frontpage hit counter

Apa alasan kaum kafir Quraisy menolak ajaran yang dibawakan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Berikut adalah dua alasan mengapa kaum kafir Quraisy menolak serta menentang ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW:

FANATISME BUTA terhadap ajaran nenek moyang.

KEANGKUHAN dan kesombongan, serta ketidakmampuan membedakan antara kenabian dan kekuasaan.

Dan lain sebagainya.

» Pembahasan

Salah satu alasan utama mengapa kafir Quraisy menolak dakwah Rasulullah SAW adalah karena mereka sangat fanatik terhadap ajaran nenek moyangnya yang sudah mereka anut selama ratusan tahun lamanya. Meski tuhan yang mereka sembah bisa dilemahkan dengan akal sebab memang hanya benda mati namun tradisi yang sudah terpelihara ratusan tahun lamanya tersebut sulit dihilangkan.

Alasan lainnya mengapa mereka menolak serta menentang ajaran rasulullah SAW adalah karena mereka beranggapan apabila mereka menerima ajaran Muhammad SAW maka mereka akan kehilangan KEKUASAAN dan harus tunduk pada Bani Muthalib. Ketakutan ini menghantui kaum Quraisy utamanya para bangsawan dan pembesar mereka.

Alasan lainnya adalah KESOMBONGAN dan KEANGKUHAN. Mereka tidak terima dengan konsep persamaan derajat yang menempatkan kedudukan mereka setara dengan orang miskin juga para budak. Bagi mereka konsep kedudukan yang sama di hadapan tuhan ini adalah hal yang sangat keliru dan mengusik ego mereka sebagai penguasa yang terbiasa hidup dengan kasta atau kedudukan yang lebih tinggi.

» Pelajari Lebih Lanjut:

Materi tentang suku yang dibantai kafir quraisy brainly.co.id/tugas/5976236

Materi tentang kafir quraisy brainly.co.id/tugas/5726362

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode           : 10.14.5

Kelas          : 1 SMA

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Bab 5 - Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah

Kata Kunci : Kafir, Quraisy, Fanatisme, Buta, Mekkah

Penjelasan:


Pertanyaan Terkait

Apa yang dimaksud dengan gerakan MMC

Answers

Jawaban:

Merapi Merbabu Complex

Penjelasan:

Merapi Merbabu Complex merupakan sebutan atau julukan bagi gerombolan atau kelompok orang yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi dan Merbabu yang aktif setelah Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia (Pasca Perang Kemerdekaan) pada akhir 1948 hingga sebelum Peristiwa G 30 S.[1]

Penjelasan:

Microsoft Management Console (disingkat menjadi MMC), adalah sebuah perangkat lunak pembantu yang pada awalnya diperkenalkan dalam Windows NT 4.0 Option Pack yang menawarkan sebuah tempat untuk menyimpan semua perangkat bantu administrasi sistem operasi secara terintegrasi.

Apa yg kamu ketahui tentang Douwes Dekker ( Multatuli ) ?

Answers

Jawaban:

Eduard Douwes Dekker (lahir di Amsterdam, Belanda, 2 Maret 1820 – meninggal di Ingelheim am Rhein, Jerman, 19 Februari 1887 pada umur 66 tahun), atau yang dikenal pula dengan nama pena Multatuli (dari bahasa Latin multa tuli "banyak yang aku sudah derita"), adalah penulis Belanda yang terkenal dengan Max Havelaar (1860), novel satirisnya yang berisi kritik atas perlakuan buruk para penjajah terhadap orang-orang pribumi di Hindia Belanda.

Penjelasan:

semoga membantu:)

Apa itu pemberontakan permesta​

Answers

Jawaban:

adalah sebuah gerakan militer di Indonesia. Gerakan ini dideklarasikan oleh pemimpin militer dan sipil Indonesia bagian timur pada tanggal 2 Maret 1957.

Sebutkan peristiwa - peristiwa penting yang terjadi pada masa daulah usmani periode pertama​

Answers

Jawaban:

Periode pertama(1299-1402), periode ini dimulai dari berdirinya kerajaan, ekspansi pertama sampai kehancuran sementara oleh serangan timur. Sultan-sultannya berikut; 1. Usman I (1299-1326) 2. Orkhan (1326-1359) 3. Murad I (1359-1389) 4. Bayazid I Yildirim (1389-1402). Usman mendapatkan kekuasaan, setelah meninggalnya Sultan Saljuk Rum, 'Ala ad-din II. Kerajannya diperkuat dengan menambah taklukan wilayah-wilayah Byzantium.

Untuk meluaskan sayap di Asia Kecil, Usman mengirim surat kepada mereka untuk memilih tiga pilihan, yakni tunduk dan memeluk agama islam, membayar jizyah, atau diperangi. Banyak diantara mereka yang memilih untuk tunduk dan memeluk agama islam, sebagian yang lain mau membayar jizyah.

Tetapi tidak menutupi kemungkinan, bahwa sebagian juga menentang dan bersekutu dengan Tartar untuk melawannya. Sultan Usman bersama dengan anaknya Orkhan menyerang wilayah barat Byzantium hingga ke selat Bosporus. Usman juga memindahkan ibu kota kerajaan dari Qurah Hisyar/ Iskisyihar ke Bursa.

Kemajuan Turki Usmani dimulai Usman I dengan memprokalmirkan kemerdekaan wilayahnya dengan nama Kesultanan Usmani. Atas pengakuan para pembesar Saljuk dan kaum muslimin serta tunduk dan patuh juga memohon perlindungan dari kekejaman Mongol. Yang kemudian tidak ada tentara yang mengangkat senjata melawan umat islam.

Pada mulanya raja-raja Turki bergelar sebagai sultan. Sejak Sultan Salim I dapat menaklukan kerajaan Mamaluk di Mesir pada tahun 1517 M dan berhasil membawa atribut khalifah ke Turki. Maka sejak itu bergelar sultan bergelar khalifah juga. Mereka mendapatka kekuasaan secara turun-temurun.

Akan tetapi tidak harus putra pertama yang menggantikannya. Dalam perkembangan selanjutnya pergantian kekuasaan itu diserahkan kepada saudara sultan bukan kepada anaknya.

Dalam bidang militer, membentuk pasukan Janissari Inkisyariyyah yang dibina sejak kecil dan diarahkan serta dibimbing agar masuk islam. Mereka juga diasramakan dalam lingkungan dan suasana Islam. Masyarakat digolongkan sesuai dengan agama, sehingga fatwa ulama menjadi hukum yang berlaku.

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

Periode pertama (1299-1402),periode ini di mulai dari berdirinya kerajaan,ekspansi pertama sampai kehancuran sementara oleh serangan timur.sultan-sultannya

Berikut;1.usman I(1299-1326)2.orkhan(1326-1359)3.murad I(1359-1389)4.bayazid I yildirim(1359-1402).usman mendapatkan kekuasaan,setelah meninggalnya sultan saljuk Rum,'Ala ad-din II.Kerajannya diperkuat dengan menambah taklukan wilayah-wilayah Byzantium.

Maaf Kakak Klo JawabanNya Slah

Pengertian perkembangan menurut kuntowijoyo ?

Answers

Jawaban:

Pengertian dari perkembangan, kesinambungan, pengulangan, perubahan, perencanaan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesiaa).

Pembahasan

Perkembangan adalah suatu proses perubahan yang berlangsung secara teratur dan terus menerus baik dalam bentuk jumlah, ukuran, volume maupun perubahan yang disebabkan oleh unsur-unsur yang lain.

Kesinambungan adalah suatu proses yang terjadi atau terbentuk secara berkelanjutan.

Pengulangan adalah proses pengulangan terhadap sesuatu. Misalnya terhadap kata, sayur mayur, buku-buku, dan sebagainya.

Perubahan adalah suatu hal yang menyatakan tindakan , keberadaan, atau pengalaman.

Perencanaan adalah tidakan atau pengambilan keputusan terhadap sesuatu untuk mencapai suatu tujuan.

Penjelasan:

semoga membantu

1.Jelaskan teori masuknya agama Islam di Indonesia beserta buktinya !​

Answers

Jawaban:

berkembangnya kebudayaan Islam di nusantara menambah khasanah budaya nasional, memberikan dan menentukan corak pada kebudayaan bangsa Indonesia.

Perkembangan budaya Islam tidak menggantikan atau memusnahkan kebudayaan yang sudah ada di Indonesia. Karena kebudayaan yang berkembang di nusantara sudah begitu kuat di lingkungan masyarakat. Sehingga terjadi akuturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada.

Hasil proses akulturasi antara kebudayaan masa pra-Islam dengan masa Islam masuk berbentuk fisik kebendaan (seni bangunan, seni ukir atau pahat dan karya sastra) serta pola hidup dan kebudayaan non fisik.

Bentuk lain akulturasi kebudayaan pra-Islam dan kebudayaan Islam adalah upacara kelahiran, perkawinan, kematian, selamatan pada waktu tertentu berbentuk kenduri pada masyarakat Jawa.

Misal selamatan (kenduri) 10 Muharam untuk memeringati Hasan-Husen (putra Ali bin Abu Thalib), Maulid Nabi (untuk memeringati kelahiran Nabi Muhammad), dan Ruwahan (Nyadran) untuk menghormati para leluhur atau sanak keluarga yang sudah meninggal

Penjelasan:

maap kalau salah

Siapa kabinet pada masa orde baru dan tuliskan program kerjanya​

Answers

Jawaban:

Adapun kabinet pada masa orde baru beserta program kerjanya antara lain:

I. KABINET AMPERA

Kabinet Ampera ialah Kabinet yang dibentuk pertama kali pada masa peralihan kekuasaan (28 Juli 1966). Program Kabinet

AMPERA yang disebut Catur Karya Kabinet AMPERA adalah sebagai berikut:

a) Memperbaiki kehidupan rakyat terutama di bidang sandang dan pangan.

b) Melaksanakan pemilihan Umum dalam batas waktu yakni 5 Juli 1968.

c) Melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif untuk kepentingan nasional.

d) Melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.

II. KABINET PEMBANGUNAN I

Hasil sidang istimewa MPRS tahun 1968 menetapkan Soeharto sebagai presiden untuk masa jabatan 5 tahun maka dibentuklah kabinet yang baru dengan nama Kabinet Pembangunan . Tugas dari Kabinet Pembangunan I disebut dengan Pancakrida, meliputi:

1) Penciptaan stabilitas politik dan ekonomi.

2) Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Lima Tahun Tahap pertama

3) Pelaksanaan Pemilihan Umum.

4) Pengikisan habis sisa-sisa Gerakan 30 September.

5) Pembersihan aparatur negara di pusat pemerintahan dan daerah dari pengaruh PKI.

III. KABINET PEMBANGUNAN II

Ini ialah nama kabinet pemerintahan di Indonesia pada tahun 1973-1978. Wakil presiden pada masa ini ialah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pada masa kabinet ini, dimulailah Pelita II (1 April 1974 – 31 Maret 1979). Pelita II dilaksanakan pada tanggal 1 April 1974 hingga 31 Maret 1979. Targetnya ialah tercukupinya pangan, sandang,perumahan, sarana dan prasarana, mensejahterakan rakyat dan memperluas kesempatan kerja. Pelaksanaan Pelita II cukup berhasil pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 7% per tahun

IV. KABINET PEMBANGUNAN III

Program kerjanya yakni Pelita III, dilaksanakan pada tanggal 1 April 1979 hingga 31 Maret 1984. Pelita III pembangunan masih berdasarkan pada Trilogi Pembangunan dengan penekanan lebih menonjol pada segi pemerataan disebut Delapan Jalur Pemerataan, isinya antara lain:

a) Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat, khususnya sandang, pangan, dan perumahan.

b) Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan.

c) Pemerataan pembagian pendapatan

d) Pemerataan kesempatan kerja

e) Pemerataan kesempatan berusaha

f) Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bagi generasi muda dan kaum perempuan

g) Pemerataan penyebaran pembagunan di seluruh wilayah tanah air

h) Pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.

V. KABINET PEMBANGUNAN IV

Program kerjanya yakni Pelita IV, dilaksanakan pada tanggal 1 April 1984 hingga 31 Maret 1989. Prioritas utamanya ilah sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri sendiri.

VI. KABINET PEMBANGUNAN V

Program kerjanya yakni Pelita V, dilaksanakan pada tanggal 1 April 1989 hingga 31 Maret 1994. Titik beratnya pada sektor pertanian dan industri. Indonesia mempunyai kondisi ekonomi yang cukup baik dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 6,8 % per tahun. Ekspor meningkat dari tahun sebelumnya. P

VII. KABINET PEMBANGUNAN VI

Program kerjanya yakni Pelita VI, dilaksanakan pada tanggal 1 April 1994 hingga 31 Maret 1999. Prioritas utamanya yakni ekonomi yang berkaitan dengan industri dan pertanian serta pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pendukungnya. Bidang ekonomi dinilai sebagai penggerak utama pembangunan. Saai itu terjadi krisis moneter yang melanda Indonesia.

VIII. KABINET PEMBANGUNAN VII

Kabinet pembangunan VII hanya bertahan selam 3 bulan (16 Maret 1998-21 Mei 1998). Adapun Catur Krida Kabinet Pembangunan VII adalah sebagai berikut:

1) trilogi pembangunan.

2) kemandirian.

3) ketahanan nasional.

4) persatuan dan kesatuan.

Yg dimaksud Renaisance?

Answers

Jawaban:

Renaissance atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan renaisans merupakan titik awal dari sebuah perdaban modern di Eropa dimana esensi semangat Renaisans berupa pandangan manusia buka hanya memikirkan nasib di akhirat seperti abad tengah, tetapi harus memikirkan hidup di dunia.

Pembahasan  

Renaissance atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan renaisans merupakan titik awal dari sebuah perdaban modern di Eropa dimana esensi semangat Renaisans berupa pandangan manusia buka hanya memikirkan nasib di akhirat seperti abad tengah, tetapi harus memikirkan hidup di dunia.

Abad Renaisans sendiri merupakan sebuah gerakan budaya yang berkembang pada periode kira-kira dari abad ke-14 sampai abad ke-17. Abad ini dimulai di Italia pada akhir Abad Pertengahan sebelum akhirnya kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Meskipun pemakaian kertas dan penemuan barang metal mempercepat penyebaran ide gerakan ini dari abad ke-15 dan seterusnya, perubahan Renaissans tidak terjadi secara bersamaan maupun dapat dirasakan secara serentak di seluruh Eropa.

Renaisans sebagai sebuah gerakan budaya amat mempengaruhi kehidupan intelektual Eropa pada periode modern awal. Bermula di Italia lalu menyebar ke seluruh Eropa pada abad ke-16, pengaruh Renaisans dirasakan dalam sastra, filsafat, seni, musik, politik, ilmu pengetahuan, agama dan aspek lain di bidang intelektual.  

Pelajari lebih lanjut  

Pengaruh Zaman Reinasans terhadap bangsa Eropa

Penjelasan:semoga bermanfaat

Jawaban:

Renaisans (bahasa Prancis: Renaissance) atau Abad Pembaharuan adalah kurun waktu dalam sejarah Eropa dari abad ke-14 sampai abad ke-17, yang merupakan zaman peralihan dari Abad Pertengahan ke Zaman Modern. ... Dalam dunia politik, budaya Renaissance berkontribusi dalam pengembangan konvensi diplomasi.

Proses masuknya agama Hindu - Budha​

Answers

Jawaban:

Berawal dari jalur perdagangan,yaitu sebelum masuknya penjajah kolonial ke Nusantara,Prosesnya adalah Indonesia melakukan kegiatan transaksi dengan bangsa asing.Terutama negara Tiongkok dan India yang beragama hindu budha terbesar di Asia

Jelaskan perubahan dinamika ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa Daulah Usmani​

Answers

Berikut adalah perubahan dinamika dalam ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa Daulah Usmani:

1. Ilmu Filsafat, Istilah filsafat dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan dan penyidikan yang sesuai dengan akal budi mengenai segala hakikat yang ada dapat dilihat dari asal dan hukumnya. Filsafat dipahami bermacam macam seperti filsafat ketuhanan, filsafat alam, dan filsafat islam. Dalam filsafat islam dijelaskan sebagai pengetahuan dan penyidikan dengan akal budi mengenai segala hakikat yang ada yang dapat dilihat dari asal dan hukumnya dan ketentuan ketentuannya berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadits. Berikut adalah tokoh tokoh filsafat Islam antar lain:

  • Abu Ishak Al Kindi (809-873 M)
  • Abu Nashr Al Farabi (870-950 M)
  • Ibnu Sina (980-1036 M)
  • Al-Ghazali (1058-1111 M)
  • Ibnu Rusyd (1126-1198 M)

2. Ilmu Kedokteran Dokter, Ilmu kedokteran muslim pertama kali terkenal pada Dinasti Abbasiyah diperkenalkan oleh

  • Hunain Ibnu Ishaq (804-874 M) yang terkenal menjadi dokter yang pakar di bidang penyakit mata.
  • Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakaria Ar Razi (809-73 M), yang terkenal dengan sebagai dokter yang pakar di bidang penyakit cacar dan  campak.
  • Ibnu Sina (980-1036 M) seseorang dokter pada Istana Amir Nuh Ibnu mansur di Bukhara. Karya tulisnya yang terkenal berjudul "Al Qanun Fi At Tib" artinya ensiklopedi kedokteran. Selama berabad abad ensiklopedi susunan Ibnu Sina ini, menjadi buku wajib  para mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Eropa. Bagi dunia barat (Eropa), Ibnu Sina terkenal menggunakan nama Avicena.

3. Ilmu Farmasi serta Kimia, Farmasi artinya pengetahuan tentang pembuatan obat obatan, sedangkan ilmu kimia berarti ilmu yg membahas perihal penguraian zat zat. Para cendekiawan muslim yang pakar pada bidang farmasi dan  kimia, antara lain:

  • Ibnu Bachtiar (abad ke 7 M)
  • Rasyiduddin bin Suwari (wafat tahun 639 H)
  • Jubair bin Haiyah (hidup di masa Khalifah al Mahdi 158-169 H)
Pembahasan

Ilmu merupakan merupakan suatu usaha sistematis dengan metode ilmiah yang pengembangan dan penataan pengetahuan yang dibuktikan dengan penjelasan dan prediksi yang teruji sebagai pemahaman manusia tentang alam semesta dan dunianya. Ilmu bukan sekadar pengetahuan, namun merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang sejarah islam pada brainly.co.id/tugas/3971030

Materi tentang perbedaan sejarah islam pada brainly.co.id/tugas/1746707

Materi tentang sejarah kebudayaan islam brainly.co.id/tugas/9364245

Detail Jawaban

Kelas: -

Mata Pelajaran : Agama Islam

Bab : -

Kode Soal: -

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

Sebutkan nama sultan yang berperan dalam penaklukan kabul dan kandahar​

Answers

Nama Sultan yang memiliki peran penting penaklukan kabul dan kandahar yang menjadi gerbang masuk ke India adalah Sultan Jalaluddin Muhammad Akbar. Sultan Jalaluddin Muhammad Akbar merupakan sultan ketiga yang menjadi raja atau pemimpin dari kekaisaran Muga.

Pembahasan

Nama-nama raja yang pernah memimpin atau memerintah kekaisaran Mugal adalah:

  • Seorang raja yang memiliki nama Zahiruddin Muhammad (Babur).
  • Seorang raja yang memiliki nama Nasiruddin Muhammad (Humayun).
  • Seorang raja yang memiliki nama Jalaluddin Muhammad (Akbar-i-Azam).
  • Seorang raja yang memiliki nama Nuruddin Muhammad Salim (Jahangir).
  • Seorang raja yang memiliki nama Shahabuddin Muhammad Khurram (Shah Jahan).
  • Seorang raja yang memiliki nama Muhiuddin Muhammad (Alamgir/Aurangzeb)  
  • Seorang raja yang memiliki nama Muhammad Mu'azzam (Bahadur Shah Alam).
  • Seorang raja yang memiliki nama Mu'izuddin Muhammad (Jahandar Shah).
  • Seorang raja yang memiliki nama Farrukhsiyar.
  • Seorang raja yang memiliki nama Rafi ud-Darajat.
  • Seorang raja yang memiliki nama Rafi ud-Daulah (Shah Jahan II).
  • Seorang raja yang memiliki nama Roshan Akhtar (Muhammad Shah)
  • Seorang raja yang memiliki nama Ahmad Shah Bahadur.
  • Seorang raja yang memiliki nama Azizuddin (Alamgir II).
  • Seorang raja yang memiliki nama Muhi-ul-Millat (Shah Jahan III).
  • Seorang raja yang memiliki nama Ali Gauhar (Shah Alam II).
  • Seorang raja yang memiliki nama Bidar Bakht (Jahan Shah IV).
  • Seorang raja yang memiliki nama Mirza Akbar (Akbar Shah II).
  • Seorang raja yang memiliki nama Abu Zafar Sirajuddin Muhammad (Bahadur Shah II).
Pelajari lebih lanjut
  1. Materi tentang 3 tokoh ilmuan filsafah pada masa dinasti abbasyiah, di link brainly.co.id/tugas/22059980
  2. Materi tentang kemajuan politik kekaisaran Mugal brainly.co.id/tugas/35275580
  3. Materi tentang sejarah berdirinya kekaisaraan Mugal brainly.co.id/tugas/40993288

===================

Detail jawaban

Kelas : VIII

Mata pelajaran : Sejarah kebudayaan islam

Bab : -

Kode soal : 8.14

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

Latar belakang perkembangannya Merkantilisme?

Answers

Jawaban:

Latar belakang merkantilisme:

Tumbuhnya perdagangan dan pelayaran dari benua Eropa dengan benua lain

Keinginan bangsa Eropa untuk mengumpulkan kekayaan dan keuntungan sebesar-besarnya

Timbulnya persaingan dagang antara negara-negara Eropa

Penjelasan:

Merkantilisme adalah sistem ekonomi yang digunakan pada abad 16 hingga 18, terutama di Eropa. Tujuan dari paham merkantilisme ini adalah untuk meningkatkan kekayaan suatu negara dengan memberlakukan peraturan pemerintah yang mengatur semua kegiatan perdagangan. Merkantilisme percaya kekayaaan suatu bangsa dapat dimaksimalkan dengan membatasi impor melalui tarif dan memaksimalkan ekspor.

Akibat dari merkantilisme ini adalah timbulnya kolonialisme dimana negara-negara Eropa mendirikan wilayah jajahan di berbagai penjuru dunia. Koloni atau wilayah jajahan ini didirikan untuk mensuplai negara Eropa dengan komoditas dagang, yang kemudian bisa diekspor untuk memberi keuntungan dagang yang besar.

Keinginan untuk mendapatkan keuntungan dagang ini membuat negara-negara di Eropa mendirikan perusahaan dagang, untuk memonopoli jalur perdagangan. Misalnya, Inggris mendirikan EIC (East India Company) untuk memonopoli perdagangan di India pada 31 Desember 1600, dan Belanda mendirikan VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie, Perusahaan dagang Hindia Belanda) pada 20 Maret 1602.

BY:CYBER HACK ID

Taktik benteng stelsel efektif diterapkan Belanda untuk menghadapi perlawanan rakyat di
wilayah Indonesia. Menurut Anda, pernyataan
tersebut benar atau salah? Deskripsikan
pendapat Anda!

Answers

Jawaban:

benar

Penjelasan:

karena taktik ini ampuh dalam merebut kembali kekuasaan di sana ( lupa lagi nama tempatnya hehe)

Deskripsi diakronis dalam sejarah adalah​

Answers

Jawaban:

DIAKRONIS adalah sebuah kemampuan dalam memahami peristiwa bukan sebagai kejadian tunggal dengan menekankan pada penelusuran waktu. Berpikir diakronis artinya memanjangkan waktu dan mementingkan proses terjadinya suatu peristiwa. ... Berpikir sikronis juga berarti mementingkan struktur yang ada pada sebuah peristiwa.

Jawaban:

Dalam sejarah DIAKRONIS adalah sebuah kemampuan dalam memahami peristiwa bukan

sebagai kejadian tunggal dengan menekankan pada penelusuran waktu. Berpikir diakronis artinya memanjangkan waktu dan mementingkan proses terjadinya suatu peristiwa.

Penjelasan:

semoga membantu, maaf klo salah

jadikan jawaban yg terbaik jga dongg

analisis singkat tentang pengaruh pemikiran dan peristiwa penting di Eropa bagi masyarakat Indonesia di bidang politik sosial ekonomi dan budaya​

Answers

1. Bidang sosial

Pengaruh Pemikiran Dan Peristiwa Penting di Eropa sangat berpengaruh dalam bidang sosial. Salah satu pengaruh dalam bidang sosial adalah munculnya masyarakat yang menganut agama Katolik dan Kristen Protestan. Penyebaran agama Kristen Protestan mulai terjadi pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Raffles. Penyebaran agama ini dilakukan oleh Nederlands Zendeling Genootschap (NZG), yaitu organisasi yang menyebarkan agama Kristen Protestan berdasarkan Alkitab.

2. Bidang ekonomi

Dengan adanya peristiwa penting di eropa masyarakat Indonesia diperkenalkan pada mata uang di masa Raffles menjalankan kebijakan Sistem Sewa Tanah. Diperkenalkannya uang kertas dan logam mendorong munculnya perbankan modern di Hindia-Belanda. Salah satunya adalah de Javasche Bank, bank modern di Hindia-Belanda yang muncul pertama kali dan didirikan di Batavia pada tahun 1828.

3. Bidang budaya

peristiwa penting di eropa membuat pengaruh kebudayaan bangsa Indonesia. Pengaruh tersebut mulai dari kosakata bahasa, musik, seni tari, pakaian, arsitektur hingga cara berpikir. Selain itu, kedatangan Bangsa Eropa juga mengenalkan berbagai hal baru ke bangsa kita. Misalnya, kita jadi tahu berbagai musik internasional ataupun tarian seperti dansa.

4. Bidang politik

Pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda itu Verenigde Oost-Indische Compagnie(VOC). Di masa itu, terjadi persaingan sengit di antara negara-negara Eropa, yaitu Portugis,Spanyol kemudian juga Inggris, Perancis dan Belanda untuk memperebutkan hegemoni perdagangan Asia Timur.

Pembahasan

Benua Eropa sering disebut dengan beberapa julukan seperti : Misalnya, benua biru yang mayoritas penduduknya bermata biru, dan benua putih yang mayoritas penduduknya berkulit putih. Pada peta geografis, benua Eropa adalah  bagian dari apa yang disebut beberapa negara di Asia, atau  Eurasia.

Letak geografis Benua Eropa adalah 36 derajat Lintang Utara (LU) – 71 derajat Bujur Utara, 9 derajat Bujur Barat (B) – 66 derajat Bujur Timur (BT).b membentang hingga 5.300 km dari  barat ke timur  dan membentang hingga 3.950 km dengan luas 10.900.000 kilometer persegi. Flora dan fauna Eropa  telah hidup berdampingan dengan komunitas pertanian selama ribuan tahun dan oleh karena itu sangat dipengaruhi oleh kehadiran dan aktivitas manusia. Daerah yang masih asli jarang ditemukan di Eropa, dengan pengecualian Skandinavia dan Rusia (dan hutan lindung). 80-90% Eropa dulunya adalah hutan. Hutan-hutan ini terbentang dari Laut Tengah hingga Samudra Arktik. Namun, setelah berabad-abad pemukiman, hampir setengah dari hutan asli telah hilang. Saat ini Eropa  memiliki seperempat  hutan dunia, termasuk hutan cemara Skandinavia, hutan pinus Rusia yang luas, hutan hujan kastanye di Kaukasus, dan hutan ek gabus di Mediterania.

Sekarang deforestasi telah berhenti dan banyak pohon telah ditanam. Negara dengan hutan paling sedikit adalah Irlandia (8%) dan negara dengan hutan terluas adalah Finlandia (72%).

Pelajari Lebih Lanjut

  • Materi tentang pengaruh Eropa ke Indonesia brainly.co.id/tugas/8921087
  • Materi tentang pengaruh Eropa di bidang sosial brainly.co.id/tugas/5775690?
  • Materi tentang pengaruh kedatang Eropa ke Indonesia brainly.co.id/tugas/357965

Detail Jawaban

Kelas: 11

Mata Pelajaran : IPS

Bab : 1

Kode Soal: 11.3.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

Masuknya budaya asing ke dalam negeri merupakan salah satu dampak interaksi keruangan. Meskipun demikian, tidak semua budaya asing dapat diterima atau diterapkan masyarakat. Kenyataan tersebut hendaknya disikapi secara tepat melalui upaya .​..

Answers

Masuknya budaya asing ke dalam negeri merupakan salah satu dampak interaksi keruangan, maka untuk menyikapinya secara tepat adalah dengan cara memfilter budaya asing yang masuk dan tetap mempertahankan buudaya lokal dan tetap melestarikannya.

Pembahasan :

Interaksi antara ruang adalah adanya hubungan antar ruang - ruang satu dengan ruang lainnya dengan mengelolanya secara tepat berdasarkan permasalahan dan keterkaitan antar ruang itu sendiri.

Syarat akan terbentuknya interaksi antara ruang yakni :

  • Satu wilayah dengan wilayah lain saling melengkapi dimana sumbeer daya yang ada.
  • Adanya kesempatan yang ada antar ruang.
  • Kondisi yang menyebabkan dapat memindahakan atau menyerahkan suatu barang.

Bentuk dari interaksi antar ruang yakni :

  • Mobilitas penduduk dimana penduduk suatu wilayah akan bergerak coontoh emigrasi, transmigraasi, urbanisasi, karya wisata, dan peerjalanan dinas.
  • Komunikasi adalah cara berinteraksi dengan menggunakan teknologi dan adanya pertukaran ide serta gagasan contoh tv, telepone, koran dan media masa.
  • Transportasi adalah alat untuk dapat memindahkan barang atau jasa dari suatu wilayah ke wilayah lain.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari tentang konsep  tata ruang wilayah brainly.co.id/tugas/4439040

Pelajari perwilayahan brainly.co.id/tugas/11271448

-----------------------

Detil Jawaban

Kelas :  12 SMA

Mapel : Geografi

Bab: Konsep Wilayah dan Tata ruang

Kode kategori : 12.8.1

Kata kunci: Interaksi antar Ruang, Budaya

Jelaskan yang dimaksud dengan teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan​

Answers

Jawaban:

sebagai pusat pertumbuhan

Penjelasan:

Dalam sejarah yang dapat terjadi berulang kali adalah ​

Answers

Jawaban:

Peristiwanya

Penjelasan:

karna tempat tidak mungkin begitu pula waktu , pola, dan pelaku

Ahli yang memandang inovasi sebagai rekombinasi dari ide-ide yang ada sebelum-
nya, kemudian membentuk ide baru adalah
A. Ralph Linton
B. Harison
C. Dixon
D. Hobart Barnet
E. J.L.A. Brandes​

Answers

Jawaban:

D. Hobart Barnet

Penjelasan:

Maaf kalau salah

10. Pemisahan campuran yang meng- gunakan metode penyulingan adalah ....
a. pembuatan garam
b. memurnikan kapur barus
C. memisahkan minyak kemiri
d. memisahkan gula tebu dari air tebu
e. memisahkan campuran air dan
alkohol​

Answers

Jawaban:

e. memisahkan campuran air dan

alkohol

maaf ya kalau salah

Pertanyaan Lainnya
Batasan melakukan pivot dalam bermain bola basket adalah ... (4 Poin)​ Orang yang memimpin dalam permainan sepak bola disebut​ Sebutkan masing" 5 tanda tanda kiamat sugro dan kubro​ Task 1 Complete the following dialogue by using correct words! Dialog 1 Woman : Good morning. Buana University……………………………? Man : Good morning.. Can I speak to Mr. Dewa Agung, please? Woman : ……………………………………………. Man : This is Adam Harris, the dean of The National University Woman : I’m sorry Mr. Dewa Agung is teaching at this moment. Would you like……………………? Man : Yes, please tell him to call me back sometime this afternoon. Dialog 2 Man :………………………………. Thomas Jill Publisher. How may I help you? Woman : Good afternoon. This is Julia Tobing. I’d like to speak to the editor, Danny Mamesah, please. Man : I’m sorry. Mr. Danny Mamesah ……………………………………... Woman : Would you please tell him that I cannot come to the meeting tomorrow? Man : Just a moment. I’ll write that down for him.​ Jelaskan batasan batasan tertentu untuk laki laki maupun perempuan dalam berpakaian Pembulatan nilai pecahan 6 lima per 6​ Sebutkan satu dalil naqli tentang hari Akhir! ​ Tulislah dalil tugas manusia QS.Al-Baqarah ayat 30​ 4. Kelompok Anto melakukan praktek di laboratorium mengukur masa batu, ternyata posisi beban geser pada neraca seperti gambar 100 20 30 4 3 4 60 16 2 Hasil pengukuran Kelompok Anto menurut SI adalah .... A. 0,125 kilogram C. 12,50 kilogram B. 1,250 kilogram D.125,0 kilogram​ Kekayaan laut Indonesia menjanjikan manfaat yang baik bagi manusia. Hasil laut tersebut antara lain …​ ketika berjalan, gerak langkah kaki diiringi gerak lengan yang mengayun relaks bergantian. apabila kaki kanan melangkah ke depan, gerakan lengan kanan mengayun ke...a. kiri b. kanan c. depan d. belakangan​ Seorang konsumen akan mengetahui bahwa telah ada produk kerajinan unik yang menarik untuk mereka beli melalui sebuah....​ Bantuin buatin teks eksposisi dengan tema belajar dari rumah berdasarkan strukturnya Sebutkan contoh flora dan fauna yang terdapat di indonesia bagian barat ,tengah,dan timur..?​ Suku ke-12 dari barisan bilangan 11, 8, 5, 2, ... adalah​ Teknik block dalam permainan bola voli dapat dilakukan oleh para pemain yang menempati posisi​ Berikan alasan bahwa peristiwa diatas merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama ayah adi adalah seorang anggota ​ Membantu ibu guru membawakan buku merupakan contoh.....di sekolah​ Ciri teks cerita fantasi adalah menggunakan latar ... dan ...​ Unsur yang terkait dengan ritme atau irama yang sekaligus memberikan nafas sehingga tari hidup adalah A Tenaga B Ruang C Waktu D Gerak​