frontpage hit counter

Dalam suatu percobaan mengenai enzim, seorang siswa berhasil menyimpulkan satu kesimpulan mengenai peranan dari enzim katalase. Kesimpulan paling tepat yang dibuat oleh siswa itu adalah​

Jawaban

Jawaban 1

Dalam suatu percobaan mengenai enzim, seorang siswa berhasil menyimpulkan satu kesimpulan mengenai peranan dari enzim katalase. Kesimpulan paling tepat yang dibuat oleh siswa itu adalah enzim katalase berperan memecah substrat berupa H2O2 menjadi air dan oksigen, bekerja optimal pada suhu 35-40 derjat celcius dan pH netral.

Pembahasan

Enzim katalase palimg banyak ditemukan di organ hati. Enzim katalase berperan memecah substrat berupa H2O2 menjadi air dan oksigen. Enzim katalase bekerja optimal pada suhu 35-40 derajat celcius dan pH netral.

Pelajari lebih lanjut tentang enzim katalase di: brainly.co.id/tugas/22239560.

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai bikatalisator dalam metabolisme.

Pelajari lebih lanjut tentang enzim di: brainly.co.id/tugas/17636412.

Metabolisme merupakan keseluruhan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dan melibatkan enzim sebagai biokatalisator. Biokatalisator adalah zat yang berfungsi mempercepat reaksi tanpa ikut bereaksi dalam metabolisme.

Memiliki sisi aktif sebagai tempat substrat menempel merupakan salah satu ciri dari struktur dan komponen enzim.

Sifat enzim antara lain:

  • Mempercepat reaksi tanpa ikut bereaksi
  • Bekerja spesifik, yaitu substrat spesifik, suhu spesifik dan pH spesifik
  • Menurunkan energi aktivasi
  • Bekerja bolak balik
  • Dinamai berdasarkan substrat
  • Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit

Faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain:

  • pH
  • suhu
  • konsentrasi enzim, semakin banyak enzim maka kerja semakin cepat
  • konsentrasi substrat, semakin banyak substrat maka kerja semakain cepat namun jika substrat terlalu banyak dalam kondisi jenuh maka kerja enzim akan konstan
  • activator yaitu zat yang dapat membantu kerja enzim, misalnya ion chlor yang dapat membantu pengikatan enzim ptyalin dengan substratnya yaitu amilum di dalam mulut.
  • inhibitor yaitu zat yang dapat menghambat kerja enzim, misalnya sianida yang dapat menghalangi pengikatan oksigen oleh hemoglobin pada eritrosit.

Terdapat dua tipe inhibitor yaitu inhibitor kompetitif dan inhibitor non kompetitif.

Inhibitor kompetitif akan bersain dengan substrat untuk menempel pada sisi aktif enzim.

Inhibitor non kompetitif akan menempel pada sisi alosterik enzim kemudian merubah bentuk sisi aktif enzim.

Pelajari lebih lanjut tentang inhibitor enzim di: brainly.co.id/tugas/17328734.

struktur dan komponen enzim:

  • protein atau apoenzim

Protein pada enzim akan menyusun sisi aktif enzim, yaitu sisi yang akan berikatan dengan substrat sehingga bersifat termolabil.

  • non protein atau gugus prostetik

Gugus prostetik berupa ion anorganik disebut sebagai kofaktor sedangkan gugus prostetik berupa ion organik disebut sebagai koenzim.

Teori cara kerja enzim yaitu lock and key serta induced fit.

Pada teori cara kerja enzim lock and key, bentuk sisi aktif pada enzim telah sesuai dengan  bentuk substrat sehingga enzim dan substrat dapat langsung menempel dan menjadi kompleks substrat enzim.

Pada teori cara kerja enzim induced fit, bentuk sisi aktif enzim tidak cocok 100% dengan bentuk substrat, namun sisi aktif enzim akan diinduksi sehingga bentuk sisi aktif enzim akan menyesuaikan diri dengan bentuk substrat.

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: biologi

Bab: metabolisme

Kode: 12.4.2

#AyoBelajar


Pertanyaan Terkait

Carolus Linnaeus mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan. a. persamaan struktur tubuh b. jenis dan cara makan c. perbedaan struktur tubuh d. tempat hidup dan warna tubuh

Answers

Jawaban:

A.Persamaan struktur tubuh.

Penjrlasan:

Carolus Linnaeus adalah bapak taksonomi yang mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri ciri klasifikasi makhluk hidup.

Maaf klau slah...

Apa yang menyebabkan terjadinya angin ​

Answers

Jawaban:

Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Apabila dipanaskan, udara memuai

Penjelasan:

Penjelasan:

Penyebab terjadinya Angin adalah yaitu, akibat adanya pergerakan udara dari tempat yg memiliki tekanan yg tinggi ke tempat yg memiliki tekanan yg lebih rendah.

semoga membantu,jangan lupa jawabannya di like dan di follow

Berikut ini bukan termasuk gejala alam biotik adalah : a. metamorfosis kupu-kupu
b. pertumbuhan kacang tanah
c. perkembangbiakan ayam
d. terjadinya petir dan hujan
e. metagenesis tumbuhan paku​

Answers

Biotik itu hidup sedangkan abiotik tidak hidup.Menurut saya yang bukan gejala alam biotik(tidak alami dan adanya bantuan manusia) adalah:
C.Perkembangbiakan ayam

Alasan:Karena perkembangbiakan ayam dibantu oleh manusia,seperti ternak ayam contoh nya.

Semoga membantu

Buatlah ciri ciri dan contoh dari macam macam penyebaran biji​

Answers

Jawaban:

Proses penyebaran biji dengan bantuan angin disebut anemokori (anemo=angin). Ciri tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah bijinya kecil, ringan, dan bersayap. Contohnya adalah biji bunga Dandelion. Biji yang ringan dan kecil tidak terlalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi.

Penjelasan:

Maap klo salah gaiss! saya cuma manusia yg pastinya bisa melakukan kesalahan. tapi, semoga aja betul ya! semangatttt

Tumbuhan kentang dapat berkembang biak secara vegetatif alami menggunakan

Answers

umbi batang

Penjelasan:

maaf kalau salah

Apa yang di maksut dengan aktin miosin dan sarkomer?​

Answers

Jawaban:

Aktin adalah protein pembentuk filamen halus. ... Miosin adalah protein pembentuk filamen tebal yang bertugas menarik aktin ketika kontraksi otot terjadi. Sedangkan Unit fungsional dari otot rangka disebut dengan sarkomer, yang tersusun oleh aktin dan miosin.

Penjelasan: Aktin dan miosin adalah dua jenis protein yang ada dalam sel otot. Aktin membuat filamen tipis dan pendek di miofibril sementara miosin membuat filamen tebal dan panjang.

Buatlah kisah insfiratif anak yang berbakti kepada orang tua dan guru​

Answers

"Budi Yang Patuh Kepada Kedua Orang Tua"

Budi dikenal sebagai anak yang baik, rajin, pintar, selalu patuh dan sopan kepada orang yang lebih tua darinya. Pada suatu hari Budi diajak teman²nya untuk bermain bola, dan Budi ingin meng'iyakan ajakan temannya itu tetapi dia ingat bahwa ibunya meminta tolong kepadanya untuk membantu membereskan pekerjaan rumah (menyapu, mengepel, dan hal lainnya). Akhirnya Budi tidak jadi ikut bermain bola bersama temannya, walaupun teman²nya mengejek dia karna tidak mau ikut bermain bola bersama dan tetap memilih untuk membantu ibunya dirumah. Budi tidak merasa menyesal sedikitpun karna sudah menolak ajakan temannya, dia lebih ingin bantu ibunya dirumah. Karna menurut dia lebih penting mematuhi perintah atau menolong Orang yang lebih tua daripadanya.

maaaf ya kalau namanya "Budi" dan ceritanya umum

Jawaban:

Kisah Inspiratif Berbakti kepada Guru :

Sekolah SMK 1 Tunas Kencana adalah sekolah yang terbilang cukup buruk. Hal ini dikarenakan siswanya banyak yang melakukan pelanggaran sekolah dan tidak banyak yang menghiraukan guru-gurunya.

Suatu saat, ada seorang guru yang terbully dan akhirnya guru tersebut meninggalkan kelas XD karena tidak tahan akan apa yang telah dilakukan oleh murid-muridnya. Akan tetapi, ada satu orang murid yang dimana tidak sengaja melewatinya dan bertanya apakah yang terjadi pada kelas tersebut dan mereka keduanya bercerita tentang hal yang terjadi dan membuat guru tersebut untuk menjadi lebih tenang dikarenaka ia menemui seorang murid yang dimana masih memiliki hati untuk menghormati gurunya untuk tidak serta merta menyakiti orang lain dan orang tua.

Kisah Anak yang berbakti kepada Orang Tua  :

Andi adalah seorang anak pertama, ketika pagi, ia selalu membantu membersihkan rumah sebelum ia berangkat sekolah. Andi sendiri mendapatkan pendidikan ini dari orang tuanya dirumah dikarenakan untuk mengajari Andi menjadi anak yang dimana bersih.

Suatu saat, Andi pulang sekolah dan seketika langsung melemparkan tasnya dan pergi untuk bermain. Pada saat itu pula, Andi hanya tersenyum dan berkata maaf aku harus membantu orang tua ku untuk menyelesaikan tugas dari sekolah sebelum aku bermain. Sehingga aku dapat menjadi tenang untuk malam harinya ketika esok sekolah.

Hal itu sendiri Andi sadari menjadi kewajibannya sebagai seorang anak untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Penjelasan:

Nilai yang dapat kita ambil adalah untuk orang tua, janganlah tidak beryukur atas apa yang orang tua sudah usahakan untuk memberikan rezeki walaupun itu tidak seberapa.

Dan untuk Guru, Kita tidak boleh meremehkan peranan seorang Guru yang mengajar didepan karena mengajarkan kepada seorang murid tidaklah pekerjaan yang mudah.

Sebutkan karakteristik bentuk wajah​

Answers

Jawaban:

wajah oval

wajah bulat

wajah kotak

Jawaban:

Biasanya ada yang berbentuk oval dan bulat, juga ada yang berbentuk

Penjelasan:

Jelaskan manfaat & kerugian virus bagi manusia​

Answers

Jawaban:

virus dapat merugikan manusia, hewan maupun tumbuhan karena bersifat parasit yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Namun, virus juga dapat memberikan manfaat bagi pembuatan vaksin guna merangsang pembentukan antibodi pada manusia ataupun hewan. Virus juga dapat berperan sebagai vektor dalam teknologi rekayasa genetika

Penjelasan:

Virus merupakan mikroorganisme yang memiliki struktur tubuh yang sederhana, yakni hanya terdiri dari ADN atau ARN saja dengan selubung protein. Di luar sel, virus merupakan kelompok benda mati karena tidak dapat melakukan metabolisme. Tetapi virus menjadi benda hidup ketika virus berada di dalam sel hidup atau jaringan sebagai inangnya karena dapat berkembangbiak.

Jawaban:

manfaatnya kita menjadi lebih dekat dengan keluarga

kerugiannya kondisi ekonomi keluarga berkurang

sebagian ilmuwan menyebut virus bukan merupakan makhluk hidup,tetapi ada juga yang menganggap virus sebagai makhluk hidup,mengapa demikian?​

Answers

Penjelasan:

Virus dikatakan bukan makhluk hidup karena virus tidak dapat bergerak dan hanya dapat bertahan hidup di luar inang

Sedangkan Virus dikatakan makhluk hidup karena virus dapat berproduksi dan dapat merusak sel inangnya

pasangan antara bagian alat reproduksi laki dan fungsinya yang benar adalah a skrotum berfungsi sebagai​

Answers

Jawaban:

tempat bergantungnya testis

Penjelasan:

karena skrotum adalah kantong kulit yang melindungi testis

Pengertian bunga raflesia dan tumbuhan candana​

Answers

Jawaban:

bunga raflesia adalah bunga yang sering Dijuluki sebagai bunga bangkai karena aromanya yang menyengat

Bunga cendana merupakan bunga yang digunakan untuk membuat parfum karena aromanya yang wangi/enak

apa apa keterkaitan antara sintesis protein dengan penyusun struktur sel dan penyusun enzim atau hormon ​

Answers

Jawaban:

  • Kaitan antara sintesis protein dengan penyusunan struktur sel dan penyusun enzim dan hormon yg mengatur aktivitas adalah sebagai berikut:
  • Sintesis protein bekerja untuk memproduksi protein dari bahan dasar asam amino.Protein yang telah diproduksi di ribosom akan ditransfer ke badan golgi untuk diproses lebih lanjut menjadi enzim serta hormon yang kemudian dibawa oleh vesikel golgi menuju tempat yang sesuai. Selain itu, membran sel dan membran organel tersusun atas protein. Jika sintesis protein terhambat, maka penyusunan membran sel serta penyusunan enzim serta hormon juga ikut terhambat.Terhambatnya pembentukan enzim dan hormon dapat menghambat aktivitas sel yang berkaitan dengan reaksi metabolisme sel.
  • Penjelasan:

organel beruba butiran-butiran kecil yang terdapat bebas di dalam sitoplasma atau menempel di retikulum endoplasma (RE) kasar. fungsi organel ini sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein. oganel tersebut adalah​

Answers

Jawaban:

Organel yang dimaksud adalah Ribosom

Radang paru paru disebabkan karena A.bakteri E.Coli

B.bakteri Turbecolusis

C.kelelahan

D.penyempitan saluran pernafasan


please help me!​

Answers

Jawaban:

D.

maaf kalau salah.

semoga membantu.

Puua tull
Jelaskan mengenai perkecambahan epigeal!​

Answers

Jawaban:

Perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang kotiledonnya terangkat ke atas permukaan tanah.

Perkecambahan ini biasanya dialami tumbuhan dikotil, misalnya kacang hijau, kedelai, kacang tanah, dll.

Berikut adalah kelompok satuan tidak baku, kecuali​

Answers

Jawaban:

kaki depa jengkal kaleng botol

Sebutkan tumbuhan langka dan detailnya
plisss jawab buta besok​

Answers

Jawaban:

Raflesia Arnoldi : besar, tdk mempunyai daun

Edelweis jawa : mekar pada bulan April sampai Agustus, berusia 100 tahun

Bunga bangkai : tinggi, berbau

mmf klo salah

TAPBEL: MAKHLUK HIDUP
1.
2
3
4.

DASAR PENGELOMPOKKAN NYA ADALAH:

DAN DASAR PENGELOMPOKAN DIBAGI MENJADI 2 BAGIAN YAITU
1.
2.

3. Kelompokkanlah hewan- hewan tersebut berdasarkan habitatnya dengan jalan melengkapi tabel di atas

4. Berdasarkan hasil pengamatanmu pada tabel jenis-jenis hewan, makhluk
hidup nomor 1 sampai dengan
4 dapat dikelompokkan menjadi berapa
kelompok?
Jawab:

5. Dasar pengelompokkannya adalah ?
Jawab:​

Answers

Penjelasan:

TAPBEL:

MAKHLUK HIDUP

1. burung

2. kambing

3 ikan

4. udang

DASAR PENGELOMPOKKAN NYA ADALAH:

DAN DASAR PENGELOMPOKAN DIBAGI MENJADI 2 BAGIAN YAITU

1. binatang darat

2. binatang air

4 2 kelompok

5 habitat perkembang biakak

Jelaskan tentang jaringan tulang.​

Answers

Jawaban:

Secara umum, jaringan-jaringan tulang tersebut berfungsi untuk: Menyokong tubuh. Melindungi organ tubuh. Tempat penyimpanan mineral, kalsium, lemak, serta sel darah merah dan putih.

Penjelasan:

Secara umum jaringan penyokong terdiri atas dua jenis yaitu tulang rawan (rawan) dan tulang sejati (tulang). Tulang rawan dan tulang merupakan jaringan ikat khusus, dan seperti halnya semua jaringan ikat, terdiri atas unsur sel, serabur, dan subtansi dasar. Serabut dan subtansi dasar bersama-sama membentuk subtansi intersel atau matriks. Seperti jaringan ikat lain, rawan berkembang dari jaringan mesenkim yang diturunkan dari mesoderem embrional.

Secara umum jaringan penyokong terdiri atas dua jenis yaitu tulang rawan (rawan) dan tulang sejati (tulang). Tulang rawan dan tulang merupakan jaringan ikat khusus, dan seperti halnya semua jaringan ikat, terdiri atas unsur sel, serabur, dan subtansi dasar. Serabut dan subtansi dasar bersama-sama membentuk subtansi intersel atau matriks. Seperti jaringan ikat lain, rawan berkembang dari jaringan mesenkim yang diturunkan dari mesoderem embrional.Jaringan tulang terdiri dari sel-sel tulang atau osteon yang tersimpan di dalam matriks, matriksnya terdiri dari zat perekat kolagen dan endapan garam-garam mineral terutama garam kalsium (kapur). Tulangmerupakan komponen utama dari kerangka tubuh dan berperan untuk melindungi alat-alat tubuh dan tempat melekatnya otot kerangka.

Jaringan tulang ialah jaringan yang terdiri atas sel-sel tulang atau Oesteon yang tersimpan dalam matriks. Matriks itu sendiri terdiri atas zat pelekat kolagen dan endapan garam-garam mineral, terutama garam kapur dan kalsium. Yang semakin bertambahnya usia seseorang maka kadar zat pelekat kolagennya pun akan semakin menjadi rendah, sementara itu zat kapurnya akan semakin meningkat yang sehingga tulang akan semakin keras dan kuat.

Pertanyaan Lainnya
Prinsip yang tepat dalam melakukan pembuatan miniatur rumah adalah A. Prinsip belajar, gambar, buat, uji B. Prinsip pikir, pola, buat, uji C. prinsip pikir, gambar, buat, uji D. Prinsip belajar, pola, buat, uji​ Aya mengukur pelat dgn jangka tipis strong. Dan hasil pengukuran diperoleh panjang 4.25cm & Lebar 18 cm. Maka luas plat menurut aturan penulisan angka penting adalah..​ A.. Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang paling benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab! 1. Pengertian menggambar dengan menggunakan model adalah …. a. Menggambar dengan melihat foto b. Menggambar dengan menggunakan imajinasi c. Menggambar dengan melihat langsung benda yang digambar. d. Menggambar dengan menggunakan foto model 2. Kata ilustrasi berasal dari bahasa latin yaitu kata ….. a. Ilustrare b. ilustrasion c. ilustracy d. ilustrares 3. Salah satu kelebihan menggambar dengan menggunakan pendekatan model adalah …. a. Ketepatan sudut / lekuk-lekuknya sesuai imajinasi pelukis b. Hasil gambar sesuai dengan angan – angan pelukisnya c. Objek gambar lebih jelas d. Hasil gambar bias tidak sesuai dengan benda aslinya. 4. Benda berikut ini yang merupakan benda dengan bentuk dasar silindris adalah …. a. Almari dan meja b. Gelas dan termos c. Ember dan almari d. Sepatu dan guling 5.5. Perhatikan data nama- nama benda berikut ini : 1. Kotak Salon 2. Vas Bunga 3. Batako 4. Televisi 5. Cangkir 6. Almari 7. Ember 8. Termos 9. Botol 10. Casing computer Dari data nama benda tersebut , yang memiliki bentuk dasar kubistis adalah …. a. 1 , 4 , 8 c. 1 , 3 , 9 b. 3 , 4 , 6 d. 6 , 8 plisss kak bantu yahhh ​ Pertanyaan untuk kata tanya mengapa​ mengapa dalam sebuah era atau zaman dapat terjadi pengembangan sebuah ide aliran seni lukis yang baru?​ αρα уg мυηgкιη ∂αραт кαℓιαη ℓαкυкαη υηтυк мєηgαмαℓкαη ѕιℓα ѕιℓα ∂αℓαм ραη¢αѕιℓα ∂ι ℓιηgкυηgαη ѕєкσℓαн​ Faunna di Indonesia dan dunia,,​ Arti penting dari pembelajaran tentang sejarah kehidupan praaksara adalah​ a.kesadaran akan aasal usul manusia b mengetahui kpercyaan mnusia praaksara c.mngetahuibsistem kemanusiann masyarakat praaksara dmngetahui pola hunian mnusia praaksara e mngethahui budaya mnusia praaksara Tuliskan 3 contoh dari tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru​ Aceh berdiri sebagai kerajaan yang merdeka dengan Sultan Ali Mughayat Syah sebagai sultan pertama yang memerintah. Kerajaan Aceh berkembang dengan pesat. Di bawah ini yang bukan faktor pendorong kemajuan Kerajaan Aceh yaitu ..​ Tuliskan apa saja kerugian apabila kita sering berjudi dan meminum minuman keras atau beralkohol?​ Sebuah pesta ultah terdapat beberapa balon. Balon berwana merah yang jumlah nya 8, balon berwana kuning ada 21 dan dan balon berwarna putih ada 3. Perbandingan Antara ke 3 balon ini adalah..... A. 1 : 2 B. 5 : 3 C. 1 : 7​ Apa itu kesimpulan? Tolong dijawab.. Bagaimana jika pertemanan kita berbeda sifat?​ Dalam struktur teks laporan terbagi 2 bagian , sebutkan bersama pengertiannya​ Ketika seseorang mengadakan perjalanan dengan selamat dan aman, hal tersebut tidak lepas dari penjagaan dari aman yang diberikan oleh Allah Swt. Hal tersebut menunjukkan bahwa Allah adala​ 12+4-3×7÷3+(34×32)+34-(12×23)12×(231÷23)×(-350)-415×13+150=​ Daun tanaman kacang berjenis (menyirip/menjari/sejajar)​ Ayo cepat dibantu ya sebentar lagi aku akan kumpulin tugas besok tolong bantuin ya ini pertanyaan nya pertanyaan : 1. 3/5= .....% 2. 1/4=.....% 3. 4/25=.... 4. 7/10 =....% 5. 3/50=....% 6. 7/4=.....% 7. 8/25=.....% 8. 3/10=.....% 9. 9/25=.....% 10. 12/10=.....% yg tanda nya / disamping itu per ya,tolong bantu aku ya​ Carolus Linnaeus mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan. a. persamaan struktur tubuh b. jenis dan cara makan c. perbedaan struktur tubuh d. tempat hidup dan warna tubuh