilatih akan menjadi besar dan bagus. Otot-otot tersebut mengalami​

Answers

Jawaban:

Hipertrofi

Penjelasan:

Hipertrofi adalah pembesaran otot akibat bekerja secara terus menerus secara berlebihan

1. Tuliskan 5 contoh nama latin hewan dan 5 nama latin tumbuhan 2. Tuliskan 5 syarat dalam penulisan ilmiah

Answers

Jawaban:

1. Nama Latin hewan:

Cetacea (paus)

Thylogale sp. (kangguru tanah)

Panthera Tigris Sondaica (harimau jawa)

3. Gylcinp max Merr (kedelai)

Merr diambil dari nama deskriptor (E.D.Merril)

Jaringan yang berfungsi untuk menyokong tubuh tumbuhan yang masih muda adalah jaringan ... .​

Answers

Jawaban:

Jaringan kolenkim

Penjelasan:

Jaringan kolenkim adalah jaringan penyokong atau penguat pada organ tumbuhan muda dan tanaman herba. Kolenkim merupakan sel hidup yang sifatnya mirip dengan parenkim. Ada sel yang mengandung kloroplas dan berperan dalam proses fotosintetis.

Maaf kalo salah...

Lagu bengggong menggunakan birama
a.2/4
b.3/4
c.5/4
d.6/4​

Answers

birama lagu bengggong adalah A.2/4

maaf kalau salah

Tentukan perbandingan fenotip dan genotip persilangan antara tanaman tinggi dan manis (TTMm) dengan tanaman rendah dan asam (ttmm) jawab dong :( ​

Answers

Penjelasan:

fenotip TtMM

genotipe TtMm

Pertanyaan Lainnya
Kelas 5 SD Salah satu permainan bola kecil A kasti B sepak bola C volly D basket ball Tolong jawab yang benar Tolong cepetan di jawab Sebutkan 15 jenis hewan di sekitar kita beserta manfaatnya​ Sebuah kompleks perumahan hanya dihuni oleh pekerja perkebunan kelapa sawit. berdasarkan analisis keruangan, hal ini menggunakan konsep * A.)Lokasi B.)Jarak C.)Keterkaitan keruangan D.)Aglomerasi E.)Keterjangkauan​ Pak danu seorang pedagang mebel.pak danu ingin m Susunlah kalimt acak A-P-C Bacalah teks berikut untsák menjawab soal nomor 1-2 ! (1) Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 baa itu juga salinan naskah proklamasi yang sudah ditandatangani oleh Soekamo dan 9 disampaikan kepada Pusat Jawatan Radio (sekarang RRI) untuk disebarluaskan. (3) BO kemerdekaan disiarkan tiga kali berturut-turut oleh Yusuf Ronodipuro. Bachtiar Lubis, dan Sur Sumber: Sejarah Nasional Indonesia, dengan penyesuaian 7. Kalimat tanya yang tepat sesuai teks tersebut adalah ... a. Apa yang akan terjadi setelah teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Soekamo b. Siapa yang menandatangani teks proklamasi kemerdekaan Indonesia c. Di mana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan? S d. Mengapa Soekamo tidak segera memproklamasikan kemerdekaan? 8. Informasi penting yang dapat ditemukan menggunakan kalimat tanya "Siapa saja tokoh yang me Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah... 90 a Soekarno. Moh Harta dan Bachtiar Lubis b. Bachtiar Lubis, Soekamo, dan Suprapto c. Yusuf Ronodipuro, Suprapto, dan Moh Hatta d. Suprapto, Bachtiar Lubis, dan Yusuf Ropodipuro er​ Siapa yang menimbang berat bumi? ​ 2÷2/5= tolong di jawab pakai caranya​ 999 x 99 = tolong dong memilih barang atau jasa secara tepat guna merupakan contoh perilaku berdasarkan prinsip ekonomi bagi ​ 2. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang teman 1. Jelaskan pengertian jujur! berbohong kepada orang lain? 3. Berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain! 4. Jelaskan bahaya jika seseorang mengingkari janji! 5. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang pemimpin yang mengingkar janji! TOLONG DIJAWAB YA :) BUKU PAKET PABP HAL 40​ Tuliskan 3 sikap tanggung jawab warga Negara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pernapasan! * Diantara kelompok atau kumpulan berikut ini mana kah yang merupakan suatu himpuan.Berikan alasanya! A.Kelompok bilangan cacah. B.Kelompok bilangan besar. C.Kelompok bilangan asli yang habis dibagi 5. D.Kumpulan hewan berkaki dua. E.Kumpulan siswa pandai dikelas mu. F.Kelompok warna yang menarik.​ Jika 1jam yang lalu pukul 09.45 Pukul berapakah 2,5 jam yang akan datang​ Diketahui p={1,2,3,5,7,9} Q={2,3,5,7,11} tentukan p n q= dan p u q=​ Wilayah Indonesia dilalui dua jalur pegunungan muda yaitu sirkum Pasifikdan sirkum Mediterania .Hal ini merupakan letak wilayah Indonesia berdasarkan letak​ 2. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur teks berita​ Jelaskan kebijakan dibidang politik, sosial, budaya dan ekonomi pada kerajaan : a. Kerajaan Kutai ​ Yesterday was ..... . today is thursday. a. friday b.monday c.wednesday d.saturday​ Di antara dua titik di dalam lingkaran dapat ditarik garis yang disebut​