frontpage hit counter

Jelaskan peran pbb dalam kemerdekaan indonesia melalui KTn dan unci​

Jawaban

Jawaban 1

Jawaban:

Peranan pertama PBB bagi Indonesia sesuai dengan tujuannya untuk memelihara perdamaian dunia dan keamanan internasional adalah dengan membantu menyelesaikan perselisihan atau konflik antara Indonesia dan Belanda pada saat masa perjuangan kemerdekaan Indonesia melalui pembentukan KTN (Komisi Tiga Negara) yang dibentuk pada 18 Desember 1947. KTN yang terdiri atas tiga negara, dibentuk karena Belanda melakukan agresi militer I sebagai pengingkaran terhadap Perundingan Linggarjati. KTN terdiri dari Australia yang ditunjuk oleh Indonesia, Belgia yang ditunjuk oleh Belanda dan Amerika Serikat yang ditunjuk oleh keduanya. Wakil dari Australia adalah Richard Kirby, wakil dari Belgia adalah Paul Van Zeeland dan wakil dari Amerika Serikat adalah Frank Graham. KTN sendiri bertugas membantu menyelesaikan sengketa antara Indonesia-Belanda. Dan pada akhirnya KTN berhasil membawa kembali Indonesia dan Belanda ke Perjanjian selanjutnya, yaitu Perjanjian Renville. Peranan PBB dalam konflik Indonesia – Belanda tidak hanya terjadi pada saat masa usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga pada saat Indonesia melakukan upaya untuk mengembalikan Irian Barat, dalam perselisihan ini PBB membentuk United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) atau pemerintahan sementara PBB untuk Irian Barat. UNTEA selaku pemerintahan sementara PBB kemudian menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia yang disahkan pada tanggal 1 Mei 1969. PBB turut serta dalam penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) dengan mengirimkan Ortis Sanz sebagai duta besar PBB. Peranan PBB yang ketiga bagi Indonesia adalah dengan bekerjasamanya UNICEF dan Indonesia dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama senilai 93,5 juta dollar AS untuk meningkatkan upaya memperbaiki kondisi anak-anak Indonesia pada tahun 2009 serta mendukung pemenuhan hak-hak mereka. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Bappenas Nina Sardjunani dan Perwakilan UNICEF Indonesia Dr. Gianfranco Rotigliano. Dan peranan PBB yang keempat bagi indonesia adalah dengan bekerjasamanya WHO dengan Indonesia dalam meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan program KB melalui Badan Koordinator Keluarga Berencana (BKKBN).


Pertanyaan Terkait

jelaskan keterkaitan antara manusia ruang dan waktu dalam peristiwa sejarah kemudian buatkan contoh nya​

Answers

Jawaban:

sejarah lokal,sejarah nasional,sejarah dunia

Penjelasan:

Ruang sendiri memiliki arti, yaitu tempat berlangsungnya atau terjadinya peristiwa sejarah. Nah, karena adanya konsep ruang ini, para penulis sejarah kemudian mengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat, misalnya sejarah daerah, sejarah lokal, sejarah dunia, sejarah nasional, dan masih banyak lagi.

Sedangkan adanya konsep waktu menunjukkan kapan terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Jika peristiwa manusia itu tidak mungkin terjadi tanpa melewati ruang, begitu pula dengan waktu. Konsep penting dalam sejarah itu adalah waktu, hal ini dikarenakan kehidupan manusia tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya waktu.

1 1 (9-2x) >(4x)
2.(3-)/5
3.(x-2)²+3 <48x-2)
4.12x+3)(x +11
5
. (x+3) > 7​

Answers

Penjelasan:

1. (9-2x) >(4x)

(-2x-4x) > (-9)

-6x² > -9

Jelaskan bukti adanya kerajaan buleleng dan dinasti Warma dewa dibali

Answers

Dapat dilihat dari peninggalan peningglannya seperti:

a. Prasasti Blanjong

Prasasti Blanjong dikeluarkan oleh seorang raja Bali yang bernama Sri Kesari Warmadewa. Pada prasasti ini disebutkan kata Walidwipa, yang merupakan sebutan untuk Pulau Bali. Prasasti ini bertarikh 835 çaka (913 M). Prasasti Blanjong ditemukan di dekat banjar Blanjong, desa Sanur Kauh, di daerah Sanur, Denpasar, Bali. Prasasti ini unik karena bertuliskan dua macam huruf; yaitu huruf Pra-Nagari dengan menggunakan bahasa Bali Kuno, dan huruf Kawi dengan menggunakan bahasa Sanskerta.

b. Prasasti Penempahan dan Malatgede

Prasasti Panempahan di Tampaksiring dan Prasasti Malatgede yang ditulis pada bagian paro bulan gelap Phalguna 835 S atau bulan Februari 913.

c. Pura Tirta Empul

Pura tersebut terletak di daerah Tampaksiring Bali dibangun pada tahun 967 M oleh raja Sri Candrabhaya Warmadewa. Pura ini, digunakan beliau untuk melakukan hidup sederhana, lepas dari keterikatan dunia materi. Penamaan Pura Tirta Empul diambil dari nama mata air yang terdapat didalam pura ini yang bernama Tirta Empul. Tirta Empul artinya air yang menyembur keluar dari tanah. Air Tirta Empul mengalir ke sungai Pakerisan.

d. Pura Penegil Dharma

Pura Penegil Dharma didirikan dimulai pada 915 M. Keberadaan pura ini berkaitan dengan sejarah panjang Ugrasena, salah seorang anggota keluarga Raja Mataram I dan kedatangan Maha Rsi Markandeya di Bali

buatlah ringkasan, masa pemerintahan republik bataaf, bidang pemerintahan dan keamanan, politik dan pemerintahan​

Answers

Jawaban:

masa 1795-1806 = 11 tahun

Penjelasan:

Republik Batavia menetapkan titik balik politik nasional: Suatu Negara kesatuan di mana ketika masih merupakan Negara Belanda Bersatu, Belanda hanyalah sebuah Federasi dari beberapa negara kecil, di mana masing-masing negara menjalankan politik dalam negerinya sendiri. Dan mulai dari Republik Batavia, Belanda memiliki Pemerintahan yang terpusat. Politik luar negeri tidak dijalankan Republik ini karena berada di bawah penguasaan Prancis.

Sebutkan 5 teori masuknya agama hindu ke indonesia

Answers

Jawaban:

5 teori masuknya agama Hindu di Indonesia adalah:

Teori Brahmana. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para pendeta dan pemimpin agama, atau kasta Brahmana. ...

Teori Ksatria. ...

Teori Waisya. ...

Teori Sudra. ...

Teori Arus Balik.

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH

Perhatikan data berikut ini! (1) Large Verklaring
(2) Lange Verklaring
(3) Korte Verklaring
(4) Kurve Verklaring
Berdasarkan data di atas, yang termasuk dasar hukum hubungan antara pemerintahan Hindia-Belanda dengan kerajaan di Indonesia DItunjukkan pada nomor…..
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)​

Answers

Jawaban:

C.(2) dan (3)

Penjelasan:

alat yang tidak digunakan manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana adalah ...​

Answers

Jawaban:

1.Alat-alat yang digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana adalah kapak perimbas, alat-alat yang terbuat dari tulang dan alat-alat serpih.

Semoga bermanfaat

Jelaskan secara singkat dan jelas latar belakang lahirnya agama Hindhu !​

Answers

Jawaban:

Latar Belakang Agama Hindu

Latar belakang lahirnya agama Hindu di India dimulai saat bangsa Arya memasuki wilayah India. Mereka diketahui berasal dari kawasan Asia Tengah dan masuk ke India melalui Selat Kaiber. Kedatangan bangsa Arya ini berlangsung antara tahun 3102 SM hingga 1300 SM. Beberapa sumber lain menyebut tahun kedatangan mereka berkisar pada 1500 SM.  

Keberadaan bangsa Arya di India kemudian mendesak keberadaan bangsa Dravida yang merupakan penghuni asli India. Bangsa Dravida pun akhirnya pidah ke dataran Dekkan. Kemudian pada perkembangannya, percampuran budaya antara Bangsa Arya dan Dravida menghasilkan agama dan kebudayaan Hindu. Oleh sebab itu, oleh sebagian pihak, agama Hindu sering disebut sebagai kelanjutan dari agama Weda yakni kepercayaan bangsa Indo-iran atau Arya.

Semoga membantu dan jangan lupa dijadikan jawaban terbaik ya!

Bagaimana ki hajar dewantara melawan penjajah atau mempertahankan kemerdekaan?

Answers

gatau

Penjelasan:

dah lah males mikir;(

Banten muncul sebagai kerajaan merdeka setelah berhasil melepaskan diri dari ke-
kuasaan Demak saat diperintah oleh ....
a. Maulana Yusuf
b. Abdul Mufakir
c. Sultan Ageng Tirtayasa
d. Maulana Hasanuddin
e. Abdulnasar Abdulkahar​

Answers

Jawaban:

D.Maulana Hasanudin

Penjelasan:

Maulana Hasanuddin, putra Sunan Gunung Jati[6] berperan dalam penaklukan tersebut. Setelah penaklukan tersebut, Maulana Hasanuddin mengembangkan benteng pertahanan yang dinamakan Surosowan (dibangun 1600 M) menjadi kawasan kota pesisir yang kemudian hari menjadi pusat pemerintahan setelah Banten menjadi kesultanan yang berdiri sendiri.

Selama hampir 3 abad Kesultanan Banten mampu bertahan bahkan mencapai kejayaan yang luar biasa, yang di waktu bersamaan penjajah dari Eropa telah berdatangan dan menanamkan pengaruhnya. Perang saudara, dan persaingan dengan kekuatan global memperebutkan sumber daya maupun perdagangan, serta ketergantungan akan persenjataan telah melemahkan hegemoni Kesultanan Banten atas wilayahnya. Kekuatan politik Kesultanan Banten akhir runtuh pada tahun 1813 setelah sebelumnya Istana Surosowan sebagai simbol kekuasaan di Kota Intan dihancurkan, dan pada masa-masa akhir pemerintahannya, para Sultan Banten tidak lebih dari raja bawahan dari pemerintahan kolonial di Hindia Belanda.

Contoh dari
Periodesasi

Kronologis

Sinkronik

Diakronik

Kausalitas​

Answers

Jawaban:

1. Periodesasi

Zaman Prasejarah sampai permulaan Tarikh Masehi.

Zaman Proto Historis, dari permulaan Tarikh Masehi sampai ke Abad VII.

Zaman Sriwijaya - Sailendra (abad VII - XII).

Zaman Singasari - Majapahit (Abad XIII- XVI).

Zaman Penyusunan Kemerdekaan Indonesia sejak XVI - XIX.

Para sahabat Nabi SAW yang masuk Islam pada periode awal dakwah islam dinamakan: a Ashabul Kahfi
B ahlus suffah
C as-sabiqun Al Awwalun
D Ashabul awwalun ​

Answers

C as sabiqun al awwalun maaf kalau salah

Jelaskan 7 kabinet dan program program nya​

Answers

Pada zaman demokrasi liberal di Indonesia yang berlangsung tahun 1950 - 1959, terdapat tujuh kabinet yang silih berganti menjalankan pemerintahan.

Pembahasan

sejak bubarnya Republik Indonesia Serikat (RIS) pada tanggal 17 Agustus 1950, Indonesia memasuki masa demokrasi liberal yang berlangsung hingga

Y=cot (2x – 60°)
Asimtot tegak dari fungsi​

Answers

Jawaban:

30,120,210,300,360

Penjelasan:

Ada 2 dalil tentang beriman kepada hari akhir yaitu... * a.Dalil Qiyas dan Ijma'
b.Dalil hadis dan Qur'an
c.Dalil naqli dan Aqli
d.Dalil 'alaq dan lisan
tolong di jawab yy pliss ​

Answers

Jawaban:

c. naqli dan aqli

Penjelasan:

naqli : berdasarkan Al Quran dan hadist

aqli : berdasarkan akal manusia

Bagaimana cara memanfaatkan waktu yang saat ini anda miliki agar kehidupan pada masa depan menjadi lebih baik​

Answers

Jawaban:

menekuni segala hal yang positif dan bermanfaat dan tidak lupa pula selalu dilandasi oleh doa dan ibadah sesuai keyakinan masing masing.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat kaka..

Jawaban:

Tidak menyia-nyiakan waktu untuk yang tidak berguna dan memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang positif.

Tuliskan tiga kategori kategori yang harus ada di dalam sejarah sebagai peristiwa​

Answers

Jawaban:

1.sumber tertulis

2.sumber lisan

3.sumber benda

Penjelasan:

maaf klo salah semoga bermanfaat :]

Sebutkan beberapa karakteristik bahan yang ada di lingkungan sekitar kalian yang dapatdijadikan sebagai kerajinan​

Answers

Jawaban:

1. rotan

2. bambu

3.dll

maaf kalo kurang tepat

Bagai mana penyelesaian G30Spki​

Answers

Jawaban:

penyelesaian G30S PKI dikarenakan Sukarno yang turun dari jabatannya dan jendaral Suharto turun langsung ke Medan perang dunia

Tanggal berapa terjadi virus corona​

Answers

Jawaban:

17 November 2019 itu di China

2 Maret lalu di Indonesia

Jawaban:

Virus Corona di kota China tanggal 17 November 2019

Sedangkan di Indonesia tanggal 2 Maret 2020

Penjelasan:

Virus Corona di Indonesia kasusnya sudah lebih dari ratusan orang

Please jadiin jawaban yang tercerdas yan

Pertanyaan Lainnya
Apa bahasa ngokone rai​ Kutha jakarta prasasat lumpuh jalaran.... a.kabeh kegiatan mandhek b.kabeh wong ngungsi c.kendharaan mogok d.kendharaan ora mlaku bntu di jawab yh manteman​ Ukuran panjang bet tenis meja yaitu​ Unsur instrinsik sajroning cerita (cangik gugur peperangan kepapat) Dimana proklamasi kemerdekaan di bacakan oleh Soekarno ​ Sebagai kakak kita harus...adik saat bermain ​ 10. Karena bencana tanah longsor , masyarakat kampung Sumur Labuan Banten pindah ke tempat lain yang lebih aman, merupakan contoh dari... A. Mobilitas gerak sosial geografis B. Mobilitas antar generasi C. Mobilitas sosial geografis D. Mobilitas vertikal Tolong bantu jawab ya kak Terimakasih:)​ Wayang tersebut selalu dimainkan dengan iringan gambelan dan tari-tarian Kata di atas yang mengandung unsur Nomina ​ 42% dari 120.000 adalah​ peristiwa proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa indonesia meraih kemerdekaan.menurutmu apakah setelah bangsa indonesia harus tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan indonesia? mengapa demikian​ Menghitung luas lingkaran 1. Jari jari 2 2. Jari jari 3 3. Jari jari 4 Please dunk jawabannya kk. Membuat pertanyaan Dari kata Tanya apa,siapa,mengapa,kapan Dan bagamaina ,materi pembahasannya yaitu tentang makan pokok orang Indonesia! tolong di Bantu kak makasih!​ Bagaimana kalau kita tidak ada rasa tanggung jawab di masyarakat​ Mengontrol bola dengan dada bertujuan untuk menguasai bola lebih​ The offerwas too...to be true ​ 0,5x - 0,1(x+7) = 1 + 0,3(x + 4) + 0, 31 Wish me luck. Questions: 1 What does the writer write? Answer:..... 2. Why does the writer write a diary? Answer:...... Bahasa ​ 16Sebuah gaya besarnya 50 N membentuk sudut 30° terhadap sumbu x, maka besarnya Fy adalah * 20 N ОО 25 N​ Terbuat dari apakah ragam hias alam benda​ Pentingnya konsep keselamatan kerja dalam kehidupan sehari-hari​