frontpage hit counter

Peranan kpk dal penegakan hukum di indonesia​

Jawaban

Jawaban 1

kpk memiliki peranan dalam penegak hukum yaitu untuk tugas dan peran melakukan koordinasi pemberantasan tindak pidana korupsi; supervise; penyelidikan, penyidikan dan penuntutan; melakukan tindakan pencegahan; dan melakukan pemantauan (monitoring)

mmf klo salah


Pertanyaan Terkait

Contoh hak di bidang politik​

Answers

Jawaban:

  1. mempunyai hak pilih dalam pemungutan suara (pemilu)

1. Hak untuk Memilih.

2. Hak untuk Dipilih.

3. Hak Ikut Serta dalam Pemerintahan.

4. Hak Mendirikan Partai Politik.

5. Hak Memberikan Pendapat.

6. Hak Diangkat dalam Jabatan Pemerintahan.

7. Hak Mendirikan Organisasi yang Berhubungan dengan Politik.

Sebutkan pembagian kekuasaan negara RI menurut uud 1945 yang berlaku saat ini

Answers

Jawaban:

Kekuasaan Yudikatif

kekuasaan exsekutif

kekuasaan legislatif

Penjelasan:

Kouta merupakan jenis kebutuhan​

Answers

Jawaban:sebenarnya kuota itu jenis kebutuhanya:tersier

karena sekarang sedang pandemi maka

kuota jenis kebutuhan:primer

karena apa?hmm...

sekarang saya akan jelaskan:-)

penjelasan:

Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan primer yang paling tidak terpisahkan dari hidup seseorang. Mungkin bagi sebagian orang paket data internet adalah hal yang sangat dibutuhkannya, tetapi bagi sebagian orang lain itu bukan menjadi salah satu yang sangat dia butuhkan.

Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan primer yang paling tidak terpisahkan dari hidup seseorang. Mungkin bagi sebagian orang paket data internet adalah hal yang sangat dibutuhkannya, tetapi bagi sebagian orang lain itu bukan menjadi salah satu yang sangat dia butuhkan.Namun dapat dipastikan jumlah pemakai atau pengguna internet saat ini kian hari kian bertambah, dimanapun kita berada hampir setiap waktu menggunakan internet.

Untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer manusia yaitu internet, saat ini beragam provider internet telah hadir dengan memberikan jaringan koneksi internet super cepat dan juga pelayanan yang terbaik. Selain itu kebutuhan internet di setiap rumah saat ini sudah menjadi kewajiban hampir setiap orang, karena internet saat ini menjadi kebutuan primer manusia.

kuota adalah kebutuhan yang sangat diperlukan kita sekarang karena kita sekarang serba dirumah kan?

misal:

-bekerja dari rumah

-belajar dari rumah

-beribadah dari rumah

dan lain lain

Jawaban: kebutuhan internet

Penjelasan: karan di era moderen yang maju ini kita memerlukan yang namanya kouta internet, kouta ini adalah dunia kedua bagi seluruh umat manusia bumi melalui kouta internet kita bisa menjelajahi apa saja dan memepelajari hal yang baru dengan kouta internet ini kita bisa menjadi lebih mudah dalam akses internet tapi ada pula dampak buruk dari kouta internet ini adalah : anaka anak kini lebih cenderung lupa waktu dan melupakan dunia asli mereka, mereka lebih senang hidup di dalam dunia internet dan banyaknya anak anak yang menggunakan kacamata sejak din akibat layar hp yang sering di pantaunya dari pagi hingga malam tanpa henti

Teriamakasih maaf kalo salah ya.... teman teman :))

Sebutkan beberapa contoh penyimpangan UUD 1945 pada masa demokrasi terpimpin​

Answers

Jawaban:

Penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan Demokrasi terpimpin dari UUD 1945 adalah sebagai berikut.

1. Kedudukan Presiden

Berdasarkan UUD 1945, kedudukan Presiden berada di bawah MPR. Akan tetapi, kenyataannya bertentangan dengan UUD 1945, sebab MPRS tunduk kepada Presiden. Presiden menentukan apa yang harus diputuskan oleh MPRS. Hal tersebut tampak dengan adanya tindakan presiden untuk mengangkat Ketua MPRS dirangkap oleh Wakil Perdana Menteri III serta pengagkatan wakil ketua MPRS yang dipilih dan dipimpin oleh partai-partai besar serta wakil ABRI yang masing-masing berkedudukan sebagai menteri yang tidak memimpin departemen.

2. Pembentukan MPRS

Presiden juga membentuk MPRS berdasarkan Penetapan Presiden No. 2 Tahun 1959. Tindakan tersebut bertentangan dengan UUD 1945 karena Berdasarkan UUD 1945 pengangkatan anggota MPRS sebagai lembaga tertinggi negara harus melalui pemilihan umum sehingga partai-partai yang terpilih oleh rakyat memiliki anggota-anggota yang duduk di MPR.

Anggota MPRS ditunjuk dan diangkat oleh Presiden dengan syarat :

Setuju kembali kepada UUD 1945, Setia kepada perjuangan Republik Indonesia, dan Setuju pada manifesto Politik.

Keanggotaan MPRS terdiri dari 61 orang anggota DPR, 94 orang utusan daerah, dan 200 orang wakil golongan.

Tugas MPRS terbatas pada menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

3. Pembubaran DPR dan Pembentukan DPR-GR

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hasil pemilu tahun 1955 dibubarkan karena DPR menolak RAPBN tahun 1960 yang diajukan pemerintah. Presiden selanjutnya menyatakan pembubaran DPR dan sebagai gantinya presiden membentuk Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR). Dimana semua anggotanya ditunjuk oleh presiden. Peraturan DPRGR juga ditentukan oleh presiden. Sehingga DPRGR harus mengikuti kehendak serta kebijakan pemerintah. Tindakan presiden tersebut bertentangan dengan UUD 1945 sebab berdasarkan UUD 1945 presiden tidak dapat membubarkan DPR.

Tugas DPR GR adalah sebagai berikut.

Melaksanakan manifesto politikMewujudkan amanat penderitaan rakyatMelaksanakan Demokrasi Terpimpin

4. Pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara

Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) dibentuk berdasarkan Penetapan Presiden No.3 tahun 1959. Lembaga ini diketuai oleh Presiden sendiri. Keanggotaan DPAS terdiri atas satu orang wakil ketua, 12 orang wakil partai politik, 8 orang utusan daerah, dan 24 orang wakil golongan. Tugas DPAS adalah memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan mengajukan usul kepada pemerintah.

Pelaksanaannya kedudukan DPAS juga berada dibawah pemerintah/presiden sebab presiden adalah ketuanya. Hal ini disebabkan karena DPAS yang mengusulkan dengan suara bulat agar pidato presiden pada hari kemerdekaan RI 17 AGUSTUS 1959 yang berjudul ”Penemuan Kembali Revolusi Kita” yang dikenal dengan Manifesto Politik Republik Indonesia (Manipol) ditetapkan sebagai GBHN berdasarkan Penpres No.1 tahun 1960. Inti Manipol adalah USDEK (Undang-undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia). Sehingga lebih dikenal dengan MANIPOL USDEK.

5. Pembentukan Front Nasional

Front Nasional dibentuk berdasarkan Penetapan Presiden No.13 Tahun 1959. Front Nasional merupakan sebuah organisasi massa yang memperjuangkan cita-cita proklamasi dan cita-cita yang terkandung dalam UUD 1945. Tujuannya adalah menyatukan segala bentuk potensi nasional menjadi kekuatan untuk menyukseskan pembangunan. Front Nasional dipimpin oleh Presiden Sukarno sendiri. Tugas front nasional adalah sebagai berikut.

Kebijakan pemerintah :

Keadaan defisit negara yang semakin meningkat ini diakhiri pemerintah dengan pencetakan uang baru tanpa perhitungan matang. Sehingga menambah berat angka inflasi.

13 Desember 1965 pemerintah mengambil langkah devaluasi dengan menjadikan uang senilai Rp. 1000 menjadi Rp. 1.

Dampaknya dari kebijakan pemerintah tersebut :

Uang rupiah baru yang seharusnya bernilai 1000 kali lipat uang rupiah lama akan tetapi di masyarakat uang rupiah baru hanya dihargai sekitar 10 kali lipat lebih tinggi dari uang rupiah baru.

Tindakan moneter pemerintah untuk menekan angka inflasi malahan menyebabkan meningkatnya angka inflasi.

Semoga bermanfaat

Wilayah negara Indonesia berupa daratan lautan dan udara Benarkah jelaskan​

Answers

Jawaban:

karena indonesia termasuk Negara maritim,negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Selain itu, negara maritim biasanya negara yang memiliki banyak pulau.

Penjelasan:

maaf kalau salah

Tujuan Soekarno Hatta diasingkan adalah agar tidak dipengaruhi oleh​

Answers

Jawaban: Tentara Jepang

NB: Mohon maaf jika salah

Penjelasan:

Sebutkan pembagian kekuasaan negara RI menurut uud 1945 yang berlaku saat ini

Answers

Jawaban:

Ada 3 pembagian kekuasaan di negara kita:

  1. Legislatif
  2. Eksekutif
  3. Yudikatif

Penjelasan:

Negara kita lebih besar menganut dengan teori pembagian kekuasaan menurut Montesqieu, legislatif, eksekutif, dan yudikatif

  • Legislatif—kekuasaan yang berkuasa dalam merancang dan mengatur undang-undang dasar. Di Indonesia, lembaga legislatur seperti MPR, DPR, DPD, dan DPR tingkat I dan II (DPRD) berkuasa dalam mengatur Undang-undang Dasar RI 1945
  • Eksekutif—kekuasaan inilah yang berkuasa dalam menjalankan dan mewujudkan jalan kerjanya undang-undang dasar. Di Indonesia, lembaga eksekutif disebut juga sebagai pemimpin (presiden, gubernur, walikota/bupati, camat, lurah/kepala desa) yang ditemani oleh wakilnya dalam menjalankan Undang-undang Dasar RI 1945, mengatur sistematika negara, dan menjalin hubungan negara dan antarnegara
  • Yudikatif—kekuasaan ini berguna untuk menegakkan peradilan negara. Di Indonesia, lembaga yudikatif seperti MA, MK, Pengadilan Negeri, dan Pengadilan Agama bertujuan untuk menjalankan sistem peradilan berdasarkan Undang-undang Dasra yang sudah diatur

Semoga membantu dan maaf kalau ada salah ya :)

Dari cerita singkat tentang desa mopuya,nilai karakter apa yang kamu teladan?​

Answers

Jawaban:

hidup rukun berkomitmen dan bertoleransi

Bagi bangsa Indonesia Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 memiliki makna…. * A. Mengandung nila-nilai universal yang dijunjung tinggi oleh seluruh bangsa di dunia
B. Dasar negara yang fundamental
C. Jiwa dan kepribadian bangsa
D. Pokok kaidah negara yang fundamental​

Answers

Jawaban:

A. mengandung nilai nilai universal yang dijunjung tinggi oleh seluruh bangsa di dunia

Penjelasan:

Makna pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut: Merupakan sumber motivasi dan perjuangan serta tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional. Merupakan sumber cita hukum dan moral yang ingin ditegakkan. Mengandung nilai-nilai universal dan lestari.

A. Mengandung nila-nilai universal yang dijunjung tinggi oleh seluruh bangsa di dunia

semoga membantu semangat terus ya

Di bawah ini yang tidak termasuk penderita yang di rasakan oleh bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang adalah ​

Answers

Jawaban:

penyakit yg di alami

Penjelasan:

kan masyarakat saat perang gak ada yg kena penyakit

Politik pemanfaatan bangsa Indonesia untuk kepentingan perang Belanda

maaf klw salah

Belanda membubarkan VOC pada tahun 1799. Hal ini disebabkan oleh… *​

Answers

Jawaban:

VOC mengalami kemunduran pada pertengahan abad ke-18 karena beberapa sebab sehingga dibubarkan. Beberapa alasan kenapa VOC dibubarkan adalah sebagai berikut:

*Banyak dari pegawai VOC yang melakukan korupsi dan kecurangan

*VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan, misalnya perang melawan Sultan Hasanuddin dari Gowa

*Banyaknya gaji pegawai yang harus dibayar, karena kekuasaan yang luas membutuhkan pegawai yang banyak

*Pembayaran keuntungan (dividen) bagi pemegang saham ikut memberatkan seusai VOC *mengalami kekurangan pemasukan

*Semakin bertambahnya saingan dagang di Asia, terutama Prancis dan Inggris

*Terjadi perubahan politik di Belanda dengan berdirinya Republik Batavia 1795 yang demoktaris serta liberal menganjurkan perdagangan bebas.

*Terjadinya Revolusi Prancis yang mengakibatkan Belanda jatuh ke tangan Prancis. Belanda pun jatuh di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.

Alasan tersebut menyebabkan VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. VOC meninggalkan utang 136,7 juta gulden. VOC meninggalkan kekayaan berupa kantor dagang, benteng, gudang, kapal, dan daerah kekuasaan di Indonesia. Aset-aset tersebut kemudian dialihkan kepada Pemerintahan Belanda

Penjelasan:

Faktor-faktor bubarnya VOC yaitu: a. Rendahnya gaji yang diberikan kepada pegawai-pegawai VOC menyebabkan mereka berbuat curang atau korupsi. ... VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan, baik berebut monopoli perdagangan maupun memperluas wilayah jajahan.

Perbedaan mahluk hidup eukarotik dan prokariotik​

Answers

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik – kedua sel ini merupakan pembagian dari jenis sel pada pembahasan ilmu biologi. Perbedaan dari kedua sel ini dapat di lihat dari ada tidaknya selaput ini serta dapat dilihat juga dari berbagai organel yang menyusun kedua sel tersebut.

maaf klo slah

Wab:
Tuliskan empat contoh hak kita sebagai pelajar di sekolah!

Answers

Jawaban:

Berhak mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru dan perlindungan.

Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.

Berhak meminjam buku di perpustakaan.

Berhak mempunyai banyak teman.

Jawaban:

Hak Siswa di Sekolah :

1.Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.

2.Berhak meminjam buku di perpustakaan.

3.Berhak mempunyai banyak teman.

4.Berhak menggunakan fasilitas yg ada disekolah

Jelaskan Perbedaan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

Answers

Pancasila ideologi terbuka ialah suatu ideologi yang tidak bersifat kaku dan tertutup. Maksudnya ialah ideologi yang mampu menyesuaikan perkembangan jaman. Nilai - nilai yang terdapat pada ideologi terbuka bersifat tetap dan tidak berubah ataupun tidak langsung operasional,Maka dari itu setiap kali harus di eksplisitkan. Sehingga penjabaran ideologi terlaksana dengan interprestasi yang kritis dan rasional.

Pancasila ideologi tertutup ialah suatu gagasan atau ide cita-cita dan juga sebuah pandangan yang mutlak serta tidak dapat diingkari serta wajib di terima dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Pancasila ideologi tertutup memiliki sifat totaliter yaitu berusaha mengawasi gerak gerik setiap masyarakat dan memaksakan kehendak terhadap masyarakat. Pancasila ideologi tertutup juga bersifat apriori serta diogmatis sehingga tidak dapat dikritik ataupun di ubah. Pancasila ideologi tertutup sangat menuntut kepatuhan serta ketaatan yang mutlak.

Kelompok manusia yang berada dalam wilayah tertentu yang mempunyai karakter identitas atau budaya yang khas dan bersatu serta tunduk pada aturan tertentu karena persamaan nasib, tujuan, dan cita-cita disebut​

Answers

jawaban :

Masyarakat

Penjelasan:

semoga bisa membantu dan bermanfaat

Tuliskan lima contoh perbuatan yang sesuai dengan norma agama​

Answers

Jawaban:

1Rajin atau Taat Beribadah. Bagi yang memiliki jiwa spiritual tinggi, rajin dan taat beribadah itu sangat penting. ...

2. Tidak Boleh Mencuri. ...

3. Tidak Membunuh Sesama. ...

4Menjalankan Segala Perintah-Nya. ...

5Menjauhi Segala Larangan-Nya.

A. 15. Sebagai warga negara yang setia terhadap
negara merasa miliki kewajiban untuk.....
mewaspadai pengaruh asing yang melu-
pakan sejarah perjuangan bangsa
b. meniru seluruh perilaku para pendiri
negara dalam kehidupan sehari-hari
C. meneruskan semangat dan komitmen
kebangsaan para pendiri negara
d. memperhatikan nasib anak cucu para
pendiri negara agar tidak terlantar

Tolong dibantu jawab ya​

Answers

Jawaban:

c

Penjelasan:

meneruskan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara

Pernahkah kamu bekerja sama dengan temen- teman yang berbeda?Berikan contoh!​

Answers

Jawaban:

pernah

Penjelasan:

kami bekerja klompok dan bersenang senang

Apakah tugas dan wewenang pengadilan HAM​

Answers

Jawaban:

Pengadilan HAM memiliki tugas dan wewenang untuk memeriksa dan memutuskan perkara pelanggaran HAM berat. Selain itu juga berwenang untuk memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM yang dilakukan oleh WNI dan terjadi diluar batas teritorial wilayah Indonesia.

BANTU DONGG!!! 1. Jelaskan konsep hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi, dan
kewajiban warga negara. Uraikan perbedaan dan persamaan konsep-
konsep tersebut!
2. Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam UUD
NRI Tahun 1945!
3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal!
4. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan
persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga
negara?
5. Bagaimanakah cara Anda untuk menghindari melakukan pelanggaran
terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban dalam
kehidupan sehari-hari?​

Answers

Jawaban:

1. Hak asasi, hak warga Negara, kewajiban asasi serta kewajiban warga negara adalah unsur-unsur yang melekat pada diri seseorang berkenaan dengan hak dan kewajibannya. Konsep hak dan kewajiban tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan. Berikut penjelasannya masing-masing.

Pertanyaan Lainnya
Bagaimana teknik intepretasi citra itu​ 1.Gerakan badan yang benar saat akan mendarat pada prinsip dasar lompat jauh gaya menggantung adalah... a.dibawa ke belakang b.dibawa ke depan c.dibawa ke samping d.dibawa ke bawah 2.Gerakan kedua tungkai yang benar saat akan mendarat pada prinsip dasar lompat jauh gaya menggantung adalah... a.dibawa ke belakang b.dibawa ke depan c.dibawa ke samping d.dibawa ke bawah 3.Gerakan kedua kaki yang benar saat kaki akan menyentuh tempat pendaratan pada prinsip dasar lompat jauh gaya menggantung adalah.. a.kedua kaki diluruskan ke depan b.kedua kaki diluruskan ke belakang c.kedua kaki diluruskan ke samping d.Kedua kaki disilangkan di depan 4.Pendaratan yang digunakan ketika mendarat bak lompat jauh adalah... a.menggunakan kedua kaki diawali tumit b.menggunakan kedua kaki diawali ujung telapak kaki c.menggunakan satu kaki diawali ujung telapak kaki d.menggunakan satu kaki diawali tumit 5.Gerakan badan yang benar saat mendarat pada bak lompat jauh adalah... a.berat badan dibawa ke depan b.berat badan dibawa ke samping c.berat badan dibawa ke belakang d.berat badan dibawa ke atas​ Perbandingan koin Ari dan Ira adalah 3 : 4. Jika koin Ira 8 buah, tentukan banyaknya koin Ari! ​ terdakwa menolak kalau bukan dia pelaku pembunuhan tetangganya perbaikan kalimat ambigu diatas adalah Otot yang dominan bergerak dalam melakukan aktivitas pivot? ​ Tolong jawab 5,4 x 20%​ Kitab Mahabharata Dumadi Soko wolulas Kang diarani​ Sebutkan aspek" yg dibahas dalam ekonomi mikro​ read the following sentence. observe the italicized verbs. look how the "to be" changes the verbs. 1. i am particulary suited to this position 2. i can also be reached by email 3. the application letter is written by william smith 4. the programmer position is advertised in the times union 5. three references are enclosed in the application letter 6 . the application letter was sent three days ago. 7. several positions were offered in yesterday's local newspaper​ Tulisane Budi pancen Edi.....lan nggenah di waca Pliss jawab dengan benar jangan asal asalan:( Contoh hak di bidang politik​ Salah satu prinsip menggambar model yang diterapkan pada gambar diatas yaitu Sebutkan 15 jenis hewan di sekitar kita beserta manfaatnya​ rina naik sepeda di jalan menurun sepanjang 50 m. Tanpa dikayuh sepeda meluncur dengan kecepatan 10 m/s sampai di jalan datar. Jika kecepatan awal di jalan mulai menurun 2m/s, berapakah percepatan Rina bersepeda?​ Energi yg digunakan untuk menonton TV dan perubahan energi apa yg terjadi​ Perbedaan roro Jonggrang dengan tangkauban perahu Wilayah Indonesia terbagi menjadi berapa daerah waktu? Sebutkan! ​ 1. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas. bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.​ Gerak mengayunkan lengan tanpa melangkahkan kaki merupakan jenis gerak Pukul berapa bendera merah putih dikibarkan ​